Media Tanam Stek Batang Yang Baik Agar Cepat Tumbuh Akar | Kebunku

Media Tanam Stek Batang -- Ketika melihat orang melakukan stek batang, seperti tanaman buah, tampaknya mudah sekali. Namun, selalu menemukan kesulitan dan gagal tumbuh pada saat kita mempraktikkan sendiri di rumah. Kondisi seperti ini membuat pikiran kita bingung dan penasaran karena tantangan stek yang begituenteng belum bisa ditaklukkan alias belum berhasil.

Ada yang bilang pakai ZPT ini dan itu untuk stek batang biar cepat tumbuh akar. Sedikit pesimis dan bahkan sepertinyanonsense. Sebab, berbagai jenis zat perangsang tumbuh (ZPT) akar sudah dicoba mulai yang alami sampai dengan keluaran pabrik dengan berbagai merek sepertiroot up, nature stek, rootone F, dan mungkin berbagai merek lainnya.

Tunggu, jangan salahkan dulu hormon perangsang akar. Mungkin, ada perlakuan stek batang yang belum tepat atau belum memenuhi syarat-syarat sehingga selalu saja gagal dan gagal lagi. “Apa salah dan dosaku” sehingga semua ini terjadi,  he,,he,,he,,😅 bak lirik lagu saja.

Evaluasi mengapa stek gagal?

Ada beberapa kegagalan perlakuan yang perlu dievaluasi mengapa stek batang tanaman buah, seperti jambu air, mangga, jumbu biji,rambutan, kelengkeng, dan lainnya belum juga berhasil. Coba Sobat ingat-ingat dulu beberapa hal di bawah ini sudah tepatkah atau belum. Jika belum, koreksi terlebih dahulu sebelum menyalahkan diri sendiri, orang lain, atau mungkin produk perangsang akar. Evaluasi ini :

  • Apakah batang stek diperoleh dari tanaman sendiri atau dari orang lain? Kalau dari orang lain harus minta izin dulu
  • Apakah batang tanaman yang diambil itu sehat?
  • Apakah batang tanaman yang diambil itu segera distek atau sudah berjam-jam dibiarkan atau lokasinya jauh sekali?
  • Apakah hormon yang diolesi ke batang masih bagus atau sudah kadaluarsa atau sudahexpired date?
  • Apakah sudah benar membuat konsentrasi atau pasta hormon stek? Mana tau membuatnya sangat cair sehingga tidak “ampuh” mengeluarkan akar
  • Apakah sesudah mengolesi hormon stek ke pangkal batang dibiarkan sampai kering terlebih dahulu sebelum ditanam?
  • Apakah media tanam stek batang sudah disterilkan?
  • Apakah media tanam stek -- atau disebut juga media semai stek -- terjaga kelembabannya?
  • Apakah setelah menanam stek batang diberikan sungkup atau penutup atau penghalang dari terpaan angin dan hujan?
  • Apakah uap yang terbentuk disungkup/penutup lama-lama menetes ke tunas atau daun stek yang baru tumbuh? Buat sungkup jangan sampai tetesan air (hasil kondensasi) jatuh ke batang stek

Media Tanam Stek Batang Yang Baik Agar Cepat Tumbuh Akar
Uap Air Media Stek pada Sungkup.

Gambar : Dokpri

  • Apakah setelah membuka sungkup stek batang, lalu hasil stek yang sudah tumbuh itu      ditempatkan pada tempat yang teduh, terhindar dari angin kencang, hujan?
  • Apakah memindahkan langsung ke media tanam dan tempat terbuka hasil stek? Seharusnya diadaptasikan terlebih dahulu
  • Apakah media tanam stek batang menggunakan kotoran ternak? Kalau menggunakanpupuk kandang, pastikan pupuk kandang yang matang. Atau sebaiknya jangan gunakan pupuk kandang pada stek karena kemungkinan berjamur sangat besar
  • Apakah telah menggunakan media tanam stek yang cepat menumbuhkan akar?

Sobat, dalam artikel kali ini secara spesifik akan kita lihat poin yg terakhir itu, yaitu beberapa media tanam stek yang baik supaya bisa tumbuh akar & tunas secara cepat.

Sebab, penulis melihat banyak sekali sahabat-teman kebanyakan menggunakan tanah untuk menanam stek & itupun tidak steril sebagai akibatnya poly yg gagal. Ibarat luka di tubuh kita, jika tidak bersih atau tanpa memakai obat anti bakteri, maka luka kita nir akan sembuh bahkan serangan bakteri semakin meluas.

Baca Juga :

  • Membuat POC dari Libah Biogas Kotoran Sapi
  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Air Kelapa dan Cara Applikasi
  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya
  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa

Media Tanam Stek Batang

Beikut ini ada beberapa opsi (pilihan) media tanam stek batang yg baik dipakai. Media tanam stek yang dimaksud adalah media buat menumbuhkan akar, bukan media buat memindahkan stek yang telah tumbuh tunas & akar. Baik, ini beliau media tanam stek :

1. Campuran Tanah dan Kompos

Andai ingin stek batang mudah tumbuh akar & tunas dan sehat, maka pilihlah medianya adonan tanah & kompos. Perbandingan yg dipakai adalah dua:1. Campurkan 2 bagian tanah dan 1 bagian kompos. Namun, harap dipastikan tanah yg hendak dijadikan media tanam stek harus telah disterilkan berdasarkan organisme pengganggu, terutama fungi.

Oleh karena itu, tanah harus diberikan anti fungi atau fungisida. Kalau tidak memakai r-4-cun fungi, tanah wajib dijemur beberapa hari di bawah sinar mentari yang terik. Sterilisasi tanah sanggup juga menggunakan cara menggongseng di atas bara api atau kompor. Penggongsengan tanah ini mungkin dilakukan apabila jumlah stek yang akan dibentuk tidak terlalu banyak atau sedikit.

2. Tanah, sabut kelapa, pasir & sekam bakar

Media campuran ini memang relatif generik digunakan, namun tetap memperhatikan bahwa tanah harus bebas menurut mikroba yang dapat membusukkan btg stek. Media tanam yang terdiri dari adonan tanah, sabut kelapa, pasir & sekam bakar boleh dikatakan cantik buat media tanam stek. Perbandingan penggunaan adonan adalah dua:1:1:1.

Adanya pasir & sekam bakar akan menciptakan media tumbuh lebih poros sebagai akibatnya aerasi dan drainase lebih indah. Ingat sekam bakar nir sama menggunakan abu sekam. Sekam bakar hasil pembakaran tidak paripurna & berwarna hitam.

Sabut kelapa juga menjadi bagian yang sangat berperan di dalam media tanam stek batang. Sabut kelapa yang lembut akan memudahkan penetrasi akar dari tanaman. Sabut kelapa juga memiliki sejumlah unsur hara dan sekaligus dapat menjaga kelembaban media tanam karena sabut kelapa dapat menyimpan air dengan baik. Jika adacocopeat (sabut kelapa yang sudah diolah) akan menjadi pilihan yang tepat.

3. Tanah liat & sabut kelapa

Tanah liat yang dilapisi lagi menggunakan sabut kelapa akan membuat stek btg mudah tumbuh akar. Tanah liat harus juga steril dari fungi dengan cara diperlakukan dengan fungisida atau pemanasan.

Sabut kelapa yang bisa menjaga kelembaban media wajib diperlakukan sedemikian rupa terlebih dahulu. Intinya, sabut kelapa (tidak ikut kulit) ditumbuk-tumbuk supaya lebih halus seratnya. Kemudian sabut kelapa direndam beberapa jam dalam air sebelum digunakan.

Cara menggunakan campuran tanah liat dengan sabut kelapa adalah ; batang yang sudah diolesi dengan hormon p3-r4ngs-4ng akar, ditempel tanah liat. Kemudian dilapisi bagian terluar dengan sabut kelapa, lalu diikat (jangan terlalu erat ikatannya). Batang stek dapat dimasukkan dalam botol air mineral bekas atau wadah lain yang diberi sungkup.

4. Busa

Sobat pasti kenal menggunakan busa, ya itu yg biasa dipakai buat sofa atau bantal supaya ?Empuk? Tempat duduknya atau alas kepala ketika tidur. Busa lembut ini mudah didapatkan. Kalau nir mau membelinya, busa bekas pun poly di kurang lebih kita.

Busa dipotong-potong seperti dadu dengan ukuran 5 cm x 5 cm x 5 cm (panjang x lebar x tinggi). Lalu lubangi 1 lubang dibagian tengah, kecil saja. Rendam busa tersebut atau gunakansprayer untuk membasahinya sebelum digunakan. Terakhir, tanamkan batang stek yang sudah diolesi hormon ZPT dengan kedalaman 2/3 dari tinggi busa tersebut. Letakkan pada wadah yang tertutup agar tidak kering batangnya.

Apabila memakai busa, maka akar yang timbul akan mudah terlihat. Ketika akar sudah menembus busa, maka sudah dapat dipindahkan ke media tanam adonan kompos & tanah. Namun, batang stek masih harus diberi sungkup sampai siap dipindahkan ke media tanam yg lebih besar .

5.Rockwool

Rockwool merupakan media tanam yang banyak digunakan oleh para petani hidroponik.Rockwool yang diproses dari bahan bebatuan sedemikian rupa sehingga berbentuk serat dan lunak. Media ini bisa menyimpan air dan juga bebas dari mikroba patogen yang menimbulkan penyakit pada tanaman.

Cara menggunakanrockwool sama dengan penggunaan busa untuk media stek batang. Pada saat pemotonganrockwool agar berbentuk dadu, maka gunakan gergaji tajam. Gergaji yang digunakan mirip dengan gergaji pemotong pipa PVC.

Wah, ternyata banyak ya media tanam stek btg. Manfaatkan keliru satu yg gampang, mudah dan efektif. Atau mungkin mau membanding-bandingkan terlebih dahulu menggunakan cara mencoba semuanya, itu pemikiran yg cemerlang, silakan.

Baca pula ini :

  • tiga Cara Membuat Media Tanam Pohon Durian dalam Pot Supaya Berbuah

Demikian beberapa media tanam stek batang yg baik agar cepat tumbuh akar & juga tunasnya. Yang lebih krusial adalah tumbuh akar & dapat tumbuh dengan baik sampai pemindahan bibit tumbuhan ke huma atau media tanam yang lebih besar . Selamat mencoba & do?A selalu menyertai Sobat agar selalu sukses..Amiin.

0 Response to "Media Tanam Stek Batang Yang Baik Agar Cepat Tumbuh Akar | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel