Petunjuk Praktis Cara Menanam Tomat di Polybag Agar Banyak Buahnya | Kebunku

Cara Menanam Tomat di Polybag -- Tak ada lahan luas, lahan sempit pun bisa bercocok tanam tomat seperti menanam tomat di polybag atau pot. Budidaya tomat di polybag atau pot adalah cara cerdas memanfaatkan perkarangan sempit atau lahan terbatas.

Walaupun menanam tomat dalam polybag, bisa saja memberikan hasil yang melimpah jika teknik budidayanya dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, sebelum mulai menanam tomat, sebaiknya kita memahami dan membaca petujuk praktis tentang bagaimanacara menanam tomat di polybag atau pot.

Petunjuk Praktis Cara Menanam Tomat di Polybag Agar Banyak Buahnya

Ada yang sudah menanam tomat pada polybag walaupub tidak mengerti cara menanam tomat. Makanya tomat tidak produktif. Banyak bunga yg rontok, buahnya pun kecil-kecil & flora tumbuh kerdil.

Tidak sedikit yg kecewa & menyalahkan syarat tumbuh tomat mungkin nir sinkron seperti harus wilayah dingin atau sejuk. Ada pula yang gundah apa pupuk tomat pada polybag yang cocok & alasan-alasan lainnya. Padahal, semuanya lantaran belum menerapkan cara menanam tomat yg benar.

Menanam tomat pada polybag sesuaikan menggunakan syarat tumbuh

Kalau melihat kondisi tumbuh komoditas tomat sebenarnya tomat bisa hidup hampir di semua tempat, baik pada dataran tinggi juga di dataran rendah. Jadi, bila menanam tomat dalam polybag atau pot nir maksimal buahnya, bukan karena ketinggian tempat. Ada syarat-syarat lain mungkin belum terpenuhi. Yuk kita lanjut, apa syarat lainnya.

Asalkan tanah gembur, drainaseokay, cukup unsur haranya, dan kelembaban tanah tetap terjaga, tanaman tomat tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, tanaman tomat menghendaki ada penyinaran yang cukup agar dapat menghasilkan karbohidrat sehingga bunga dan buahnya banyak.

Sudahkah Andamenanam tomat di polybag sesuai dengan kondisi tumbuhnya" Apakah tanaman tomat mendapat cahaya matahari yang cukup minimal 6 jam, terutama matahari pagi? Atau sudah cukupkah unsur hara dengan memberi pupuk tanaman tomat yang sesuai jenis, dosis dan waktunya?

Baiklah, ayo kita mulai dengan lembaran baru untuk menumbuhkan atau menanam tomat di polybag atau pot. Sebab, menggunakan mengetahui tip/cara menanam tomat di polybag, maka tanaman akan tumbuh fertile mulai masa vegetatif sampai memasuki fase generatif (masa berbuah).

Tahapan budidaya tomat di polybag

Ada beberapa tahapan yang perlu menerima perhatian ketika memulai budidaya tomat pada polybag. Tahapan menanam tomat yang dimaksud adalah mulai pembibitan, pengolahan tanah/media tanam, penanaman, pemeliharaan, pengendalian hama & penyakit & hingga menggunakan tahapan panen. Secara generik, kita melihat tahapan-tahapan ini hampir sama dengan cara menanam tomat di huma yang luas.

Tetapi, yang namanya menanam tomat dalam wadah terbatas, perlakuannya permanen terdapat yang tidak sama. Menanam tomat pada polybag tidak perlu bedengan, tetapi perlu meracik media tanam buat dimasukkan dalam polybag .

Demikian jua menggunakan jeda tanam tomat, tomat di polybag sanggup kita atur sesuai menggunakan keterbatasan loka yg terdapat. Jadi, ada disparitas-disparitas eksklusif antara budidaya tomat pada kebun/sawah menggunakan teknik tanam tomat di pot atau polybag.

Menanam Tomat di Polybag perlu menyiapkan benih dan penyemaiannya

Benih tomat yg akan dijadikan bibit buat menanam tomat di polybag tentu harus didapat dari induk yg sehat & bebas penyakit. Benih juga bisa diperoleh dengan cara membeli pada toko pertanian.

Siapkan benih tomat

Serius mau menanam tomat? Belilah benih tomat varietas unggul. Tapi, harap diperhatikan bungkus benih seperti tanggal kadaluarsa, biar produksi, & daya tumbuh. Intinya, belilah benih pada kemasan yang legal dan terjamin mutunya.

Kebutuhan benih tomat buat ditanam pada polybag disesuaikan menggunakan jumlah polybag atau pot. Tiap-tiap polybag akan ditanam nantinya menggunakan satu bibit tomat.

Jadi, jika daya tumbuh benih tomat 90%, maka kebutuhan benih harus ditambah 10% lagi menurut jumlah polybag yg telah disiapkan. Kalau kebutuhan benih tomat buat tanam pada lahan biasanya 100 ? 150 gram per hektar.

Perlakuan benih tomat sebelum semai

Bagaimana cara semai benih tomat biar cepat tumbuh? Sebelum disemai, benih tomat direndam terlebih dahulu dalam air hangat selama 30 menit sampai 1 jam. Kemudian pisahkan benih yang mengambang dan yang tenggelam. Ambil benih tomat yang tenggelam saja. Lalu semai di tempat persemaian.Ups,,,tunggu dulu. Kita buat media persemaian dulu seperti di bawah ini.

Menyiapkan media/wadah semai benih tomat

Sebaiknya, benih tomat yang akan ditanam dalam polybag disemai terlebih dahulu. Tempat persemaian benih tomat banyak pilihannya seperti bedengan, kotak kayu, polybag besar, polybag kecil, gelas air mineral bekas, planter bag, dan lainnya. Kita pilih contoh wadah semai benih dalampostingan cara menanam tomat di polybag dua saja, yaitu kotak kayu dan gelas air mineral bekas.

Pilihanpertama menyemai benih dalamkotak kayu ukuran 20 cm x 20 cm x 20 cm. Campurkan tanah dan pupuk kandang 1:1 dan aduk secara merata. Masukkan campuran media semai tersebut ke dalam kotak kayu sampai ketinggian 3/4 saja. Siram sampai lembab media semai tersebut. Selanjutnya, sebar benih secara jarang 3-5 cm jarak tiap benih. Tutup dengan tanah tipis saja di atasnya. Dan tutup lagi dengan daun pisang atau daun kelapa atau kertas koran. Dalam waktu 3-4 hari benih tomat sudah mulai berkecambah.

Pilihankedua menyemai benih dalamgelas air mineral bekas. Masukkan media semai campuran tanah dan pupuk kandang sampai ¾ gelas dan siram. Masukkan satu benih tomat tiap gelas tepat di tengahnya dengan kedalaman 3 mm. Tutup dengan tanah secara tipis saja.

Setelah tumbuh bibit tomat tumbuh daun 4-5 helai atau dalam ketika 30 hari sesudah semai, bibit tomat telah bisa ditanam dalam polybag atau pot besar .

Ukuran polybag/pot buat menanam tomat

Pilihlah polybag atau pot yg ukurannya agak akbar buat bercocok tanam tomat. Ini agar dapat menampung media tanam, nutrisi yg optimal, dan berkembangnya akar tomat di dalam polybag. Ukuran polybag supaya menghasilkan tomat yang berlimpah dipakai polybag minimal yang berdiameter 30-35 cm. Di samping itu, pastikan polybag buat menanam tomat atau wadah lainnya yang dipakai berkualitas sebagai akibatnya tidak mudah sobek/pecah.

Petunjuk Praktis Cara Menanam Tomat di Polybag Agar Banyak Buahnya

Media tanam tomat di polybag

Menanam tomat pada polybag harus dipersiapkan media tanam yang berkualitas. Media tanam tomat pada polybag wajib tersedia unsur hara, gembur, poros, & drainase yang lancar.

Oleh karena itu, ramulah media tanam tomat terdiri berdasarkan tanah gembur, pupuk kompos, & arang sekam menggunakan perbandingan 2:1;1 dan tambahkan NPK 16:16:16 yg sudah dihaluskan sebanyak dua gr per polybag/pot. Aduk sampai merata. Terakhir, tambahkan media tanam tersebut ke dalam polybag atau pot setengahnya saja.

Setengahnya lagi akan dibubuhi secara sedikit demi sedikit nantinya mengikuti pertumbuhan tumbuhan tomat di polybag (lihat di pemupukan di bawah). Oh, iya, abaikan media tanam yg telah diisi pada polybag atau pot selama seminggu sebelum tanam agar media tanam lebih kompak.

Menanam tomat pada polybag

Cara menanam tomat di polybag atau cara memindahkan bibit tomat ke media tanam dalam polybag sangat gampang. Jika bibit berdasarkan media semai kotak kayu, cungkil bibit. Usahakan bibit yang dicungkil ada tanah yang inheren beserta akarnya. Jika bibit dari media semai gelas air mineral bekas, keluarkan bibit bersama media semainya, hati-hati jangan rusak media semai menggunakan perakaran.

Selanjutnya, buat lubang tanam sempurna pada tengah media tanam pada polybag. Masukkan bibit tomat secara perlahan-lahan ke dalam lubang & tutup dengan tanah. Padatkan media tumbuh di sekelilingnya supaya bibit tomat nir goyah. Kemudian bibit tomat yg sudah ditanam di polybag jangan lupa disiram secukupnya. Tempatkan polybag atau pot pada area yg terkena sinar surya.

Pemeliharaan tomat pada polybag

Agar tanaman tomat di polybag tumbuh subur & memberikan hasil yg melimpah atau berbuah banyak, pemeliharaan tanaman tomat pada polybag mesti dilakukan. Siram flora tomat secara teratur. Sambil menyiram, perhatikan mana bibit yang nir tumbuh. Tanaman tomat yg nir tumbuh sehabis 7 hari tanam, segera disulam dengan bibit lain. Makanya, sebaiknya bibit buat penyulaman harus tersedia atau ada stok bibit.

Walaupun menanam tomat pada media polybag, lakukan penyiangan jika tumbuh gulma supaya tidak terjadi perebutan nutrisi flora tomat menggunakan rumput-rumput pada sekitarnya. Ini galat satu perhatian yg wajib dilakukan supaya tomat tumbuh sehat, daun-daun hijau, dan buahnya poly dan akbar-akbar.

Tunas-tunas air atau tunas liar & tidak produktif supaya dilakukan perempelan tunas. Kegiatan perompesan tunas tomat telah wajib dilakukan sejak tanaman tomat telah mulai tumbuh tunas di ketiak daunnya. Lakukan perempelan tunas sampai beberapa kali. Tinggalkan dua-3 cabang primer saja.

Selanjutnya adalah pemasangan ajir. Meskipun menanam tomat di polybag, pemasangan ajir tetap diperlukan. Sebab, tanaman tomat tumbuhnya tinggi sampai 1 meter lebih dan buahnya yang berat.  Dengan adanya ajir, maka akan dapat menyangga atau menopang tanaman tomat. Ajir bisa menggunakan bambu dengan ketinggiannya 1,5 meter atau lebih sesuai dengan ketinggian tanaman tomat. Ikat tanaman tomat dan ajir secara longgar agar batang tomat dapat tumbuh tanpa terganggu.

Satu hal lagi yg sangat memilih produktivitas tanaman tomat pada polybag merupakan pemupukan. Pemupukan wajib diberikan pada ketika, jenis dan dosis yg tepat. Kita bahas pupuk secara khusus di bawah ini.

Pemupukan tomat pada polybag

Tips pemupukan tomat yang ditanam dalam polybag tidak sinkron dengan yang ditanam pada lahan. Pupuk yg diaplikasikan buat tomat dalam polybag bisa pupuk organik saja dan boleh juga kombinasi. Penulis memakai cara pemupukan tomat dengan kombinasi pupuk kompos tanah gembur NPK.

Pada umur tomat pada pot atau pada polybag 15 hari setelah tanam, berikan pupuk NPK 16:16:16 sebesar 2,5 gr per flora tomat. Tempatkan pupuk NPK pada sekeliling pangkal tumbuhan dengan jarak 10 cm dari btg. Kemudian tutup menggunakan campuran pupuk kompos dan tanah gembur (top soil) menggunakan perbandingan dua:1.

Lantaran penambahan media tumbuh tomat pada polybag secara sedikit demi sedikit, maka pada tahap pertama ini campuran tanah & kompos ditambah hingga ketinggian tiga/4 tinggi polybag.

Pemupukan tomat pada polybag selanjutnya dilakukan pada umur tomat 30 hari setelah tanam (HST). Dosis pupuk NPK diberikan sebanyak 5 gram per polybag/pot. Caranya sama dengan cara pemupukan pada tahap pertama yang diikuti dengan penambahan campuran tanah dan kompos.

Walaupun demikian, altenatif lain pemupukan tomat di polybag mampu juga menggunakan pengocoran. Dosis dan waktunya tetap sama dan diikuti menggunakan pembumbunan menggunakan campuran tanah & kompos.

Pada umur tumbuhan tomat pada polybag sudah memasuki fase generatif atau dalam usia 45 hari, berikan pupuk organik cair (POC) yang mengandung unsur hara N, P, K & unsur mikro dan mikroorganisme. Siram sesuai dengan dosis anjuran.

Pengendalian hama & penyakit tomat di polybag

Secara generik, hampir nir terdapat serangan hama & penyakit dalam flora tomat yg dibudidaya pada polybag di perkarangan tempat tinggal . Apalagi, kebersihan media tumbuh & lingkungan yg bersih berdasarkan semak-semak, maka tumbuhan tomat pada polybag kondusif dari agresi organisme pengganggu tanaman (OPT) seperti serangga dan penyakit lainnya.

Baca pula ini :

  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Air Kelapa dan Cara Applikasi
  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya

Biarpun demikian, bila ada hama & penyakit yg mengganggu flora tomat di polybag, lakukan tindakan cerdas, yaitu kendalikan menggunakan cara mekanis dan menggunakan pestisida organik agar butir tomat kondusif dikonsumsi dan tidak mencemarkan lingkungan.

Panen tomat pada polybag

Tanaman tomat yang dikembangkan pada polybag atau pot telah bisa dipanen mulai usia dua bulan atau lebih sedikit. Waktu ini sangat ditentukan pada tepat tidaknya mengikuti mekanisme atau petunjuk praktis menanam tomat di polybag.

Tanda-indikasi butir tomat sudah bisa dipanen apabila telah terlihat perubahan rona menurut hijau menjadi kuning kemerahan atau lebih kurang 30% sudah matang. Cara panen tomat sangat gampang, yaitu dengan memetiknya. Demikian cara menanam tomat pada polybag atau pot.Supaya tumbuh fertile & poly buahnya.

Begitulah cara menanam tomat, khususnya, menanam tomat di polybag. Dengan cara semai biji tomat yg benar dan diikuti dengan perawatan yang baik, maka tanaman tomat Insya Allah akan berbuah poly.

0 Response to "Petunjuk Praktis Cara Menanam Tomat di Polybag Agar Banyak Buahnya | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel