Cangkang Telur Alternatif Dolomit Pada Media Tanam Dalam Pot | Kebunku

Alternatif Dolomit untuk Tingkatkan pH Tanah -- Kadang-kadang pertumbuhan tanaman dalam pot tidak subur seperti yang kita harapkan. Tanaman tumbuh, tapi kerdil dan penyakitan. Ada juga tanaman yang sudah masuk fase generatif, tetapi bunga selalu gugur dan bahkan tidak mau berbuah.

Padahal, berbagai jenis pupuk sudah diberikan pada tanaman . Tidak hanya pupuk akar, namun pupuk daun pun sudah dicoba. Bahkan, telah dicoba ganti media tanam dengan adonan tanah dan pupuk kandang yg baru. Akan tetapi, hasilnya permanen tidak ada perkembangan. Ada apa sebenarnya dengan tumbuhan ini?

Semua pupuk dan berbagai perlakuan sudah dicoba, tapi hasilnya sangat kecewa.  Hasil jauh berbeda dengan tanaman dalam pot milik tetangga yang tampak hijau, subur dan selalu berbuah. Jika demikian halnya, maka dapat diduga bahwa tanah campuran yang dijadikan sebagai media tanam mungkin bersifat asam atau pH media tanam rendah.

Efek tanah asam terhadap tumbuhan

Cangkang Telur Alternatif Dolomit Pada Media Tanam Dalam Pot

Perlu diketahui bahwa tanah asam atau pH (derajat keasaman) < 7 (kurang dari 7) sangat tidak menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman. Dan memang secara umum tanaman tidak menyukai atau tidak toleran dengan kondisi tanah yang asam.

Tanah yang bersifat asam menciptakan unsur hara makro tidak tersedia yg relatif untuk flora. Bahkan, dalam tanah asam akan mempertinggi hara mikro yang dapat meracuni tanaman . Apalagi mikroorganisme tanah, perkembangan jua ikut terganggu & akhirnya berdampak pula dalam terganggunya perkembangan tanaman .

Unsur P tidak tersedia dalam tanah masam

Salah satu unsur hara makro yg paling berpengaruh dalam tanah asam merupakan fosfor (P). Nutrisi penting ini yg berperan dalam pembelahan sel & perkembangan jaringan tanaman , ia (P) akan sebagai nir tersedia buat tumbuhan pada syarat asam. Kenapa? Ini dikarenakan unsur hara P diikat bertenaga oleh alumunium (Al) & besi (fe) sebagai akibatnya sukar diserap oleh akar flora.

Oleh karena itu, supaya pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan tidak terganggu, maka tanah yang demikian (tanah asam) perlu dinaikkan pH buat mengurangi keasaman tanah. Dengan istilah lain, perlu diusahakan agar pH tanah semakin tinggi mendekati syarat netral (pH = 7).

Dolomit tingkatkan pH tanah

Cangkang Telur Alternatif Dolomit Pada Media Tanam Dalam Pot
Ilustrasi Nilai pH. Semakin ke Kiri Semakin Asam

Bagaimana cara meningkatkan pH tanah? Caranya dengan pengapuran atau pemberian kapur. Untuk ini, Umumnya petani menaburkan dolomit [CaMg(CO3)2] pada lahan yang sudah disiapkan untuk menanam komoditas tertentu seperti cabai, tomat, dan lain-lain. Dolomit mengandung unsur kalsium (Ca) yang juga unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Dengan pengapuran, maka akan terjadi peningkatan pH. Hal ini disebabkan adanya reaksi kimia yang terjadi di dalam tanah. Ion Ca2+ yang ada dalam kapur akan menggantikan posisi ion H+ dan Al3+. Dengan pergantian oleh ion Ca2+ maka koloid tanah menjadi netral (pH meningkat) karena banyaknya ion-ion basa (alkali).

Jumlah yang dibutuhkan buat penanaman seluas 1 hektar lumayan poly. Kebutuhan kapur berkisar 2-4 ton per hektar (tergantung pH yg sudah dites dengan pH meter). Misalnya saja, buat menaikkan pH lima sebagai pH 6 diharapkan sebanyak 2 ton dolomit/hektar. Demikian poly kapur dolomit yang diperlukan supaya flora tumbuh fertile dan produktif.

Cangkang telur alternatif Dolomit

Namun, yg sebagai pertanyaan merupakan adakah alternatif kapur selain dolomit buat menaikkan pH tanah?. Jawabannya ada. Sumber kalsium nir hanya dolomit, akan tetapi cangkang telur pun keliru satu asal kalsium yang ada di lebih kurang kita.

Tetapi, buat mengumpulkan dua ton cangkang telur sangatlah sulit. Makanya, bagi petani yang menanam pada huma yg luas, lebih praktis membeli dolomit saja.

Cangkang Telur Alternatif Dolomit Pada Media Tanam Dalam Pot
Cangkang Telur Ayam

Cangkang Telur Untuk Pertumbuhan Tanaman Dalam Pot

Nah, bagi Anda yang hobi menanam tumbuhan pada pot di rumah atau huma sempit, cangkang telur ini sebagai galat satu cara lain dolomit. Cangkang telur mampu dijadikan untuk pengapuran atau menaikkan pH media tanam dalam pot.

Dengan pH yang tepat, unsur hara makro dan mikro tersedia untuk tanaman dan akarnya . Artinya, pH tanah yg nir terlalu masam memudahkan tumbuhan pada pot menyerap nutrisi menggunakan lebih baik.

Di samping semakin tinggi atau menetralkan tanah, cangkang telur jua menyediakan keliru satu sumber unsur hara makro bagi tanaman , yaitu kalsium (Ca).

Baca jua ini :

  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa
  • Pupuk NPK Phonska Plus Memembuat Panen Meningkat Karena Ini
  • Awas!! Jangan Salah Memupuk Tanaman dengan Ampas Kopi, Ini Cara yang Benar
  • Cara Cangkok Mangga Agar Cepat Tumbuh, Pakai ZPT ini

Mengapa harus cangkang telur cara lain dolomit?

Sobat sudah kenal betul dengan cangkang telur, 'kan? Cangkang telur adalah bagian luar dari telur yang merupakan lapisan keras sebagai kulit pelindung cairan telur. Lapisan keras inilah yang dinamakan cangkang telur.

Oh ya..Mengapa harus cangkang telur alternatif dolomit untuk media tanam dalam pot? Ini karena cangkang telur mengandung lebih dari 90% kalsium dalam bentuk kalsium karbonat (CaCO3). Karena kandungan kapurnya tinggi (Ca), maka cangkang telur sangat tepat dan ekonomis untuk parahobbies tanaman di perkarangan rumah.

Cara Membuat Tepung Cangkang Telur

Cangkang telur sebelum dipakai untuk pengapuran media tanam dalam pot wajib dikeringkan dulu pada bawah sinar matahari. Setelah itu, cangkang telur ditumbuk sampai halus & diayak agar didapatkan ukuran tepung yang halus dan sama. Untuk satu cangkang telur akan diperoleh tepung sekitar 10 gr.

Cangkang Telur Alternatif Dolomit Pada Media Tanam Dalam Pot

Dosis Per Media Tanam Dalam Pot

Anda bisa menciptakan media tanam dalam pot dengan dua bagian tanah 1 bagian pupuk kandang 1 sdm ( /- 5 gram tepung cangkang telur). Aduk sampai merata & masukkan campuran itu ke pada pot. Lalu biarkan 1 minggu sebelum bibit dipindahkan ke pada pot.

Demikian penggunaan cangkang telur sebagai alternatif dolomit buat menaikkan pH media tanam dalam pot. Dengan penambahan kapur dari cangkang telur ini, maka pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan kesayangan Anda semakin fertile dan produktif. Mengapa? Tentu saja hara yg Anda berikan melalui pupuk akan tersedia dan dapat diserap sang akar tumbuhan. [Updated by pupuklahan.Blogspot.Com, 25/01/2020]

0 Response to "Cangkang Telur Alternatif Dolomit Pada Media Tanam Dalam Pot | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel