Menanam Belimbing Manis Berbuah Lebat Dalam 6 Bulan Dengan Cara Pemupukan Begini | Kebunku

Cara Menanam dan Pemupukan Belimbing Manis -- Belimbing manis sangat mudah cara budidayanya. Makanya, tidak mengherankan jika banyak yang suka menanamnya baik di lahan luas, perkarangan rumah, maupun dalam pot. Berbuah pun sangat cepat dan lebat. Belimbing manis sudah mulai berbuah dalam tempo kurang lebih 6 bulan.

Menanam Belimbing Manis Berbuah Lebat Dalam 6 Bulan Dengan Cara Pemupukan Begini
Belimbing cantik berbuah

Bagaimana menanam dan cara pemupukan belimbing manis agar berbuah lebat & cepat? Ya, itulah yg akan kita kuak pada artikel ini agar tabir budidaya belimbing anggun yang tertutup sebagai terbuka.

Postingan kali ini akan membuka cara sebagai akibatnya belimbing cantik yang Sobat tanam cepat-cepat berbuah. Namun, perlu sejenak bersabar lantaran akan kita review/mengenal sekilas menggunakan butir belimbing itu yang poly kandungan zat gula.

Sekilas Belimbing Manis

Walaupun poly belimbing manis yang kita jumpai tumbuh pada banyak sekali belahan provinsi pada Indonesia, tetapi yg pasti sejarah awal mulanya flora belimbing manis tumbuh pada daratan India.

Kemudian seiring dengan mobilitas penduduk & kemajuan ilmu pengetahuan, secara pelan-pelan belimbing anggun menyebar ke banyak sekali negara yg mempunyai kesesuaian agroklimat buat pertumbuhannya.

Lantaran itu jua, belimbing manis inheren berbagai nama khusus sesuai di masing-masing wilayah. Orang Sunda menyebutnya menggunakan nama calincing amis & saudara-saudara yg pada Madura familiar menggunakan sebutan bhalimbling manes.

Orang yg berada di Provinsi paling barat Indonesia, Aceh, secara generik menyebutnya dengan boh limeng sagoe. Demikian juga menggunakan daerah-daerah lain pasti memiliki bahasa yg bhineka buat menyebut nama butir belimbing manis.

Jenis belimbing anggun

Tapi jangan salah , belimbing cantik, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan pada bidang pertanian, telah banyak sekali jenis atau varietasnya.

Varietas belimbing anggun diantaranya, yaitu belimbing dewi, belimbing wulan, belimbing sembiring, belimbing madu, & banyak varietas lainnya. Kesemuanya mempunyai taste & keunggulan masing-masing.

Nilai gizi & manfaat butir belimbing cantik

Hingga ketika ini butir belimbing anggun masih sebagai komoditas hortikultura yang banyak disukai orang. Di samping cita rasanya cantik, butir yang poly kandungan air ini juga poly mengandung nilai gizi.

Apa saja kandungan gizi belimbing cantik? Tidak hanya vitamin, misalnya vitamin A, B & C, namun pula mengandung karbohidrat, lemak & protein pada berbagai persentasenya.

Buah yg dalam bahasa inggris diklaim starfruit sungguh poly keuntungannya. Bukan hanya buat pelepas dahaga dengan cara memakan langsung selesainya dipetik, tetapi juga buah yg berwarna kuning ini rupanya memilik segudang khasiat buat kesehatan.

Di antara sekian banyak khasiat belimbing manis,  salah satunya buah yang berbentuk lima segi nan manis itu diyakini sebagian besar orang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Itulah sekilas gambaran flora butir yg cita rasanya manis tadi. Sekarang kita fokus pulang menuju bagaimana menanam belimbing cantik supaya berbunga dan berbuah cepat sampai lebat.

Bagaimana jua teknik/cara pemupukan belimbing manis? Apa pupuknya menjadi nutrisi yg mengandung unsur hara buat mengatur pertumbuhan hingga mer_4_ngsang pembungaan yang cepat dan berbuah lebat?

Syarat Tumbuh Belimbing Manis

Baik, yuk kita mulai dari kondisi tumbunya. Belimbing anggun tumbuh pada daerah tropis dan beriklim panas seperti di daerah asalnya India. Ia sangat mengagumkan pertumbuhannya mulai dataran rendah hingga dataran tinggi (500 m dpl).

Ini artinya bahwa belimbing manis memerlukan air tanah yang dekat dengan daerah perakarannya yang terdalam.  Tetapi, tanaman ini tidak boleh tergenang air dan tidak suka selalu becek.

Struktur tanah yang gembur & kaya menggunakan humus atau bahan organik adalah syarat tumbuh belimbing manis yg ideal. Tanah dengan retensi air yang baik & aerasi yang lancar lebih disukai.

Tanah dengan pH (keasaman tanah) sedikit asam tidak akan terlalu mengganggunya. Bahkan, belimbing cantik mampu tumbuh & toleran menggunakan baik pada kisaran nilai pH 5-7.

Untuk tumbuh produktif, belimbing cantik memerlukan sinar matahari yang penuh 6-8 jam per hari. Sinar surya membantu terbentuk zat kuliner pada tanaman belimbing melalui proses fotosintesis.

Oleh karenanya, jangan sekali-kali belimbing cantik hidup pada bawah naungan atau nir menerima sinar surya langsung karena nir akan membentuk buah yg kita harapkan.

Persiapan Lahan menanam belimbing anggun

Lahan buat menanam belimbing manis tergantung pada tujuan budidaya yang diinginkan. Apabila hanya buat hobi & keindahan, relatif ditanam diperkarangan rumah atau dalam pot.

Kalau menanam dalam pot, belimbing anggun dalam saat 6 bulan telah terdapat hasilnya, iyakah? (Baca di sini Cara Membuahkan Belimbing Manis Dalam Pot Kombinasi Nutrisi Organik dan Kimia)

Menanam Belimbing Manis Berbuah Lebat Dalam 6 Bulan Dengan Cara Pemupukan Begini
Belimbing Manis Mulai Berbunga.

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Tetapi, bila menghendaki penanaman belimbing anggun dalam skala bisnis atau berakibat sebuah bisnis pertanian yang prospektif, maka lahannya harus luas. Dan alangkah lebih baik lagi jika mempunyai huma milik sendiri alias bukan sewa huma.

Jika pun harus menyewa lahan untuk menanam belimbing manis, hitung secara tepat biaya yang dikeluarkan dan keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Kalau dalam bahasa analisis kelayakan usaha, nilai Benefit  per Cost Ratio atau B/C > 1

Lahan wajib dibersihkan dari semak belukar. Kemudian baru dibentuk lubang tanam sebanyak bibit yang ingin ditanam. Sebagai acuan, buat huma 1 hektar (10,000 m2) dapat ditanam sebanyak 400 btg bibit belimbing manis menggunakan jeda tanam 5 m x lima m atau mampu lebih jeda lagi. Lubang tanam dibentuk dengan berukuran 60 centimeter panjang x 60 centimeter lebar x 60 centimeter kedalaman. Biarkan lubang tanam selama 15 hari.

Setelah 15 hari lubang tanam diangin-anginkan, campurkan tanah galian dengan pupuk kandang sebanyak 30 – 50 Kg (tergantung gembur tidaknya tanah).  Dan campurkan juga pupuk NPK 15:15:15 sebanyak 100 - 150 gram.

Tambahkan sedikit pupuk dolomit /- 100 gr per lubang. Tutup balik lubang menggunakan adonan tanah & pupuk tadi sampai menggunung pada atas lubang tanam. Dan biarkan lubang tanam yang telah dimasukkan pupuk hingga dengan minimal 15-30 hari sebelum tanam.

Persiapan Bibit belimbing cantik

Untuk bibit belimbing manis tidak perlu risi. Sebab, bibit mampu diperoleh dari penyemaian biji eksklusif & sanggup jua didapatkan dengan membeli di penyedia bibit hasil perbanyakan vegetatif (hasil cangkok, sambung, stek, dan lain-lain).

Bibit belimbing cantik output perbanyakan vegetatif sangat cepat berbuah dibandingkan dengan bibit yg berasal dari biji/benih (perbanyakan generatif). Kalau menurut biji sanggup hingga 4-5 tahun lebih baru berbuah.

Pilihlah bibit yang berkualitas dimana btg, cabang dan daun-daunnya tumbur fertile dan sehat. Intinya, jangan hingga menentukan bibit belimbing manis yang berpenyakit. Ketinggian bibit minimal 50 cm menggunakan diameter batang minimal 1 cm. Sekali lagi, belilah bibit pada penyedia yg terpercaya dan jika perlu bibit yg bersertifikasi.

Penanaman belimbing anggun

Pada ketika penanaman bibit belimbing anggun tidak boleh pada keadaan kering atau kering. Untuk meringankan kerja penyiraman dan bibit cepat tumbuh, maka pilihlah waktu yg baik, yaitu pada awal isu terkini hujan.

Pagi hari atau sore hari merupakan waktu yang baik untuk menanam. Jika di luar  waktu tersebut, matahari masih sangat menyengat dan ada kemungkinan bibit belimbing manis stress saat awal beradaptasi.

Jangan berasal menanam, tapi perlu disiram air ke media tanam menggunakan air secukupnya hingga tanah basah/lembab. Dan siram sekali lagi dalam hari ketujuh sesudah tanam (sesuaikan dengan curah hujan, pada dasarnya jangan sampai bibit layu & meninggal sebelum berkembang).

Pemupukan belimbing cantik

Pemupukan belimbing cantik yang tepat akan memberikan masa berbunga dan berbuah yang cepat dan tepat juga. Tepat jenis dan dosis pupuk serta tepat waktunya adalah kunci keberhasilan dalam budidaya tanaman belimbing manis. Bagaimana cara memupuk belimbing manis agar berbuah cepat dan lebat?

Kombinasi pupuk kandang dan pupuk kimia

Pupuk kimia telah kentara kandungan unsur haranya yg cepat tersedia bagi tumbuhan walau terdapat impak negatif terhadap lingkungan. Penambahannya pun sebenarnya wajib melalui uji tanah untuk diketahui ketersediaan unsur hara dalam tanah.

Sedangkan pupuk organik -pupuk kandang - sangat diperlukan juga untuk pertumbuhan belimbing manis meskipun jumlah/kadar haranya kecil. Tetapi, pupuk kandang memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki pupuk kimia seperti NPK, Urea, ZA, dan lainnya. Apa kelebihan pupuk kandang dan bagaimana ciri pupuk kandang yang matangdapat dibaca di sini.

Pupuk dasar belimbing anggun pada saat penanaman

Belimbing cantik dalam waktu ditanam harus sudah tersedia nutrisinya pada dalam tanah. Tambahkan pupuk sangkar sebesar 5-10 kg (jikalau masih kurang fertile), urea 10 gram, SP-36 15 gram dan KCl lima gram. Campuran tadi diaplikasikan per 1 lubang tanam

Pupuk susulan selesainya 3 bulan penanaman

Ingat bahwa anugerah pupuk menggunakan dosis rendah dan seringkali lebih baik berdasarkan dalam menaruh pupuk menggunakan dosis tinggi pada waktu usang (tidak tak jarang). Memang berdasarkan segi porto & energi lebih poly terkuras kalau frekwensi pemupukan terlalu seringkali, namun hasilnya luar biasa karena tumbuhan selalu tersedia nutrisi dan dalam jumlah tidak mengganggu pertumbuhannya.

Oleh karenanya, sehabis tiga bulan penanaman, belimbing anggun sudah bisa diberikan pupuk susulan. Tambahkan pupuk kandang , urea, SP-36 & KCL sebanyak dosis yg diberikan dalam pupuk dasar ketika penanaman. Yaitu pupuk sangkar 2-lima kg, urea 10 gram, SP-36 15 gram & KCL 5 gram.

Pupuk susulan ini diberikan pada rentang ketika 3 bulan sekali sampai memasuki umur flora belimbing manis 1 tahun. Memasuki tahun ke-dua, tumbuhan perlu ditingkatkan dosis pemupukan, terutama posfor buat mer_4_ngsang pembungaan.

Baca juga ini :

  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa
  • Pupuk NPK Phonska Plus Memembuat Panen Meningkat Karena Ini
  • Awas!! Jangan Salah Memupuk Tanaman dengan Ampas Kopi, Ini Cara yang Benar
  • Cara Cangkok Mangga Agar Cepat Tumbuh, Pakai ZPT ini

Pupuk susulan umur belimbing manis > 1 tahun

Menanam Belimbing Manis Berbuah Lebat Dalam 6 Bulan Dengan Cara Pemupukan Begini
Belimbing cantik berbuah terus-mmenerus

 denngan pupuk yang tepat

Pemupukan dilakukan 6 bulan sekali pada umur tumbuhan belimbing cantik di atas 1 tahun. Dosis pupuk memasuki tahun ke 2 adalah 10 kg pupuk sangkar ditambah 100 g urea, 250 gr SP-36, & 150 gr KCL. Demikian seterusnya sampai tumbuhan belimbing anggun yg Anda tanam berbuah.

Tips.

  • Cara pemupukan susulan harus disesuaikan dengan lebar tajuk tanaman belimbing manis. Lubang untuk pupuk digali dengan kedalaman +/- 30 cm  melingkar tanaman dan jaraknya sesuai dengan bagian terluar dari tajuk tanaman.
  • Untuk mer_4_ngsang tanaman cepat berbuah perlu diberikan pupuk yang mengandung unsur hara posfor (P) sedikit lebih tinggi saat memasuki umur tanaman 2 tahun (> 1 tahun).  Jika menggunakan NPK, cari NPK yang kadar P lebih tinggi seperti NPK 10:40:20 (Jika tidak ada, buat sendiribegini caranya)
  • Pemangkasan dahan-dahan bagian dalam dan daun-daun rimbun yang menghalangi sinar matahari masuk, ini juga upaya untuk mempercepat belimbing manis berbunga dan berbuah.
  • Pemupukan susulan perlu memperhatikan apakah tanaman sudah berbuah atau belum. Pemupukan yang tepat adalah setelah panen atau sebelum/mendekati masa pembungaan.

Demikian cara menanam belimbing manis. Dengan pemupukan yang tepat, belimbing manis akan cepat berbuah, lebat, dan kualitasnya yang mantap. Salam sukses 'tuk Sobat. {updated by pupuklahan.blogspot.com, 09/03/2020]

0 Response to "Menanam Belimbing Manis Berbuah Lebat Dalam 6 Bulan Dengan Cara Pemupukan Begini | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel