Kurang Lebat Kembangnya? Ini Pupuk untuk Bunga Bougenville | Kebunku

Bougenville sangat gampang berbunga asalkan saja mendapakan perawatan yang baik. Rahasia tanaman kembang kertas ini supaya rajin berbunga sebetulnya adanya sinar surya yg cukup. Selain itu, ketersediaan nutrisi dalam media tumbuhnya akan membantu bougenville cepat, lebat, dan cerah bunganya. Karena itu, sebaiknya Anda berikan pupuk buat bunga bougenville.

Kurang Lebat Kembangnya? Ini Pupuk untuk Bunga Bougenville
Pupuk mendorong bougenville berbunga

Tanaman hias bugenvil (bougenville) yang cukup nutrisi akan tampak sehat dan indah. Bunga-bunganya tumbuh di seluruh ranting-rantingnya membalut daun-daun alias rimbun. Apalagi kalau warna mahkota kembangnya ngejrenk atau cerah, lengkaplah keindahannya yang bikin mata tak bosan memandangnya.

Nutrisi sempurna, kembang bougenvile lebat

Mengapa bougenville yg tumbuh pada tanah eksklusif tak pernah ?Kering? Bunganya meskipun tanpa dipupuk? Ini mampu jadi karena unsur-unsur hara misalnya nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), dan unsur hara mikro masih ada pada jumlah yg relatif buat menunjang pertumbuhannya. Bahkan, akar bugenvil bisa bebas berkiprah menjangkau nutrisi tanpa batas.

Ini akan sangat berbeda dengan bougenville yang tumbuh pada media terbatas seperti pot atau polybag. Media tumbuh pada pot bisa membatasi pergerakan akar bougenville. Selain itu, tanah yang terdapat pada pot cepat jenuh & miskin unsur haranya.

Oleh karena itu, bougenville yang Anda tanam pada pot, butuh perhatian menurut Anda buat mencukupi zat-zat kuliner yg beliau butuhkan agar tumbuh subur & berbunga lebat. Dengan nutrisi tepat, bougenville berbunga lebat.

Meskipun tidak perlu banyak dan seringkali-acapkali dipupuk, tetapi pupuk untuk kembang bougenville yang tumbuh dalam media sempit permanen diharapkan.

Sekilas perawatan bougenville

Sebelum menyingkap tabir pupuk buat bunga bougenville, kita lihat sekilas review beberapa perawatan sebagai akibatnya tumbuhan manis ini rajin berbunga. Sebab, kunci estetika bunga kertas (bougenville) tergantung bagaimana Anda merawatnya. Anda sayang padanya, beliau pun tumbuh & menaruh keindahannya buat Anda.

Selain pupuk, perawatan bougenville yg mesti Anda lakukan adalah menyediakan loka tumbuhnya yang fertile, siram secara teratur, tempatkan pada area terkena cahaya matahari, pemangkasan, dan ganti media tumbuh bila sudah jenuh. Perawatan ini juga termasuk cara membungakan bougenville.

BACA Juga : 5 Cara Praktis Membungankan Bougenville atau Kembang Kertas, Termasuk Pupuk?

Kurang Lebat Kembangnya? Ini Pupuk untuk Bunga Bougenville
Dengan pemupukan, kembang kertas subur & berbunga

Pupuk Untuk Bougenville izin lebat bunganya

Okay, agar tidak semakin penasaran, mari kita lihat pupuk untuk bunga bougenville. Apa pupuk dan bagaimana cara aplikasinya akan kita kuak dalam ulasan di bawah ini. Yuk, simak.

1. Pupuk organik

Pupuk organik merupakan pupuk terbaik buat bougenville. Pupuk ini dapat menyuburkan tanah & menaruh nutrisi buat bugenvil dan kondusif bagi lingkungan. Bukan hanya unsur hara makro dan mikro, namun jua menyediakan bahan organik yg bisa menggemburkan tanah.

Ada beberapa pilihan buat pupuk organik. Namun, umumnya pupuk organik yang acapkali diaplikasi buat bougenville merupakan pupuk kompos dan pupuk sangkar. Anda bisa menentukan salah satunya saja, apakah ingin menaburkan kompos atau pupuk sangkar. Pilih mana yg gampang terjangkau.

Cara pelaksanaan pupuk organik buat bunga bougenville

Pupuk organik diberikan tergantung dimana bougenville tumbuh. Apabila bougenville tumbuh ditanah langsung, Anda sanggup memupuknya setahun sekali dengan takaran lima-10 kg per tumbuhan. Cara aplikasinya dengan cara membenamkan di sekeliling tanaman bougenville.

Tetapi, apabila bougenville tumbuh atau Anda tanam dalam pot, maka aplikasikan 1-2 kg pupuk sangkar atau kompos setiap 6 bulan sekali. Caranya aplikasinya, campurkan pribadi dengan media tumbuh yg terdapat pada dalam pot.

2 Pupuk kimia untuk bunga bougenville

Sebetulnya meskipun mini unsur haranya, menggunakan pupuk organik saja telah cukup membantu menyuburkan bougenville. Akan tetapi agar bugenville lebih fertile, lebat bunga, dan cerah warnanya, Anda bisa memupuknya dengan pupuk kimia.

Cukup banyak jenis pupuk kimia yg bisa diaplikasi buat flora bougenville. Ada pupuk tunggal dan tersedia pula pupuk beragam. Bahkan, ada pupuk beragam yg spesial diproduksi buat mendorong pembungaan dan butir.

Tetapi pada artikel ini, kami hanya menyajikan buat Anda dua jenis pupuk buat bunga bougenville. Tak usah poly-banyak, ya relatif dua saja dululah agar tidak membingungkan pada memilihnya. Yang kentara semua jenis pupuk kimia rupawan tergantung penggunaannya.

Dua.1. NPK

Kalau Anda ingin memupuk bougenville, Anda bisa aplikasikan pupuk NPK. Untuk pupuk beragam ini jenisnya banyak, ada phonska, NPK 15:15:15, NPK Mutiara, dan lain sebagainya. Pilih galat satunya saja.

BACA Juga : NPK Mutiara 16:16:16, Apa Keunggulan dan Manfaatnya?

Misalnya, Anda ingin memupuk bougenville menggunakan NPK Mutiara. Maka caranya begini. Untuk bougenville yg tumbuh di tanah eksklusif & miskin unsur hara, ambil 10-20 gram NPK & benamkan di sekeliling flora. Buat lubang secara melingkar sejauh tajuk tanaman , lalu taburkan pupuk dan tutup kembali. Anda sanggup ulangi setiap 6 bulan sekali.

Jika bougenville tumbuh dalam pot, berikan 1 sdt NPK di sekeliling tumbuhan menggunakan cara membenamkannya. Ingat, jangan terlalu dekat menggunakan pangkal bougenville. Pemupukan bisa diulangi setiap tiga bulan sekali.

Kalau Anda ingin mengocor pupuk boleh-boleh saja. Larutkan 1 sdt NPK ke pada 1 liter air, siram ke tumbuhan bougenville (dosisnya, 1 sendok teh/liter air/tumbuhan bougenville)

Waktu pemupukan sebaiknya dilakukan dalam saat sore hari. Pastikan Anda memupuk bougenville bukan pada saat demam isu hujan atau cuaca sedang mendung. Sebab, jika hujan, pupuk yg Anda aplikasi sia-sia karena sanggup saja tercuci atau hilang sang hujan.

2.2. Pupuk Daun Growmore buat bougenville

Kurang Lebat Kembangnya? Ini Pupuk untuk Bunga Bougenville
Pupuk Growmore 10:55:10 buat bougenville

Jika Anda lebih senang memupuk tumbuhan bougenville menggunakan cara menyemprot, pupuk daun Growmore bisa jadi pilihannya. Pupuk bunga ini memiliki kadar 10% N, 55persenP, dan 10persenK. Karena itu, galat satu jenis pupuk daun ini dikenal dengan Growmore 10:55:10.

BACA Juga : Inilah Manfaat Pupuk Daun Growmore & Cara Aplikasinya yg Tepat

Pupuk growmore ini mengandung sejumlah unsur hara lengkap dan khusus untuk meningkatkan kecepatan munculnya bunga dan buah. Pupuk yang satu ini lebih disarankan aplikasinya dalam tanaman yg telah masuk fase generatif atau telah siap buat berbunga.

Anda bisa aplikasi pupuk growmore 10:55:10 untuk bougenvile setiap 10 hari sekali sampai mulai munculnya kuncup bunga. Larutkan 1 gram ke dalam 1 liter air, dan semprot pada daun terutama bagian bawah daun. Jika tersisa larutan pupuk, siram ke media tumbuhnya.  Lakukan pemupukan pada pagi atau sore hari.

Dari kedua jenis pupuk kimia buat bougenvile yang tadi di atas, silakan Anda pilih keliru satunya saja. Sebab, bila Anda menggunakan keduanya, dikhawatirkan sanggup over takaran. Bukannya subur dan berbunga, malah mampu mengganggu pertumbuhannya.

Simpulannya, biar bougenville tumbuh fertile, aplikasikan pupuk organik & juga pupuk kimia. Kombinasi ke 2 pupuk tersebut, menciptakan tanaman kembang kertas ini tumbuh subur, bunga lebat, & menghadirkan pesona yg menakjubkan.

Pastikan sesudah Anda membenamkan pupuk untuk bunga bougenville, siram secukupnya. Lakukan perawatan menggunakan sungguh-benar-benar supaya bougenville berbunga lebat dengan warnanya yang cerah.

0 Response to "Kurang Lebat Kembangnya? Ini Pupuk untuk Bunga Bougenville | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel