Cara Cepat Menghitung Kebutuhan Pupuk dan Bibit Tanaman Per Hektar Hanya Dalam 1 Menit | Kebunku

Menghitung Kebutuhan Pupuk Dasar dan Bibit Per Hektar – Untuk menanam, menghitung kebutuhan pupuk dan bibit sangatlah perlu. Jangankan menanam dalam skala luas (hektar), menanam dalam pot pun, kebutuhan pupuk dan bibit seyogianya dihitung.

Sekilas cerita orang-orang sukses, umumnya, memulai sesuatu denganplanning. Jadi, jika ingin menjadi petani maju, sukses dan kaya,  tentu petani harus juga memulai langkahnya dengan sebuah perencanaan yang matang, bukan asal-asalanbin ikut-ikutan.

Usaha tani pakai kalkulator juga,dunk. Seriusbener, nih! Kalkulasi-kalkulasi yang tepat pun harus dilakukan agar jangan sampai usaha berhenti di tengah jalan. Misalnya, berapa kebutuhan pupuk per hektar untuk menanam tanaman pertanian atau mungkin perkebunan? Berapa pula bibit yang diperlukan untuk lahan satu hektar? Dan kebutuhan lainnya yang semestinya masuk dalam hitungan sebagai bagian dari perencanaan yang baik.

Cara menghitung kebutuhan pupuk dan bibit

Baik, mari kita asumsikan bahwa kita akan menanam belimbing anggun varietas unggul (model saja, ya). Kita hendak menanam belimbing anggun tersebut di kebun yang baru saja dibeli seluas satu hektar. Berapa kebutuhan pupuk dasar dan jumlah bibit yg harus disediakan?

Apabila hendak menanam jenis tanaman pada luasan eksklusif, maka warta yg perlu kita dapatkan adalah jarak tanamnya berapa dan luas huma 1 hektar berapa meter persegi. Ini tujuannya agar gampang buat menghitung berapa poly kebutuhan bibit, lubang tanam, & pupuk yg harus disiapkan.

Kebutuhan bibit per hektar

Secara generik formula menghitung jumlah bibit misalnya ini :

Cara Cepat Menghitung Kebutuhan Pupuk dan Bibit Tanaman Per Hektar Hanya Dalam 1 Menit

Ok, untuk belimbing manis idealnya jarak tanam adalah adalah 5 m x 5 m atau dengan kata lain, setiap bibit butuh luas lahan 25 m2

Luas lahan 1 hektar kita konversikan dulu ke satuan m2. Jadi untuk 1 hektar luas lahan = 10.000 m2

Maka, pada 1 hektar butuh bibit belimbing manis, yaitu :

Jumlah bibit = Luas huma/Jarak tanam

  • = 10.000 m2 /(5 m x 5 m)
  • = 400 bibit belimbing manis

Note  : Satuan luas lahan dan jarak tanam harus sama. Misalkan luas lahan dalam satuan meter (m), maka jarak tanam harus juga dalam satuan meter (m). Kalau satuan belum sama, maka tugas kita untuk merubah dulu (konversi) ke dalam satuan yang diinginkan.

Menghitung kebutuhan pupuk dasar per hektar

Jumlah bibit sudah jelas sebanyak 400 bibit belimbing manis per hektar.  Berapa lubang tanamnya? Ya, tentu 400 lubang tanam yang harus digali. Karena itu, menghitung pupuk berdasarkan lubang tanam saja. Sekarang mari menghitung jumlah kebutuhan pupuk dasar untuk memupuk bibit belimbing manis dalam 400 lubang tanam.

Jika direkomendasi dosis pupuk dasar setiap satu lubang tanam belimbing manis denganpupuk kandang sebanyak 10 kg/Lt danNPK 16:16:16 sebanyak 25 gram/Lt (lubang tanam disingkat saja denganLt), maka :

Total kebutuhan pupuk sangkar = 400 Lt x 10 Kg/Lt = 4.000 Kg pupuk kandang (atau 4 ton pupuk kandang )

Total kebutuhan pupuk NPK 16:16:16 = 400 Lt x 25 gr/Lt = 10.000 gr pupuk NPK (10 Kg Pupuk NPK). Catatan : buat konversi, 1000 gr = 1 Kg

Rumus umum Kebutuhan pupuk  adalah :

Total kebutuhan pupuk = Jumlah lubang tanam x berat pupuk per lubang tanam

Kesimpulannya, buat luas huma 1 hektar bisa ditanam bibit belimbing manis sebesar 400 bibit. Sedangkan kebutuhan pupuk dasar, yaitu pupuk kandang 4 ton & NPK sebanyak 10 Kg.

Baca jua ini :

  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya
  • 6 Step Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Air Kelapa dan Cara Aplikasinya yang Benar
  • Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Basah Dengan EM4 dan Air Cucian Beras.
  • Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Pakai dalam 7 Hari

Demikianlah cara cepat menghitung kebutuhan pupuk dan bibit. Berapapun luas huma yang akan ditanam, rumus menghitung pupuk & bibit misalnya yg telah dijelaskan pada atas, mampu kita gunakan. Seandainya sudah terbiasa menghitungnya, hanya pada 1 mnt tuntas. Semoga bermanfaat & sukses selalu.

0 Response to "Cara Cepat Menghitung Kebutuhan Pupuk dan Bibit Tanaman Per Hektar Hanya Dalam 1 Menit | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel