Mau Tau Dosis Pemupukan Tanaman Yang Tepat? Pahami Ini Dulu | Kebunku

Pentingnya memahami dosis pemupukan -- Dosis pemupukan yang tepat akan menentukan pertumbuhan tanaman Anda subur dan produktif. Namun, jika  dosis pemupukan asal-asalan alias tidak mengikuti anjuran atau petunjuk pemupukan, maka yang terjadi adalah tanaman tidak memberikan hasil apapun buat Anda. Bahkan, tanaman lambat laun akan mati.

Mau Tau Dosis Pemupukan Tanaman Yang Tepat? Pahami Ini Dulu

Tanaman jua seperti manusia. Ia akan terganggu pertumbuhan dan perkembangannya jika terlalu tinggi dosis pupuk yang diberikan. Demikian pula apabila terlalu rendah takaran pupuk apalagi nir relatif tersedia, jua nir memberi dampak positif terhadap pertumbuhan flora.

Sebenarnya, cara yg paling baik dan aman pada memberi nutrisi tumbuhan merupakan dengan dosis pupuk yang rendah, akan tetapi frekwensi pemupukan lebih acapkali dilakukan. Dengan cara ini, ketersediaan unsur hara buat flora selalu terdapat dan akan diserap dengan jumlah yg tepat sinkron fase pertumbuhannya.

Anda perlu memahami dulu kata takaran pemupukan & konsentrasi pupuk sebelum memupuk flora

Oleh karenanya, sebelum memupuk tanaman , perlu tahu istilah pemupukan terutama kata ?Takaran & konsentrasi.? . Dalam pemupukan, kedua istilah tadi sangat penting buat diketahui.

Makanya, para produser pupuk mencantumkan goresan pena dosis pada kemasan pupuk, baik itu pupuk cair ataupun pada bentuk tepung atau kristal. Tujuannya nir lain adalah supaya para pemakai betul-betul membaca dan mengaplikasikan pupuk sesuai takaran anjuran.

Gagal memahami kata dosis pemupukan akan berpengaruh tidak baik dalam tumbuhan kesayangan Anda. Misalnya, masih ada tulisan dikemasan pupuk merupakan 10 liter/pohon. Nah, bila Anda menyiram tumbuhan Anda eksklusif menggunakan 10 liter pupuk, maka dapat dipastikan tanaman akan terganggu & akhirnya meninggal.

Kenapa? Hal itu terjadi lantaran gagal tahu kata takaran. Tulisan 10 liter itu apa, apakah 10 liter pupuk pekat atau 10 liter larutan pupuk yg sudah diencerkan menggunakan air?

Baik, yang perlu Anda jangan lupa adalah dosis pupuk nir sama menggunakan konsentrasi pupuk. Jadi, ada perbedaan pengertian takaran dengan konsentrasi.

Dosis pemupukan

Dosis pemupukan adalah jumlah pupuk yang diberikan sesuai dengan anjuran untuk per satuan tanaman atau satuan luas. Misalnya, pupuk organik cair5 liter/pohon, 10 ml/liter/pohon, 20 ml/liter/4tanaman. Demikian juga dengan pupuk padatan, misalnya, NPK 250 kg/Hektar, Dolomit 175 gram/m2, KCL 100 kg/hektar, dan lainnya.

Baca petunjuk pemupukan pada kemasan pupuk

Anda bisa membaca petunjuk pemupukan, baik dosis maupun konsentrasi pemupukan, pada kemasan pupuk. Contohnya begini, pada botol ditulis gunakan 5 ml/liter/pohon.  Ini artinya, larutkan 5 ml pupuk ke dalam satu liter air dan kemudian siram ke satu pohon atau tanaman.

Contoh lain, dalam ke kemasan pupuk ditulis anjuran takaran, yaitu 50 gr/50 liter buat satu hektar. Ini maksudnya larutkan 50 gram pupuk ke pada 50 liter air buat dipakai atau disemprot pada lahan seluar 1 hektar.

Konsentrasi beda menggunakan takaran pemupukan

Dosis pupuk sangat jelas berbeda dengan konsentrasi pupuk. Namun demikian, dosis masih sering dipahami juga dengan konsentrasi. Padahal,yang namanya konsentrasi adalah jumlah bagian pupuk yang terlarut dalam jumlah bagian air. Misalnya, 1 gram/liter, 2 ml/liter, 5 cc/liter, dan lainnya.

Dalam kasus lain dapat diperhatikan supaya lebih tahu istilah dosis pemupukan menggunakan konsentrasi. Misalnya, anjuran buat memupuk pohon mangga adalah 10 liter/pohon. Dan pada kemasan tertulis pula konsentrasi penggunaan 2 mililiter/liter.

Nah, bagaimana cara aplikasinya? Agar dosis penggunaan pupuk sesuai anjuran, yaitu 10 liter/pohon, maka siapkan air sebanyak 10 liter. Kemudian larutkan pupuk sebesar 20 ml (karena 2 ml/liter & kita ingin menciptakan 10 liter) ke dalam 10 liter air. Kemudian siramkan sesuai menggunakan dosis anjuran, yaitu 10 liter buat satu pohon mangga.

Contoh kasus  dalam menentukan dosis pemupukan

Kasus 1 . Bagaimana dosis pupuk kalau hanya ingin memupuk 1 tanaman saja karena saya hanya memiliki satu tanaman hias di rumah dan ukurannya kecil. Kebetulan sekali setelah membaca postingan ini,  saya ingin memberikan pupuk daun Gandasil D dengan cara menyemprot?

Nah, kalau tidak ada petujuk lain, berapa dosis pemupukan atau berapa banyak yang harus disemprot per tanaman? Yang ada hanya tulisan 10 - 30 gram per 10 liter atau 1 - 3 gram/liter. Maka, tugas pertama adalah buat konsentrasi pupuk terlebih dahulu. Caranya, ambil 10 gram (maksimum 30 gram) pupuk Gandasil D, lalu larutkan dalam 1 liter air. Selanjutnya, isi larutan yang sudah dibuat ke dalam sprayer(alat untuk menyemprot).

Semprot tanaman terutama bagian bawah daun. Ingat,cukup membasahi daun saja, Jangan menghabiskan larutan yang ada dalamsprayer itu hanya untuk menyemprot 1 tanaman hias yang kecil itu karena akan menyebabkan terganggunya tanaman. Sisa yang tidak digunakan, sebaiknya disimpan saja dalam wadah yang tertutup rapat dan akan digunakan lagi dalam waktu berikutnya (7 - 10 hari kemudian).

Kasus 2 . Bagaimana kalau pohon mangga dianjurkan untuk dipupuk dengan NPK dan dosis pupuknya 300 kg per hektar. Dan saya cuman ada 2 batang mangga di kebun. Nah, kalau yang begini kasusnya, maka solusinya harus dicari informasi jarak tanam mangga terlebih dahulu.

Baca pula ini :

  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya
  • 6 Step Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Air Kelapa dan Cara Aplikasinya yang Benar
  • Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Basah Dengan EM4 dan Air Cucian Beras.
  • Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Pakai dalam 7 Hari

Misalnya, berdasarkan kitab atau internet ditemukan berita jeda tanam mangga 6 m x 6 m, maka pada satu hektar terdapat pohon mangga lebih kurang 300 pohon mangga [10.000 m2/ (6 m x 6 m)]. Berarti, 300 kg NPK buat 300 pohon mangga. Jadi, takaran pemupukan NPK untuk 1 pohon mangga merupakan 1 kg NPK/pohon mangga.

Demikian dosis pemupukan yang mesti benar-benar dipahami dan diperhatikan sesuai dengan anjuran atau istilahkeren yaitu rekomendasi pemupukan.

Dengan mengerti dosis pemupukan, Anda tentu tidak bingung dan nir galat lagi dalam mengatur dosis pupuk misalnya takaran pemupukan cabe pada polybag, takaran pemupukan padi, takaran pemupukan jagung, dosis pemupukan tomat, takaran pemupukan semangka, & dosis buat tanaman lainnya.

Dosis pemupukan yang tepat akan menetukan hasil menurut budiaya. Jika sempurna dalam pelaksanaan pupuk terutama dosisnya, maka jelas terlihat tumbuhan akan tumbuh subur, produktif, & panen pun sesuai menggunakan harapan Anda. Ingat takaran pupuk yg sempurna memilih produktifitas flora Anda.

0 Response to "Mau Tau Dosis Pemupukan Tanaman Yang Tepat? Pahami Ini Dulu | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel