Simak! 7+ Cara Tanam Semangka Dalam Pot agar Tumbuh Subur dan Berbuah | Kebunku

Cara Tanam Semangka dalam Pot – Semangka tidak hanya tumbuh di sawah atau kebun, di wadah sempit pun bisa hidup seperti di dalam pot. Bukan hanya tumbuh, semangka yang ditanam dalam pot juga mau berbuah.

Jika Sobat ingin mencoba menanam watermelon dalam polybag atau media sejenisnya, postingan ini akan memandu Sobat langkah demi langkah bagaimana bercocok tanam semangka dalam pot yang baik dan benar.

Simak! 7+ Cara Tanam Semangka Dalam Pot agar Tumbuh Subur dan Berbuah

Buah bernutrisi & penyegar ini cukup poly jenisnya, mulai yang tumbuh liar hingga dengan jenis semangka hibrida. Jadi, kalau hendak budidaya semangka, pilihlah jenis yg unggul lantaran cepat tumbuh, buahnya besar , & rasanya anggun.

Pilih jenis semangka yang bagus buat ditanam pada pot

Meskipun menanam semangka dalam pot, planter bag, atau kotak kayu di perkarangan rumah, memilih varietas semangka yang berkualitas tetap perlu diperhatikan. Jangan sampai asal tanam dan bersusah payah merawatnya, tetapi ketika panen mengecewakan karena tidak berselera untuk dikonsumsi sendiri apalagi orang lain.

Dari sisi warna, setidaknya ada 3 jenis semangka yang relatif baik respon pasar atau menarik peminatnya. Dan jenis tersebut bisa Sobat coba tumbuhkan pada pot. Ketiga jenis semangka yg dimaksud adalah semangka yg daging buahnya berwarna kuning, merah dan merah muda.

Simak! 7+ Cara Tanam Semangka Dalam Pot agar Tumbuh Subur dan Berbuah

Bahkan, seiring kemajuan zaman, kini jua relatif poly dibudidayakan jenis semangka tanpa biji. Sebab, konsumen pun lebih cenderung memilih semangka bebas biji walau relatif mahal. Nah, bila ada benihnya, semangka non-biji menarik untuk ditanam dalam pot di rumah.

Lihat syarat tumbuh, tanam semangka

Mungkin Sobat sungguh berminat budidaya semangka dalam pot. Tetapi, masih ragu apakah sanggup tumbuh pada loka Sobat tinggal? Jawabannnya bisa. Sebab, semangka bisa tumbuh mulai dari dataran rendah hingga dataran yg tinggi.

Asalkan media tumbuh sesuai, misalnya tanah gembur dan fertile, nir menjadi hambatan buat menanam semangka. Apalagi menanam pada wadah terbatas, media tanam sanggup dimanipulasi atau diakali agar mendekati media yang dikehendaki tumbuhan semangka.

Kondisi lain seperti sinar surya yang penuh sepanjang hari, memang relatif menentukan buat produktivitas semangka. Tapi, tak usah risi, Sobat sanggup menempatkan pot dalam lokasi yang terkena cahaya. Inilah mudahnya budidaya semangka di pot lantaran mampu direlokasi atau dipindah-pindahkan.

Baik, mari kita melangkah buat menyimak cara tanam semangka pada pot. Ada 7 cara yang akan dijelaskan berikut adalah.

1. Bibit buat menanam semangka

Pembibitan semangka merupakan galat satu langkah awal untuk menanam semangka dalam kontainer misalnya pot atau polybag. Bibit semangka dari menurut penyemaian biji.

Ada 2 pilihan untuk mendapatkan biji atau benih semangka. Pertama, Sobat bisa beli dulu satu buah semangka yang berbiji, lalu ambil bijinya yang baus dan jemur atau angin-anginkan agar kering.

Kedua, Sobat bisa beli benih semangka di toko pertanian terdekat atau toko online.

2. Perlakuan benih semangka

Supaya cepat tumbuh biji semangka, rendam biji pada air hangat selama 6 jam. Ambil biji yg tenggelam dan taruh pada kain atau tisu basah. Lalu masukkan pada kotak plastik atau katong plastik selama 2-tiga hari agar cepat berkecambah.

3. Menyemai benih semangka di pot mini

Jika biji-biji semangka telah tampak mengeluarkan akarnya, ini berarti sudah siap buat disemai. Tetapi, Sobat perlu menyiapkan lebih dulu media semai. Gunakan saja gelas kecil bekas air mineral kalau nir terdapat polybag semai.

Media semai terdiri menurut adonan tanah & pupuk sangkar (atau kompos) menggunakan perbandingan 1:1. Satu bagian tanah dicampurkan menggunakan sau bagian pupuk sangkar. Isikan ke pada pot sampai ? Pot. Kemudian basahi media semai sampai lembab.

Buat lubang semai ditengah pot dengan kedalaman ? - 1 cm. Masukkan biji semangka dan tutup balik dengan tanah. Tempatkan pada loka yg teduh. Atau, Sobat bisa pula tempatkan pada area tempat tinggal misalnya teras atau pada pada rumah buat ad interim waktu. Siram & rawat secara teratur.

Kalau bibit semangka sudah tumbuh daun dua-tiga helai, ini tandanya sudah siap untuk dipindahkan ke dalam pot akbar.

4. Menyiapkan pot buat tanam semangka

Sobat jangan membayangkan pot itu hanya seperti wadah seperti timba atau polybag. Pot untuk menanam semangka sanggup bermacam-macam.

Ada pot berbentuk kotak yg terbuat dari kayu, contohnya berukuran 0,lima m x 1 m. Ada juga yang menggunakan styrofoam, planter bag, ember, timba, polybag, & aneka jenis pot lainnya.

Yang krusial diperhatikan ketika menentukan pot buat tanam semangka merupakan kuat & mudah buat digeser atau dipindahkan.

Satu hal lagi, bila ada barang sekon yg mampu dimanfaatkan buat menanam semangka, mengapa nir dan ini mungkin lebih rupawan lantaran ekonomis & ekologis.

Pot juga mesti terdapat beberapa lubang drainase terutama pada bagian dasar pot. Kalau belum terdapat, lubangi terlebih dulu sebelum memasukkan media tanam ke dalamnya.

5. Media tanam semangka pada pot

Agar semangka tumbuh fertile dan berbuah akbar-besar dan cita rasanya manis, awali dengan menyiapkan media tanam semangka pada pot yang berkualitas. Apa saja bahan-bahannya?

Campurkan tanah, pupuk sangkar, & arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Apabila bahan tadi tidak lengkap, Sobat bisa buat adonan berdasarkan bahan lain, contohnya tanah kebun, kompos, dan sekam padi dengan perbandingan dua:1:1. Tambahkan sedikit NPK yang telah dihaluskan ke dalam adonan media tanam tersebut.

6. Mengisi media tanam semangka ke pada pot

Bagaimana rapikan cara mengisi pot semangka dengan media tanam? Pertama, tambahkan terlebih dulu rabat styrofoam atau pecahan batu bata dalam bagian dasarnya. Ini bertujuan buat mencegah lubang drainase tersumbat tanah.

Kedua, tambahkan campuran media tanam yang sudah diracik tersebut ke dalam pot. Isi media tanam sampai ? Pot saja. Kemudian, siram menggunakan air sampai semua media tanam lembab. Biarkan 2-tiga hari sebelum menanam semangka.

7. Memindahkan bibit semangka ke dalam pot

Simak! 7+ Cara Tanam Semangka Dalam Pot agar Tumbuh Subur dan Berbuah
Bibit Semangka
Setelah segala sesuatu siap, kini saatnya menanam semangka. Bibit semangka yang sudah berdaun kurang lebih 3 helai, dapat dipindahkan ke dalam pot tanam yang lebih besar.

Lakukan penanaman dalam ketika sore hari agar bibit semangka bisa mengikuti keadaan dengan kondisi lingungan yg baru dan tidak stres gara-gara teriknya sinar mentari .

Bagaimana cara memindahkan bibit semangka ke wadah tanam pot? Berikut ini langkah-langkah menanamnya.

  • Lubangi media tanam tepat di tengah-tengah pot
  • Lepaskan bibit dari pot semai secara perlahan. Pencetkan bagian bawah pot, tekan-tekan sedikit sekeliling sisi pot semai, dan balikkan untuk mengeluarkan bibit. Jangan sampai merusak akar dan tanah semaian.
  • Masukkan bibit semangka ke dalam lubang tanam
  • Tutup kembali dengan tanah
  • Basahi media tanam secukupnya

( ) Merawat semangka pada pot

Mengapa kadang-kadang semangka dalam pot kurang memuaskan hasilnya, misalnya kerdil & buahnya mini -kecil? Jangan salahkan pot. Agar pertumbuhan subur dan produktivitas semangka tinggi, maka semangka yang tumbuh pada pot perlu mendapatkan perawatan.

Sisihkan sedikit waktu untuk memberi perhatian pada flora semangka yg sudah ditanam dalam pot.

Berikut ini beberapa hal yg mesti dilakukan dalam merawat tumbuhan semangka khusunya yg dibudidayakan di dalam pot.

Air ; Bukan karena semangka buah yang berair, maka perlu diberi air. Tetapi, semangka juga tanaman yang hidupnya butuh air.

Untuk menjaga kelembaban atau buat mencegah media tumbuh semangka dalam pot kekeringan, maka pengairan mesti dilakukan.

Agar media tanam semangka permanen lembab dan menerima cukup air untuk menunjang pertumbuhannya, lakukan penyiraman secara rutin. Siram 1-2 kali sehari, pagi & sore. Perhatikan jua cuaca, nir perlu disiram jikalau hujan.

Cahaya ; Agar tanaman semangka dalam pot tumbuh subur dan sehat, tempatkan pot pada lokasi yang terkena sinar matahari. Minimal mendapat sinar 6 jam dalam sehari, terutama matahari pagi.

Pupuk ; Lakukan pemupukan susulan agar semangka tumbuh subur dan cepat berbunga. Sejak 10 hari setelah tanam, pupuk tanaman semangka dengan pupuk NPK.

BACA JUGA : Pupuk NPK Phonska Plus, Panen Meningkat Karena Peran 5 Unsur Ini

Karena tumbuh dalam pot, lebih baik jikalau pemupukan dilakukan dengan cara pengocoran/penyiraman. Larutkan 1 sendok teh NPK ke pada 1 liter air. Siram sebanyak 500 mililiter per flora. Ulangi pemupukan setiap 7-10 hari sekali.

Kalau nir ada NPK, solusi pupuk lain buat semangka, apa? Sobat sanggup gunakan campuran pupuk urea, SP-36, & pupuk KCL untuk semangka. Yang penting, pupuk yang diaplikasikan buat semangka bisa melengkapi kebutuhan unsur hara N, P, dan K.

Ketika flora sudah berumur satu bulan, masukkan pupuk sangkar atau pupuk kompos ke dalam media tanam pada pot. Dengan anugerah pupuk organik ini, bisa membantu menyuburkan dan menggemburkan media tanam sebagai akibatnya semangka dapat menyerap nutrisi secara optimal.

BACA JUGA : Rahasia Pupuk dan Pemupukan Semangka Agar Tumbuh Subur & Kualitas Buah Pun OK

Ajir ; Kadang-kadang semangka dibiarkan tumbuh menjalar di permukan media tanam dalam pot yang begitu sempit. Boleh-boleh saja.

Namun, akan lebih indah jikalau dipasang ajir sebagai tiang rambatan pohon semangka. Gunakan tiang rambatan atau lanjaran yg kuat dan berikan juga para-para loka buahnya bergantung.

Pemeliharaan buah ; Sisakan saja 1-2 buah semangka per tanaman dalam pot agar besar-besar dan rasanya lebih manis. Buah tersebut dipelihara sampai besar dan siap untuk dipanen.

Itulah cara tanam semangka dalam pot agar tumbuh & mau berbuah. Monitor yg rajin supaya tidak ada kendala pada pertumbuhannya. Apabila ada hama pengganggu segera tangkap & buang jauh-jauh. Demikian & salam sukses.

BACA JUGA : Hama Tanaman Semangka Resahkan Petani? Kendalikan Seperti Ini

Tips

  • Kalau buah semangka menjalar di permukaan media tanam dalam pot, berikan alas berupa jerami atau karung agar buah tidak membusuk.
  • Agar warna buah semangka seragam, seperti tidak hijau sebelah dan kuning sebelah,  maka lakukan pembalikan minimal sekali ketika buahnya sudah besar. Tujuannya agar mendapatkan sinar matahari yang merata.
  • Kurangi penyiraman ketika buahnya sudah cukup besar dan mendekati waktu panen agar kualitas rasa bagus.

0 Response to "Simak! 7+ Cara Tanam Semangka Dalam Pot agar Tumbuh Subur dan Berbuah | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel