InilahCara Menanam Cabai Dengan Teknik Vertikultur Pipa Paralon

Cara Menanam Cabai Dengan Teknik Vertikultur Pipa Paralon – Cabe atau Cabai (Capsicum annum L) adalah salah satu tanaman yang dimanfaatkan untuk bumbu, dengan rasa yang pedas cabai bisa menjadi penguat rasa masakan, sambal, pelengkap makanan dan lain sebagainya.

Lantaran nilai jualnya yang tinggi, maka Cabai banyak dibudidayakan, terlebih harga dalam saat menjelang hari raya, harga cabai dapat mengalami kenaikan yang drastis.

Jika anda ingin menanam cabe namun anda nir memiliki lahan yang luas, anda dapat menanam cabe dengan teknik vertikultur. Vertikultur adalah sistem berkebun dengan menyusun & meletakkan tanaman secara vertikal. Dengan teknik ini efektif untuk memaksimalkan penggunaan huma yg sempit. Teknik vertikultur ini menggunakan tabung bambu ataupun paralon PVC , teknik ini banyak diterapkan pada pekarangan atau teras tempat tinggal menggunakan membuat rak bertingkat buat pot atau rak yang terbuat dari besi. Berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam Cabai Dengan Teknik Vertikultur

Persiapan Alat & Bahan Vertikultur

Adapun alat dan bahan yg diperlukan, antara lain yaitu:

  • Pipa paralon
  • Gergaji besi
  • Pensil dan botol bekas
  • Lilin/hair dryer untuk memanaskan pipa
  • Bibit cabai
  • Media tanam (Tanah, Arang Sekam, Pupuk Kandang)
  • Semen dan pasir secukupnya.

Cara Membuat Vertikultur Pipa Paralon

Pipa paralon diberi pertanda menggunakan pensil berupa garis melintang sepanjang 10 cm, buat garis serupa diatas garis pertama dengan 30-40 centimeter. Buat beberapa garis yang sesuai dengan panjang paralon yang tersedia. Setelah itu, potong dengan memakai gergaji besi pada garis yang telah dibentuk. Ambil hair dryer buat memanaskan bagian paralon yg telah dipotong.Kemudian, ambil botol & tambahkan ked alam pipa paralon buat mencetak lubang tanam. Selain itu, buat dudukan menggunakan campuran semen & pasir/kayu.

Persiapan Media Tanam

Media tanam yg digunakan buat menanam cabai secara teknik vertikultur memakai pipa paralon yaitu adonan tanah, arang sekam dan pupuk sangkar. Buat campuran media tanam dengan perbandingan tanah dua : arang sekam 2 : pupuk kandang dua. Aduk homogen, letakkan media tanam pada loka terbuka akan tetapi terlindung berdasarkan hujan dan sinar surya pribadi. Satu minggu kemudian, masukkan media tanam ke dalam pipa paralon yg telah digunakan.

Cara Menanam Cabai Vertikultur Dalam Pipa Paralon

penanaman dapat pribadi dilakukan, jika media tanam & bibit cabe telah siap. Ambil bibit cabe dan tanam pada lubang tanam pot vertikultur. Siram menggunakan menggunakan air agar bibit cabai tidak layu & beri sinar surya sedikit demi sedikit hingga akhirnya tersinari surya secara penuh.

Pemeliharaan Tanaman Cabai Vertikultur

Pemeliharaan tanaman cabe vertikultur antara lain penyiraman, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit. Penyiraman dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi cuaca. Agar tanaman cabe vertikultur tumbuh subur, dalam usia 15 hari setelah tanam bisa dilakukan pemupukan susulan.

Pemupukan tanaman cabai vertikultur dilakukan 1 atau 2 kali seminggu dengan cara dikocor. Pupuk yg digunakan mampu berupa nutrisi AB Mix atau pupuk NPK 16. Larutkan 1 sendok makan pupuk NPK dengan dua liter air lalu kocorkan 100 mililiter larutan tumbuhan cabe vertikultur. Lakukan hati-hati waktu melakukan pengocoran jangan hingga tentang daun cabe. Untuk memenuhi kebutuhan unsur hara mikro, semprot dengan pupuk daun setiap satu minggu sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang ?Cara Menanam Cabai Dengan Teknik Vertikultur Pipa Paralon?, semoga berguna dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.

0 Response to "InilahCara Menanam Cabai Dengan Teknik Vertikultur Pipa Paralon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel