Pemupukan Jahe yang Benar dan Efisien, Hasilnya Melimpah | Kebunku

Pupuk dan Pemupukan Jahe -- Sungguh sangat mengecewakan dalam budidaya jahe jika hasilnya di bawah produksi rata-rata alias rendah. Sebab, cerita demikian berbanding terbalik dengan hasil produksi tanaman jahe tetangga sebelah. Hasil panen jahebikin yang melihatngiler karena hasilnya melimpah dan bahkan rimpang jahe besar-besar. Jika ditelusuri lebih jauh, salah satu kunci keberhasilannya dalam budidaya jahe adalah pemupukan jahe yang benar dan efisien.

Pemupukan Jahe yang Benar dan Efisien Hasil Melimpah

Oh, kata teman, diatuh selalu memberikan pupuk dalam budidaya jahe baik menanam jahe putih maupun merah. Mulai dari urea, TSP, sampai dengan KCL tak luputdisuapinbuat jahe agar sehat dan produktif. Namun,  hasilnya tetap saja tidak maksimal. Katanya, tolongdunk,Sob, pupuk jahe apa dan bagaimana cara aplikasi pupuk jahe yang benar dan efisien?

Itulah sebabnya artikel segera “lahir prematur” untuk membuka tabir pemupukan agar pengelolaan jahe dapat menuai hasil sesuai harapan. Saya katakan prematur sebab belum waktunya untur terbit. Artikel ini sedang dalam prosesediting danfinishing serta judulpun berbeda dengan yang ini. Tetapi, semua itu tidak masalah karena kita ambil bagian pemupukan. Dengan kata lain, dalam postingan hanya terfokus kepada pemupukan jahe.

Syarat Tumbuh flora jahe

Baik, mari sekilas kita melihat syarat tumbuh untuk tanaman jahe. Jahe dalam bahasa ilmiah dikenal dengan namaZingiber officinale. Tanaman dari familiZingiberaceae ini dapat tumbuh dengan baik pada agroklimat dan kesuburan lahan yang sesuai. Adanya curah hujan dan unsur hara makro dan mikro yang mencukupi, merupakan kondisi yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman jahe.

Tanaman jahe dikenal juga dengan tanaman rempah-rempah yang dapat ditanam pada ketinggian 200 – 600 dpl. Bahkan, di bawah ketinggian itu atau lebih tinggi sampai 900 m dpl masih dapat tumbuh. Demikian juga dengan curah hujan dan temperatur udara, jahe membutuhkan bulan basah yang panjang dan suhu udara yang berkisar antara 25 – 300C.

Bagaimana dengan tanah? Tanaman yang cita rasanya pedas dan beraroma khas ini membutuhkan tempat hidup yg layak, yaitu tanah yang gembur. Bukan hanya gembur, tetapi tanah wajib jua subur. Hasil yang baik untuk flora jahe bila ditanam dalam tanah lempung berdebu sampai lempung liat berpasir. Artinya, tanah-tanah yg hendak ditanam jahe lebih rupawan jikalau sedikit berpasir dan struktur tanah tidak keras.

Tanaman jahe bisa tumbuh dengan baik dalam tanah yang derajat keasamannya (pH) 6-7. Bahkan, pH sedikit di bawah atau pada atas nilai tadi masih bisa bertahan & berkembang dengan baik.

Karena jahe termasuk tanaman berakar dangkal, maka jahe tidak menyukai tanah yg kemiringannya sangat tajam. Kalau terjadi hujan deras, aliran air permukaan bisa merusak perakaran jahe. Apabila pun harus ditanam dalam tanah yg miring, maka bedengan wajib dibuat berlawanan dengan kemiringan atau terasering.

PEMUPUKAN JAHE

Pemupukan tidak hanya dilakukan setelah flora jahe ditanam, tetapi juga sebelum tanam atau pada saat pengolahan tanah wajib dipupuk. Demikian pula menggunakan jenis, saat, takaran & cara pemupukan wajib tepat supaya nir memboros, lebih efisien & menciptakan jahe tahan berdasarkan penyakit serta output pun melimpah-ruah.

Umur hidup jahe sampai panen relatif lama samapi 8 bulan. Makanya, untuk kebutuhan pupuk lumayan banyak. Tapi,it’s okay karena kita serius ingin menanamnya. Ada beberapa tahapan aplikasi pupuk untuk tanaman jahe, yaitu pada saat pengolahan tanah dan pupuk susulan setelah tanam.

Pupuk sebelum tanam

Pemupukan jahe harus dilakukan semenjak sebelum tanam atau saat pengolahan tanah. Ini bertujuan supaya tanah siap menaruh kontribusinya pada menunjang pertumbuhan jahe. Dan yang paling sempurna lagi sebelum tanah diolah, tanah harus diuji tingkat kesuburannya menyangkut kandungan pH, N, P, K, C-organik, dan lainnya. Ini dimaksudkan supaya pemupukan lebih efisien dan diberikan sinkron menggunakan kebutuhan saja atau hanya buat mencukupinya.

Baca Juga :

  • Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Basah Dengan EM4 dan Air Cucian Beras.
  • Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Pakai dalam 7 Hari
  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa
  • Cara Menanam Jahe dalam Karung agar Hail Berlimpah
  • Tips Memperbanyak Anakan Jahe Agar Produksi Rimpang Tinggi
  • Manfaat dan Cara Aplikasi Pupuk Organik SOT HCS untuk Aneka Tanaman

Pertama sekali, jika memang kondisi tanah masam, maka hadiah dolomit sesuatu yg harus dilakukan supaya syarat tanah sinkron buat pertumbuhan jahe. Kebutuhan dolomit 1-3 ton per hektar (tergantung pH).

Pada pengolahan tanah aplikasikan pupuk kandang, urea, SP-36, dan KCL. Pupuk kandang diaplikasikan sebanyak 15-20 ton/hektar atau 1,5 – 2 Kg/m2 pada bedengan dan dicampur/dengan tanah hingga merata.

Satu minggu setelah memberikan pupuk kandang atau 1 minggu sebelum tanam, aplikasikan dengan cara ditebar pupuk urea sebanyak 100 Kg/hektar atau 10 gram/m2, SP-36 sebanyak 130 Kg/hektar atau 13 gram/m2, dan KCL sebanyak 100 Kg/hektar atau 10 gram/m2. Aduk dengan tanah hingga merata.

Untuk pupuk urea bisa juga digantikan dengan ZA, namun harus dipastikan tanah tidak terlalu masam. Jika memupuk dengan ZA, berikan sebanyak 190 Kg/hektar atau 19 gram/m2. Demikian juga dengan SP-36, pupuk ini bisa digantikan dengan TSP sebanyak 100 Kg/hektar atau 10 gram/m2.

Pupuk susulan jahe

Susulan I ; Pada saat umur tanaman jahe 2 bulan setelah tanam, maka jahe harus segera diberi pupuk susulan. Pupuk yang dibutuhkan pada usia tersebut adalah urea dan SP-36 sebanyak masing-masing 100 Kg/hektar atau 10 gram/m2.

Susulan II ; Pada saat umur tumbuhan jahe lima bulan. Pupuknya adalah urea dan KCl sebanyak 100 kg/hektar buat masing-masing pupuk.

Pemberian pupuk susulan menggunakan cara menugal di sebelah flora jahe atau diberikan secara melingkar pada sekeliling tumbuhan. Setelah dimasukkan pupuk, tutup menggunakan tanah di atasnya. Kedalaman posisi pupuk dalam tanah /- tiga-lima centimeter. Hati-hati jangan sampai terkena pupuk dalam batangnya lantaran bisa mengakibatkan batang terluka & gampang terserang penyakit.

Untuk menunjang & memacu pertumbuhan dan perkembangan tanaman jahe, bisa juga ditambah dengan pemberian pupuk organik cair (POC). Misalnya, Anda dapat memakai POC NASA buat jahe. Pupuk cair ini relatif lengkap nutrisinya, bahkan mengandung hormon auksin, giberellin, & jua sitokinin sebagai akibatnya bisa mer*ngsang pengumbian flora jahe.

Pemberian POC 2 kali pada sebulan atau setiap dua minggu sekali sampai tumbuhan jahe berumur 8 bulan. Dosisnya 1-1,lima liter/hektar dan semprotkan ke tumbuhan jahe secara merata. Waktu pelaksanaan POC dalam saat sore hari atau dalam pagi hari sebelum mentari terik.

Lakukan pemupukan jahe menggunakan tepat agar efisien. Hemat porto, tenaga, & waktu merupakan cara mengelola tanaman yang cerdas. Selamat menanam jahe dan memupuknya semoga sukses.

Tips

Buat sebuah catatan atau jadwal anugerah pupuk jahe. Dengan adanya catatan akan tersedia kabar tentang kapan harus dipupuk, pupuk apa, & berapa dosisnya.

0 Response to "Pemupukan Jahe yang Benar dan Efisien, Hasilnya Melimpah | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel