3 Cara Membuat Media Tanam Pohon Durian Dalam Pot Supaya Berbuah | Kebunku

Membuat Media Tanam Pohon Durian dalam Pot -- Salah satu hal yang terpenting dalam menanam pohon durian dalam pot adalah media tanam. Sebab, seandainya media tanam tidak benar, jangankan berbuah, pertumbuhannya akan merana. Seperti kata pepatah, “hidup enggan, mati pun tak mau.”

Oleh karenanya, artikel ini, yaitu cara membuat media tanam pohon durian pada pot, sebagai solusi bagi Sobat yang ingin menanam durian pada pot agar tumbuh subur dan mau berbuah selayaknya durian yg tumbuh di tanah eksklusif seperti pada kebun.

Gambar : Dokpri

Persyaratan tumbuh durian

Tanaman durian tumbuh dimana saja ditanam. Tapi, buat tumbuh fertile & berbuah alias adaptif memerlukan kondisi tumbuh yg cocok.

Tanaman durian tumbuh pada ketinggian tempat 0-800 m dpl. Selain itu, tanaman dengan buah berduri dan aroma yang sedap ini mensyaratkan suhu udara berkisar 28-290C, keasaman tanah 5,5-7, dan tanah yang gembur seperti tanah lempung berpasir atau liat lempung berpasir.

Dari sekian banyak persyaratan tumbuh durian, pH, ketersediaan air, unsur hara & jenis tanah adalah syarat tumbuh yg sangat dekat atau erat hubungannya menggunakan media tanam dalam pot. Dan syarat tadi bisa disiasati atau diakali sehingga mendekati kondisi pertumbuhan ideal pohon durian.

Pot menanam pohon durian mesti akbar

Pohon durian apapun varietasnya seperti durian Monthong, Petruk, Kelud, Seminah, & lainnya memiliki akar yang banyak & luas. Oleh sebab itu, wadah atau pot buat mengisi media tanam dan menanam pohon durian jua harus akbar dan luas.

Selain ukuran pot, kualitasnya pula wajib tinggi. Kualitas yg dimaksud, yaitu daya tahan dari pot. Pot harus bisa tahan sampai beberapa tahun & nir gampang sobek lantaran panas dan hujan.

Contoh pot yang luas dan sering digunakan untuk menanam durian seperti drum bekas minyak atau oli,planter bag yang ukurannya besar,  pot beton, dan sejumlah lainnya. Intinya, pot untuk menanam durian mesti relatif besar, luas, dan tidak mudah rusak.

Syarat media tanam pohon durian pada pot

Media tanam pohon durian pada pot harus jua memenuhi kondisi-kondisi agar pohon durian yg ditanam tumbuh subur dan produktif dalam artian mau berbuah.

Berikut ini syarat media tanam pohon durian pada pot

  • Media tanam dalam pot mengandung unsur hara makro dan mikro
  • Tidak mengandung bahan-bahan yang C/N tinggi seperti penggunaan pupuk kandang segar (kotoran ternak segar)
  • Tidak mengandung bahan-bahan beracun
  • Media tanam harus memilliki drainase yang baik, poros dan aeratif
  • Mudah dalam penetrasi akar pohon durian
  • Memiliki retensi atau daya ikat air yang bagus sehingga media tidak mudah kering
  • Media tanam mampu mengikat unsur hara sehingga tidak gampang tercuci
  • Media tanah tidak boleh sangat masam atau terlalu basa
  • Media tanam harus bebas dari nematoda yang dapat mengganggu perakaran pohon durian

Itulah beberapa kondisi media tanam durian yang barangkali mesti terpenuhi. Sebab, kalaulah saja salah satu berdasarkan syarat tadi, contohnya tanah sangat masam, maka tanaman durian terganggu lantaran unsur hara makro seperti fosfsor (P) sebagai tidak tersedia.

Bahan-bahan buat media tanam pohon durian pada pot

Media tanam pohon durian dalam pot terdiri berdasarkan sejumlah adonan bahan. Semua bahan tersebut akan saling mendukung satu sama lainnya.

Bahan-bahan yg digunakan buat membuat media tanam misalnya tanah liat, kompos, pupuk sangkar, arang sekam, sekam padi, jerami, dan lain-lain. Namun, dalam penggunaannya, bahan-bahan tadi dapat divariasikan menjadi beberapa variasi agar lebih cocok sebagai media tanam durian.

CARA MEMBUAT MEDIA TANAM POHON DURIAN DALAM POT

Baik, sampailah kita pada cara menciptakan media tanam POHON durian dalam pot supaya subur dan mau berbuah. Berikut ini ada 3 cara menciptakan media tanam durian dan silahkan dipilih galat satu cara yg dipercaya paling mudah didapat bahan-bahannya.

Intinya, gampang didapat dan hemat bahannya, namun membuat kualitas media tanam durian yang mantap.

Cara I

Campurkan tanah liat, pupuk sangkar dan arang sekam. Perbandingannya merupakan 1 :1 :1. Caranya, ambil tanah liat 1 bagian, 1 bagianpupuk sangkar yang sudah matang, dan 1 bagian arang sekam.

Campurkan ketiga bahan tersebut secara merata. Media tanam pohon durian yang telah diaduk merata dimasukkan ke pada pot hingga ? Bagian pot

Cara II

Campurkan tanah liat, pupuk kompos dan arang sekam. Perbandingannya adalah dua :1 :1. Caranya, ambil tanah liat 2 bagian, 1 bagian pupuk kandang yang telah matang, dan 1 bagian arang sekam.

Campurkan dan mixer ketiga bahan tadi secara merata. Sama seperti dalam cara satu, yaitu media tanam pohon durian yang sudah dibuat dimasukkan ke pada pot sampai ? Bagian pot.

Cara III

Campurkan tanah liat, pupuk sangkar, pupuk kompos dan sekam padi. Perbandingannya merupakan 2 : 1 : 1 : 1. Cara membuatnya, ambil dua bagian tanah, 1 bagian pupuk kandang, 1 bagian pupuk kompos dan 1 bagian sekam padi,

Campurkan keempat bahan tadi hingga merata. Media tanam durian tadi diisi ke pada pot sampai ? Bagian pot.

Nah, Kalau berdasarkan hasil uji media tanam ternyata pH media tanam pohon durian <5,5 atau masam, maka perlu diberikan kapur dolomit. Dosis kapur dolomit diberikan 50-100 gram per pot (disesuaikan dengan volume media tanam dan rekomendasi kalau ada)

Pengisian Media Tanam Pohon Durian Dalam Pot

Media tanam pohon durian yang sudah susah payah diracik, memang buat segera dimasukkan ke dalam pot. Tetapi, agar media tanam yg kita isi tersebut berfungsi dengan baik, maka sebaiknya mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Lubangi bagian dasar pot durian beberapa lubang buat rembesan air (sebagai drainase) karena mungkin adanya air berlebih dalam waktu penyiraman atau hujan
3 Cara Membuat Media Tanam Pohon Durian Dalam Pot Supaya Berbuah
Melubangi dasar pot. Gambar : Dokpri

  • Isi terlebih dahulu bagian dasar pot menggunakan sedikit arang kasar, atau potongan styrofoam, atau pecahan batu bata, atau boleh pula jerami agar tidak terjadi penyumbatan bagian dasar pot.
3 Cara Membuat Media Tanam Pohon Durian Dalam Pot Supaya Berbuah
Mengisi pecahan batu bata. Gambar : Dokpri

  • Selanjutnya baru diIsi media tanam yg telah diracik ke pada pot. Media tanam tidak boleh diisi sampai penuh, cukup 3/4 dari volume pot. Bagian atas yang tersisa memudahkan pada penyiraman sebagai akibatnya airnya tidak tumpah ke luar pot durian dalam ketika disiram.
3 Cara Membuat Media Tanam Pohon Durian Dalam Pot Supaya Berbuah
Mengisi Media Tanam. Gambar : Dokpri

Baca pula ini :

  • Budidaya Nangka Mini Dalam Pot
  • Cara Membuat MOL Bonggol Pisang Untuk Pupuk Organik Cair
  • 4 Tahap Memupuk Mentimun Dalam Polybag Supaya Buahnya Lebat
  • Tips Merawat Cabai Rawit dan Peremajaannya Agar Panennya Berulang Kali
  • Mudahnya Menanam Ubi Jalar dalam Pot dan Hasil Pun Tak Usah Ragu

Jangan buru-burunanam durian kalau udah siap pot dan media tanam. Media tanam pohon durian dibiarkan sampai seminggu sebelum bibit durian dipindahkan ke dalam pot. Ini bertujuan supaya media tanam lebih kompak dan padat sehingga tidak terganggunya bibit pada saat ditanam.

Begitulah cara membuat media tanam pohon durian agar pohon durian fertile & mau berbuah dalam pot. Setelah menanam bibit durian dalam pot jangan lupa menaruh pupuk anorganik buat mencukupi unsur hara makro yang dibuthkan buat pertumbuhan & perkembangan pohon durian.

0 Response to "3 Cara Membuat Media Tanam Pohon Durian Dalam Pot Supaya Berbuah | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel