Agar Bunga dan buah Tanaman Mangga Tidak Rontok, Rahasianya apa? | Kebunku

Agar Bunga dan buah Tanaman Mangga Tidak Rontok, Rahasianya apa? -- Bagi pecinta tanaman mangga, kerontokan bunga dan buah menjadi persoalan. Bahkan, jika bunga dan buah tanaman mangga rontok, membuat perasaan tidak nyaman, makan tidak enak, dan rasanya pikiran gelisah terus. Pikiran bekerja ekstra  berpikir bagaimana menangani agar bunga dan buah tidak rontok, pupuk apa yang harus diberikan, apa yang salah dengan tanaman mangga kesayangan itu, atau barangkali ada rahasianya yang tak terungkap?.

Persoalan rontok bunga dan butir tanaman mangga bukanlah hanya duduk perkara sobat saja, tetapi poly orang lain pada luar sana, termasuk saya, pernah menemui masalah seperti itu. Beruntungnya, saya cepat menemui misteri buat mencegah kerontokan bunga & butir sebagai akibatnya rasa senang pun pulang menghiasi hidup aku .

Apa rahasianya agar bunga dan buah tanaman mangga tidak rontok? Tepat sekali Sobat berada di blogPupuk Lahan (pupuklahan.blogspot.com) ini. Tidak ada yang rahasia, semua yang diketahui akan diungkap sampai ketemu solusinya. Dalam artikel ini kita akan kupas mengapabunga dan buah rontok dan bagaimana cara mencegahnya?

Penyebab bunga dan butir rontok

Ada beberapa sebab yang membuat bunga dan buah rontok aliasgugur, yaitu :

  • Hujan deras dalam waktu lama
  • Angin kencang
  • Kekurangan air
  • Kemarau panjang
  • Kelebihan pemupukan dengan nitrogen yang tinggi
  • Kekurangan unsur-unsur hara P dan K
  • Tanah asam sehingga posfor tidak tersedia bagi tanaman
  • Serangan hama dan penyakit
  • Kurangnya atau tidak pernah diberikan pupuk organik, seperti pupuk kandang,  yang menyediakan hara makro dan mikro
  • Kurang mendapat sinar matahari

Itulah beberapa sebab yg memungkinkan terjadinya kerontokan bunga dan butir dalam flora mangga. Bahkan, hal yg serupa bisa terjadi pada tanaman butir lainnya, seperti flora jambu, jeruk, belimbing anggun, kelengkeng, nangka cantik, dan sejumlah flora buah lainnya.

Pada artikel ini kita tidak memfokuskan untuk membahas penyebab-penyebab keguguran bunga & butir mangga tadi. Mengapa? Karena aku yakin bahwa sobat relatif hebat dalam budidaya tumbuhan mangga, sebagai akibatnya penyebab-penyebab yang diutarakan pada atas secara umum telah sobat ketahuinya. Bahkan, semoga benar, beberapa penyebab telah diatasi menggunakan sebaik-baiknya meskipun belum berhasil optimal.

Pemupukan Tanaman Mangga

Mari kita tinjau dari sisi pemupukan mengapa bunga rontok & bagaimana mengatasinya. Sebab, umumnya, bila tanaman mangga nir mendapat ?Gizi? Yang sempurna sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangannya, maka menuai masalah menggunakan pembungaan & pembuahan.

Ada 2 fase penting dalam kehidupan flora, yaitu fase vegetatif & generatif. Fase vegetatif ini merupakan ketika tanaman tumbuh akar, batang, ranting, & daun-daunnya. Dengan kata lain, masa ini adalah masa pertumbuhan flora. Dan fase generatif dimana flora akan mulai melakukan reproduksi atau telah masuk dalam masa produktif yang menghasilkan bunga & buah.

Nah, pada fase vegetatif, pemupukan dengan nitrogen sangat dibutuhkan buat pertumbuhannya. Tetapi, begitu masuk usia produktif (generatif) misalnya akan masuk masa pembungaan & pembuahan, maka kebutuhan nitrogen menjadi lebih rendah. Dengan kata lain, pemupukan N (seperti pupuk urea) wajib dikurangi.

Ada kebiasaan sebagian orang yang menanam mangga, mulai dari bibit sampai pohon mangga sudah besar selalu menggunakan pupuk NPK 15:15:15 atau NPK 16:16:16. Makanya, kemungkinan besar sulit untuk berbunga. Jika pun berbunga,bunga dan buah akan banyak yang rontok. Sebab, tanaman mendapat asupan nitrogen yang porsinya besar dan ini akan selalu memicu pertumbuhan vegetatifnya (batang dan daun).

P dan K mengatasi bunga dan buah rontok

Pada masa menjelang pembungaan, berbunga dan berbuah, tanaman mangga harus mendapat nutrisi posfor (P) dan kalium (K) dalam jumlah yang tinggi dibandingkan dengan unsur hara nitrogen (N). Ini bertujuan untuk mer_4_ngsang bunga danmencegah atau mengatasi kerontokan.

Hal tersebut di atas senada dengan yang diutarakan oleh Rahayu, S. dan Suryaman, D.E dalam bukunyaBudidaya Mangga di Lahan Sempit, “Pemberian pupuk fosfor dan kalium dapat memicu pembungaan pada tabulampot. Karena sesuai fungsinya, unsur P berfungsi untuk memicu pembungaan dan pemasakan buah dan biji, sedangkan unsur K berfungsi untuk pertumbuhan bunga, buah, dan menjaga agar tidak terjadirontok pada bunga.Unsur K juga berperan dalam membentuk rasa  manis pada buah...”

Baca jua ini :

  • Apa Kegunaan Pupuk Kalium Nitrat dan Kapan Diaplikasikan
  • Aplikasi Pupuk Untuk Rambutan yang Tepat, Buah pun Lebat

Gejala kekurangan kalium

Jika flora mengalami kekurangan (defisiensi) hara tertentu, akan menampakan gejala-tanda-tanda yg dapat dicermati secara fisik. Contohnya, pada flora yg kekurangan kalium (K) galat satu gejalanya dapat ditandai dalam buahnya. Beberapa tanda-tanda kekurangan kalium dapat dipandang berdasarkan pertanda-pertanda berikut adalah, yaitu :

  • Pertama sekali dan mudah ditemui pada daunnya yang kelihatan agak tua
  • Kemudian daunnya banyak keriting
  • Bagian tanaman seperti batang, cabang, ranting tidak kuat alias lemah
  • Ujung daun dan juga pinggir daun menguning
  • Buah mudah sekali rontok dan jika terbentuk pun, maka ukuran buahnya kecil
  • Kualitas biji dan buah rendah

Jenis Pupuk Anti Rontok Bunga & Buah

Beberapa jenis pupuk untuk mengatasi bunga dan buah rontok sudah banyak diproduksi. Pupuk yang mengandung unsur hara P dan K yang tinggi banyak dijual di pasar atau toko sarana pertanian. Bahkan, pupuk untuk mencegah rontok bunga dan buah itu banyak dijual di toko online. Namun, jika tersedia di toko yang terdekat dengan Sobat, mengapa harus beli online, ya ‘kan?

Agar Bunga dan buah Tanaman Mangga Tidak Rontok, Rahasianya apa?
Mangga. Gambar : Dokpri

Maaf teramat dalam dari lubuk hati, bukan maksud promosi produk, ini hanya pengetahuan saja agar petani atau pegiat tabulampot sukses dalam budidaya tanaman buah. Dan memang saya sendiri pernah menggunakan salah satu produk tersebut. Baik, ada beberapa merek pupukmencegah rontok bunga dan buah(ini sebagai contoh saja), seperti :

  • Pupuk Top Star (10-20-50) dengan kandungannya 10% N, 20% P dan 50% K dan unsur-unsur mikro
  • Ada juga pupuk NPK GROWMORE Bunga dan buah 6:30:30 dengan kandungan 6%N, 30% P dan 30% K
  • Boleh juga dengan tambahan pupuk kalium nitrat yang tinggi kadar kalium (38% K) ketika sudah terjadi pembentukan buah
  • Pupuk makro majemuk PK Meroke MKP dengan kandungannya P2O5 52% atau 22,7 % P      dan 34% K2O atau 28,2 % K
  • Dan pupuk lainnya yang mengandung P dan K tinggi (jika mau buat sendiri pupuk NPK dengan kadar P dan K tinggi dapat dibaca di sini )

Baca jua ini :

  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa
  • Pupuk NPK Phonska Plus Memembuat Panen Meningkat Karena Ini
  • Awas!! Jangan Salah Memupuk Tanaman dengan Ampas Kopi, Ini Cara yang Benar
  • 2 Manfaat Pupuk ZA di Balik 2 Kelemahannya Untuk Tanaman
  • Pupuk untuk Stroberi agar Subur dan Produksi Buah Lebat

Selesai sudah postingan ini mengulas penyebab dan cara mencegah kerontokan bunga & buah tanaman mangga. Sekali lagi, dari sisi pemupukan, mengatasinya dengan pupuk yang mengandung P & K lebih tinggi persentasenya dibandingkan nitrogen (N).

Bahkan, pupuk menggunakan kadar P & K tinggi bisa mer_4_ngsang pembungaan pada tumbuhan butir yg akan memasuki fase generatif.Atau menjelang berbunga. Demikian semoga berguna. Semoga sobat selalu sukses dalam menjalankan aktifitas & salam.

0 Response to "Agar Bunga dan buah Tanaman Mangga Tidak Rontok, Rahasianya apa? | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel