Bolehkah Caisim Dikocor? Ini Pupuk dan Cara Pemupukan Caisim atau Sawi (Brassica Juncea L.) | Kebunku

Apa kabar Sobat? Semoga sehat selalu, ya. Artikel kali ini, kita akan coba mengupas tentang pupuk untuk tanaman caisim atau caisin (Brassica Juncea L.). Dari beberapa tanaman sayuran caisin, kita coba fokus ke tanaman sawi. Jadi, kalau nantinya kita sebut dengan caisim, maka yang kita maksud adalah tanaman sayuran sawi.

Bolehkah Caisim Dikocor? Ini Pupuk dan Cara Pemupukan Caisim atau Sawi (Brassica Juncea L.)
Ilustrasi Larutan Pupuk buat Penyiraman Caisim

Kenapa langsung ke pupuk caisim? Pertama, sesuai dengan niche blog ini yang stressing-nya pada pupuk dan pemupukan. Kedua, penulis yakin bahwa Anda yang sedang membaca ini sudah cukup mahir dalam menanam sawi, mulai dari penyiapan lahan sampai dengan kontrol organisme pengganggu tanaman (OPT).

Ketiga, ini yang penting, ingin menjawab pertanyaan teman-teman seputar pupuk untuk caisim. Sebab, masih ada di antara teman-teman kita yang ingin tau lebih dalam tentang pupuk dan cara pemupukan tanaman caisim, apakah bisa ditabur atau lebih bagus dikocor.

Bolehkah Caisim Dikocor? Ini Pupuk dan Cara Pemupukan Caisim atau Sawi (Brassica Juncea L.)
Gambar oleh Hannaone berdasarkan Pixabay

Caisim atau sawi sayuran bergizi prospektif

Caisim atau sawi adalah keliru jenis sayuran yang relatif digemari warga lantaran nilai gizinya yang tinggi. Bukan hanya jenis sawi putih, namun sawi hijau pun laris anggun dibeli konsumen di pasar.

Gambaran tersebut menerangkan bahwa menanam sawi terbilang prospektif & berpotensi menguntungkan secara ekonomi.

Rawat caisim dengan pupuk yg tepat

Agar bercocok tanam sawi atau caisim menerima output yang tinggi & menguntungkan, maka perawatannya menjadi hal penting.

Salah satu yg perlu Anda perhatikan adalah pelaksanaan pupuk untuk tanaman caisim yg tepat semenjak awal tanam hingga menjelang panen.

Meskipun kalau dilihat dari syarat tumbuh  dimana caisim/sawi mudah sekali tumbuh pada tanah tipe apa saja, namun bukan berarti sayuran sawi tidak membutuhkan pupuk. Nutrisi yang lengkap, seperti N, P, K, dan unsur mikro, tetap diperlukan walaupun tidak terlalu banyak.

Pupuk buat Tanaman Sawi (Caisim)

Baik, apa saja pupuk buat tumbuhan caisim & bagaimana cara aplikasinya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Sebelum memupuk, pastikan lahan yg akan Anda tanam sawi mempunyai pH ideal lebih kurang 6-6,lima. Sebab, kalau tanah masam, mampu sebagai tak beguna pupuk yang diberikan untuk flora sawi.

Oleh karena itu, jika masam atau berada di bawah nilai pH 6, maka alangkah tepat jika anda tambahkan dulu kapur pertanian berupa dolomit. Dosisnya kira-kira 2 ton per hektar atau 200 gram per meter persegi (m2).

Dolomit mesti ditaburkan pada lahan tanam jauh-jauh hari sebelum menanam sawi. Tepatnya dalam masa penyiapan lahan. Atau, paling telat 1 minggu sebelum memindahkan bibit sawi ke lahan tanam.

1. Pupuk dasar tanaman caisim

Sebelum menanam sawi, huma mesti fertile & gembur. Ini berarti tugas Anda buat menyuburkannya menggunakan cara aplikasi pupuk dasar buat caisim/sawi.

Apa pupuk dasar flora caisim? Pupuk organik, sanggup pupuk sangkar & boleh pula kompos. Umumnya petani memakai pupuk kandang menjadi pupuk dasar flora sawi. Selain gampang terjangkau, kandungan unsur haranya nir jauh-jauh banget dibanding menggunakan kompos.

Dosis pupuk kandang untuk pupuk dasar caisim 10-20 ton per hektar (tergantung kesuburan lahan). Anda bisa menggunakan 10 ton per hektar atau 1 kg setiap meter persegi luas lahan. Karena nanti Anda juga akan menambah pupuk lagi pada masa pertumbuhan caisim (pupuk susulan). Jadi, 1 kg/m2, ya cukup lah sebagai pupuk dasar.

Cara pelaksanaan pupuk dasar buat caisim cukup mudah, taburkan dalam bedengan & campurkan menggunakan hingga merata. Oh iya, ketika aplikasinya minimal 7 hari sebelum tanam. Makin cepat akan lebih indah buat membangunkan kesuburan lahan tanam.

2. Pupuk susulan tanaman caisim

Sebetulnya, tumbuhan sayuran sawi atau caisim relatif dipupuk dengan jenis pupuk nitrogen (N) misalnya urea atau ZA sebagai pupuk susulan. Mengapa? Karena produk yang didapatkan dan dikonsumsi menurut tumbuhan sawi adalah daun bukan bunga atau buah.

BACA Juga : lima Jenis Pupuk Nitrogen, Anda Biasa Menggunakan yg Mana?

Akan tetapi, biar pertumbuhan caisim lebih sehat, subur,  jumlah daunnya banyak, dan kualitas daunnya bagus serta produktivitasnya tinggi, maka tanaman sayuran ini juga butuh sedikit unsur fosfor dan kalium. Yuk kita lihat pupuk apa saja dan teknik pemupukan caisim.

Pupuk susulan caisim, umur 7-10 HST (Susulan I) ; Aplikasikan pupuk urea. Dosis pupuk urea untuk tanaman sawi/caisim 150 kg per hektar atau 15 gram setiap meter persegi (m2).

Pupuk susulan caisim, umur 15-20 HST (Susulan II) ; Aplikasi pupuk NPK. Dosis NPK untuk caisim adalah 75-100 gram NPK untuk 50 tanaman caisim atau 1,5-2 gram NPK per tanaman.

Cara pelaksanaan pupuk susulan sayuran caisim

Nah, bagaimana cara aplikasi pupuk buat tumbuhan caisim supaya cepat diserap dan efektif? Ada 2 cara, yaitu ditebar dalam larikan diantara barisan flora caisim & dikocor atau penyiraman larutan pupuk ke pangkal tumbuhan caisim.

1. Cara pemupukan caisim susulan I (7-10 HST)

Untuk tanaman caisim yang berumur 7-10 HST, Anda dapat mengaplikasi pupuk urea dengan cara penyebaran. Jadi, pupuk urea disebar dalam larikan di antara barisan tanaman dengan dosis 15 gram/m2 atau 0,6 gram urea per tanaman caisim (asumsi jarak tanam caisim 20 x 20).

Apabila Anda nir ingin menyebar pupuk buat caisim, Anda dapat menentukan cara pelaksanaan lain, yaitu penyiraman atau pengocoran. Caranya, larutkan 30 gr urea ke pada 10 liter air, lalu siram buat 50 flora caisim (200 mililiter per tumbuhan)

2. Cara pemupukan caisim susulan II (15-20 HST)

Khusus untuk pupuk susulan II (15-20 HST), pemupukan caisim dapat dilakukan dengan pengocoran.  Caranya, larutkan 75-100 gram NPK ke dalam 10 liter air, kemudian siram untuk 50 tanaman caisim (200 ml per tanaman)

Catatan :

Pertama, jika Anda memberikan pupuk untuk tanaman caisim dengan cara sebar, maka hati-hati jangan sampai butiran pupuk menyentuh daun atau bagian tanaman karena dapat melukai atau mengganggu tanaman caisim seperti daun terbakar.

Kedua, pemupukan dengan cara pengocoran juga berpotensi mengganggu pertumbuhan tanaman caisim. Sebab, pada saat pengocoran atau penyiraman larutan pupuk ke pangkal tanaman, bagian daun caisim akan ikut tersiram juga.

Nah alangkah baiknya, setelah pengocoran pupuk, Anda harus segera menyemprot daun tanaman caisim dengan air biasa. Tujuannya buat mencuci residu-sisa larutan pupuk yg terkena dalam daunnya.

Ketiga, lakukan pemupukan pada waktu sore hari dan cuaca sedang tidak mendung atau hujan.

Pupuk daun buat caisim (Opsional)

Selain pupuk yang tersebut pada atas, Anda jua bisa menaruh pupuk daun. Tetapi, pupuk daun ini hanya opsional saja. Artinya, pelaksanaan pupuk daun dibutuhkan jika pertumbuhan daun sawi/caisim kurang optimal.

BACA Juga : Cara Aplikasi Pupuk Daun Gandasil D & B yg Tepat Biar Cepat Diserap Tanaman

Kalau mau diaplikasi pupuk daun melalui penyemprotan, lakukan pada usia sayuran caisim 20-25 HST. Dosis pupuk daun buat caisim diubahsuaikan dengan anjuran yg tertera pada bungkus.

Lakukan perawatan menggunakan baik dan kontrol hama & penyakit supaya panen caisim dapat memuaskan. Demikian ulasan pupuk buat tanaman caisim atau sawi. Salam

0 Response to "Bolehkah Caisim Dikocor? Ini Pupuk dan Cara Pemupukan Caisim atau Sawi (Brassica Juncea L.) | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel