Mengintip 5 Jenis Mesin Kompos dan Fungsinya dalam Proses Produksi | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com -- Mesin Kompos – Setelah mengenal dengan pupuk kompos, baik bahan baku, prospek pasar maupun proses pembuatannya, Sobat mungkin tertarik ingin produksi kompos dalam skala besar dan bersifat komersial. Namun patut dicatat, dalam kapasitas produksi banyak, tidak terlepas dari penggunaan teknologi seperti mesin pengolahan kompos.

Pakai Mesin Kompos, Usaha Menguntungkan

Harus diakui, membuat pupuk kompos dengan mesin dan tujuannya untuk diperdagangkan, relatif menguntungkan. Sebab, selain hasilnya berkualitas, bahan standar pupuk kompos pun cukup murah-meriah, bukankah?

Lihatlah! Bahan organik untuk kompos bertaburan di kurang lebih kita misalnya jerami, sekam padi, dedaunan, ranting, ampas jagung, btg pisang, kotoran ternak, dan lain sebagainya. Hanya saja dibutuhkan sejumlah alat-alat atau mesin komposter agar proses produksinya cepat dan bermutu.

Dengan Mesin Kompos, Proses Produksi Cepat

Dengan adanya mesin komposting terbaru, seluruh tahapan pembuatan kompos menjadi cepat & mudah. Kita tidak lagi memotong-motong, merajang atau mencacah ranting-ranting sisa flora/pohon kayu secara manual. Sebuah aktivitas yg bikin keringatan, menyita saat, dan amat melelahkan.

Dengan kata lain, mulai pengecilan bahan organik sampai pengeringan pupuk dikerjakan oleh mesin kompos mutakhir. Kita tinggal mengawasi dan mengontrol bahan bakar jangan sampai off alias habis.

Beberapa kelebihan jika menggunakan mesin buat pengolahan kompos

  • Penyiapan bahan baku seperti pencacahan sampai dengan pengemasan menjadi cepat
  • Bahan-bahan untuk pengomposan tercampur secara sempurna
  • Butiran kompos lebih seragam
  • Pengeringan lebih cepat
  • Kadar air terukur
  • Kompos dapat dibentuk atau dicetak sesuai selera pasar
  • Menghemat cost dan tenaga kerja
  • Kapasitas produksi banyak
  • Kualitas kompos tinggi
BACA JUGA : Menyulap Limbah Darah Hewan Menjadi Tepung Darah untuk Tingkatkan Hara Kompos

Kekurangan jika memakai mesin buat pengomposan

Sebetulnya mamakai mesin buat produski kompos hampir-hampir nir ada sisi negatifnya. Tetapi, yang namanya produk manusia nir jauh menurut kelemahan yg dimiliki. Berikut ini beberapa sisi kelemahan mamakai mesin buat meracik kompos.

  • Proses produksi kompos mesti dilakukan agak berjauhan dengan pemukiman masyarakat untuk menghindari polusi suara mesin pembuat kompos
  • Perlu operator mesin yang terdidik dengan baik
  • Biaya investasi awal untuk membeli mesin kompos tinggi
  • Mesin kompos perlu servis secara berkala agar awet

Itulah secuil kelemahan bila mengolah kompos pakai mesin. Tetapi, kelemahan-kelamahan tadi bukan kendala atau hambatan selama produser kompos mampu mengantisipasi beberapa hal tersebut di atas.

Perlunya Mengintip Jenis Mesin Kompos

Sebelum membuka usaha produksi kompos skala akbar menggunakan memakai mesin pengomposan, alangkah indahnya mengintip atau mengenal dulu jenis-jenis mesin pupuk kompos yang lazim digunakan pada industri pupuk kompos atau pupuk organik.

Kenapa perlu mengenal mesin kompos? Agar lebih familiar sehingga dalam perencanaan produksi pupuk, khususnya mesin, lebih terarah dan lengkap serta tidak menemui jalan buntu saat mulai membuat pupuk nantinya

Mungkin jua masih ada sebagian teman-sahabat yang masih resah atau belum mengenal mesin apa saja sebetulnya buat pengolahan kompos. Karena itu, mengenal mesin kompos menjadi sesuatu yg amat berguna, paling kurang sebagai pengetahuan.

Butuh Mesin Lengkap buat Produksi Kompos

Ketika merintis membuka pabrik kompos, butuh banyak mesin pembuat kompos. Bukan hanya satu. diperlukan sejumlah peralatan dan mesin agar proses produksi cepat, kualitas kompos layak dipasarkan, dan konsumen pun tertarik untuk membelinya.

Dalam produksi kompos, kelengkapan mesin menjadi krusial. Sebab, antara satu mesin menggunakan mesin kompos lainnya saling terkait, ya kira-kira seperti itu.

Ada mesin yang tugasnya menghancurkan bahan organik saja, ada yang kerja mengaduk-aduk bahan, sedangkan mesin lain fungsinya mengayak, mesin kompos lainnya mengeringkan, dan seterusnya sampai mesin cetak dan packing kompos.

Mengintip 5 Jenis Mesin Kompos dan Fungsinya dalam Proses Produksi
Ilustrasi Mesin Kompos Saling Terkait

Gambar : Dokpri

Jenis-Jenis Mesin Kompos

Apa saja mesin yang dibutuhkan dalam produksi pupuk kompos? Berikut ini pupuklahan.blogspot.commenunjukkansejumlah mesin kompos yang minimal mesti ada kalau ingin membuat kompos dalam kapasitas banyak dan sifatnya komersial.

1. Mesin Penghancur Kompos

Mengintip 5 Jenis Mesin Kompos dan Fungsinya dalam Proses Produksi
Ilustrasi Mesin Penghancur Kompos. Gambar : Pixabay.com
Mesin utama menyulap bahan organik menjadi kompos adalah mesin penghancur kompos. Mesin ini mutlak harus ada jika sudah serius membuka usaha produksi pupuk kompos.

Kita tau bahwa hal yang pertama pada membuat kompos tentunya merajang bahan organik menurut yg ukuran akbar menjadi ukuran mini . Lantaran itu, keberadaan mesin perajang kompos tadi dapat membantu merajang sampah atau bahan baku kompos.

Mesin kompos ini tugasnya menghancurkan bahan-bahan organik misalnya daun, tongkol jagung, ranting-ranting, rumput, jerami, dan lainnya sehingga menjadi ukuran yg lebih kecil. Dengan adanya mesin pencacah kompos ini, berukuran-ukuran bahan organik menjadi mini dan seragam.

Dua. Mesin Pengaduk Kompos

Bukankah mengaduk-aduk rata bahan kompos secara manual butuh tenaga & terkadang nir merata? Makanya, dengan teknologi modern, pekerjaan itu menjadi ringan karena hadirnya mesin pengaduk kompos.

Ada aneka bahan organik yg akan dicampur saat menciptakan pupuk kompos. Nah, supaya pencampuran bahan itu sebagai cepat & merata, tugas tersebut mampu diserahkan kepada mesin pengaduk kompos.

Mesin pengaduk kerjanya mengaduk dan membolak-balikkan bahan-bahan kompos agar semua bahan bercampur merata satu sama lainnya. Mesin kompos ini seringkali juga dikenal dengan mesin aduk-aduk kompos.

Ada pula yg menyebutnya dengan mesin pencampur kompos. Apapun sebutannya, mesin itu fungsinya buat mencampur & mengaduk bahan kompos supaya proses dekomposisi bahan oleh bioaktivator sebagai lebih cepat nantinya.

Tiga. Mesin Pengering Kompos

Kompos yg telah terselesaikan proses fermentasinya, tentu kadar airnya masih tinggi. Jika kadar air tinggi, kualitas kompos tidak bagus. Oleh karenanya, kompos tersebut perlu dikeringkan dulu sebelum dikemas & dipasarkan.

Tidak terlalu ribet atau sulit buat menurunkan kadar air kompos. Kita tidak perlu menunggu matahari terbit, baru menjemurnya. Kini menggunakan teknologi pupuk serba gampang. Kompos bisa dikeringkan menggunakan menggunakan mesin pengering kompos.

Bahkan, mesin pengering kompos ini pun dibutuhkan manakala ingin mengeringkan kompos butiran atau aneka macam bentuk kompos yang baru selesai dicetak.

4. Mesin Pengayak Kompos

Kompos-kompos yg sudah kemarau belum terselesaikan prosesnya. Sebab, kompos yg berkualitas & sebagai kesukaan konsumen adalah kompos dengan ukuran granular atau butirannya seragam.

Oleh karenanya, dalam usaha pupuk organik membutuhkan mesin pengayak kompos. Mesin ini fungsinya memisahkan butiran kompos yg akbar dan kecil.

Mesin pengayak kompos ini bisa menyaring butiran kompos karena dilengkapi dengan silinder yg mempunyai lubang-lubang. Ketika mesin ini berputar, butiran kompos sinkron ukurannya keluar melalui lubang-lubang tersebut.

5. Mesin Pembulat Kompos atau Granulator Kompos

Mesin yang satu ini mulai bekerja setelah pengayakan kompos selesai. Proses selanjutnya masuk ke mesin pembulat kompos atau disebut jua mesin granulator kompos.

Apa fungsi mesin pembulat kompos ini? Mesin pembulat kompos berfungsi buat menaikkan kualitas kompos, yaitu dengan cara membentuk butiran kompos sebagai granul atau berukuran yg relatif bundar , besar , & seragam.

Dengan istilah lain, mesin granulator kompos ini tugasnya merubah partikel-partikel kecil kompos menjadi gumpalan partikel yang lebih besar .

BACA JUGA : Cara Membuat Kompos Siap Digunakan pada 7 Hari

Itulah 5 jenis mesin kompos yg harus ada apabila membuka usaha produksi pupuk kompos dalam jumlah poly. Dengan menggunakan mesin, tahapan proses pembuatan kompos sebagai gampang & cepat. Selain cepat, menggunakan mesin komposter, pupuk kompos berkualias dan sinkron dengan permintaan pasar.

0 Response to "Mengintip 5 Jenis Mesin Kompos dan Fungsinya dalam Proses Produksi | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel