Wortel Tumbuh Subur Jika 2 Jenis Pupuk Dasar Ini Anda Tebarkan ke Lahan (+ Tip) | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com --Pupuk Dasar untuk Wortel – Apakah lahan yang akan Anda gunakan untuk budidaya wortel (Daucus carota L) sudah memenuhi syarat tumbuh, yaitu gembur dan subur? Jika belum, maka Anda mesti menyuburkan lahan dengan aplikasi pupuk dasar terlebih dulu sebelum menanamnya.

Meskipun pada pada tanah sudah mengandung bahan organik dan unsur-unsur hara, tetapi secara generik tidak mampu diandalkan apabila menginginkan produksi wortel optimal.

Wortel Tumbuh Subur Kalau 2 Jenis Pupuk Dasar Ini Anda Tebarkan ke Lahan (Plus Tip)
Wortel. Gambar : Pixabay/klimkin

Apalagi lahan yang secara terus menerus dipakai untuk budidaya tanaman, sudah tentu persediaan nutrisinya menjadi semakin rendah karena dari waktu ke waktu terus terkuras untuk meningkatkan hasil produksi tanaman

Bahkan, huma yang sering dipakai buat menanam, stuktur tanah pun telah kurang gembur. Kondisi seperti ini kentara sekali kurang mendukung buat menanam wortel yang umbinya memanjang ke bawah menembus rongga-rongga dan partikel tanah.

Pupuk dasar memilih pertumbuhan wortel

Oleh sebab itu, jika Anda menanam wortel, aplikasikan pupuk awal sebelum tanam. Sebab, pupuk dasar sangat memilih pertumbuhan dan produktivitas flora wortel.

BACA : 9 Cara Menanam Wortel yg Berpotensi Tinggi Produksinya

Dengan memberikan nutrisi tanah jauh-jauh hari sebelum tanam, tanah lebih remah & subur sebagai akibatnya sanggup ?Memberi makan? Kepada flora wortel.

Pupuk dasar buat wortel ; jenis dan cara aplikasinya

Ada dua jenis pupuk dasar yang dipakai untuk menyuburkan lahan wortel,  yaitu pupuk organik dan anorganik. Yang satu berperan memperbaiki struktur tanah dan yang satu lagi untuk menambah zat makanan berupa unsur hara. Dengan demikian, lahan tanam wortel dapat dipastikan gembur dan subur.

Secara spesifik, apa pupuk dasar untuk wortel? Simak yuk penjelasan pemupukan pertama kali untuk tanaman wortel sebelum tanam seperti berikut ini.

1. Aplikasikan pupuk kandang minimal 3 minggu sebelum menanam wortel

Untuk memacu pertumbuhan awal tumbuhan wortel waktu Anda tanam, maka pupuklah huma menggunakan pupuk sangkar sebelum menanamnya. Apabila ada pupuk kompos akan lebih bagus karena nutrisinya lebih tinggi.

Namun, jika pertimbangan sisi porto & mudah, pupuk sangkar lebih murah dan mudah diperoleh. Untuk kadar nutrisi, ya beda-beda tipislah, tapi keduanya, pupuk sangkar & kompos, dapat memperbaiki sifat-sifat tanah.

Dosis pupuk kandang

Dalam satu hektar lahan, Anda mesti menyiapkan 15 ton pupuk kandang untuk membangunkan kesuburan lahan tanam wortel. Dengan kata lain, dosis pupuk kandang sebagai pupuk dasar tanaman wortel adalah 1,5 kg/m2. Atau, dalam 1 meter persegi luas lahan, diperlukan pupuk kandang sebanyak 1,5 kg.

Sebagai pupuk dasar, pupuk sangkar diaplikasikan lebih cepat atau jauh-jauh hari sebelum menanam. Pupuk ini diaplikasikan bersamaan menggunakan penyiapan huma. Jadi, minimal 3 minggu sebelum menanam wortel, pupuk kandang telah dibenamkan dalam lahan.

Mengapa pupuk sangkar mesti cepat diaplikasikan?

Mengapa harus lebih awal pada berikan pupuk kandang dalam lahan tanam wortel? Ini bertujuan supaya supaya aktivitas mikroorganisme atau biodekomposer dalam tanah meningkat sebagai akibatnya bahan-bahan organik pun terurai menggunakan baik. Selain itu, supaya terbentuk agregat tanah menggunakan rupawan sebagai akibatnya tanah lebih gembur, poros, dan aeratif.

Cara aplikasi pupuk kandang buat pupuk dasar wortel, yaitu menggunakan cara menebarnya dalam lahan yg sebelumnya sudah diolah, lalu dicampur dengan tanah tersebut hingga merata. Biarkan hingga dengan dua minggu.

2. Aplikasikan pula pupuk kimia minimal 1 minggu sebelum menanam wortel

Selain pupuk sangkar, pupuk kimia pun perlu Anda sebarkan menjadi pupuk dasar wortel. Pupuk kimia menyediakan unsur hara makro buat flora wortel berupa nitrogen (N), fosfor (P), & kalium (K).

Jenis pupuk kimia yang diaplikasikan dalam saat penyiapan lahan tanam wortel, sebetulnya mampu pupuk beragam & boleh jua pupuk tunggal. Yang penting pupuk tadi mengandung kadar nutrisi yang relatif buat pertumbuhan wortel nantinya.

Namun, dalam artikel ini kita fokus saja pada pupuk tunggal sebagai pupuk dasar wortel. Ada 3 jenis pupuk tunggal yang disebarkan pada lahan tanam, yaitu ZA, SP-36, dan KCL. Dosis masing-masing pupuk tersebut secara berurutan adalah 100 kg/ha (10 gram/m2), 150 kg/ha (15 gram/ m2), 50 kg/ha (5 gram/ m2).

BACA JUGA : dua Manfaat Pupuk ZA Dibalik dua Kelemahannya buat Tanaman

Kapan diaplikasikan pupuk-pupuk tadi? Anda taburkan selesainya aplikasi pupuk sangkar, atau minimal 1 minggu sebelum menanam wortel supaya pupuk cepat larut dan siap diserap akar flora wortel. Cara aplikasi cukup gampang, relatif tebarkan dalam bedengan, lalu campurkan secara merata dengan tanah.

Ringkasan pupuk dasar wortel

Jadi, agar lebih mudah diingat, pupuk dasar buat wortel seperti ini dia.

Pupuk kandang ; 15 ton/ha atau 1,5 kg/ m2

ZA ; 100 kg/ha atau 10 gram/m2

SP-36 ; 150 kg/ha atau 15 gram/ m2

KCl ; 50 kg/ha atau 5 gram/ m2

Demikian pupuk dasar buat wortel. Aplikasikan pupuk-pupuk tersebut sebelum menanam wortel supaya pertumbuhannya lebih subur. Jangan hingga wortel yang Anda tanam tumbuh tanpa umbi karena ?Kelaparan.?

Tip menyuburkan huma sebelum tanam wortel

Wortel Tumbuh Subur Jika 2 Jenis Pupuk Dasar Ini Anda Tebarkan ke Lahan (+ Tip)
Lahan. Gambar : Pixabay/MonikaP
Setelah menebarkan pupuk kandang pada lahan tanam wortel, sebaiknya semprotkan tanah tersebut dengan pupuk organik cair (POC) yang mengandung mikroorganisme dekomposer.

Ini supaya proses dekomposisi bahan organik pada tanah, termasuk pupuk sangkar yg Anda aplikasikan, menjadi lebih baik. Dengan cara seperti ini, lahan lebih gembur, subur, & tentu saja banyak unsur hara tersedia buat tumbuhan wortel.

Anda bisa aplikasikan aneka POC, baik yang Anda beli juga output produksi sendiri seperti POC air cucian beras. Yang krusial tersedia bioaktivator pada dalamnya menjadi dekomposer bahan organik. Bahkan, Anda mampu pakai EM4 buat menyemprot lahan wortel.

BACA JUGA : Cara Membuat Pupuk Air Cucian buat Nutrisi Tanaman

0 Response to "Wortel Tumbuh Subur Jika 2 Jenis Pupuk Dasar Ini Anda Tebarkan ke Lahan (+ Tip) | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel