Budidaya Sunkist Dalam Pot? Begini Cara Pemupukannya Yang Efektif Agar Berbuah Banyak dan Besar-Besar | Kebunku

Cara Menanam Jeruk Sunkist dalam Pot --Sunkist atau jeruk sunskist bukan hanya tanaman buah yang dapat ditanam pada lahan luas. Namun, buah yang manis dan banyak mengandung vitamin C ini, ternyata dapat juga ditanam dalam pot. Lahan sempit di perkarangan rumah dapat dimanfaatkan untuk menanam jeruk sunkist dalam pot yang dapat memberikan estetika dan juga buahnya dapat dikonsumsi.

Para hobis tanaman dalam pot (tabulampot), tentu saja mereka sangat menarik untuk menanam tanaman jeruk sunkist. Kenapa? Tanaman yang satu asal dari luar negeri, yaitu California memang sangat  cepat berbuah. Hanya dalam tempo singkat 1-3 bulan setelah tanam, pohon sangkist sudah mengeluarkan kuncup bunga.

Budidaya Sunkist Dalam Pot? Begini Cara Pemupukannya Yang Efektif Agar Berbuah Banyak dan Besar-Besar
Jeruk sunkist. Gambar : Dokpri

Gunakan bibit jeruk sunkist hasil stek atau cangkok supaya cepat berbuah

Cepatnya berbuah pohon sungkist ini bukan tanpa alasan. Pada zaman yang modern dan penuh dengan teknologi terasa semua bisa serba cepat. Demikian juga dengan budidaya jeruk sunkist. Jika menggunakan bibit jeruk sungkist hasil stek atau cangkok, sudah pasti cepat berbuah. Tinggal saja bagaimana kita merawatnya.

Bibit jeruk sunkist sangat mudah diperoleh karena sudah ada yang melakukan perbanyakan vegetatif (bukan dari biji). Karena itu, kita pun dengan mudah mendapatkan bibit pohon jeruk sunkist dari hasil stek, okulasi dan cangkok. Jika tidak mampu memperbanyak bibit sendiri, atau mungkin penuh kesibukan lain, maka kita tinggal membeli dari penyedia bibit baik secaraonline atau punoffline.

Nutrisi harus cukup jika budidaya sunkist pada pot

Tetapi, tunggu dulu! Supaya dalam menanam jeruk sunkist mau berbuah pada saat tangan kita “menyentuhnya”, maka semua “permintaan” kebutuhannya harus terpenuhi. Apanya? Sunkist juga tumbuhan, ia memerlukan tempat hidup atau media tanam yang sesuai,  unsur hara dan air tersedia dan iklim yang mendukung.

Berangkat dari pemahaman seperti itu, maka menanam jeruk sunkist  dalam pot memerlukan persiapan yang matang agar pohon sunkist dapat memberikan daun-daun yang hijau nan subur, berbunga, dan buah yang banyak, besar dan manis kepada “tuannya” yang sudah merawatnya.

Artinya, jika ingin tanaman buah jeruk sunkist dalam pot  produktif dan cepat berbuah, maka kita perlu melakukan serangkaian kegiatan budiadaya tanaman sunkist.

Secara umum, beberapa persiapan budidaya jeruk sunkist yg dimaksud yaitu, mulai perencanaan lokasi tanam apakah dalam tanah eksklusif atau dalam media terbatas/pot, agroklimatnya, seleksi bibit yang sehat, pengolahan tanah/pengisian media tanam pada pot, penanaman, penyiraman, pemupukan, pengendalian hama & penyakit, dan terakhir panen. Semuanya harus direncanakan & dilakukan dengan baik supaya memberikan hasil yang optimal.

Nah, pada postingan cara menanam jeruk sunkist dalam pot, penulis fokuskan pada pemupukan yang efektif supaya menaruh output yang menggembirakan pada yg menanamnya. Kenapa? Hal ini lantaran pemupukan pula galat satu yg sangat berperan dan memberikan imbas pada tumbuh & berkembangnya pohon sunkist.

Pemupukan pohon sunskist dalam pot tidak boleh dibaikan. Ini menyagkut dengan nutrisi buat hidup & tumbuh. Pemupukan jangan dilakukan asal-asalan sesuka hati. Atau jangan jua pemupukan sunkist diserahkan kepada alam seluruhnya bila ingin hasil yg optimal.

Pemupukan tanaman jeruk sunkist dalam pot harus benar-benar dilakukan dengan tepat, yaitu tepat jenis pupuk, dosis dan waktu pemupukan.  Pemupukan  pohon sunkist harus dilakukan secara efektif agar cepat berbunga dan berbuah banyak dan rasa pun lezat dan manis.

Memberikan Pupuk Organik

Salah satu jenis pupuk yang yang perlu diberikan untuk memberikan nutrisi tanaman jeruk sunkist  dalam pot adalah pupuk organik. Yang namanya pupuk organik tidak usah bingung dipikirkan. Pupuk organik sangat banyak tersedia. Yang dapat dipertimbangkan pupuk organik salah satunya adalah pupuk kandang, baik pupuk kandang dari kototoran sapi, domba, dan ternak lainnya. Pupuk kompos boleh juga diberikan.

Mengapa harus pupuk organik? Sangat banyak kelebihan pupuk organik jika diberikan kepada tanaman melalui media tanam.Beberapa kelebihan dan manfaat pupuk organik adalah :

  • Mengandung unsur hara makro dan mikro yang lengkap meskipun kadarnya rendah.
  • Dapat memperbaiki struktur tanah sehingga media tanam menjadi lebih gembur
  • Aerasi dan dreainase tanah menjadi baik
  • Dapat mengikat kation-kation hara atau meningkatnya kapasitas tukar kation sehingga tersedianya unsur hara  untuk tanaman
  • Berlangsungnya aktifitas mikroorganisme dalam tanah yang membuat tanah lebih subur
  • Meningkatnya kemampuan tanah mengikat air atau dengan kata lain, air tidak mudah hilang dan tersedia untuk tanaman

Kalau demikian sebagai penting menaruh pupuk organik. Ya, sahih. Kapan & berapa poly diberikan buat flora sunkist pada pot?

Lantaran yg kita bahas adalah menanam jeruk sunkist pada pot, maka saat dan jumlah pupuk yg diberikan tidak jauh berbeda dengan yang ditanam langsung di tanah. Waktu pemupukan dengan pupuk organik pada wajib sudah dilakukan semenjak menyiapkan media tanam.

Cara menyiapkan pot dan media tanam

Pot untuk menanam jeruk sunkist jangan terlalu kecil. Siapkanlah pot tanam sedikit lebih besar atau sesuaikan dengan lebar sempitnya perkarangan rumah Anda. Minimal ukuran diameter pot 50-60 cm dan tinggi 50 cm.Planter bag juga bisa Anda gunakan sebagai ganti pot plastik atau semen karena lebih ringan dan praktis digunakan.

Masukkan media tanam dengan perbandingan tanah dan kompos 2 : 1. Atau bisa juga tanah + Sekam + pupuk kandang yaitu, 1 : 1 : 1. Masukkan campuran tersebut sebanyak 2/3 pot saja. Catatan,  ; sebaiknya gunakan sekam bakar untuk mencegah timbulnya jamur atau mikroorganisme pengganggu tanaman. Biarkan media tanam sunkist tersebut dalam pot sampai dengan 2 minggu sebelum memasukkan /menanam bibit pohon sunkist.

Pemberian Pupuk Anorganik

Pupuk Anorganik perlu diberikan secara berhati-hati karena merusak tanah, lingkungan hingga pertumbuhan jeruk sunkist menjadi terganggu. Bahkan, kita tau bahwa pupuk kimia yang diberikan over dosis  dapat menjadi residu dalam buah sunkist yang memang tidak baik dari sisi kesehatan. Oleh karena itu, sekali lagi, jika pun harus diberikan harus dalam dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan nutrisi tanaman sunkist dalam pot.

Untuk memenuhi nutrisi misalnya N, P & K tumbuhan sunkist pada pot, sumbernya banyak pilihan. Pupuk itu mampu pupuk tunggal, seperti urea, ZA, TSP, superphosfat (SP-36), kalium khlorida, & lain-lain.

Jika pupuk majemuk NPK mudah diperoleh di pasar, maka pemberian pupuk NPK lebih simpel. Berikan pupuk NPK untuk tanaman sunkist dalam potseminggu sebelum tanam. Caranya dengan mencampurkan pupuk NPK dengan campuran media tanam yang sudah disiapkan dalam pot tadi di atas. Berapa banyak? Berikan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 5 atau 10 gram per pot (tergantung ukuran pot).

Catatan tambahan:

Setelah usia flora sunkist pada pot telah 1 tahun, lakukan pergantian sebagian media tanam dengan media tanam yg baru yang terdiri berdasarkan campuran pupuk organik dan tanah.

Pupuk NPK 16-16-16 di berikan 1 bulan sekali (5 gram) atau 3 bulan sekali (15 gram). Pemberian dapat dilakukan berupa butiran ke dalam media tanam sedalam 10 cm dan tutup kembali. Atau  dengan cara dikocor/dilarutkan dalam air secukupnya terlebih dahulu, lalu siran di sekitar perakaran tanaman sunkist. NPK 16-16-16 ini diberikan sampai usia tanaman sunkist mencapai 1 tahun.

Baca pula ini :

  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya
  • 6 Step Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Air Kelapa dan Cara Aplikasinya yang Benar
  • Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Basah Dengan EM4 dan Air Cucian Beras.
  • Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Pakai dalam 7 Hari

Setelah flora jeruk sunkist dalam pot berusia lebih dari satu tahun, pemupukan dilanjutkan menggunakan pupuk NPK 10-10-20 dengan takaran lima-10 gram per tanaman . Pemberian tetap diberikan sebulan sekali.

Ingat! memberikan pupuk dengan dosis rendah dan sering (seperti sebulan sekali) lebih baik dari pada memberikan dalam jumlah banyak sekaligus (seperti setiap 3 bulan sekali atau lebih). Demikian juga dengan menanam jeruk sunkist, pupuk NPK 16-16-16 ini diberikan sampai usia tanaman sunkist dalam pot mencapai 1 tahun.

Itulah cara menanam jeruk sunkist dalam pot. Dengan pemilihan bibit jeruk sunkist yang berkualitas, media tanam yg subur, dan pemupukan yang sempurna, maka jeruk sunkist tumbuh subur & berbuah poly.

0 Response to "Budidaya Sunkist Dalam Pot? Begini Cara Pemupukannya Yang Efektif Agar Berbuah Banyak dan Besar-Besar | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel