Begini Cara Menanam Sayuran Organik, Tumbuh Subur Meskipun di Pekarangan Rumah | Kebunku

Cara Menanam Sayuran Organik –Meskipun banyak tantangan dalam budidaya, namun banyak orang suka menanam sayuran organik. Selain sehat untuk dikonsumsi, harganya pun relatif mahal di pasaran. Bagaimana cara menanam sayuran organik, bisakah ditanam di pekarangan rumah?

Cukup Mudah Cara Menanam Sayuran Organik di Perkarangan Rumah ; Anda Bisa Lakukan 7 Langkah Ini
Gambar : Pixabay/Elsemargriet

Menanam sayur-mayur organik sangat gampang & biaya produksi pun rendah. Tapi, sebelum menyebarkan pada lahan luas, coba dulu tanam sayuran organik pada perkarangan rumah sendiri.

Meskipun ditanam di halaman rumah, sayuran organik mau tumbuh. Sebab, sayuran higenis ini tak mengenal sempitnya lahan. Yang penting baginya adalah tersedianya nutrisi  seperti nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), dan unsur-unsur hara mikro serta lingkungan yang mendukung untuk menunjang pertumbuhannya

Apasih sayuran organik dan bagaimana menanam serta merawatnya?

Sebelum melangkah untuk mengenal lebih dekat cara menanam sayuran organik dan belajar cara merawat sayuran organik,yuk kita mengenalnya sekilas, apasih sayuran organik.

Sayuran organik adalah tumbuhan yg dibudidayakan dengan cara organis dan bahkan bisa dibilang sangat alami atau natural.

Media tanam yg digunakan buat tumbuh & hayati sayuran organik nir tersentuh dengan pupuk kimia (pupuk sintesis orisinil pabrik).

Unsur hara atau nutrisi buat membentuk sayuran organik itu hanyalah berupa kompos, sekam padi, cangkang telur, pupuk kandang, air cucian ikan, atau sisa-sisa flora & fauna.

BACA JUGA : Cangkang Telur Alternatif Dolomit pada Media Tanam dalam Pot

apabila ada hama dalam tanaman sayuran organik, para petani organik nir ?Membunuhnya? Menggunakan pestisida kimia. Mereka nir menggunakan bahan-bahan kimia untuk mengendalikan hama & penyakit.

Akan tetapi, para petani yg menanam sayuran organik mengendalikan hama dengan cara-cara bijak seperti menangkap hama menggunakan tangan.

Cara lain yg digunakan petani sayuran organik waktu tidak sanggup mengusir hama menggunakan tangan, mereka pakai cara lain misalnya perangkap, jaring-jaring, dan lainnya. Ada pula yang mengendalikan organisme pengganggu sayuran organik menggunakan agen biologi.

Kalaupun wajib menyemprot sayuran organik, mereka tetap memakai pestisida organik dari ramuan bahan-bahan alami, misalnya ekstrak daun-daunan yang bisa membuat hama lari tunggang-langgang.

Menanam dan Merawat Sayur Organik di Perkarangan Rumah

Mari kita cari tau cara menanam sayuran organik pada perkarangan tempat tinggal dan bagaimana cara merawatnya yg baik dan sahih supaya tumbuh subur.

1. Pilih sisi pekarangan tempat tinggal Anda yg bisa dipakai buat menanam sayuran organik.

Nah, untuk menanam sayuran organik di rumah, Anda dapat menyulap beberapa sisi pekarangan rumah yang barangkali masih ada space kosong untuk bercocok tanam

Anda bisa memanfaatkan lahan pada belakang tempat tinggal atau pada samping rumah buat menanam sayuran organik. Tidah usah ragu lantaran huma sempit, Anda dapat menatanya dengan model tegak atau vertikultur misalnya menggantung dalam dinding atau kayu.

Selain itu, perhatikan pula arah angin di tempat tinggal Anda jangan hingga angin kecang bisa merusak sayuran organik yang Anda tanam. Kalau memang perlu, Anda bisa membuat sedikit penghalang angin misalnya pagar contohnya.

Yang amat penting diperhatikan pada menanam sayuran organik di pekarangan tempat tinggal adalah sinar matahari. Untuk itu, pilih lokasi pekarangan rumah yg menerima sinar matahari poly, minimal 6 jam dalam sehari. Apabila ada pohon yg rimbun, Anda bisa mengurangi dahan-dahan menggunakan cara memotongnya.

Dua. Gunakan bibit buat menanam sayur organik yg bebas residu zat kimia

Untuk memperoleh bibit atau benih sayuran organik nir sulit. Namun, tentukan dulu, Anda mau tanam sayur apa. Cara cepat menentukan jenis sayuran apa yg akan ditanam merupakan menggunakan melihat norma konsumsi sayuran sehar-hari di rumah.

Sobat biasanya mengonsumsi sayur-mayur apa, apakah bayam, sawi, pakcoy, selada, kacang panjang, terong, atau apa?

Atau, bila Anda menanam sayuran organik buat komersial, Anda perlu survey dulu agar tau jenis sayuran organik apa yang disukai konsumen.

Jika sudah jelas jenis sayuran apa yang akan ditanam, Sobat dapat membeli benih untuk sayuran organik di toko pertanian terdekat. Namun, harap pastikan benih sayuran yang Anda beli di toko legal dan bersertifikasi.

Lalu semaikan dulu benih buat sayuran organik sampai tumbuh dan kemudian bibit yang sudah tumbuh bisa ditanam dalam pot atau polybag atau bedengan.

Tapi perlu dicatat, Anda mesti menyemai benih sayuran organik dalam media semai yang organik jua. Artinya, media semai wajib terdiri berdasarkan adonan pupuk organik misalnya kompos atau pupuk sangkar

3. Tentukan media untuk menanam sayur organik apakah dalam pot, polybag, atau bedengan.

Cukup Mudah Cara Menanam Sayuran Organik di Perkarangan Rumah ; Anda Bisa Lakukan 7 Langkah Ini
Gambar : Pixabay/Dieneves
Anda perlu pertimbangkan media kalau menanam sayuran organik di rumah. Jika lahan rumah sangat terbatas, Anda dapat menanam di dalam pot, paralon, bambu, botol bekas, atau polybag .

Untuk pengaturan atau peletakan, Anda pisa letakkan secara horizontal & bisa pula menata secara vertikal. Dengan menggantungkan pot di dinding atau bambu menggunakan rapi, juga menambah nilai estetika/keindahan tempat tinggal Anda.

Tapi, apabila halaman tempat tinggal Anda lumayan luas, Anda bisa menciptakan bedengan atau guludan buat menanam sayuran organik pada page rumah. Jadi, ini lebih mudah karena tidak repot-repot mengisi media tanam pada pot.

4. Racik media tanam khusus buat menanam sayuran organik

Cara menanam sayuran organik selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Banyak pilihan bahan yang dapat diracik untuk media tanam sayuran organik. Bahan-bahan tersebut seperti kompos, pupuk kandang, arang sekam, sekam padi, serbuk sabut kelapa, pasir, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh buat komposisi adonan media tanam sayuran organik pada pot atau polybag merupakan campuran pupuk kompos, tanah, dan sekam padi. Anda dapat mencampurkan menggunakan perbandingan dua:1:1.

Akan tetapi, seandainya Anda menanam sayuran organik di bedengan, maka campurkan terlebih dahulu pupuk kandang atau kompos dengan tanah di bedengan secara merata. Setiap ukuran bedengan 1 m2, Anda tambahkan 3-5 kg pupuk kandang/kompos.

BACA JUGA : Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Digunakan Dalam 7 Hari

5. Tanam bibit sayuran organik apabila sudah tumbuh 4-5 helai daun

Bibit sayuran yg telah tumbuh 4-lima helai daun sudah bisa ditanam atau dipindahkan ke pada pot, polybag atau bedengan yg telah diracik sebagai media tanam organik. Setelah menanam bibit sayuran, ingat dirawat menggunakan baik.

6. Rawatlah sayuran organik secara baik dan rutin

Cukup Mudah Cara Menanam Sayuran Organik di Perkarangan Rumah ; Anda Bisa Lakukan 7 Langkah Ini
Gambar : Pixabay/jacqueline macou
Supaya sayuran organik yang Anda tanam tumbuh subur, sehat, dan bisa cepat dipanen, maka perlu perawatan. Berikut ini Anda dapat menyimak bagaimana cara merawat sayuran organik.

Penyiraman ; Anda mesti menjaga kelembaban media tumbuh sayuran organik. Oleh sebab itu, lakukan penyiraman secara rutin setiap hari, pagi dan sore hari. Anda dapat menyesuaikan pengairan sayuran organik dengan kondisi cuaca. Yang penting, jangan sampai media tumbuh kekeringan.

Penyinaran ; Sayuran organik akan cepat tumbuh jika mendapatkan sinar matahari yang cukup. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan penempatan pot/polybag. Tempatkan media tersebut pada lokasi yang terkena sinar matahari.

Pemupukan ; Dalam pemeliharaan sayuran organik, jangan sampai Anda menambahpupuk anorganik seperti NPK baik cair ataupun butiran. Jika ini 'terlanjur' dilakukan, hasilnya menjadi sayuran non-organik.

Nah, apabila tumbuhan sayuran organik membutuhkan pupuk susulan, Anda dapat memupuk melalui akar dengan cara menambahkan sedikit pupuk kandang atau kompos ke dalam media tumbuh.

Selain itu, Anda pun dapat memupuk sayuran organik melalui daun menggunakan pupuk organik cair (POC). Memupuk melalui daun dengan cara penyemprotan adalah cara pemupukan sayuran organik yang lebih mudah, simpel, dan efektif.

BACA JUGA : Cara Membuat Pupuk Organik Cair berdasarkan Sampah Basah dengan EM4 & Air Cucian Beras

Pengendalian hama dan penyakit ; Jaga sayuran organik yang Anda tanam jauh dari zat-zat kimia buatan. Oleh karena itu, jika ada satu atau dua hama seperti belalang atau ulat, usir ia dengan cara baik-baik, “belai” dengan tangan Anda, hama akan pergi menjauh.

Apapun jenis penyakit dan hama yang datang mengganggu sayuran organik, kendalikan dengan cara bijak seperti menggunakan pestisida organik. Atau, kendalikan dengan cara mekanis dengan menggunakan tangan atau alat perangkap hama. Ini tentu saja agar sayuran tetap sehat untuk dikonsumsi dan lingkungan pun tidak tercemar.

Jika tertarik meracik sendiri pestisida organik, Anda bisa membaca artikel Cara Membuat Pestisida Organik Untuk Membasmi Hama Tanaman & Teknik Aplikasinya.

7. Lakukan panen sayuran organik menggunakan cara yang sahih

Bumi terus berputar dan sayur organik yang Anda tanam pun tumbuh membesar. Anda pasti  semakin bahagia melihat perkembangannya. Dan tanpa terasa dalam waktu lebih kurang 30 hari (tegatung jenis sayuran yang Anda pilih), sayuran organik yang Anda tanam sendiri itu sudah siap dipanen.

Cara panen sayuran organik yg Anda tanam di perkarangan rumah sangat mudah, seperti mencabut atau memetik, tetapi tetap dilakukan menggunakan cara yang baik & sahih.

Apabila Anda memanen menggunakan tangan, pastikan tangan Anda nir tercemar zat-zat kimia. Cuci tangan Anda sebelum memanennya. Apabila menggunakan indera panen lainnya seperti pis4u, sterilkan sebelum digunakan buat memanen sayuran organik.

Demikian pula dengan wadah memberikan/menyimpan sayuran organik misalnya plastik, baskom, karung, atau lainnya, harap dipastikan wadah tadi bersih dan bebas dari bahan-bahan kimia.

Itulah cara menanam sayuran organik. Meskipun Anda tanam di pekarangan rumah, sayur-mayur organik akan tumbuh subur jika dibarengi dengan perawatan yang baik dan benar. Siapapun yang mau menanam sayuran non-pestisida dan non-kimia ini, termasuk ibu-ibu rumah tangga, Insya Allah pasti bisa.

0 Response to "Begini Cara Menanam Sayuran Organik, Tumbuh Subur Meskipun di Pekarangan Rumah | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel