Kebutuhan Benih Terong Per Hektar Luas Lahan dan Jarak Tanamnya yang Ideal | Kebunku

Kebutuhan Benih Terong Per Hektar Luas Lahan dan Jarak Tanamnya yang Ideal --Membuat kalkulasi benih terong dianggap perlu oleh sebagian petani. Namun, sebagian lainnya merasa tak penting karena percuma saja buang-buang waktu. Padahal, jika usaha tani dilakukan dalam hitungan yang tepat, bukan tidak mungkin kesuksesan sudah menantinya.

Kebutuhan Benih Terong Per Hektar Luas Lahan dan Jarak Tanamnya yang Ideal

Menanam terong jangan dianggap remeh, apalagi memandangnya sebelah mata. Terung (Solanum melongena) atau biasa disebut dengan terong, ia sudah menjadi sayuran populer yang diincar dan disukai banyak orang. Bukan hanya di Indonesia, orang-orang luar negeri pun sangat berminat dengan terong yang dalam bahasa Inggris disebuteggplant. Karena itu,  Jika diusahakan dengan serius, usaha tani ini bisa mendatangkan omset ratusan juta rupiah.

Namun, semua itu tidak semudah membalikkan telapak tangan atau tidak pula segampang ucapan sulapansen salaben abra kadabra. Menanam terong harus memiliki modal, minimal modal pengetahuan tentang budidaya terong.

Benih terong

Salah satu bagian dari budidaya terong adalah penyiapan benih (pembibitan).  Benih haruslah sehat dan memiliki daya tumbuh yang baik antara 80 – 95%. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan benih yang meyakinkan berkualitas, maka belilah benih yang bersetifikat. Benih seperti itu sudah memiliki standar mutu yang tepat karena sudah melewati serangkaian proses standarisasi benih.

Berbagai varietas benih terong cukup poly tersedia pada pasaran. Terserah mau pilih yang mana. Tapi, pilihlah yang unggul & adaptif terhadap agroklimat saat ditanam pada loka tinggal Anda.

Bahkan, berdasarkan sisi rona pun, sepertinya galau memilihnya. Semuanya menarik buat ditanam. Ada terong ungu, hijau, putih, & lainnya yang menjadi rebutan konsumen pada pasar.

Jarak tanam terong

Kebutuhan benih berkorelasi dengan jeda tanam dan luas huma. Semakin kecil luas huma, telah barang tentu jumlah benih yg dibutuhkan semakin sedikit juga.

Tapi, bagaimana dengan jarak tanam? Apakah lantaran luas lahan sempit, maka jeda tanam dibentuk lebih dekat agar jumlah tumbuhan terong yang ditanam banyak & nanti produksi tinggi? Lalu butuh benih banyak?

Begini, jikalau mau menerima hasil yg optimal, maka jeda tanam tumbuhan terong sangat memilih. Jarak tanam terong yang terlalu dekat, produksi buahnya nir tinggi. Sebab, pada jarak tanam yang rapat, tumbuhan akan bersaing buat mendapatkan cahaya & nutrisi berupa unsur hara baik makro maupun mikro.

Kebutuhan Benih Terong Per Hektar Luas Lahan dan Jarak Tanamnya yang Ideal
Terong Mulai Berbuah. Gambar : Dokpri

Ketika tumbuhan kurang menerima sinar matahari secara relatif, proses fotosintensis pun kurang optimal. Konsekwensinya adalah produksi buahnya rendah.

Pada jeda yg dekat/kedap, yg ada hanyalah daun dan batang yg menjulang tinggi. Tajuk flora tumpang tindih satu sama lainnya. Daun-daun menutup celah-celah penerimaan sinar matahari. Intinya, jeda tanam dekat tidaklah membawa hasil panen yang optimal.

Jarak tanam, ya sedang-sedang saja. Maksudnya, jarak tanam tidak sangat dekat dan jangan juga berjauhan antar barisan atau dalam baris tanaman.  Kalau mau tanam terung baiknya buat lubang tanam dalam barisan kira-kira 50-60 cm dan 70-100 cm jarak tanaman terung antar barisan.

Dengan demikian, bisa dipilih jarak tanam terong dalam rentang tersebut, yaitu 60 centimeter x 75 centimeter, 50 cm x 70 centimeter, 60 x 80 atau pun 60 cm x 90 cm. Pilihannya harus melihat besar mini jenisnya.

Menghitung kebutuhan benih Terong

Misalnya, kita ingin menanam terong hijau bundar DADALI pada lahan yg sangat potensial baik agroklimatnya juga kesuburan tanahnya. Luas lahan seluas ? Hektar. Berapa poly benih dibutuhkan?

Data-data tersedia menjadi berikut :

  • Luas lahan(L) = 1/2 hektar (5.000 m2)
  • Lebar bedengan (Lbd) = 100 cm (1,1 m)
  • Jarak Antar bedengan(Jab)= 60 cm (0,6 m)
  • Jarak tanam dalam barisan (Jtb) = 60 cm (0,6 m)
  • Jumlah barisan (Jub) = 2 barisan
  • Jumlah benih per lubang (Jbl) = 1 benih
  • Daya tumbuh benih (Dt) = 85%
  • Jumlah benih per kemasan (pack) = 1.250 benih
  • Berat benih per kemasan = 5 gram

Baik, untuk kalkulasinya menggunakan rumus berikut ini untuk menghitung jumlah benih (JB) :

Kebutuhan Benih Terong Per Hektar Luas Lahan dan Jarak Tanamnya yang Ideal

Dengan memasukkan angka-nomor berdasarkan data yg tersedia, maka hitungan merupakan :

Jadi jumlah benih (JB) untuk ½ hektar adalah12.255 benih terong

Berapa GRAM  benih terong?

Total berat kebutuhan benih terong buat ? Hektar huma menggunakan rumus berikut ini merupakan :

= 12.255 / [1.250 benih / 5 gram]

= 50 grambenih terong(angkanyasudah dibulatkan ke atas)

BerapaPACK jika dalam bentuk kemasan?

Jumlah kemasan benih terong  adalah :

=12.255 / [ 1.250 benih / 1 pack]

= 10pack benih terong(angka sudah dibullatkan ke atas)

Itulah output kalkulasi benih terong menurut jarak tanam 60 centimeter x 70 cm dengan luas lahan hanya ? Hektar. Jadi dapat disimpulkan buat ? Hektar huma butuh benih terong sebanyak 12.255 benih atau 50 gram benih atau sama jua menggunakan 10 pack benih terong (1 pack 1.250 benih).

Baca pula ini :

  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya
  • 6 Step Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Air Kelapa dan Cara Aplikasinya yang Benar
  • Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Basah Dengan EM4 dan Air Cucian Beras.
  • Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Pakai dalam 7 Hari

Jika mau menanam dalam 1 hektar dengan jarak tanam seperti di atas,  tinggal kalikan saja dengan angka 2. Misalnya, untuk 1/2 hektar butuh benih terong sebanyak 50 gram, maka dalam 1 hektar adalah 100 gram benih terong.

Catatan : Pembualatan angka ke atas dimaksudkan agar tidak terjadi kekurangan benih. Sebab, angka dibelakang koma dari penghitungan tersebut sangat besar pengaruhnya kepada jumlah benih. Contohnya begini :0,4 x 1000 gram = 400 benih. Nah jika pembulatan dilakukan ke bawah (dihilangkan jika dibawah angka 5), akan kekurangan 400 benih. Bagus lebih atau kurang?? Salam sukses, ya.

0 Response to "Kebutuhan Benih Terong Per Hektar Luas Lahan dan Jarak Tanamnya yang Ideal | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel