Biar Eksotis, Begini Cara Menanam dan Merawat Pakis Boston | Kebunku

Cara Menanam Pakis Boston --Salah satu jenis tanaman yang ‘rela’ meninggalkan semak belukar hutan belantara dengan udara dan tanah lembab menuju kota yang gersang, panas, dan penuh polutan adalah tanaman pakis (Nephrolepis), tepatnya tanaman pakis boston.

Biar Eksotis, Begini Cara Menanam dan Merawat Pakis Boston
Pakis boston atau pakis pedang

Dalam keseharian, pakis boston ini juga sering disebut dengan pakis pedang. Kadang-kadang juga dinamai dengan pakis kelabang karena susunan daunnya yang mirip kelabang. Daun-daun pakis boston berwarna hijau di kiri-kanan tangkai daun, berpasang-pasang mulai pangkal sampai ujung daun, dan tersusun rapi pada tiap bukunya.

Pakis boston menghiasi berbagai sudut ruang

Kini, karena keindahannya, pakis boston jenis paku-pakuan ini telah ‘hijrah’ ke kota-kota besar menghiasi sudut ruang, teras, dan halaman rumah. Bahkan, kadang kala kita jumpai tanaman pakis yang eksotis ini ‘hadir’ untuk ikut mempercantik sudut-sudut ruang cafe, hotel, restoran, dan sebagainya.

Semua itu membuktikan kalau pakis boston telah menjadi salah satu tanaman hias yang digemari banyak orang, terutama yang tinggal di perkotaan pada masa kini. Mereka menyukai tanaman hias ini karena memiliki keindahan tersendiri yang eksotis dan menakjubkan selain dijadikan sebagai penyegar udara.

Karena itu pula, pakis boston yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias indoor dan outdoor ini, sudah bernilai ekonomis dan menarik minat pasar. Harganya pun relatif tinggi tergantung ukuran, jenis pot yang digunakan, dan keindahan bentuknya.

Terpesona hingga belajar cara menanam pakis boston

Orang bilang, berawal dari mata turun ke hati. Benar sekali, begitu faktanya ketika melihat keindahan pakis boston atau pakis kelabang, banyak orang terpesona dan ingin segera memiliki tanaman hias ini.

Ada yang membeli langsung tanaman pakis pedang ini dari penyedia atau penjual, baik online maupun offline. Tidak sedikit juga yang mencari tau cara menanam pakis boston, cara perbanyakan pakis kelabang, dan teknik merawatnya agar tumbuh subur dan indah.

Syarat tumbuh pakis boston

Baiklah, sebelum menanam tanaman hias pakis boston, sekilas kita amati bagaimana sebetulnya ia hidup di habitat aslinya. Dengan kata lain, kita ingin tau apakah syarat tumbuh pakis boston mudah ataukah sulit. Ini tujuannya agar kita dapat merawatnya sesuai dengan yang dikehendaki tanaman pakis.

  • Tumbuh pada tanah berhumus, gembur, poros, dan lembab
  • pH tanah yang cocok mendekati nilai 7, yaitu 6-7
  • Intensitas sinar matahari yang dibutuhkan rendah, aslinya tumbuh di bawah naungan pohon-pohon besar
  • Udara lembab lebih disukai oleh pakis boston ini
  • Tumbuh di daerah subtropis dan tropis
  • Cocok tumbuh pada temperatur udara 28 – 310C. Namun, kurang atau lebih sedikit dari range tersebut masih toleran.

Cara Menanam Pakis Boston

Sekarang, mari mencari tau bagaimana cara menanam pakis boston atau pakis kelabang agar tumbuh subur, indah, dan eksotis. Simak langkah-langkahnya seperti penjelasan di bawah ini.

1. Ambil bibit pakis boston dengan cara memisahkan rumpun dari tanaman induk

Biar Eksotis, Begini Cara Menanam dan Merawat Pakis Boston
Rumpun anakan pakis boston

Salah satu cara berkembang biak tanaman pakis boston adalah dengan akar rimpangnya. Akarnya memanjang di bawah permukaan tanah dan kadang-kadang menyembul ke atas. Anakannya akan tumbuh pada akar rimpangnya dan kemudian membentuk rumpun.

Nah, kalau Anda butuh bibit atau ingin memperbanyak tanaman hias pakis boston, cukup pisahkan rumpun anakannya. Cungkil dan pisahkan masing-masing anakannya dengan memotong akar rimpangnya.

2. Semai bibit pakis boston

Sebelum memindahkan bibit pakis pedang atau boston ke dalam pot tanaman hias, Anda semai terlebih dulu pada pot atau polybag. Penyemaian ini agar bibit pakis boston tidak stres dan dapat mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Untuk media semai, campurkan saja kompos dan tanah dengan perbandingan 2:1. Letakkan pada tempat yang teduh dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Siram secukupnya agar media semai tetap lembab.

Biar Eksotis, Begini Cara Menanam dan Merawat Pakis Boston
Bibit pakis boston

3. Racik media tanam pakis boston

Memang kalau mengamati habitatnya, pakis boston terbiasa hidup pada tanah yang berhumus atau kayu-kayu yang telah lapuk. Dengan begitu, sebetulnya salah satu campuran media tanam mesti diikutsertakan humus.

Tetapi, dengan pertimbangan harga dan sulit mendapatkan humus, lupakan saja sejenak salah satu bahan media tanam tersebut.

Anda dapat meracik media tanam pakis boston dari bahan-bahan yang mudah Anda dapatkan di sekitar Anda. Bahan media tanam bisa campuran tanah, kompos, daun-daun atau ranting kayu yang sudah lapuk, sedikit pasir. Perbandingannya 2:1:1.1.

Arternatif lain, Anda bisa racik media tanam dengan bahan-bahan, yaitu tanah, pupuk kandang yang sudah matang, serbuk sabut kelapa (cocopeat), dan sedikit pasir.

4. Sediakan pot untuk menanam pakis boston

Karena yang Anda tanam adalah tanaman hias, maka cari pot yang bentuk dan motifnya cantik. Ada yang model gantung, pot dinding, dan cukup banyak model pot tanaman hias dudukan yang bisa ditaruh di meja atau lantai.

Biar Eksotis, Begini Cara Menanam dan Merawat Pakis Boston
Pot Gantung untuk Tanaman Pakis Boston

Tapi, pot hias ini tidak wajib sehingga akan menjadi kendala menanam tanaman hias pakis boston. Anda bisa kuk gunakan pot atau wadah lainnya untuk menanam pakis hias ini. Semua itu kembali kepada kemampuan finansial dan selera masing-masing.

Kalau pot untuk menanam tanaman hias pakis kelabang sudah ada, Anda tinggal isi media tanam terlebih dulu. Cukup masukkan media tumbuh sampai 2/3 pot.

5. Tanam pakis boston.

Terakhir, tanam tanaman hias pakis ke dalam pot. Cara menanam pakis boston cukup mudah, yaitu dengan cara mengangkat bibit pakis dari pot semai secara perlahan-lahan agar tanah dan akar tidak rusak. Tanam tepat di tengah-tengah pot. Tutup kembali dengan media tanam sampai sebatas pangkal leher akar pakis. Kemudian, siram secukupnya.

Rawat pakis boston agar tumbuh subur dan indah

Setelah Anda paham cara menanam pakis boston, hendaknya Anda cukup butuh pengetahuan seputar cara merawat pakis boston. Karena keindahan dari pakis boston sangat berada di tangan Anda, apakah Anda tepat dan rajin merawatnya atau sebaliknya.

Cara Merawat Pakis Boston

Berikut ini uraian singkat tentang pemeliharaan pakis pedang atau pakis boston agar tumbuh subur, cantik, dan indah nan eksotis.

1. Tempatkan pakis boston di bawah naungan

Seperti Anda merawat tanaman hias aglaonema dan lainnya, pakis boston pun butuh perhatian dan perawatan.

BACA Juga : Merawat Aglaonema? Lakukan 8 Cara Ini agar Indah dan Menawan

Memang tanaman hias pakis boston dapat bertahan hidup jika kena sinar matahari langsung. Akan tetapi, kalau ingin pakis tumbuh subur, sehat, dan daunnya hijau, Anda mesti menempatkan tanaman pakis pada area yang teduh atau ada naungan.

Kalau di luar rumah, Anda bisa tempatkan pakis boston pada teras, di dinding, atau digantung asalkan tidak terkena sinar matahari langsung. Atau, kalau ada pohon besar dan rindang di perkarangan rumah, sebaiknya Anda tempatkan di sana karena tempat seperti itu sangat cocok dan medukung pertumbuhannya.

Tapi, jika Anda ingin menghiasi ruangan rumah, Anda bisa tempatkan tanaman hias ini di setiap sudut ruangan yang Anda inginkan. Sebab, pakis boston ini cocok sekali sebagai tanaman hias indoor.

Bahkan, dengan kehadiran pakis boston, ruang rumah Anda akan terbebas zat-zat polutan karena ia mampu membersihkan dan menyegarkan udara dengan cara menyerapnya.

2. Siram secara berkala pakis boston

Jaga kelembaban media tumbuh pakis boston dengan cara menyiram air. Anda bisa menyiramnya setiap hari, tapi sedikit sekadar membasahi media tumbuh saja.

Alangkah baiknya, penyiraman pakis boston disesuaikan dengan kelembaban media tumbuh. Apalagi tanaman pakis tidak terkena sinar langsung, kelembaban media tumbuh bisa lama bertahan. Walau demikian, cek media tumbuh setiap 2-3 hari sekali, kalau kering, lakukan penyiraman.

3. Aplikasi pupuk untuk pakis boston untuk menunjang pertumbuhannya

Cara merawat pakis boston lainnya adalah penambahan pupuk atau nutrisi. Sebab, pakis hias ini sudah tumbuh dan berada dalam wadah sempit/pot dan media tumbuh terbatas, maka pemupukan pakis boston tetap perlu untuk menjaga kesuburannya.

Biar Eksotis, Begini Cara Menanam dan Merawat Pakis Boston
Kompos untuk Pakis Boston

Dosis pupuk untuk pakis boston tidak banyak. Anda bisa tambahkan ½ kg kompos untuk pakis kelabang ini (sesuaikan dengan volume media tumbuh) setiap 3 bulan sekali. Tambahkan juga 1 gram atau kira-kira 10 butir NPK setiap 3 bulan sekali dengan cara membenamkan di sekeliling tanaman.

Untuk menjaga tetap mendapat nutrisi yang cukup, tidak ada salahnya jika Anda semprot seminggu sekali dengan pupuk daun yang kadar N-nya lebih tinggi dibanding P dan K.

4. Pangkas daun dan tangkai daun yang kering

Biar pakis boston tetap tampil indah dan menawan, buang daun-daun yang layu dan kuning. Pangkas juga tangkai daun yang kering. Lakukan hal ini secara berkala dan teratur.

Rawat pakis hias ini dengan sungguh-sungguh agar ia memberikan keindahan kepada Anda dan setiap mata yang memandangnya. Demikian penjelasan cara menanam pakis boston terutama yang Anda tanam dalam pot.

Kalau tertarik, Anda dapat menyimak Video ini tentang Cara Menanam Pakis Boston yang Diawali dengan Perbanyakan Bibit terlebih dulu.

0 Response to "Biar Eksotis, Begini Cara Menanam dan Merawat Pakis Boston | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel