Doyan Daun Bawang? Tanam Saja Dalam Rak Telur, Begini Caranya | Kebunku

Media Tanam Daun Bawang -- Sayuran daun bawang, khususnya bawang merah, banyak diminati masyarakat. Sebab, daun yang bewarna hijau tersebut memiliki rasa yang lezat ketika diolah dengan aneka resep masakan spesial seperti tumis udang daun bawang, teri daun bawang, dan lainnya. Bahkan, daun bawang menjadi pelengkap untuk cita rasa atau penghias pada martabak, bakso atau kuah sop.

Doyan Daun Bawang? Tanam Saja Dalam Rak Telur, Begini Caranya
Rak Telur, Media Tanam Daun Bawang. Gambar : Dokpri

Siapa tak kenal bawang merah? Memang, bawang merah ada juga sebutan lain dalam bahasa daerah, seperti bawangbeureum,brambang,bhabang merah, bawangmirah, dan lainnya. Tetapi, yang jelas bawang merah adalah tanaman sayuran yang berumbi lapis, kulit luar bewarna merah, akar serabut, daun silindris dan bewarna hijau.

Manfaatkan Rak Telur (Egg Board)

Untuk mendapatkan daun bawang merah tidak harus ke pasar. Bukan karena harganya mahal, tetapi sayuran daun bawang begitu mudah hidup jika kita mau menanamnya. Perlu lahan luas kalau gituh? Tunggu, tidak butuh tanah, pupuk atau lahan luas. Dengan sedikit kreatif, daun bawang dapat ditumbuhkan dalam rak telur (egg tray or board) bekas. Jadi, ini namanya menanam tanpa perlu media tanam berupa tanah.

Bukankah setiap keluarga  ada yang mengonsumsi telur? Kalau tidak seminggu sekali, para ibu-ibu rumah tangga sudah barang tentu membeli telur sebulan sekali. Dan itu pun bukan 1 atau 2 telur, melainkan minimal 1 rak telur (isi 30 telur).

Nah, rak telur berdasarkan karton itu jangan dijadikan menjadi limbah, tetapi ubah rak telur itu sehingga menjadi sesuatu yg berguna. Untuk apa? Dengan secuil sentuhan tangan-tangan kreatif, rak telur itu dapat ?Disulap? Sebagai media tanam yg mudah buat menanam daun bawang merah.

Menarik bukan menanam daun bawang dalam rak telur?Well, jika memang menarik, kita akan ulas bagamana cara menanam bawang merah dalam rak telur untuk memanen daunnya buat sayuran.

Bawang merah mudah tumbuh

Bawang merah mudah sekali tumbuh asalkan kondisi lingkungan sinkron buat pertumbuhannya. Bawang merah sangat menyukai kondisi sedikit lembab pada awal fase vegetatifnya. Lihatlah, bawang merah yg di dapur & sudah lama tidak terpakai, bawang merah sudah mulai tumbuh daun dan jua akarnya.

Artinya, jika mendapat kondisi cocok,  tanpa perlakuan khusus pun bawang merah akan memecahkan masa dormansinya untuk tumbuh.Okay, langsung saja deh. Begini caranya :

Media tanam :

  • Rak telur bekas....minimal 4  rak

Benih :

  • Bawang merah......30  biji umbi atau siung (ukuran agakgede)
Doyan Daun Bawang? Tanam Saja Dalam Rak Telur, Begini Caranya
Daun Bawang pada Rak Telur. Gambar : Dokpri

Langkah menanam bawang merah dalam rak telur :

  • Rak telur dilubangi dengan menggunakan paku pada bagian cekungan (dudukan telur) yang berfungsi sebagai drainase atau tempat keluarnya air yang berlebih pada saat disiram. Lubangi ke 30 cekungan itu pada bagian dasarnya. Untuk memudahkan melubanginya, percik sedikit air ke rak telur.
  • Gabung keempat rak telur itu sehingga menjadi satu
  • Potong sedikit bagian ujung yang runcing (tempat keluarnya daun bawang) dengan pis_4_u yang tajam. Potong kira-kira 1/8 bagian ujungnya
  • Masukkan benih bawang merah pada masing-masing cekungan rak telur. Jangan sampai terbalik penempatannya, bagian akar posisinya ke bawah dan ujung yang terpotong ke atas.
  • Siram rak telur yang telah berisi umbi bawang merah secukupnya saja
  • Letakkan pada tempat yang teduh 3-4 hari atau sampai keluarnya akar dan daun
  • Setelah tumbuh akar dan daun, letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari, terutama sinar matahari pagi.

Doyan Daun Bawang? Tanam Saja Dalam Rak Telur, Begini Caranya
Panen Daun Bawang pada Rak Telur. Gambar : Dokpri

Untuk memeliharanya, relatif gampang. Sebab, daun bawang dalam rak telur nir perlu dipupuk. Tetapi, bila pun mau dipupuk atau menambah nutrisi, relatif siram menggunakan pupuk organik cair atau MOL (mikroorganisme lokal) misalnya air cucian beras.

Baca Juga :

  • Dari Limbah Got Hasilkan Pupuk Organik Cair (POC)
  • Membuat POC dari Libah Biogas Kotoran Sapi
  • Apa Pupuk Untuk Bawang Putih dan Kapan Diaplikasikan?

Yang terpenting pada tumbuhan bawang merah yg ditanam dalam rak telur merupakan kelembaban medianya (rak telur). Untuk itu, siram dengan rutin setiap hari atau tergantung cuaca.

Pada waktu bawang merah tudah tumbuh poly daun atau kira-kira sudah berumur 20-30 hari, daun bawang sudah mampu dipanen. Cara panennya boleh menggunakan cara memotongnya dan boleh juga dengan mencabut daun beserta akarnya.

Demikian cara menanam daun bawang dalam rak telur. Mulai sekarang, baiknya jangan dibuang lagi rak telur. Manfaatkan rak telur bekas itu buat menyalurkan hobi menanam, yaitu membuahkan rak telur menjadi media tumbuh sayuran daun bawang merah.

0 Response to "Doyan Daun Bawang? Tanam Saja Dalam Rak Telur, Begini Caranya | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel