Cari ZPT? Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah | Kebunku

Pupuklahan.Blogspot.Com -- Bicara stek btg flora jambu air memang sangat menyenangkan & bahkan mengasyikkan bagi yg hobi flora. Apalagi buat menumbuhkan akar cuman gunakan zpt yang cukup alami tanpa merogoh kocek, yaitu bawang merah.

Cari ZPT? Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah
Bawang Merah. Gambar : Pupuklahan.Blogspot.Com

Namun, sebelum kita lanjutkan, pastikan Anda membaca artikel "Cari ZPT?  Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah" tepat di blog pupuklahan.blogspot.com agar informasi yang Anda terima benar dan berkelanjutan. Sekali lagi, artikel stek jambu yang sedang Anda baca adalah di pupuklahan.blogspot.com

Stek jambu air gampang apalagi pakai bawang merah

Mengapa Admin pupuklahan.Blogspot.Com menaruh contoh jambu air untuk disetek? Karena jambu air termasuk flora jambu yang sangat gampang buat tumbuh akar. Kadang-kadang bila kondisi cuaca mendukung, bagian cabang jambu air yg eksklusif ditanam pada tanah, mampu tumbuh sendirinya.

Admin menurut pupuklahan.Blogspot.Com pernah mengamati petani pada desa-desa tempo dulu. Mereka merogoh residu menurut bagian tumbuhan jambu air dan menanam di tanah, akan tetapi tempatnya ternaungi menurut sinar dan hujan. Ada yg tumbuh & ada jua yang gagal.

Nah, jikalau ingin lebih berpotensi sukses perbanyakan jambur air melalui stek btg, pupuklahan.Blogspot.Com menyarankan buat menambah atau mengolesi ekstrak zat penumbuh akar atau ZPT alami, yaitu bawang merah.

Bawang merah ada hormon auksin penumbuh akar

Bisakah distek btg jambu air menggunakan bawang merah? Pengalaman admin pupuklahan.Blogspot.Com, stek jambu dengan cairan bawang merah berhasil. Ini memberitahuakn hampir tidak terdapat beda antara ZPT protesis menggunakan ZPT alami.

Sebab, pada hormon pertumbuhan yg sintesis atau ZPT buatan mengandung keliru satu hormon auksin. Demikian jua dengan kandungan hormon pada bawang merah, yaitu aksin.

Anda tau, bukan? Hormon auksin ini digunakan untuk meningkatkan kecepatan pertumbuhan akar. Jadi, apabila zat menurut bawang merah dipakai buat stek jambu air, maka stek batang jambu air akan cepat tumbuh akar.

Admin pupuklahan.Blogspot.Com yakin bahwa diantara teman-sahabat masih penasaran bagaimana sebetulnya perlakuan bawang merah sebagai zat pengatur tumbuh buat stek jambu air.

Baik, ini dia admin pupuklahan.Blogspot.Com ingin berbagi menggunakan teman-teman bagaimana caranya agar proses menyetek btg jambu air dengan bawang merah cepat berhasil

1. Siapkan dulu batang jambu air

Cari ZPT? Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah
Contoh Batang Stek Jambu Air. Pupuklahan.Blogspot.Com

Tugas pertama pada stek jambu air dengan bawang merah tentu saja perlu Anda siapkan btg jambu air yg sehat & produktif dan induknya kentara.

Cari btg jambu air atau cabang jambu air menggunakan diameter minimal 1 centimeter, namun nir muda & nir sedang tumbuh tunas-tunas baru. Potong cabang jambu air buat stek btg sepanjang 20-25 cm.

2. Giling halus bawang merah dengan blender

Anda siapkan beberapa umbi bawang merah buat dijadikan zat pengatur tumbuh pada stek batang. Kemudian Anda blender dengan menambahkan air sedikit saja buat menggilingnya.

Setelah penggilingan bawang merah terselesaikan, saring ke pada gelas atau baskom atau wadah lain. Diamkan ekstrak bawang merah beberapa ketika 10-20 mnt sebelum dipakai buat stek batang jambu air.

Tiga. Segera lakukan stek batang jambur menggunakan ekstrak bawang merah menjadi ZPT alami

Cari ZPT? Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah
Posisi sayatan stek di keliru satu node/tempat

tumbuh daun/tunas. Pupuklahan.Blogspot.Com Lagi-lagi Admin pupuklahan.Blogspot.Com yakin bahwa Anda masih penasaran bagaimana cara olesi zpt bawang merah dalam batang jambu yg akan disetek.

Tidak sulit, hanya saja Anda perlu menyayat/melukai bagian pangkal batang jambu air yang akan distek dalam sisi kiri dan kanan (pakai pisau tajam & steril). Jarak pelukaan kulit jambu air menurut pangkal kira-kira 1-dua cm.

Pastikan buat menandai posisi btg jambu buat stek jangan terbalik, yg pucuk ke atas, yang pangkal ke bawah.

Cari ZPT? Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah
Ilustrasi pupuklahan.Blogspot.Com buat

pelukaan btg stek jambu air.

Source : pupuklahan.Blogspot.Com Rendam bagian batang jambu air ke pada ekstrak bawang merah 2-3 jam supaya meresap sampai ke dalam jaringan stek btg. Setelah itu, btg jambu yang sudah diolesi hormon pertumbuhan alami dari bawang merah sudah siap untuk ditanam pada media tanam yg telah dipersiapkan.

Media tanam terdiri berdasarkan tanah yang liat dan sedikit pupuk kompos. Menggunakan tanah liat buat tanam stek jambur air supaya tanah dan batang jambu air menyatu padat. Dengan demikian nir terdapat rongga untuk masuk udara yg merupakan penyebab gagal stek batang.

4. Gunakan sungkup pada stek btg jambu air

Cari ZPT? Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah
Admin pupupuklahan.Blogspot.Com membuat

sungkup stek jambu air. Source : Pupuklahan.Blogspot.Com

Untuk mempercepat pertumbuhan akar & tunas, sungkup atau tutup menggunakan plastik transparan. Penyungkupan ini juga supaya nir terkena udara dari luar lantaran bisa menyebabkan btg jambu air menjadi kering.

5. Tempatkan stek btg jambu air dalam loka yang teduh

Hal yang paling krusial diingat, berdasarkan Admin pupuklahan.Blogspot.Com, setelah mengolesi zpt bawang merah, menanam, dan menyukup stek batang jambu air merupakan jangan menempatkan dalam area yang terkena sinar matahari langsung. Berikan pelindung supaya terhindar menurut panas & hujan.

Demikian cara stek batang jambu air menggunakan bawang merah atau zpt alami. Untuk gambar-gambar lengkap lainnya pelan-pelan akan menyusul, mohon bersabar. Semoga pengalaman admin pupuklahan.Blogspot.Com bisa menginspirasi Anda buat menyetek jambu air & mungkin tanaman buah lainnya menggunakan hormon penumbuh akar alami bawang merah. Demikian dan salam pupuklahan.Blogspot.Com. Semoga Anda sukses selalu.

0 Response to "Cari ZPT? Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel