Jenis Sayuran Hidroponik yang Prospektif dan Praktis Budidayanya | Kebunku

Jenis Sayuran Hidroponik – Ada bermacam jenis tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik, dari tanaman buah sampai dengan sayuran. Tapi, yang paling banyak tanaman hidroponik dibudidaya adalah sayuran karena perawatannya mudah alias praktis dan panen pun lebih cepat.

Jenis Sayuran Hidroponik yang Prospektif dan Praktis Budidayanya

Menanam sayuran hidroponik memang sangat menyenangkan. Selain tidak perlu menggunakan tanah sebagai media tumbuhnya, sayuran hidroponik bisa ditanam di lahan terbatas atau perkarangan sempit.  Bahkan, dengan instalasi dan penataaan yang rapi baik horizontal atau vertikultur, menjadikan kebun sayuran hidroponik Sobat sangat indah.

Apalagi, jika sudah mengerti budidaya hidroponik, menanam jenis sayuran apapun sebagai gampang. Cukup dengan menambah air bernutrisi menggunakan konsentrasi sinkron menggunakan ppm (part per million) yang diperlukan tumbuhan, sayuran hidroponik akan tumbuh subur.

Jenis sayuran hidroponik

Tak usah takut buat menanam sayuran dalam wadah yg berisi air pupuk hidroponik. Tanam sayuran apa saja yg Sobat suka , dia akan tumbuh fertile asalkan tercukupinya unsur-unsur hara yang dibutuhkannya.

Mungkin Sobat ragu menanam selada hidroponik, mau tumbuh‘gak ya. Atau mungkin bertanya-tanya jenis sayuran apa yang cocok, prospektif dan praktis ditanam secara hidroponik. Nah, di bawah ini,pupuk lahan menampilkan jenis sayuran hidroponik yang mudah tumbuh, dilirik pasar, dan menguntungkan kalau mau dikomersialkan/dijual.

1. Tomat

Siapa bilang tumbuhan sayuran yg satu ini tidak tumbuh secara hidroponik? Dengan memakai benih tomat unggul dan aplikasi pupuk hidroponik sayuran butir yg cocok, tomat tumbuh fertile dan berbuah optimal.

Untuk menanam tomat hidroponik, penyemaian benih tetap diperlukan. Benih mampu disemai pribadi pada media roockwool atau cocopeat. Setelah tumbuh 4-5 helai daun, bibit tomat siap dipindahkan ke dalam wadah tanam hidroponik.

Tapi, sayuran tomat hidroponik perlu sedikit perhatian, yaitu penyangga/penopang supaya nir roboh waktu mulai berbuah.

Dua. Selada

Selada yang ditanam di tanah saja bisaludes alias laku di pasar, apalagi yang yang ditanam secara hidroponik tentu sangat menarik minat para pembeli.

Tanaman selada hidroponik sangat cepat tumbuh & sanggup dipanen pada waktu yg nir terlalu lama . Hanya pada saat tiga bulan telah mampu panen. Tapi, ingat, panennya ketika pagi atau sore hari agar sayuran hidroponik tetap segar.

Selain bisa dikonsumsi sendiri, tumbuhan sayuran hidroponik ini mampu juga dijadikan buat usaha. Tapi, jika tujuan komersial, menanamnya harus banyak & wajib kontinyu agar pelanggan sayuran hidroponik Sobat tidak kecewa.

3. Kangkung

Suka kangkung dan tidak punya lahan luas di rumah? Kangkung bisa ditanam pakai air,lho. Maksudnya, Kangkung bisa ditanam ala hidroponik.

Untuk menanamnya, tidak perlu biaya mahal untuk membeli pipa PVC untuk wadah hidroponik kalau hanya untuk konsumsi sendiri. Cukup gunakan wadah bekas seperti styrofoam atau botol air mineralsecond hand untuk menanam kangkung hidroponik di rumah Sobat.

Dengan hadiah nutrisi hidroponik yang tepat & sinkron dosisnya, sayuran kangkung hidroponik cepat sekali tumbuh. Dalam waktu nir sampai 30 hari, kangkung hidroponik sudah sanggup dipetik.

4. Daun bawang

Kalau hanya buat sayuran, bawang merah cocok sekali ditanam secara hidroponik. Dengan menggunakan media tanam arang sekam atau roockwool dan wadah hidroponik sederhana, daun bawang hidroponik tumbuh subur & siap dikonsumsi dalam saat 1 bulan lebih kurang.

Sayuran daun bawang sangat lezat untuk dikonsumsi. Apalagi dimasak dengan campuran udang atau tiram, bikin mengundang dannambah selera makan.

Tapi, awas kalau ada ulat atau belalang yang mengganggu daun bawang hidroponik Sobat, jangan dibasmi pakai pestisida. Cukup gunakan tangan untuk mengambil dan membuangnya jauh-jauh. Tapi, kalau instalasi hidroponik Sobat adagreenhouse atau menggunakaninsectnet, tentu serangga tidak bisa “menjenguk” dan mengganggu sayuran hidroponik Sobat.

Lima. Bayam

Bayam, baik bayam merah juga bayam hijau, homogen-homogen disukai poly orang. Di samping harga yang terjangkau, bayam menyehatkan famili lantaran kandungan gizinya yg tinggi.

Nah, kalau dulu masih beli bayam atau mungkin masih tanam bayam di pot/tanah langsung, tinggalkan semua itu. Sekarang,yuk menanam sayuran bayam hidroponik.

Baca pula ini :

  • Menanam Hidroponik Bayam Merah? 4 Hal Ini Menentukan

Sebab, bayam bisa juga tumbuh kalau ditanam dalam pipa atau wadah lain yang berisi air, akan tetapi airnya yg bernutrisi. Monitor konsentrasi larutan pupuk secara terpola atau seminggu sekali supaya bayam hidroponik mampu tumbuh fertile & tentunya sanggup cepat dipanen.

6. Seledri

Seledri pun bisa sebagai pilihan buat sayuran hidroponik. Pertumbuhannya begitu cepat dan anakannya terus tumbuh. Tapi, terdapat syaratnya, cukupi nutrisinya menggunakan menggunakan pupuk hidroponik misalnya AB Mix sayuran daun.

Untuk menanamnya bisa melalui penyemaian benih dan sanggup jua memindahkan anakan menurut indukan seledri yg telah ada di rumah. Yang penting selalu cek larutan pupuk yg ada dalam wadah hidroponik supaya pertumbuhannya tidak terganggu.

Itulah beberapa jenis sayuran hidroponik yg prospektif & mudah pada budidayanya. Karenanya, patut Sobat coba buat menanamnya.

Selain jenis sayuran yang tersebut di atas, Sobat sanggup jua menanam jenis sayuran hidroponik lain misalnya brokoli, mentimun, sawi, cabe, kacang panjang, & lainnya.

Baca pula ini :

  • 5 Langkah Membuat Pupuk Hidroponik Sendiri Alternatif AB Mix
  • 3 Jenis Pupuk Terbaik Untuk Tanaman Hidroponik Anda
  • Cara Membuat Larutan Pupuk Hidroponik AB Mix Siap Pakai

Intinya, selesainya menanam, ingat merawatnya menggunakan bahagia hati supaya sayuran hidroponik menaruh hasil terbaik buat Sobat. Rawatlah menggunakan baik dan rutin, tak peduli apakah buat konsumsi sendiri ataupun sebagai sebuah usaha sayuran hidroponik. Demikian dan salam.

Video Menanam Sayuran Bawang Merah Hidroponik

di Rumah Tanpa AB Mix

0 Response to "Jenis Sayuran Hidroponik yang Prospektif dan Praktis Budidayanya | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel