Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras Untuk Nutrisi Tanaman | Kebunku

Membuat Pupuk Air Cucian Beras -- Pernahkah Sobat melihat ibu-ibu rumah tangga menyiram tanaman, baik tanaman hias maupun sayuran, dengan air cucian beras (air leri)? Ternyata tanaman yang disiram air cucian beras itu tumbuh subur, daun hijau, bunga dan buahnya banyak. Ini artinyaair cucian beras mengandung sejumlah nutrisi dan dapat dimanfaatkan untukpupuk tanaman.

Memang, air basuhan beras cantik untuk nutrisi tanaman . Tetapi, akan menjadi lebih indah lagi bila air basuhan beras itu diolah dulu sebagai pupuk organik cair (POC) sebelum diberikan buat tanaman .

Mengapa demikian? Karena setelah diolah, nutrisi dari air cucian beras dapat langsung dimanfaatkan oleh tanaman dan lebih optimal. Nah, bagaimanacara membuat pupuk air cucian beras?

Sumber air cucian beras

Sebelum berkiprah menciptakan pupuk air cucian beras, kita coba lihat sekilas asal-muasal atau sumber air cucian beras. Rupanya, air bilasan beras nir mesti berasal menurut rumah tangga yang setiap saat memasak nasi. Tetapi, masih banyak sumber-sumber lain yang setiap hari menghasilkan air cucian beras.

Sumber lain air cucian beras mampu asal dari industri seperti pabrik pengolahan tepung beras. Bahkan, tempat tinggal makan atau restoran pula setiap hari mencuci atau membasuh beras buat keperluan mengolah nasi. Oleh karena itu, sumber-sumber tadi membentuk air cucian beras setiap hari yg terbilang sangat banyak.

Sayangnya, menurut sekian poly volume ?Produksi? Air cucian beras berdasarkan berbagai asal, umumnya terbuang sebagai limbah begitu saja. Air cucian beras dari rumah tangga, industri tepung atau restoran masih belum dimanfaatkan secara aporisma.

Padahal, air bekas cucian beras tersebut sangat berpotensi untuk dimanfaatkan menjadi pupuk cair tumbuhan yang murah, tapi relatif berkualitas.

Apakah air cucian beras merah mampu buat pupuk?

Umumnya memang air cucian beras yg paling banyak diperoleh dari beras putih. Sebab, konsumsi beras putih lebih tinggi menurut beras lainnya. Padahal, yang namanya air cucian beras nir hanya menurut beras putih, tetapi terdapat beras merah, beras hitam, beras ketan. Dan jenis beras lainnya.

Air bekas cucian beras merah, beras putih, beras hitam, beras ketan dan sejenisnya berkhasiat buat tumbuhan. Intinya, semua air cucian aneka macam jenis beras tersebut dapat dimanfaatkan buat pupuk tumbuhan karena sama-sama mengadung sejumlah nutrisi krusial di dalamnya.

Secara umum kandungan nutrisi air cucian beras putih memang tinggi. Tapi, jangan salah , kalau dilihat menurut vitamin B1 dan zat besi, kandungannya dalam air cucian beras merah lebih tinggi berdasarkan beras putih.

Air cucian beras diklaim pula MOL

Air cucian beras mengandung MOL (mikroorganisme lokal), yaitu jenis bakteri yg menguntungkan, bukan mikroba patogen atau parasit. Bahkan, eksistensi MOL air cucian beras pada media tumbuh flora dapat melindungi flora menurut agresi penyakit.

Oh, ya..Acapkali kita mendengar dengan istilah MOL (mikroorganisme lokal), yaitu mikroorganisme yg terdapat pada bahan organik tertentu sepertibonggol pisang, rebung, buah maja, air nira,air kelapa, air cucian beras, nasi, & lain sebagainya. Lantaran adanya kegiatan mikroorganisme lokal sebagai dekomposer, maka bahan-bahan organik tadi terurai dan mengandung sejumlah nutrisi.

Demikian menggunakan air cucian beras, air ini mengandung mikroorganisme yang bekerja mengurai bahan-bahan organik misalnya karbohidrat, selulosa, dan lainnya. Hasil dekomposisinya melepaskan sejumlah hara yg bermanfaat buat tumbuhan. Makanya, air cucian beras ini biasanya disebut jua menggunakan POC atau MOL air cucian beras lantaran mengandung mikroorganisme & juga terdapat unsur hara pada dalamnya.

Kandungan nutrisi air cucian beras

Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras Untuk Nutrisi Tanaman
Gambar : Pixabay/JIb_Enjoy

Apa saja kandungan nutrisi air cucian beras sebagai akibatnya poly orang tertarik buat menggunakannya sebagai pupuk tanaman ? Banyak sekali zat-zat yg berguna buat tanaman . Tidak hanya unsur hara makro dan mikro, tetapi mengadung sejumlah zat lain yang bisa merangsang pertumbuhan tanaman .

Kita paham bahwa ketika beras dicuci, maka air yg bewarna putih seperti susu tadi telah mengikis sejumlah kotoran yg inheren pada butiran beras & larut pada air.

Zat-zat krusial yang terlarut dalam air cucian beras, yaitu protein, lemak, karbohidrat, selulosa, vitamin B1, & sejumlah mineral yang terikat bersama menggunakan rantai karbon atau senyawa organik.

Adapun mineral atau diklaim jua menggunakan unsur hara yg dapat dimanfaatkan dari air cucian beras merupakan nitrogen (N), phosfor (P), kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (Mg), sulfur (S), dan jua besi (Fe). Unsur-unsur tersebut kentara sekali kuliner ?Khas? Flora.

Manfaat air cucian beras buat tumbuhan

Air cucian beras merupakan pupuk organik yg bermanfaat buat tumbuhan baik tumbuhan hias, sayuran, juga tumbuhan butir. Di bawah ini, Anda bisa melihat manfaat air cucian beras buat tanaman , yaitu :

  • Dapat merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman seperti daun, tunas dan cabang
  • Dapat membantu pembentukan khlorofil dan membuat daun-daun tanaman tampak lebih hijau
  • Dapat merangsang pertumbuhan akar tanaman karena adanya vitamin B1
  • Dapat mempercepat adaptasi pada saat tanaman baru dipindahkan atau tanaman tidak mudah stres
  • Dapat meningkatkan daya tahan terhadap serangan penyakit
  • Penyerapan unsur hara menjadi lebih optimal
  • Dapat meningkatkan metabolisme tanaman
  • Dapat merangsang pembungaan, pembentukan biji dan buah
  • Meningkatkan kualitas hasil panen baik jumlah, ukuran maupun rasanya

Manfaat air cucian beras buat media tumbuh

Selain manfaat untuk flora pribadi, air cucian beras jua berguna buat media tumbuh atau tanah. Apa saja manfaatnya?

  • Secara umum dapat memperbaiki sifat fisika, kimia dan biologis media tumbuh
  • Membuat struktur tanah lebih gembur karena adannya bahan-bahan organik dalam media tumbuh
  • Membuat media tumbuh semakin baik dalam hal kapasitas tukar kation
  • Bahan organik dalam media tumbuh akan selalu terurai dan tersedianya hara tanaman karena adanya mikroorganisme dekomposer

Cara Pemanfaatan Air cucian beras yg efektif

Bagaimana cara pemanfaatan air cucian beras agar dapat berguna buat tumbuhan secara cepat dan efektif? Agar bisa berdaya guna lebih tinggi, maka sebelum digunakan buat menyiram tanaman , air cucian beras perlu difermentasi sehingga sebagai pupuk organik cair (POC) atau MOL

Nah, untuk fermentasi atau merombak bahan-bahan organik air cucian beras, sebenarnya dapat berlangsung secara natural. Sebab, air cucian beras ada bakteri dekomposer tersendiri atau MOL.

Ketika diaplikasi buat flora, bahan organik dari air cucian beras akan terdekomposisi secara pelan-pelan pada media tumbuh dan melepaskan zat-zat anorganik seperti N, P, K & lainnya buat pertumbuhan tanaman .

Sayangnya, karena tidak cepat tersedia, kemungkinan nir dimanfaatkan secara optimal oleh tumbuhan setelah disiram pada media tanam akbar sekali. Sebab, jika terjadi hujan sebagai akibatnya tercuci atau kelebihan air & keluar berdasarkan dasar pot, maka air cucian beras nir sempat terdekomposisi dengan paripurna. Dengan demikian, berarti sedikit sekali zat hara yg bisa dimanfaatkan oleh flora.

Lantaran itu, buat cepat tersedia hara dan cepat diserap akar flora, maka air cucian beras yg masih segar butuh pengolahan lagi. Caranya menggunakan proses dekomposisi atau proses fermentasi agar berlangsung lebih cepat dan lebih mantap. Dalam proses ini perlu dilibatkan pula bioaktivator atau dekomposer aktif yang dikenal dengan EM4.

Apa untungnya gunakan pupuk air cucian beras?

Sebelum melihat proses menciptakan pupuk air cucian beras dengan fermentasi donasi EM4, kita lihat dulu apa laba memakai air cucian beras?

  • Dari sisi finansial, jelas pupuk air cucian beras tidak perlu beli dan bisa hemat uang
  • Bahan bakunya mudah dan cepat tersedia karena setiap hari ada masak nasi dan pasti ada cuci beras. Minimal sumbernya dari rumah sendiri
  • Tidak mengandung kimia sintesis sehingga tidak beresiko untuk pengguna
  • Tidak memberikan dampak negatif pada tanah, tanaman dan lingkungan
  • Sangat mudah digunakan di lapangan
  • Tanaman tumbuh subur dan memberikan citrarasa hasil panen yang lezat dan sehat untuk dikonsumsi serta daya simpan hasil panen bisa lebih lama

Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras sebagai pupuk organik cair (POC)

Gimana Sob..sudah yakin mau membuat pupuk air cucian beras? Kalau sudah, maka cara membuat pupuk organik cair itu tidak sulit. Simak dan ikuti saja langkah-langkah membuatnya berikut ini :

Alat-indera yang dibutuhkan buat menciptakan pupuk air cucian beras :

  • Toples atau Ember atau Jirigen serta penutupnya
  • Corong
  • Pengaduk

Bahan-bahan :

  • Air cucian beras (cucian pertama)..sebanyak 1 liter
  • EM4(effective Microorganism)...1 sendok makan
  • Molase atau tetes tebu...1 sendok makan (alternatif molase bisa pakai gula putih atau gula jawa)

Langkah-langkah membuat POC air cucian beras :

  • Isi jirigen (saya biasanya menggunakan jirigen) dengan air cucian beras
  • Masukkan gula dan aduk hingga semuanya terlarut
  • Masukkan EM4 ke dalam jirigen dan aduk-aduk hingga tercampur secara merata.
  • Tutup jirigen dengan rapat dan simpan di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung.
  • Pada hari ke-2, buka penutup sebentar dan aduk-aduk agar gas-gas yang terbentuk dapat keluar, lalu tutup kembali. Lakukan seperti itu hingga hari ke-6
  • Pupuk organik cair (POC) air cucian beras yang sudah selesai difermentasi, sudah bisa digunakan untuk memupuk tanaman. Proses fermentasi berjalan sukses ditandai dengan bau khas seperti bau tape

Baca ini :

  • 4 Cara Menyemai Bibit Jahe Merah Agar Cepat Tumbuh
  • Cara Membuat Mol Rebung Bambu
  • Membuat Pupuk Kompos Padatan dan Cair dari Daun Lamtoro
  • Cara Membuat Tepung Darah untuk Meningkatkan Kualitas Kompos
  • Cara Menanam Ubi Jalar Supaya Produksi Tinggi

Cara Aplikasi pupuk air cucian beras untuk tumbuhan

Untuk pupuk daun : Ambil 10 ml pupuk air cucian beras dan larutkan dalam 1 liter air sumur. Semprot ke seluruh bagian tanaman terutama bagian bawah daun dan cukup sekedar basah saja. Lakukan penyemprotan pupuk daun setiap seminggu dua kali

Untuk pupuk akar : Ambil 10-20 ml POC air cucian beras, larutkan dalam 5 liter air. Siram ke media tumbuh tanaman sekitar perakaran sebanyak 250 ml (secukupnya) per tanaman. Aplikasi POC air cucian beras seminggu sekali.

Tip

Agar dalam menciptakan pupuk air bekas cucian beras tidak ribet, maka nir perlu gunakan banyak jirigen buat mengisi air air cucian beras. Cukup pakai satu jirigen dulu sampai penuh.

Misalnya, hari ini ada 1 liter air cucian beras, fermentasikan. Isi dalam jirigenA. Besok ada 1 liter, fermentasikan lagi dan isikan dalam jirigenA sampai penuh. Namun, tetap baru bisa digunakan setelah 7 hari proses fermentasinya.

Sebaiknya dalam membuat pupuk air cucian beras, hubungkan selang udara dari jirigen ke dalam botol air mineral yang berisi air. Gas-gas akan keluar sendirinya melalui selang. Ini memudahkan karena tidak perlu membuka setiap hari selama proses fermentasi.Rangkaian proses membuat Mol seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras Untuk Nutrisi Tanaman
Rangkaian Proses POC Air Cucian Beras. Gambar : Dokpri

Tip+ ; Persiapan merakit jirigen untuk membuat pupuk cair organik air cucian beras

Berikut ini pupuklahan.Blogspot.Com memberikan pedoman atau langkah-langkah merakit reaktor/jirigen fermentasi bahan organik cair buat menciptakan POC. Model ini sanggup buat pupuk air cucian beras, pupuk cair darah ikan, pupuk cair kulit nenas, dan sebagainya.

Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras Untuk Nutrisi Tanaman
Langkah Merakit Jirigen Untuk Membuat Pupuk AIr Cucian Beras

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Perhatikan gambar di atas sembari membaca langkah-langkah berikut ini (gambar dimulai menurut kiri bagian atas searah jarum jam)

Langkah ke-1

Siapkan selang udara. Lubangi bagian tengah tutup jirigen menggunakan soldier atau logam lain yg dipanaskan seukuran dengan selang udara.

Kemudian hubungkan menggunakan tutup jirigen/tabung fermentasi lainnya. Gunakan lem misalnya lem btg supaya inheren bertenaga dalam tutup botol sebagai akibatnya tidak ada rongga udara dalam sekeliling selang yg terhubung.

Langkah ke-2

Pasang tutup tadi kembali ke jirigen. Lalu, periksa apakah terdapat longgar atau bocor menggunakan cara meniup melalui selang udara. Atau mampu pula dengan cara mengisi air biasa terlebih dulu.

Langkah ke-3

Siapkan botol air mineral bekas. Isi air sumur atau pam kira-kira dua/tiga saja. Letakkan berdekatan dengan jirigen/tabung fermentasi lainnya.

Langkah ke-4

Jika ke dalam jirigen telah dimasukkan air cucian beras dan bahan-bahan fermentasi lainnya, maka tutup jirigen dan hubungkan selang udara ke dalam air yang ada di botol air mineral bekas. Ingat, botol air mineral yg berisi air jangan ditutup. Tapi, selang udara permanen tercelup ke pada air.

Demikian tip atau cara merakit jirigen buat mengolah pupuk cair air cucian beras. Semoga apa yang admin pupuklahan.Blogspot.Bagikan bisa bermanfaat terutama buat admin sendiri & bila bisa jua berguna buat semua teman-sahabat yg telah berkenan hadir di pupuklahan.Blogspot.Com

Video Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras

Dan Cara Merangkai Wadah Fermentasinya

apabila ingin tau cara aplikasi pupuk daun Gandasil D,

silakan tonton video ini

0 Response to "Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras Untuk Nutrisi Tanaman | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel