Cara Praktis Menanam Belimbing Wuluh dalam Pot Supaya Lekas Berbuah | Kebunku

Cara Menanam Belimbing Wuluh dalam Pot – Belimbing wuluh sebetulnya dapat ditanam langsung di lahan perkarangan rumah. Akan tetapi, kalau lahan rumah terbatas terutama di perkotaan, belimbing wuluh dapat ditanam dalam pot. Meskipun dalam pot, kalau penanaman ok dan perawatannya baik, belimbing wuluh juga akan lekas berbuah.

Menanam belimbing wuluh pada pot dalam dasarnya hampir sama menggunakan budidaya belimbing secara generik. Tetapi, yang namanya media tumbuh terbatas, tentu saja memerlukan perlakuan-perlakuan khusus supaya belimbing wuluh yang ditanam pada pot tumbuh fertile & berbuah.

Cara Praktis Menanam Belimbing Wuluh dalam Pot Supaya Lekas Berbuah

Bagaimana cara menanam belimbing wuluh dalam pot? Kalau Sobat mengikuti dengan akurat langkah-langkah yang tersaji dalam artikel ini, cara menanamnya sangat mudah lantaran hampir sama dengan menanam flora butir dalam pot (Tabulampot) lainnya.

Sekilas sebelum menanam belimbing wuluh dalam pot

Sebelum menanam, yuk sekilas saja mengenal belimbing wuluh. Sobat tau, bukan? Belimbing wuluh punya nama ilmiahnya atau nama latin, yaitu Averrhoa blimbi L.

Tapi, jangan bingung karena bukan itu saja namanya. Belimbing wuluh banyak sebutan lain di Indonesia seperti belimbing sayur, belimbing asam, dan nama lain tergantung daerahnya seperti limeng (Aceh), blimbing buloh (Bali), balimbing (Lampung), malimbi (Nias), dan lain-lain dengan nama yang berbeda-beda.

Kalau manfaat belimbing wuluh telah niscaya tau. Selain buat bumbu masakan, belimbing dengan buahnya yg lonjong dan cita rasanya asam ini, banyak jua dimanfaatkan buat kesehatan misalnya mengatasi tekanan darah tinggi, meredakan demam, & lainnya.

Syarat tumbuh belimbing wuluh

Baik, jika telah mengenalnya, yuk kita lanjutkan ??. Kenapa perlu melihat kondisi tumbuh belimbing wuluh? Ini tentu saja agar kita dapat memanipulasi syarat tumbuh dalam pot mendekati kondisi tumbuh yg dikendaki belimbing wuluh. Dengan cocok tempat hidupnya, belimbing wuluh yang ditanam dalam pot pun tumbuh dan berkembang dengan baik.

Berikut ini syarat tumbuh belimbing wuluh

  • Tumbuh dengan baik di daerah iklim panas
  • Mendapat sinar matahari minimal 7 jam dalam sehari
  • Tumbuh subur dan produktif pada ketinggian 0-500 mdpl
  • Tumbuh baik dengan kisaran bulan basah 5-7 bulan
  • Dapat tumbuh pada semua jenis tanah asal subur dan gembur
  • Menghendaki tanah yang kaya bahan organik
  • pH tanah 5-6,5
  • Aerasi tanah dan drainase yang baik dan lancar
  • Kedalaman air tanah lebih dari 60 cm

Bibit belimbing wuluh buat ditanam dalam pot

Kalau bicara bibit, maka bibit belimbing wuluh buat ditanam pada pot terdapat dua, yaitu bibit yang asal menurut perbanyakan generatif dan bibit output perbanyakan vegetatif.

Sekadar mengingatkan kembali bahwa yg namanya bibit belimbing wuluh generatif merupakan bibit yang diperoleh dengan cara menyemai bijinya. Sedangkan bibit belimbing wuluh vegetatif adalah bibit yg berasal berdasarkan output cangkok, okulasi, dan stek btg.

Kedua-duanya, baik bibit yang berasal menurut perbanyakan generatif juga vegetatif, bisa digunakan untuk bibit belimbing wuluh yg akan ditanam dalam pot.

Tetapi, ada perbedaan cepat tidaknya berbuah waktu ditanam dalam pot. Belimbing wuluh yang ditanam dari biji butuh waktu 1-2 tahun baru berbuah. Sedangkan bibit output cangkok atau stek batang mampu berbuah cepat, kira-kira pada waktu 6-12 bulan sehabis tanam.

Bibit cangkok & stek

Kalau Sobat mau cepat & praktis, bibit belimbing wuluh dapat dibeli pada tempat-tempat penyemaian bibit flora (nursery). Di sana, terdapat bibit berdasarkan biji & terdapat pula bibit output cangkok atau stek batang.

Tetapi, bila ingin menyiapkan bibit sendiri lebih indah & hemat alias ekonomis porto. Kalau mau stek atau cangkok belimbing wuluh, maka ambil saja contoh atau model stek atau cangkok tumbuhan butir.

Untuk contoh stek dapat dibaca dalam artikel ini, yaituCara Pakai Root Up dalam Stek Batang supaya Tumbuh Akar dan Tunas. Sedangkan contoh cangkok dapat dibaca dalam artikel ini, yaitu Cara Cangkok Mangga agar Cepat Tumbuh menggunakan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT).

Pada prinsipnya tidak ada perbedaan stek btg belimbing wuluh dengan stek btg tanaman buah lainnya. Demikian pula dengan cangkok belimbing wuluh, perlakuannya sama menggunakan cangkok tumbuhan butir.

Bibit dengan menyemai biji

Mungkin pula Sobat ingin menyemai biji belimbing wuluh, maka cara menyemai misalnya ini dia.

  1. Pilih buah belimbing wuluh yang sudah cukup tua
  2. Ambil bijinya dan dikeringanginkan selama 2-3 hari
  3. Sebelum menyemai, buat media semai dalam polybag ukuran 20 x 20 dan isi media semai dengan campuan tanah dan pupuk kandang
  4. Semai biji dengan cara memasukkan ke dalam lubang tanam dengan kedalaman ½ - 1 cm. Setiap polybag, semai 1 biji
  5. Tutup dengan tanah halus di atasnya
  6. Siram secara rutin sampai biji belimbing wuluh tumbuh
  7. Rawat dengan baik bibit yang sudah tumbuh dalam polybag
  8. Jika sudah berumur 3-4 bulan atau ketinggian mencapai 40-50 cm, bibit belimbing wuluh siap ditanam dalam pot.
Cara Praktis Menanam Belimbing Wuluh dalam Pot Supaya Lekas Berbuah
Belimbing wuluh pada pot

yg ditanam dari biji, sekarang usianya 1,lima tahun

Gambar : Dokpri

Media tanam buat belimbing wuluh pada pot

Menanam belimbing wuluh dalam pot mesti mempersiapkan media tanam yg baik. Untuk itu, sebelum menciptakan media tanam, terdapat persyaratan media tanam yg wajib dipenuhi, yaitu fertile, gembur, aeratif, & poros.

BACA JUGA : tiga Cara Membuat Media Tanam Durian Dalam Pot Supaya Berbuah

Kalau demikian, supaya memenuhi syarat, maka media tanam belimbing wuluh pada pot terdiri menurut campuran tanah fertile (tanah kebun), pupuk sangkar yg sudah matang, dan pasir. Perbandingannya merupakan 1:1:1.

Alternatif lain buat campuran media tanam merupakan tanah kebun, pupuk sangkar, & sekam padi menggunakan perbandingan 1:1:1. Atau boleh juga membuat media tanam belimbing wuluh pada pot merupakan campuran tanah kebun, pupuk kompos, dan sekam padi dengan perbandingan 2:1:1.

Pot buat menanam belimbing wuluh

Lantaran belimbing wuluh merupakan flora berbuah yang berumur relatif lama , maka pot sebaiknya yang berkualitas baik, ya misalnya ringan & tidak mudah pecah.

Selain itu, pot dipilih yang berukuran nisbi besar , minimal diameter pot 40 centimeter dan tingginya 40 centimeter. Intinya, pilih ukuran pot yang dapat menampung pertumbuhan belimbing wuluh secara optimal.

Ada satu hal lagi yg krusial pada menyiapkan pot belimbing wuluh, yaitu buat lubang drainase dalam bagian dasar pot.

Pengisian media tanam ke pada pot

Kalau pot dan media tanam belimbing wuluh sudah siap, berarti sudah saatnya mengisi media tanam ke dalam pot. Bagaimana caranya?

Berikut ini cara mengisi media tanam ke dalam pot.

  1. Isi bagian dasar pot dengan pecahan batu-bata atau potongan styrofoam
  2. Masukkan lagi jerami kering atau ijuk yang ditempatkan di atas lapisan pecahan batu bata atau styrofoam
  3. Lalu, masukkan media tanam sampai ketinggian ¾ pot
  4. Siram media tanam tersebut sampai lembab

Kalau nir buru-buru menanamnya, sebaiknya media tanam belimbing wuluh yg telah diisi ke dalam pot dibiarkan selama seminggu sebelum tanam agar media menjadi lebih kompak

Menanam bibit belimbing wuluh ke dalam pot

Bibit belimbing wuluh yg sudah tumbuh akbar dalam polybag, telah bisa dipindahkan ke dalam pot. Bagaimana cara menanam bibit ke pada pot?

Berikut ini langkah-langkah menanam bibit belimbing wuluh pada pot.

  1. Siram polybag yang berisi bibit belimbing wuluh sampai lembab
  2. Buka polybag secara perlahan-lahan agar tanah tidak terlepas dari akarnya.
  3. Tanam bibit belimbing wuluh tepat di tengah pot
  4. Tutup dengan tanah sampai seluruh akarnya tertutup
  5. Padatkan tanah di sekitar pangkal agar bibit tidak goyah
  6. Siram secukupnya

Perawatan belimbing wuluh dalam pot

Merawat belimbing wuluh dalam pot menjadi bagian penting jika ingin tumbuh & berbuah cepat. Perawatannya meliputi penempatan pot, penyiraman, penyiangan, penggemburan, pemupukan, dan pemangkasan.

Penempatan pot ; Belimbing wuluh perlu mendapat sinar matahari yang cukup agar tumbuh, berbunga, dan cepat berbuah. Jadi, tempatkan pot pada lokasi perkarangan rumah yang terkena sinar matahari.

Penyiraman ; Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari. Jika cuaca cukup panas, siram dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Cara Praktis Menanam Belimbing Wuluh dalam Pot Supaya Lekas Berbuah
Belimbing wuluh pertama sekali berbunga

Usia tanam 1,5 tahun sejak semai biji.

Gambar : Dokpri

Penyiangan ; Pertumbuhan gulma atau rumput liar tidak dapat dihindari. Kalau tidak cepat,  gulma lambat-laun akan tumbuh dalam pot belimbing wuluh. Oleh sebab itu, jika sudah mulai tumbuh gulma, segera cabut agar tidak mengganggu pertumbuhan belimbing wuluh.

Penggemburan ; Media tumbuh belimbing wuluh dalam pot mesti digemburkan setiap 1 bulan sekali agar tidak memadat atau mengeras. Dengan cara demikian, air mudah dilalui dan aerasi media tumbuh menjadi lebih baik.

Pemupukan ; Tanaman belimbing wuluh harus mendapat nutrisi yang cukup kalau mau subur. Apalagi ditanam dalam pot, pemupukan mesti dilakukan untuk mencukupi unsur hara baik makro maupun mikro.

BACA JUGA : Kenali Pupuk Slow Release Sebelum "Terlanjur" Memupuk Tanaman

Setiap 3 bulan sekali, belimbing wuluh pada pot dipupuk dengan pupuk yg mengandung unsur hara terutama N, P, dan K. Berikan pupuk NPK sebanyak 5 gr per pot menggunakan cara membenamkannya.

Ketika belimbing wuluh sudah masuk masa generatif atau menjelang pembungaan, berikan 1 sendok makan pupuk PK MKP. Pupuk ini hanya mengandung P dan K, nir ada N. Ini bertujuan untuk memacu pembungaan.

Selain itu, sebulan sekali, belimbing wuluh dalam pot disiram dengan pupuk organik cair buat mempercepat pertumbuhan vegetatif flora.

BACA JUGA : dua Cara Mudah Mengatasi Kelebihan Pupuk Anorganik dalam Tanaman

Pemangkasan ; Dengan melakukan pemangkasan, pertumbuhan batang belimbing wuluh dalam pot tidak terlalu tinggi. Setelah dipangkas pucukya, maka akan tumbuh beberapa cabang baru sebagai tempat tumbuh bunga dan buah belimbing asam nantinya.

Cara Praktis Menanam Belimbing Wuluh dalam Pot Supaya Lekas Berbuah
Bunga Pertama Belimbing Wuluh

Dalam Pot Mulai Berkembang

Gambar : Dokpri

Selain pemangkasan, menjelang pembungaan, kurangi daun-daun dan tunas-tunas menggunakan cara perempelan. Ini bertujuan buat mer-4ng-oleh belimbing wuluh lekas berbunga & berbuah.

Itulah cara menanam belimbing wuluh dalam pot untuk ditempatkan di perkarangan tempat tinggal . Lakukan perawatan yg sungguh, belimbing wuluh pada pot akan tumbuh fertile & tentu saja akan segera berbunga dan sanggup memetik buahnya.

0 Response to "Cara Praktis Menanam Belimbing Wuluh dalam Pot Supaya Lekas Berbuah | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel