Daripada Dibuang, Yuk Menanam Mahkota Nanas Dalam Polybag di Rumah ; Begini Caranya | Kebunku

Pupuklahan.Blogspot.Com ? Nanas mampu tumbuh menggunakan baik apabila kondisi huma dan agroklimat cocok. Bahkan, jika syarat sesuai, nanas yg ditanam pada polybag di rumah pun bisa tumbuh dengan subur. Bagaimana cara menanam nanas dalam polybag di rumah?

Daripada Dibuang, Yuk Menanam Mahkota Nanas Dalam Polybag di Rumah ; Begini Caranya
Tanaman Nanas Dalam Polybag menurut Mahkota Buah Nanas

Sebelum menjawab pertanyaan itu, kita telusuri dulu mengapa Anda ingin menanam nanas pada polybag pada perkarangan rumah. Bukankah harga nanas pada pasar nir mahal-mahal amat?

Nanas pada Polybag hadirkan perbedaan makna estetika tempat tinggal Anda

Penulis konfiden bahwa menanam nanas dalam polybag pada tempat tinggal bukan berarti Anda nir sanggup membeli nanas. Bukan karenanya, tetapi Anda ingin memanfaatkan perkarangan rumah yang kosong sekaligus bisa menikmati hasil & nilai estetikanya. Benarkah?

Tanaman nanas yang tumbuh di polybag dan ditata dengan rapi, akan menciptakan nuansa keindahan tersendiri. Apalagi, jika nanas yang Anda tanam di polybag itu berbuah, sesuatu yang amazing dan menjadi nilai kesenangan tersendiri untuk Anda yang cukup mahal harganya.

Jadi, menanam nanas pada polybag atau pot atau media terbatas lainnya pada tempat tinggal , tidaklah rugi. Selain bisa menikmati hasilnya, namun nanas yg tumbuh dan berkembang pada polybag juga menaruh nilai keindahan & kebahagian bagi pemiliknya.

Begini Cara Menanamnya

Namun, yang menjadi masalah merupakan bagaimana cara menanam nanas dalam polybag agar tumbuh subur & mau berbuah? Nah, bagi Anda yg masih gundah, ayo simak penjelasannya di bawah ini.

1. Jangan buang mahkota dari buah nanas, untuk bibit lho

Daripada Dibuang, Yuk Menanam Mahkota Nanas Dalam Polybag di Rumah ; Begini Caranya
Buah Nanas dan Mahkotanya

Gambar : pixabay.Com/tee2tee

Jika Anda ingin budidaya nanas di polybag, maka jangan buang mahkota dari buah nanas yang Anda beli di pasar. Daripada dibuang, 'kan lebih baik ditanam. Sebab, mahkota nanas tersebut dapat dijadikan bibit untuk ditanam di polybag.

Mahkota buah nanas sebetulnya bisa eksklusif ditanam di media tanam tanpa perlu semai. Caranya, potong mahkota butir nanas & buang beberapa helai daun yang terdapat pada bagian bawah mahkota. Setelah itu, eksklusif mampu ditanam di polybag.

Cara lain, apabila Anda ingin menunggu 2-tiga minggu sampai mahkota nanas tumbuh akar boleh jua, tapi mesti dibuat perlakuan terlebih dulu.

Berikut ini cara menyiapkan mahkota nanas buat dijadikan bibit.

  • Siapkan gelas dan isikan air sumur setengah bagian saja
  • Potong mahkota buah nanas. Bentuk mahkota nanas, ya seperti pohon nanas, tapi kecil. Mahkota ini terdapat di atas buah nanas.
  • Buang beberapa daun yang ada pada bagian pangkal mahkota nanas
  • Celupkan pangkal mahkota nanas ke dalam air
  • Biarkan 2-3 minggu atau sampai tumbus akar.

2. Buat media tanam yang fertile & gembur

Sebelum menanam nanas di polybag, racik dulu media tanam. Media tanam mesti subur, gembur, dan poros.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan buat menciptakan media tanam nanas merupakan tanah kebun, pupuk kandang, sekam padi, dan sedikit pasir. Perbandingan bahan-bahan tadi 1:1:1:seperempat (1:1:1: sedikit pasir). Campurkan seluruh bahan tersebut sampai merata.

Tiga. Sediakan polybag atau pot yg nisbi besar

Karena ingin menanam nanas pada polybag, tentu saja perlu disediakan polybag atau pot. Ukuran polybag yang agak akbar agar bisa menampung media tanam, nutrisi, & tempat tumbuh dan berkembangnya akar.

4. Isi media tanam ke pada polybag

Media tanam yg telah dibuat dalam poin ke-2 pada atas, dimasukkan ke pada polybag sampai dua/tiga tinggi polybag. Biarkan media tanam pada polybag tadi minimal 1 minggu agar lebih kompak.

Lima. Tanam mahkota butir nanas ke pada polybag

Kalau Anda sudah menyiapkan media tanam & bibit buah nanas pun sudah terdapat, maka Anda telah bisa menanam nanas di polybag.

Buat lubang tanam di tengah polybag dan masukkan bibit nanas. Tutup pulang dengan tanah & ingat disiram.

BACA JUGA : Cara Menanam Nanas Agar Sukses & Bisa Panen pada 12 Bulan

6. Tempatkan bibit nanas yang baru ditanam dalam tempat yg teduh.

Hindari menempatkan bibit nanas yang baru saja ditanam dalam polybag dalam area yang terkena sinar mentari eksklusif lantaran bisa menyebabkan layu, kemarau, & berpotensi gagal tumbuh.

Jadi, bibit nanas ditempatkan dulu dalam loka yg teduh selama beberapa minggu. Jika akar-akarnya sudah tumbuh & daun-daun terlihat segar, maka nanas pada polybag telah sanggup diperkenalkan menggunakan cahaya.

7. Jaga kelembaban media tumbuh tumbuhan nanas pada polybag

Agar tanaman nanas pada polybag tumbuh menggunakan baik, maka Anda mesti menjaga kelembaban media tumbuh.

Anda bisa menyiram tanaman nanas pada polybag sehari atau 2 hari sekali atau menyesuaikan menggunakan cuaca. Yang krusial, media tumbuh nir kritis air.

Kalau tanaman nanas yang Anda tanam di polybag sudah menjelang berbunga, jangan sampai Anda lupa menyiramnya. Kalau kurang air pada fase ini, duh sayang sekali bisa-bisa gagal berbunga.

8. Berikan pupuk buat tumbuhan nanas dalam polybag supaya fertile & produktif.

Rawat nanas dalam polybag yg Anda tanam pada tempat tinggal dengan cara memupuknya. Apabila nutrisi cukup, nanas di polybag tumbuh fertile dan tentu saja akan berbuah bila sudah datang masanya (fase generatif).

Anda bisa memupuk nanas dalam polybag dengan pupuk NPK sebulan sekali. Caranya larutkan sedikit pupuk NPK ke pada air dan siram air pupuk tersebut secukupnya.

BACA : NPK Mutiara 16:16:16, apa manfaat & keunggulannya?

Dan sekali-sekali, Anda bisa selingi menggunakan menyiram air cucian beras buat melengkapi nutrisi flora nanas pada polybag.

BACA JUGA : Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras buat Nutrisi Tanaman

Jika terlihat media tumbuh nanas pada polybag sudah agak keras, Anda mampu menambahkan pupuk organik misalnya pupuk kandang atau kompos. Anda mampu memupuk dengan pupuk organik setiap 6 bulan sekali.

Demikian menurut pupuklahan.Blogspot.Com cara menanam nanas pada polybag pada rumah. Dengan perawatan yang rajin & rutin, flora nanas tumbuh fertile dan berbuah.

0 Response to "Daripada Dibuang, Yuk Menanam Mahkota Nanas Dalam Polybag di Rumah ; Begini Caranya | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel