Cara Pemupukan Susulan Bawang Merah dan Dosis Pupuk per Tanaman | Kebunku

Pemupukan Susulan Bawang Merah -- Untuk meningkatkan produksi dan produktivitas bawang merah, pupuk menjadi salah satu yang sangat menentukan. Jika salah cara pemupukan, maka akan mengalami gangguan terhadap pertumbuhan dan perkembangan bawang merah. Oleh karena itu, cara pemupukan bawang merah harus menjadi perhatian yang serius terutama pada saat pemupukan susulan.

Pemupukan bawang merah menggunakan pengocoran

Sebenarnya, pemupukan susulan bawang merah sangat mudah seandainya tidak menggunakan mulsa. Sebab, pupuk susulan  untuk bawang merah dapat ditebar di atas bedengan atau dalam larikan secara langsung. Namun, karena dalam budidaya bawang merah sudah menggunakan mulsa, maka pemupukan susulan harus ditempuh dengan cara lain, yaitu pengocoran.

BACA :Mau Hasil Bawang Merah Melimpah? Inilah Jenis Pupuknya yang Tepat

Pengocoran yang dimaksud di sini adalah teknik pemberian pupuk susulan bawang merah menggunakan cara menyiram larutan pupuk ke pangkal atau daerah dekat perakaran tanaman . Larutan pupuk harus dibuat terlebih dahulu menggunakan konsentrasi eksklusif sinkron dengan kebutuhan tumbuhan. Pendek istilah, pupuk dilarutkan dalam air sebelum diberikan ke tumbuhan dengan takaran yg sempurna.

Sekadarreview atau mengingatkan kembali bahwa ada tiga tahapan pemupukan bawang merah, yaitu 7 hari sebelum tanam, 10-15 hari setelah tanam (susulan I) dan 30-35 hari setelah tanam (susulan II).

Kebutuhan pupuk buat menanam bawang merah

Jenis dan takaran pupuk bawang merah buat huma tanam 1 hektar sebagai berikut :

  • Pupuk sebelum tanam : 500 kg NPK (jika ada pemberian pupuk kandang, cukup 250 kg NPK) + SP-36 50-100 kg, dan KCL 30-60 kg
  • Pupuk susulan I : Urea 180 kg atau bisa juga dengan ZA 400 kg
  • Pupuk susulan II : Urea 180 kg

Bagaimana cara pemupukan bawang merah pada susulan I & II? Lantaran lahan sudah terpasang mulsa, maka pemupukan harus dikocor. Dengan pengocoran, pupuk eksklusif meresap ke dalam tanah di sekitar perakaran dan akan gampang diserap sang akar. Namun, pada anugerah pupuk harus jua tepat dosisnya, tidak boleh berlebih atau mungkin terlalu mini jumlahnya.

Cara Pemupukan Susulan Bawang Merah dan Dosis Pupuk per Tanaman
Penyiapan Lahan Bawang Merah dan Pemasangan Mulsa

Gambar : Dokpri

Dosis pupuk buat pengocoran bawang merah dalam pemupukan susulan I

Berikan pupuk ZA sebanyak 400 kg per hektar pada usia bawang merah 15 hari sehabis tanam dengan cara dikocor. Caranya, larutkan dua ? Dua,lima gr pupuk ZA dalam 250 ml air & kocorkan/siramkan ke pangkal bawang merah/kurang lebih perakaran. Ini merupakan takaran pemupukan susulan I menggunakan pupuk ZA merupakan dua ? Dua,5 gram/250 mililiter air/flora bawang merah.

Agar lebih mudah pada menciptakan larutan pupuk buat pengocoran bawang merah, larutkan 80-100 gram ZA atau 1 genggam ZA ke pada 10 liter air. Lalu, kocor/siram 250 ml per tumbuhan bawang merah.

Dosis pengocoran pada pemupukan susulan II

Untuk susulan II, pemupukan menggunakan urea sebanyak 180 Kg per hektar dalam usia bawang merah 30-35 hari sehabis tanam. Cara pengocoran, larutkan pupuk urea sebesar 0,9 ? 1,1 gram urea dalam 250 mililiter air dan kocorkan/siram ke pangkal tanam bawang merah/kurang lebih perakaran. Dengan kata lain, takaran pupuk urea pada pemupukan susulan II merupakan 0,9 ? 1,1 gram/250 mililiter/flora bawang merah.

Untuk menyesuaikan dengan volume gembor, tinggal kalikan saja dengan dosis seperti di atas. Misalnya, volume gembor isinya 15 liter. Untuk menyesuaikan, kita akan membuat 15 liter larutan pupuk urea pada pemupukan susulan II, maka jumlah urea adalah15 x 0,9 x 1000/250 = 54 gram urea. Artinya, 54 gram urea dilarutkan dalam 15 liter air dan disiramkan untuk 60 tanaman bawang merah (250 ml/tanaman atau 1 liter untuk 4 tanaman).

Baca pula ini :

  • Dari Limbah Got Hasilkan Pupuk Organik Cair (POC)
  • Membuat POC dari Libah Biogas Kotoran Sapi
  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya
  • 6 Step Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Air Kelapa dan Cara Aplikasinya yang Benar

Waktu pengocoran pupuk buat bawang merah

Jangan melakukan pengocoran pada pagi hari atau waktu terik matahari karena akan membakar daun flora bawang merah. Sebaiknya, pengocoran pupuk buat bawang merah dilakukan pada sore hari, menjelang surya terbenam, atau malam hari bila terdapat pencahayaan.

Demikian cara pemupukan susulan bawang merah. Jika terpasang mulsa menjadi epilog bedengan, maka pengocoran menjadi cara lain cara pemupukan bawang merah. Semoga berguna dan salam sukses.

0 Response to "Cara Pemupukan Susulan Bawang Merah dan Dosis Pupuk per Tanaman | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel