4 Tahap Memupuk Mentimun Dalam Polybag Supaya Buahnya Lebat | Kebunku

Memupuk Mentimun Dalam Polybag -- Ketika menulis budidaya mentimun, penulis harus berpikir ekstra dan sedikit lama. Sebab, banyak sekali penyebutan untuk kata “mentimun.” Ada yang menyebutnya mentimun, ketimun, timun, timon, dan lainnya.Finally, penulis menggunakan katamentimun saja agar tidakngawur untuk tanaman yang dalam bahasa ilmiah disebut Cucumis sativus L

4 Tahap Memupuk Mentimun Dalam Polybag Supaya Buahnya Lebat

Mentimun bisa tumbuh hampir pada mana-mana, pada sawah, kebun, & bahkan di perkarangan rumah yang ditanam dalam polybag. Asalkan rajin merawatnya, produksi mentimun pada polybag tidak kalah menggunakan yang ditanam di tanah pribadi. Nah, bagi Anda yang menanam mentimun pada polybag pada tempat tinggal , ini postingan yg sempurna supaya lebih mendalami bagaimana memupuk mentimun dalam polybag agar buahnya lebat.

Tapi, tunggu dulu! Kondisi tumbuh yang baik harus menjadi dasar untuk budidaya mentimun. Mengapa? Karena ketika kita “buta” sama sekali dengan kondisi pertumbuhan mentimun, ini menjadi masalah suatu saat. Bahkan, bisa-bisa “arang habis, besi binasa.”Cost, energi, dan waktu terkuras, mentimun tak kunjung berbuah.

Syarat tumbuh mentimun

Paling nir atau minimal kita tau sekilas bagaimana ?Kemauan? Mentimun pada hidupnya. Ada beberapa syarat/syarat tumbuh flora mentimun yg bisa menunjang pertumbuhan & produktivitasnya. Mulai berdasarkan agroklimat seperti cuaca & temperatur udara hingga dengan kesuburan lahannya.

Tanaman merambat ini atau tanaman yang termasuk familiCucurbitaceae tidak memerlukan persyaratan spesifik untuk tumbuh dan berkembang. Ini bukan berarti mentimun dapat ditanam sembarangan tempat atau tanpa mengenal pembatasnya.

Bagaimana syaratnya? Seperti tanaman sayuran atau butir lainnya, secara generik ketinggian tempat berada pada 1-1000 m dpl dengan curah hujan yg mencukupi. Cuaca yg ektrim seperti terlalu panas atau hujan terus menerus, merupakan syarat yg kurang cocok buat pertumbuhan mentimun.

Syarat tumbuh mentimun lainnya adalah media tanam harus gembur dan pH 5,lima-7. Apabila tanam masam, ya harus diberikan kapur tanah dulu seperti dolomit. Demikian menggunakan tekstur tanah, tanah yang baik buat tanaman mentimun merupakan tanah yang berlempung atau sedikit kadar liatnya.

Di samping syarat yang di atas, terdapat syarat media tanam mentimun yang harus dipenuhi. Media tanam/tanah wajib memiliki drainase yang baik, aerasi indah, poros, struktur nir keras, dan nir mudah kehilangan air karena memiliki daya simpan air yg baik.

Budidaya mentimun

Dalam budidaya mentimun bukan langsung memetik buah 😅, namun harus melewati serangkaian tahapan budidaya tanaman. Kegiatan dalam budidaya tanaman meliputi pembibitan, persiapan lahan, penanaman,pemasangan lanjaran untuk rambatan, pemeliharaan, pengendalian hama penyakit dan juga panen.

Penulis yakin, bahwa secara umum kegiatan-kegiatan dalam budidaya mentimun sudah dimengerti dengan baik. Oleh karena itu, bahasan dalamposting-an iniana buatstressing pada pemupukan mentimun. Atau kalau juga ingin tau, Sobat bisa membaca artikel Menanam Mentimun Berbuah Lebat, Anda Mau? Ini Caranya

Pemupukan yang tepat jenis, waktu, dosis dan cara aplikasinya, merupakan kunci sukses budidaya mentimun. Pemupukan yang tepat, maka produksi dan produktivitas buah mentimun akan cukup tinggi. Sebaliknya, sedikit saja kurang tepat, maka pertumbuhan dan perkembangan tanaman mentimun juga akan mengalamidown.

Pemupukan Mentimun

Untuk menunjang pertumbuhan, flora mentimun perlu mendapat nutrisi pada setiap fase kehidupannya. Oleh karena itu, ada 4 tahapan penting pada pemupukan untuk budidaya tumbuhan mentimun.

Baca Juga :

  • 6 Step Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Air Kelapa dan Cara Aplikasinya yang Benar
  • Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Basah Dengan EM4 dan Air Cucian Beras.
  • Cara Mudah Menanam kunyit dalam Karung

Tahap I, Penyiapan media tanam pada polybag

Pemupukan mentimun dimulai pada tahap penyiapan media tanam dalam polybag yang dikenal dengan pupuk dasar mentimun. Pupuk dasar mentimun dalam polybag pada tahapan ini terdiri dari pupuk organik dan juga anorganik (pupuk kimia). Kombinasi kedua pupuk ini sangat menguntungkan karena dapat menjaga kesuburan tanah seperti struktur tanah menjadi baik dan sekaligus menyediakan unsur hara makro dan mikro.

Media tanam wajib telah disiapkan jauh-jauh hari, minimal 1 minggu sebelum tanam adonan tanah, kompos dan arang sekam (dua:1:1) dan pupuk yg mengandung N,P dan K sudah diisi pada polybag.

Banyaknya pupuk NPK yg dicampur dalam media tanam merupakan 10 gr per polybag (berukuran polybag 25-35). Aduk sampai merata pupuk NPK dengan campuran media tanam seperti disebutkan di atas. Agar lebih meyakinkan pH tanah tidak masam, tambahkan 1 sendok makan kaptan (dolomit).

Setelah media tanam diisi dalam polybag, ingat disiram. Biarkan media tanam mentimun selama 7 hari agar media sebagai kompak dan pupuk NPK terlarut pada dalamnya.

Tahap II atau Pemupukan susulan I

Sepuluh hari setelah tanam (10 HST), siap-siap untuk memberikan pupuk mentimun susulan. Dosis dan pemberian ada 3 cara.Pilih salah satu cara saja untuk aplikasi pupuk susulan tanaman mentimun. Caranya, yaitu :

  • Pengocoran ; Gunakan pupuk NPK sebagai pupuk kocor mentimun. Caranya, larutkan NPK sebanyak 10 gram dalam 1 liter air (kira-kira 1 sendok makan NPK dalam 1 liter air). Kocorkan pada tanaman mentimun dalam polybag sebanyak 250 ml untuk setiap tanaman. Ulangi pengocoran dalam selang waktu 3 hari (pada hari ke-15) dengan dosis yang sama.
  • Menempatkan di sekeliling tanaman ; Tempatkan pupuk NPK sebanyak 5 gram di sekeliling tanaman mentimun dengan kedalaman 2-5 cm dan jarak dari batang minimal 7,5-10 cm. Tutup kembali dengan tanah di atasnya.
  • Penugalan ; Aplikasikan pupuk NPK sebanyak 5 gram per polybag di samping tanaman. Caranya, buat lubang dengan cara ditugal media tanam dengan kedalaman 2-5 cm dan masukkan pupuk ke dalamnya. Tutup kembali lubang dengan tanah.

Tahap III atau Pemupukan susulan II

Pada tahap ini, dosis pupuk mentimun ditingkatkan lagi sesuai dengan perkembangan tanaman mentimun. Waktu pemberiannya, 20 hari setelah tanam (20 HST).Pilih salah satu cara aplikasi di bawah ini :

  • Pengocoran ; Pada tahap III juga masih menggunakan pupuk NPK untuk pupuk kocor mentimun. Caranya, larutkan NPK sebanyak 20 gram dalam 1 liter air. Kocorkan pada tanaman dalam polybag sebanyak 250 ml untuk setiap tanaman. Ulangi pengocoran dalam selang waktu 3 hari (pada hari ke-25) dengan dosis yang sama.
  • Menempatkan di sekeliling tanaman ; Tempatkan pupuk NPK sebanyak 10 gram di sekeliling tanaman mentimun dengan kedalaman 2-5 cm dan jarak dari batang minimal 7,5-10 cm. Tutup kembali dengan tanah di atasnya.
  • Penugalan ; Aplikasikan pupuk NPK sebanyak 10 gram per polybag di samping tanaman. Caranya, buat lubang dengan cara ditugal media tanam dengan kedalaman 2-5 cm dan masukkan pupuk ke dalamnya. Tutup kembali lubang dengan tanah.

Tahap IV atau Pemupukan susulan III (terakhir)

Pada tahap ini, dosis pupuk perlu ditingkatkan lagi sesuai dengan perkembangan tanaman mentimun dalam polybag. Waktu pemberiannya, 30-35 hari setelah tanam (30-35 HST).Pilih salah satu cara aplikasi di bawah ini :

  • Menempatkan di sekeliling tanaman ; Tempatkan pupuk NPK sebanyak 15 gram di sekeliling tanaman mentimun dengan kedalaman 2-5 cm dan jarak dari batang minimal 7,5-10 cm. Tutup kembali dengan tanah di atasnya.
  • Penugalan ; Aplikasikan pupuk NPK sebanyak 15 gram per polybag di samping tanaman. Caranya, buat lubang dengan cara ditugal media tanam dengan kedalaman 2-5 cm dan masukkan pupuk ke dalamnya. Tutup kembali lubang dengan tanah.

4 Tahap Memupuk Mentimun Dalam Polybag Supaya Buahnya Lebat

Itulah pupuk buat mentimun pada polybag. Dari uraian pada atas terlihat terdapat 4 tahapan pemupukan pada budidaya tanaman mentimun dalam polibag yang mesti dilakukan supaya pertumbuhan dan perkembangan flora baik dan optimal. Bahkan, apabila tepat dilakukan cara pemupukan, mentimun akan berbuah lebat, akbar, panjang sinkron dengan varietas yg dipilih. Selamat menanam dan memetik mentimun output budidaya sendiri pada pada meda polibag.

Tips :

1.  Benih mentimun sebaiknya disemai pada tempat semaian khusus seperti tray/baki, polybag kecil, dan juga bedengan. Setelah tumbuh daun 3-4 helai baru dipindahkan dalam polybag besar.

2.  Tempatkan polybag yang telah ditanam bibit mentimun pada tempat yang terkena sinar matahari penuh agar produksinya tinggi.

3.  Untuk campuran media tanam, hati-hati jika menggunakkan pupuk kandang. Sebab, jika menggunakan kotoran ternak segar, akan membuat tanaman kuning, layu dan akhirnya mati. Oleh karena itu, pastikan pupuk kandang yang baik memiliki ciri-ciri seperti ini ; tidak berbau, remah, tidak lengket, bewarna gelap mirip tanah, tidak tampak serat hijau pakan ternak, dan ringan.

4.  Penyiraman mentimun dalam polybag dilakukan secara rutin dan sesuaikan dengan kondisi cuaca.

0 Response to "4 Tahap Memupuk Mentimun Dalam Polybag Supaya Buahnya Lebat | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel