Bagaimana Cara Budidaya Kangkung Darat yang Sebenarnya? | Kebunku

Budidaya Kangkung Darat -- Kangkung darat dapat ditanam di sawah, kebun dan juga di perkarangan sempit. Bahkan, kangkung darat dapat juga ditanam dalam pot. Memang benar dan tidak keliru, kangkung dapat ditanam di mana saja. Tapi, yang menjadi persoalan adalah bagaimana cara budidaya kangkung darat yang benar?

Sebab, maunya kita bukan sekadar tanam & tanam saja. Tetapi bagaimana menanam kangkung & lalu berakibat output yg optimal. Oleh karenanya, pada budidaya kangkung darat perlu memiliki pengetahuan, bukan ikut-ikutan, mulai menurut pembibitan hingga menggunakan panen.

Bagaimana Cara Budidaya Kangkung Darat yang Sebenarnya?

Misalnya, bagaimana memilih benih yg berkualitas, bagaimana menyiapkan huma, bagaimana cara menanam kangkung darat, & misalnya apa merawatnya, & sejumlah hal penting lainnya.

Pengalaman langsung dan pula sahabat-teman yang telah pernah melakukan budidaya kangkung, setiap termin-termin mesti mendapatkan perhatian serius supaya output panen bisa aporisma, khususnya dalam usia dua minggu pertama. Kalau lalai sekejap saja, karena umur kangkung pendek, pertumbuhan daunnya bisa mengecewakan.

Penyiapan huma buat menanam kangkung darat

Karena akan menanam kangkung darat, maka telah tentu huma yg digunakan adalah lahan tegalan atau huma kering baik sawah tadah hujan atau pun kebun.

Sebelum menanam kangkung darat, huma tersebut perlu diolah terlebih dulu dengan cara dibajak menggunakan kedalaman 20-30 centimeter. Setelah itu, disiapkan pula bedengan dengan lebar 1 meter dan panjang bedengan disesuaikan dengan huma dan kemudahan dalam perawatan nantinya. Tinggi bedengan 25-30 cm dan jeda antar bedengan 50-60 centimeter.

Bedengan untuk menanam kangkung darat perlu diberikan pupuk organik berupa pupuk kandang buat membangunkan kesuburan tanah. Jika menggunakan kotoran ayam usahakan difermentasi dulu. Kebutuhan pupuk kandang sebanyak 15-20 ton/hektar.

Untuk pupuk anorganik misalnya NPK, apakah perlu diberikan pada waktu penyiapan huma? Seandainya lahan relatif subur buat menanam kangkung darat, nir perlu menaruh pupuk anorganik/kimia sebelum tanam. Akan namun, jika syarat lahan sebaliknya, menambah pupuk anorganik dalam saat penyiapan huma diharapkan.

Jika lahan tersebut masam atau pH di bawah 5,5, maka perlu pengapuran dengan kaptan (dolomit). Kalau memang lahan tersebutok dengan pH-nya 5,5 - 6,5, ini tidak perlu pengapuran.

Benih kangkung darat

Untuk menerima hasil yang tinggi, benih kangkung darat mesti benih yg berkualitas. Benih sanggup dibeli di toko pertanian. Perhatikan label dalam kemasan benih yg meliputi lepas kadaluarsa, daya tumbuh, & biar produksi. Keterangan pada label tadi krusial supaya benih yg akan ditanam bisa tumbuh menggunakan baik.

Ada aneka macam varietas kangkung darat yg telah beredar misalnya varietas BISI, Shanghai, Bangkok, Hapsari, dan lain-lain. Pilihlah varietas yg produktivitasnya tinggi dan sebaiknya ikuti anjuran berdasarkan PPL di loka masing-masing. Boleh pula memakai benih varietas lokal bila tersedia.

Perlakuan benih kangkung darat

Perlakuan benih merupakan bagian dari rangkaian cara budidaya kangkung darat. Benih kangkung darat yang akan ditanam perlu mendapatkan perlakuan agar cepat berkecambah dan tumbuh banyak. Caranya, benih direndam dulu dalam air hangat selama 1-3 jam. Kemudian, pisahkan benih yang mengambang dan ambil benih yang tenggelam untuk ditanam.

Bagaimana cara menanam kangkung darat?

Kangkung darat dapat ditanam melalui penyemaian, tebar, tugal, dan jua bisa menggunakan garitan. Semua cara atau sistim tadi sanggup dilakukan. Namun, yang lebih ekonomis dan praktis adalah cara garitan atau baris.

Menanam kangkung darat dengan sistem garitan sangat mudah. Caranya adalah dengan menggarit/menggores tanah searah lebar bedengan sehingga membentuk baris-baris.  Kedalaman garitan 1-2 cm. Jarak antar garitan dibuat 5 cm.

Bagaimana Cara Budidaya Kangkung Darat yang Sebenarnya?
Ilustrasi Garitan

dalam Bedengan Kangkung. Gambar : Dokpri

Lubang garitan yg sudah terbentuk ini dimasukkan benih kangkung satu persatu dengan jeda antar benih sekitar tiga-5 centimeter. Selanjutnya, tutup garitan yg sudah dimasukkan benih kangkung darat & jangan lupa disiram.

Cara menanam kangkung darat contoh lainnya, yaitu dengan membuat lubang tanam atau memakai indera tugal. Jarak lubang tanam dibentuk 20 centimeter x 20 cm. Setiap lubang tanam dimasukkan 2-5 biji kangkung.

Merawat kangkung darat

Perawatan atau pemeliharaan kangkung darat adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Penyiraman mesti secara rutin setiap hari atau diadaptasi menggunakan cuaca. Siram secukupnya akar kelembaban media tumbuh permanen terjaga.

Kebersihan huma adalah faktor yg memilih pertumbuhan & produksi kangkung. Oleh karenanya, penyiangan menurut gulma atau rumput-rumput mesti dilakukan terutama pada awal-awal pertumbuhan.

Cara merawat kangkung darat lainnya adalah menggunakan memberikan pupuk. Dengan pemupukan yg sempurna dapat memacu pertumbuhan kangkung darat.

Kita cukup paham bahwa kangkung merupakan flora yg sangat sensitif terhadap nitrogen (N). Nah, pada usia 7-10 hari selesainya tanam, berikan pupuk yg mengandung N, sanggup urea saja atau boleh juga menggunakan NPK.

Aplikasikan pupuk pada sore hari dengan cara dikocor. Larutkan 50 gram NPK dalam 10 liter air, siram ke tanaman kangkung untuk luas 2-3 m2.Ataujika hanya memakai pupuk urea, larutkan 20 gram urea ke dalam 10 liter air, siram ke tanaman kangkung untuk luas 2-3 m2.

Pilih salah satu jenis pupuk apakah NPK atau urea yang terjangkau, tapi memberikan hasil yang bagus. Kalau NPK memang sudah lengkap dengan unsur-unsur P dan K yang mendukung pertumbuhan dan kualitas hasil kangkung.  Ulangi pengocoran pupuk pada usia 20 hari.

Sebaiknya, jika sudah menyiram menggunakan pupuk pada sore hari, maka dalam esok pagi disiram/dibilas menggunakan air biasa sekadar membasahi daun-daun kangkung saja.

Pembilasan dalam pagi hari bertujuan agar nir ada residu-residu pupuk yg ada pada daun kangkung. Sebab, bila terdapat butiran pupuk pada daun, dikhawatirkan akan membakar daun kangkung ketika terkena sinar surya.

Mengendalikan organisme pengganggu kangkung darat

Organisme pengganggu flora (OPT)kangkung darat memang terdapat mulai menurut ulat, belalang, dan lain-lain. Kehadiran makhluk tadi menjadi tugas kita buat mengendalikan, bukan membasmi sampai punah.

Untuk mengendalikan organisme pengganggu tanaman sangat disarankan buat tidak memakai pestisida yang mengandung zat-zat kimia berb4h4ya. Kendalikan menggunakan cara mekanis misalnya membuat perangkap atau memakai pestisida organik.

Cara pengendalian hama secara mekanis dan organis akan kondusif bagi lingkungan dan kangkung darat pun tidak mengandung sisa pestisida yang berbahaya bagi kesehatan.

Panen kangkung darat

Panen merupakan saat-saat yang dinantikan oleh petani dalam budidaya kangkung darat. Sebab, panen akan menghilangkan rasa lelah dan letihnya dalam merawat kangkung. Jika hasilnya bagus dan harga di pasar lagi baik, ini sesuatu yang sangat menggembirakan 😅

Dalam tempo ‘sesingkat-singkatnya’ atau 30 hari sejak penanaman, kangkung darat sudah bisa dipanen dan kemudian dijual atau dikonsumsi. Cara panen tidak perlu memakai memakai alat mesinharvester canggih he..hee..😅

Baca jua ini :

  • Cara Budidaya Ubi Jalar Agar Produksinya Tinggi
  • Mau Hasil Panen Kangkung Meningkat? Kombinasikan Pupuk Ini

Panen kangkung darat dilakukan dengan cara mencabutnya sampai akar-akarnya. Kenapa harus ada akarnya? Sebab, pembeli lebih menyukai kangkung kalau ada akar-akarnya.  Dengan ada akar, pembeli yakin dan dapat menandakan bahwa itu adalah benar kangkung darat.

Setelah kangkung dicabut, bersihkan akarnya menurut tanah dengan menggunakan air. Cuci hingga bersih & bila perlu dikemas. Segera pasarkan kangkung yg sudah dipanen karena beliau nir bisa bertahan lebih menurut 1 hari.

Demikian sekelumit tentang cara budidaya kangkung darat. Semoga dengan artikel ini dapat mencerahkan Sobat & sebagai lebih bersemangat buat memulai menanam kangkung darat. Selamat menanam dan sukses.

0 Response to "Bagaimana Cara Budidaya Kangkung Darat yang Sebenarnya? | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel