Pupuk Ketika Tanam Cabe? Gunakan Pupuk Kandang Perlakuan Khusus Ini | Kebunku

Pupuklahan.Blogspot.Com ? Keberhasilan pada budidaya tumbuhan cabai sangat bergantung pada pertumbuhan awalnya. Kalau pada fase pertumbuhan ini telah terhambat, hampir bisa dipastikan produktivitas berkurang. Oleh sebab itu, perlu perhatian maksimal sejak dini, keliru satunya menggunakan pelaksanaan pupuk waktu tanam cabai dan jua tepatnya perlakuan pupuk sangkar.

Pupuk Ketika Tanam Cabai? Gunakan Pupuk Kandang Perlakuan Khusus Begini
Pupuk Khusus Ketika Memindahkan Cabe ke Lubang Tanam

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Kenapa pupuklahan.Blogspot.Com tulis menggunakan istilah ?Tepatnya perlakuan? Pupuk kandang saat menanam cabai? Nah, disinilah sebetulnya keliru satu rahasianya agar dalam saat bibit cabe dipindahkan ke huma tanam akan segera terpacu pertumbuhannya.

Oh, iya..pupuklahan.blogspot.com hampir lupa. Ini nih bahwa dalam pupuk dan pemupukan dikenal dengan pupuk sebelum tanam, pupuk ketika tanam (bersamaan menanam), dan pupuk setelah tanam yang disebut dengan pupuk susulan. Jadi, yang kita bicarakan adalah pupuk ketika tanam cabai.

Semua jenis cabe berpengaruh pada nutrisi awal

Baik, hampir seluruh jenis cabe, apakah itu cabai merah keriting, cabai hijau ataupun cabe mini alias cabe rawit, sangat berpengaruh pada nutrisi awal yg tersedia pada media tumbuhnya.

Jika unsur-unsur hara dasar & tanah gembur, pertumbuhan vegetatif flora cabe sangat cepat. Daun-daunnya hijau, lebar, sehat, tunas cepat tumbuh, akar berkembang menggunakan baik, & nisbi jauh menurut organisme pengganggu tumbuhan.

Kisah sukses petani tradisional pada aplikasi pupuk ketika tanam cabe

Dalam postingan ini, pupuklahan.blogspot.com ingin menceritakan kisah salah seorang petani tradisional di blang langgien yang sukses menanam cabe dengan menekankan perhatiannya pada pupuk saat tanam, yaitu ketika menanam bibit cabe.

Petani tadi menanam cabe pada lahan sawah tadah hujan. Setelah panen padi, dia lanjutkan menggunakan bercocok tanam cabai merah keriting. Ini berarti penanaman cabe jatuhnya sempurna dalam animo kemarau.

Petani tersebut tampak biasa-biasa saja. Orang lain memasak tanah, beliau pun mengolah tanah. Intinya proses penyiapan huma tanam cabe hingga menggunakan lubang tanam, sama seperti petani yang lain.

Namun, ketika waktu menanam cabe dimulai, tampak terdapat disparitas. Petani tadi menanam bibit cabai dalam sore hari & bahkan hingga malam hari secara pelan-pelan. Sebab, dia mencampurkan pupuk kandang menggunakan tanah hingga betul-betul tercampur sempurna menggunakan tanah dalam lubang tanam.

Selang ketika 3-7 hari setelah tanam, bibit cabai yang dia tanam tumbuh fertile menggunakan daun yg hijau & lebar dan tampak tunas-tunas mulai poly tumbuh. Bahkan, tanpa ada gejala keriting daun cabe.

Pertumbuhan & perkembangan cabe petani tersebut, tampak jauh sekali disparitas perkembangan dengan tumbuhan cabe yg ditanam petani-petani yang terdapat di dekat lahannya.

Ternyata kuncinya ada dalam perlakuan khusus pupuk kandang sebelum memupuk tumbuhan cabai

Mengapa? Setelah bertahun-tahun, sekitar 5 tahun kemudian, baru terungkap misteri beliau menanam cabai. Rupanya, petani tersebut sudah mempersiapkan ?Susu terbaik? Buat ?Bayi? Tumbuhan cabe, yaitu menggunakan cara menciptakan perlakuan khusus pada pupuk kandang buat pupuk dasar saat tanam cabe.

Satu bulan sebelum tanam, pupuk sangkar telah ia siapkan. Ia meracik pupuk kandang menggunakan baik supaya kadar nutrisi lebih tinggi & cepat diserap sang akar tanaman cabai.

Anda mau tau bagaimana cara menyiapkan pupuk sangkar menjadi pupuk awal saat menanam cabai dengan perlakuan spesifik? Pupuklahan.Blogspot.Com menggunakan senang hati akan mengembangkan wangsit sukses meningkatkan kecepatan pertumbuhan vegetatif tanaman cabai buat Anda menjadi Sobat pupuklahan.Blogspot.Com.

Perlakuan pupuk kandang buat pupuk pada saat tanam cabai

Kalau Anda ingin mengetahui pupuk dasar cabe secara lengkap, Anda dapat membaca artikel ‘ Rahasia Aplikasi Pupuk Dasar Tanaman Cabe yang Tepat agar Berbuah Lebat dan Sehat .’ Di sana sudah dijelaskan jenis-jenis pupuk dasar dan cara aplikasinya.

Khusus buat artikel ini, pupuklahan.Blogspot.Com ingin menambah tip tambahan/misteri pupuk dasar atau pupuk yg dipakai bersamaan menggunakan taman cabe.

Jadi, meskipun Anda sudah menaruh pupuk dasar sebelum tanam cabai berupa urea, Sp-36, KCL, & pupuk kandang, nir ada salahnya apabila Anda terapkan perlakuan tambahan pada pupuk sangkar menjadi pupuk dasar tambahan supaya tumbuhan cabai terpacu pertumbuhan sejak awal tanam.

Perlakuan pupuk kandang menjadi pupuk yg akan digunakan pada waktu tanam cabe bertujuan buat menaikkan kualitas pupuk.

Selain itu, bahan-bahan organik yg belum paripurna terurai atau terdekomposisi pada pupuk kandang akan terurai secara maksimal sang mikroorganisme. Demikian pula dengan zat-zat toksit/r4cun akan dapat diminimalisir.

Jenis pupuk sangkar yang akan ditingkatkan kualitasnya sebagai pupuk ketika menanam bibit cabai

Untuk pupuk ketika tanam cabe, Anda sanggup menggunakan pupuk sangkar yg dari berdasarkan kotoran sapi, kerbau, dan unggas seperti kotoran ayam.

Semua jenis pupuk tadi yang akan digunakan buat flora cabe nir boleh dalam bentuk segar. Bentuk segar kotoran ternak akan mengganggu pertumbuhan tanaman cabai misalnya kuning, layu, & sanggup juga berjamur.

Pun buat pupuk sangkar yg akan dibentuk perlakuan mesti pupuk sangkar yang sudah kemarau dan matang. Pupuk kandang yang digunakan merupakan kotoran ternak yg telah usang ditimbun atau dikumpulkan sehingga sudah bisa dikatakan sebagai pupuk sangkar.

Cara buat perlakuan khusus pupuk sangkar sebelum dipakai buat pupuk waktu tanam cabai

Pupuk Ketika Tanam Cabai? Gunakan Pupuk Kandang Perlakuan Khusus Begini
Bahan-bahan buat Perlakuan Pupuk Kandang

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Baik, tibalah saatnya pupuklahan.Blogspot.Com akan membeberkan rahasia memacu pertumbuahan awal flora cabe menggunakan perlakuan pupuk kandang yang pernah dilakukan petani tadi di atas.

Berikut ini cara buat perlakuannya

Alat-indera :

  • Gembor
  • Cangkul/Skrup
  • Terpal plastik
  • Karung bekas

Bahan-bahan :

  • Pupuk kandang sebanyak 50 Kg
  • Abu bakaran (kalau dulu dikatakan abu dapur karena banyak orang memasak menggunakan kayu untuk bahan bakar) sebanyak 1 kg. Abu bakaran ini untuk meningkatkan mineral dan menjaga kondisi pH pupuk kandang.
  • Urea sebanyak 1 ons ( atau 1 gemggam). Urea untuk menambah unsur N dan untuk memacu pertumbuhan mikroorganisme pengurai.
  • SP-36 sebanyak 2 sendok makan (dihaluskan). Ini opsional, jika ada lebih bagus. Sp-36 untuk meningkatkan kualitas pupuk kandang.
  • Air secukupnya

Langkah-langkah menciptakan perlakuan pupuk kandang buat nutrisi awal ketika tanam cabe

  • Gelarkan terpal
  • Tumpukkan pupuk kandang di atas terpal
  • Tambahkan abu bakaran dan campur merata dengan pupuk kandang
  • Larutkan urea dan sp-36 ke dalam air. Aduk-aduk sampai merata dan terlarut semua. Ingat, Air secukupnya saja untuk melembabkan capuran pupuk kandang. Untuk itu, jangan sampai becek.
  • Siram campuran bahan tersebut (pupuk kandang dan abu bakaran) dengan larutan pupuk yang telah dibuat tadi. Siram sedikit demi sedikit sambil bahan pupuk tersebut diaduk-aduk. Jika sudah merata dan sudah lembab, jangan disiram lagi.
  • Masukkan ke dalam karung bekas dan ikat dengan kuat agar tidak masuk udara.
  • Letakkan pada tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari, dan tidak diterpa hujan.
  • Setelah 2-4 minggu, pupuk kandang tersebut siap digunakan sebagai pupuk ketika tanam cabe.

Cara pelaksanaan pupuk kandang yang sudah dibuat perlakuan buat flora cabe pada ketika tanam

Nah, pupuk kandang yang ini memang akan diaplikasi bersamaan menggunakan saat menanam cabe. Tetapi, cara aplikasinya sedikit tidak sinkron dari cara yang poly dilakukan petani masa sekarang.

Pupuk kandang yg telah Anda racik khusus tadi, Anda gunakan sempurna saat mulai menanam cabe atau memindahkan bibit cabai ke lubang tanam. Masukkan ke dalam masing-masing lubang tanam sebanyak 1 genggam. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Gemburkan tanah yang ada pada lubang tanam
  • Tambahkan 1 genggam pupuk kandang
  • Campurkan pupuk kandang dengan tanah lubang tanam sampai merata
  • Masukkan kembali tanah yang telah dicampur pupuk kandang sebagian saja saja
  • Tanam bibit cabai
  • Tutup dengan tanah campuran pupuk tadi yang masih tersisa.
  • Siram secukupnya

Dengan cara seperti ini, yaitu aplikasi pupuk sangkar sebagai pupuk ketika tanam cabai, flora cabai tidak mudah stres dan cepat tumbuh subur lantaran pribadi tersedia nutrisi yg relatif & gampang diserap akar tanaman cabai.

Meskipun Anda telah menaruh pupuk dasar cabe misalnya pupuk kimia & pupuk sangkar dengan cara menebar, akan lebih cantik jika Anda tambahkan lagi pupuk sangkar yang sudah dibuat perlakuan khusus ke pada lubang tanam pada ketika menanam cabe.

Sebab, pada masa awal-awal tanam, akar tumbuhan cabe belum berkembang poly apalagi memanjang jauh buat mencari nutrisi.

Sobat pupuklahan.Blogspot.Com , itulah rahasia pupuk waktu tanam cabe. Pupuk kandang yg sebelumnya sudah dibuat perlakuan khas, tentu kualitasnya cantik. Al-output, nutrisi tersebut akan dengan mudah diserap oleh akar bibit cabai yg baru saja ditanam. Demikian & salam sukses

0 Response to "Pupuk Ketika Tanam Cabe? Gunakan Pupuk Kandang Perlakuan Khusus Ini | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel