Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam Pot Tanpa Mengenal Musim | Kebunku

Cara Membuahkan Mangga Dalam Pot Sepanjang Musim --Mangga adalah komoditi hortikultura yang banyak disukai masyarakat. Bukan hanya karena cita rasa yang lezat, tetapi juga karena tanaman berbuah ini bisa memberikan keindahan tersendiri ketika tumbuh dan berbuah.

Karena itulah, maka nir mengherankan bila flora mangga dengan mudah dapat dijumpai di perkarangan tempat tinggal . Ada yang ditanam pada tanah dan ada jua yang ditanam dalam pot. Dan, sebagian mangga rajin berbuah dan yang lainnya tidak.

Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam Pot Tanpa Mengenal Musim
Mangga Berbuah. Gambar : Dokpri

Bagi yang kurang pengetahuan dengan budidaya mangga akan selalu ?Panen daun,? Bukan buahnya. Tanaman mangga tumbuh fertile menggunakan dedaunan yang hijau & lebat, namun bunga & buahnya nir timbul-timbul. Keadaan ini berarti ada kebutuhan nutrisi flora mangga yg tidak terpenuhi & tercukupi.

Mangga pada pot semestinya selalu berbuah

Tanaman mangga yg ditanam dalam pot seharusnya selalu berbuah dan tanpa mengenal trend. Sebab, media tanam tersebut akan membatasi gerak akar yang memanjang dan akarnya akan terkonsentrasi pada nutrisi makro dan mikro yang tersedia dalam pot.

Nah, bila pupuk yang kita berikan sinkron menggunakan kebutuhan tanaman mangga pada fase generatif, maka nir terdapat ?Alasan? Flora mangga pada pot tidak berbuah.

Dalam budidaya tanaman mangga poly hal yg harus diperhatikan dan diperlakukan dengan baik. Tidak hanya media tanam & pemupukan, namun tumbuhan mangga berbuah atau nir sangat dipengaruhi bagaimana kita menentukan bibit yg sehat & berkualitas.

Bahkan, pengendalian hama & penyakit sampai menggunakan cara pemanenan adalah bagian budidaya mangga yg tidak kalah pentingnya.

Dalam postingan ini, sinkron menggunakan judul, kita akan belajar bagaimana cara membuahkan mangga yg ditanam pada pot. Bukan hanya berbuah, akan tetapi cepat ada bunga mangga, cepat berbuah, dan akan selalu produktif tanpa mengenal isu terkini.

Di sini akan kita buka rahasia bagaimana membuat tanaman mangga rajin berbuah. Nah, untuk mengetahui caranya, yuk ikuti ulasan berikut ini.

Aplikasi pupuk buat mangga yang relatif supaya mau berbuah

Salah satu cara berakibat mangga merupakan dengan memberikan pupuk dalam jumlah yg relatif. Apalagi tanaman mangga pada pot, memberi pupuk wajib seimbang, lengkap & sinkron menggunakan volume media perakaran yg kita gunakan, yaitu pot.

Tanaman mangga sama dengan flora lainnya yang memerlukan nutrisi baik unsur hara makro misalnya N, P, K, Ca juga mikro seperti besi, seng, & lain-lain.

Apabila flora mangga sudah mulai tumbuh bunga & berbuah, ini ialah flora mangga tersebut cukup pupuk fosfor (P) yang berperan pada pembentukan bunga dan butir. Nah, jika kekurangan unsur P pada masa generatif, maka flora mangga akan malas berbuah.

Oleh karena itu, tumbuhan mangga output stek, cangkok, okulasi, dan lainnya harus diberikan pupuk yg mengandung P lebih tinggi dibandingkan dengan N dan K.

Yang menentukan lagi berbuah tidaknya mangga dalam pot adalah keasaman tanah. Usahakan media tanam dalam pot tidak asam. Tanaman mangga akan sulit menyerap hara atau makanan melalui akarnya jika tanam asam. pH yang baik untuk media tanam tanaman mangga adalah lebih besar dari 5,5 sampai dengan pH 7.

Baca Juga  :

  • Cangkang Telur, Alteratif Dolomit Untuk Tanaman Dalam Pot

apabila media Tabulampot asam, maka berikan pengapuran dengan dolomit supaya pH tanah semakin tinggi mendekati pH netral (pH 7). Berikan dolomit lima gram hingga 10 gr per pot agar pH naik dan toleran buat pertumbuhan & perkembangan flora mangga.

Berikut rahasia  pemupukan mangga dalam pot

A. Satu bulan sesudah tanam

  1. Larutkan pupuk NPK (cari NPK yang kadar Nitrogennya tinggi) sebanyak 10 gram dalam 10 liter air
  2. Siram ke media tanam dalam pot secukupnya. Jangan sampai tergenang

B. Dua bulan sesudah tanam

  1. Larutkan pupuk Za sebanyak 3 gram + TSP 2,5 gram + KCl 2,5 gram ke dalam 10 liter air
  2. Siram ke media tanam dalam pot secukupnya. Jangan sampai tergenang
  3. Ulangi penyiraman dengan pupuk Za+TSP+KCl setiap 1 bulan sekali (30 hari sekali)dengan dosis yang sama seperti pada poin 1 sampai pohon mangga berbunga dan berbuah

Baca jua ini :

  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya
  • 6 Step Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Air Kelapa dan Cara Aplikasinya yang Benar
  • Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Basah Dengan EM4 dan Air Cucian Beras.
  • Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Pakai dalam 7 Hari

C. Berikan perlakuan tambahan agar mangga dalam pot genjah

  1. Kurangi daun dan cabang dengan cara memangkasnya agar terkena sinar matahari ke seluruh bagian tanaman mangga. Jika tertutup sinar, maka proses fotosintesis tidak berlangsung.
  2. Anda dapat memberikan hormon giberelin, yaitu hormon pengatur tumbuh untuk mer_4_ngsang pembungaan dan buah. Salah satu hormon per_4_ngsang bunga yang pernah saya gunakan adalah PATROL (maaf—bukan iklan). Gunakan 5-10 ml per liter air per tanaman mangga dan siramkan ke media tanam sekitar perakaran. (Baca petunjuk penggunaan).

Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam Pot Tanpa Mengenal Musim
Zat Pengatur Tumbuh
Aplikasi Zat Pengatur Tumbuh ini (PATROL) pada tanaman mangga bertujuan untuk menekan pertumbuhan vegetatif seperti daun, ranting, cabang, dan batang. Dengan demikian, tanaman mangga akan siap-siap untuk berbunga dan berbuah. (di bawah ini ada contoh gambar kemasan patrol dan petunjuk penggunaan)

Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam Pot Tanpa Mengenal Musim
Patrol buat Membuahkan Mangga. Gambar : Dokpri

Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam Pot Tanpa Mengenal Musim
Patrol/Hormon Pengatur Tumbuh. Gambar : Dokpri

Itulah rahasia yg dapat pupuklahan.Blogspot.Com share, yaitu mengenai cara membuahkan mangga pada pot. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka mangga dalam pot akan rajin berbuah. Semoga postingan bermanfaat. Oh,,ya,,rajin-rajinlah merawatnya ya. Terima kasih. (Last Updated by pupuklahan.Blogspot.Com, 19/01/2020)

0 Response to "Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam Pot Tanpa Mengenal Musim | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel