Seperti Ini Cara Menanam dan Merawat Kapulaga Kalau Mau Tumbuh Subur | Kebunku

Cara Menanam Kapulaga – Bagaimana cara menanam kapulaga agar tumbuh subur? Itulah pertanyaan yang cukup menarik untuk dijawab dan diulas dalam artikel ini. Bahkan, menyangkut dengan budidaya kapulaga, tidak sedikit juga yang butuh solusi tentang bagaimana merawat dan pupuk apa yang diaplikasikan supaya tumbuh dan berbuah lebat.

Kalau mau kapulaga tumbuh fertile dan memetik hasilnya, maka tanamlah terlebih dulu. Sebab, jika kapulaga hanya sekadar dijadikan ?Komoditas? Cerita atau bahan diskusi dari warung ke warung, sampai kapan pun nir pernah tumbuh apalagi memanen buahnya.

Seperti Ini Cara Menanam dan Merawat Kapulaga Kalau Mau Tumbuh Subur

Memang betul, membahaskapulogo cukup menarik dan menggairahkan karena harga jual buah kapulaga cukup mahal karena multimanfaatnya. Bayangkan, sekali panen berhasil, bisa-bisa yang menanam kapulaga menjadimillioner baru.

Wujudkan menanam kapulaga di lahan

Tetapi, akan lebih latif apabila ketertarikan dengan komoditas hortikultura ini diwujudkan secara konkret melalui penanaman di huma. Apakah Sobat sudah tahu cara budidaya kapulaga yg baik dan sahih agar tumbuh fertile dan berbuah lebat?

Nah, bagi Sobat yang tertarik dengan kapulaga, tetapi belum mengerti bagaimana cara menanamnya, postinganCara Menanam Kapulaga ini akan membantu mewujudkan rencana cemerlang Sobat tersebut.Yuk, kita simak ulasannya di bawah ini.

Kapulaga tumbuh di loka Sobat?

Pertanyaannya, apakah kapulaga mau tumbuh pada lahan loka Sobat tinggal? Jawabannya tergantung pada kondisi tumbuh berdasarkan kapulaga itu sendiri. Kalau sesuai, kapulaga tumbuh fertile & produktif. Sebaliknya, jika kurang sesuai, kapulaga tumbuh, akan tetapi nir berkembang.

Agar lebih yakin untuk menanam kapulaga, yuk kita lihat terlebih dulu syarat-kondisi tumbuhnya misalnya di bawah ini.

1. Kelembaban

Kapulaga merupakan flora yg hidupnya membutuhkan kelembaban udara yg relatif tinggi. Kelembaban yang diinginkan berkisar 40% sampai dengan 75%. Kalau kurang dari kadar kelembaban tersebut, pertumbuhan kapulaga nir optimal.

Dua. Suhu udara

Suhu udara yang agak panas lebih disukai oleh kapulaga. Ya, rata-rata temperatur udara 280C sudah cukup membantu untuk pertumbuhan kapulaga.

3. Sinar Matahari

Agar proses fotosintesa bisa berlangsung dengan baik, kapulaga butuh sinar surya yg cukup. Namun, intensitas cahaya nir boleh terlalu tinggi. Karena itu, pada menanam kapulaga, perlu ada tumbuhan pelindung supaya ternaungi sedikit berdasarkan terpaan sinar mentari eksklusif.

4. Curah hujan

Tanaman kapulaga butuh air yang cukup. Oleh karenanya, budidaya kapulaga pada lahan yg luas & jumlahnya poly, diharapkan adanya curah hujan yang relatif. Bukan hanya intensitas hujan, namun jumlah hari hujan pun harus banyak.

5. Ketinggian tempat

Kapulaga cocok ditanam dalam dataran rendah, 300-500 meter pada atas permukaan laut (mdpl). Pada ketinggian ini, kapulaga tumbuh optimal & produksi buah pun tinggi. Kalau kurang atau lebih berdasarkan ketinggian tadi, ya kurang rupawan pertumbuhannya.

6. Kondisi tanah

Tanah yang baik untuk menanam kapulaga tentu tanah yang gembur, subur, kaya dengan bahan organik, dan tanah tidak sangat masam. Artinya, pH tanah yangokay untuk menanam kapulaga berkisar 5,5-6,5. Selain itu, lahan kapulaga mesti memiliki drainase yang baik agar tidak tergenang ketika hujan.

Siapkan lahan & tanam tanaman pelindung kapulaga

Lahan untuk budidaya kapulaga mesti disiapkan menggunakan baik agar menunjang pertumbuhannya. Kegiatan yg dilakukan dalam penyiapan lahan seperti pencucian huma, pengolahan tanah, & pembuatan lubang tanam. Selain itu, tanam pula tanaman pelindung.

Lahan buat menanam kapulaga dibersihkan berdasarkan semak belukar, batu-batu besar , dan flora liar lainnya misalnya gulma. Namun, jika terdapat tanaman penaung yg sudah lama tumbuh di sana, sebaiknya jangan ditebang. Biarkan tanaman pelindung itu tersisa pada lahan.

Menyangkut menggunakan tanaman pelindung kapulaga, sebetulnya telah wajib ditanam jauh-jauh hari sebelum menanam kapulaga. Beberapa jenis tumbuhan pelindung yg baik ditanam lantaran sekaligus menyuburkan tanah, yaitu lamtoro, dadap, ramayana, dan sejenisnya.

Tanah yang sudah diolah, dibuat lubang tanam dengan ukuran +/-  40 cm x 40 cm x 40 cm. Lubang tanam diatur dengan jarak tanam 2 m x 2 m atau 1,5 m x 2 m. Biarkan tanah galian 1 minggu di atas lubang tanam. Kemudian, campurkan pupuk kandang dan tanah galian, masukkan kembali ke dalam lubang tanam dan biarkan 1-2 minggu sebelum menanam bibit kapulaga.

Bagaimana menggunakan bibit kapulaga?

Apakah Sobat telah ada bibit kapulaga? Kalau belum, bagaimana cara pembibitan apulaga? Nah, buat bibit nir usah risau. Sebab, penyiapan bibit kapulaga hampir sama dengan pembibitan tanaman rempah/bumbu/obat lainnya misalnya lengkuas, kecombrang, dan lainnya.

BACA JUGA :

  • 5+ Cara Menanam Kecombrang agar Cepat Panen
  • Cara Cerdas Menanam Lengkuas di Polybag supaya Untungnya Selangit

Namun, sebelum menyiapkan bibit, tentukan dulu varietas kapulaga apa yang hendak ditanam. Sebab, kapulaga ada beberapa varietas. Umumnya, pada Indonesia, kapulaga yg dibudidayakan adalah kapulaga Jawa (banyak diatanam di Jawa & Sumatera) dan kapulaga sabrang yg berasal menurut India.

Ok, kembali ke cara menyiapkan bibit kapulaga. Bibit kapulaga diperoleh secara vegetatif, yaitu melalui pemisahan anakan atau tunas baru dari indukan kapulaga. Atau bisa juga dengan memotong batang induk sampai ke pangkalnya, namun dipastikan ada calon mata tunas pada pangkalnya. Atau bisa juga mengambil langsung percabangan akar besar yang menjalar (rizhoma yang agak muda) yang membentuk tunas kapulaga.

Selain secara vegetatif, menanam kapulaga bisa jua dari bibit yg diperbanyak secara generatif, yaitu melalui biji (benih). Biji kapulaga disemai terlebih dulu pada media yg fertile. Setelah tumbuh kira-kira 50 cm, dapat dipindahkan ke lahan tanam.

Setelah bibit kapulaga diperoleh, disemai pada media semai yg fertile yang sudah disiapkan pada polybag/pot. Siram secara teratur & rawat dengan baik bibit tersebut supaya pertumbuhannya cepat.

Kalau tidak mau susah-susah dan mungkin finansial pun mendukung, bibit kapulaga dapat dibeli. Jika tidak ada penyedia bibit di sekitar Sobat, dapat diorder di toko-toko online. Namun, pastikan bibit tersebut terjamin kualitas dan varietasnya jelas.

Sudah ada bibit? Begini Menanam kapulaga

Menanam kapulaga memang harus ?Berlaga? Menggunakan ketika. Artinya, sebaiknya kapulaga ditanam pada musim hujan, ya umumnya dalam bulan ?Ber-ber? Misalnya September, Oktober, Nopember, dan Desember.

Langkah-langkah menempatkan bibit kapulga ke dalam lubang tanam seperti berikut ini.

  • Buat lubang tanam seukuran media semai polybag/pot
  • Letakkan bibit-bibit dekat dengan masing-masing lubang tanam
  • Lepaskan polybag secara perlahan-lahan agar tidak merusak akar dan tanah
  • Masukkan bibit ke dalam lubang tanam
  • Timbun dengan tanah, tapi tidak menimbun tunasnya yang sudah tumbuh
  • Padatkan tanah di sekelilingnya agar tidak goyah atau roboh

Jaga & rawat kapulaga menggunakan baik

Kapulaga yang sudah ditanam perlu dijaga dan dirawat supaya tumbuh subur dan berkembang dengan baik. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan agar kapulaga tumbuh subur?

Berikut ini beberapa hal yg perlu menerima perhatian Sobat sehabis menanam kapulaga pada lahan.

Penyulaman  ; Lakukan monitoring untuk melihat lubang mana yang gagal tumbuh bibit kapulaga atau mungkin lubang tanam kosong karena lupa menanamnya. Jika ada yang mati atau tidak tumbuh, segera lakukan penyulaman dengan bibit yang baru.

Pemangkasan  ; Apanya yang dipangkas? Yang dipangkas adalah batang-batang yang sudah tua dan menguning agar cepat pertumbuhan anakannya. Selain itu, pangkas juga daun-daun yang kering agar tidak menghalangi sinar matahari dan mencegah datangnya organisme pengganggu tanaman.

Penyiraman  ; Sebetulnya tidak perlu dilakukan penyiraman. Namun, jika sesuatu hal terjadi seperti kemarau yang panjang, sesekali perlu dibantu penyiraman untuk menjaga kelembaban media tumbuh kapulaga.

Pengaturan anakan  ; Seiring dengan waktu, pertumbuhan anakan/tunas kapulaga begitu cepat. Oleh karena itu, perlu diatur pertumbuhan anakan itu agar tidak saling tumpang tindih. Pengaturan ini sebenarnya juga bagian dari perlakuan untuk mendorong munculnya bunga dan buah kapulaga.

Pemupukan  ; Untuk mencukupi nutrisi, pemupukan mesti dilakukan secara teratur dengan pupuk yang tepat jenis, dosis, waktu, dan cara aplkasinya.

Sebelum melakukan dengan pupuk sangkar atau pupuk buatan, usahakan daun-daun tumbuhan pelindung dikembalikan ke dekat pangkal flora kapulaga. Apalagi daun-daun lamtoro, ini relatif indah buat menambah unsur hara.

Bagaimana cara memupuk kapulaga? Sobat dapat baca selengkapnya di artikel Ini Pupuk  dan Pemupukan Kapulaga agar Bebuah Lebat.

Pengendalian OPT ; Organisme pengganggu tanaman (OPT) mungkin hadir untuk “menguji” kesabaran dan kepedulian Sobat dalam budidaya tanaman kapulga.

Sebetulnya tidak terdapat yg mengharapkan adanya serangan hama dan penyakit, tetapi di sinilah tantangannya supaya kita selalu menjaga dan merawat tumbuhan yg kita budidayakan.

Nah, bila ada agresi OPT, kendalikan dengan bijak. Utamakan penggunaan cara-cara mekanis seperti memakai tangan atau perangkap, pengendalian menggunakan cara biologis (agen biologi), dan pula pengunaan pestisida organik supaya tidak merusak lingkungan.

Memetik buah kapulaga saat panen tiba

Berapa usia panen buah kapulaga? Kalau tumbuh fertile dan perawatannya baik, waktu panennya relatif cepat. Untuk panen perdana sudah bisa dimulai dalam saat dua-3 tahun sehabis tanam.

Tidak terhenti sekali panen saja, memetik buah kapulaga sanggup berkali-kali pada setahun. Bahkan, butir kapulaga bisa dipetik bertahun-tahun hingga usia produktifnya 12-15 tahun.

Begitulah cara menanam kapulaga yang baik dan sahih supaya tumbuh subur serta berbuah lebat. Mulailah berdasarkan penyiapan huma yang sinkron syarat tumbuhnya, pembibitan yg sahih, penanaman yg tepat waktu, & perawatan yg rutin, maka kapulaga akan tumbuh beranak-pinak dan berbuah banyak. Semoga Amiin.

0 Response to "Seperti Ini Cara Menanam dan Merawat Kapulaga Kalau Mau Tumbuh Subur | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel