Langkah Berkebun Belimbing Madu Yang Sangat Gampang

Belimbing madu jadi salah satunya komoditas buah tropis yang sangat disukai. Di Eropa sendiri buah ini diketahui dengan nama Star Fruits. Karena bentuk buah waktu dipotomg mirip bintang. Buah ini mempunyai perasaan ciri khas buah tropis yang beri kesegaran.

Menjadi salah satunya sumber vitamim C tentunya buah ini begitu berguna untuk dikonsumsi serta mempunyai faedah yang besar buat kesehatan badan sebagaiman langkah budidaya pepaya jingga .



Salah satunya type belimbing yang disukai untuk dikonsumsi adalah type belimbing madu. Di Ondonesia sendiri sentral budidaya belimbing madu terdapat diwilayah Demak Jawa Tengah. Belimbing madu mempunyai ukuran buah yang besar sekaligus juga rasa-rasanya relatif manis hingga banyak disukai oleh beberapa peminat buah seperti pun langkah budidaya pepaya california. Lihat jumlahnya peminat sekaligus juga keinginan akan buah ini. Jadi tentu saja buka kesempatan untuk lakukan budidaya belimbing madu.

Kekuatan budidaya belimbing madu di Indonesia sendiri pun cukuplah pas. Karena tentu saja dengan eilayah serta tempat tanah yang subur maka begitu pas untuk mulai membudidayakan usaha ini seperti langkah menaman pepaya . Anda dapat juga menanamnya menjadi tanaman buah, hingga tentunya anda dapat nikmati manisnya belimbing waktu tiap-tiap tahun di waktu berbuahnya. Akan tetapi, bila anda mempunyai tempat yang luas jadi pasti akan begitu baik bila diawali dengan meningkatkan usaha ini. Untuk dapat mengawalinya jadi baca 7 langkah budidaya belimbing madu termudah di bawah ini.



Baca juga :



1. Mengerti Karakter Tanaman Belimbing Madu


Step awal dalam budidaya adalah yang pertama mesti mengerti karakter tanaman seperti langkah menjaga pohon pisang . Bagaimana prasyarat tumbuj serta tempat yang pas. Karena bila tidak ada kecocokan dengan tempat tumbuh jadi tentunya tanaman tidak akan tumbuh dengan prima. Karena itu, banyak hal yang harus dilihat ialah seperti berikut :


  • Tempat mesti mempunyai curah hujan yang rendah, karena curah hujan yang tinggi akan membuat bunga tanaman gampang gugur.
  • Tanam dalam tempat di terbuka dengan penyinaran marahari yang cukuplah.
  • Intensitas sinar minimum 45-50%.
  • Akan tetapi, pun cukuplah.toleransi pada tempat yang teduh.
  • Suhu serta kelembapan masuk dalam type A (sangat basah), B (cukup basah), C (basah).
  • Dengan 6-12 bulan basah, dengan 0-6 kering.
  • Akan tetapi, yang sangat baik yaitu dengan 7,5 bulan basah serta 4,5 bulan kering.
  • Untuk alat tanam atau tanah usahakan tanah mesti gembur, subur serta kaya bahan organik.
  • Mempunyai drainase serta aerasi yang baik.
  • Derajat keasaman tanah sekitar pada 5,5-7,5 .
  • Kandungan air dalam tanah mempunyai kedalaman 50-200 mtr. dibawah permukaan tanah.
  • Ketinggian tempat yang pas untuk tanaman belimbing dari dataran rendah s/d 500 mtr. di atas permukaan laut.

2. Persiapan Pembibitan


Dalam budidaya belimbing madu jadi dianjurkan untuk lakukan perbanyakan lewat skema perbanyakan vegetatif sama dengan langkah budidaya jintan hitam. Yaitu dengan cara okulasi, cangkok, serta susuan. Tidak disarankan lakukan pembibitan dari biji, karena akhirnya akan mempunyai keturunan yang berlainan dari karakter induknya. Akan tetapi, persiapan bibit lewat biji cuma akan digunakan menjadi batang bawah saja. Sedang, untuk bibit yang akan dipakai dalam budidaya adalah bibit yang datang dari perbanyakan vegetatif.

Ada banyak langkah dalam budidaya belimbing madu yaitu dengan menanam langsung bibit yang datang dari perbanyakan vegetatif. Atau anda dapat juga menyiapkan bibit sendiri. Akan tetapi, tentunya perihal ini membutukan waktu yang telatif lebih lama. Di mana anda mesti menyemai serta menyiapkan batang bawah terlebih dulu. Baru lalu lakukan perbanyakan vegatati pada bata bawah serta sesudahnya baru bisa lakukan budidaya. Walau demikian anda akan dapat mempunyai keuntungan yaitu dapat menghasilkan bibit dalam jumlahnya besar serta dengan modal yang hanya terbatas.

3. Penentuan Bibit Belimbing Madu



Untuk memudahkan proses jadi dalam budidaya ini anda dapat beli bibit okulasi atau cangkok yang sudah banyak dijual di market. Untuk benih unggul anda mesti pilih tanaman dengan persyaratan di bawah ini :


  • Tinggi tanaman mesti sampai 50-100 cm waktu akan di tanam.
  • Bibit mempunyai asal mula.yang pasti yaitu di mana type belimbing untuk bayang atas serta bawa serta betul-betul belimbing madu.
  • Tanaman dalam keadaan sehat serta tidak terserang hama serta penyakit.
  • Diluar itu, tanaman pun utuh serta tidak dalam keadaan cacat.
  • Daun berwarna hijau mengkilap serta batang berwarna cokelat.
  • Akar tanaman tidak keluar dari polibag.

Itu langkah budidaya belimbing madu.

4. Persiapan Tempat Tanam


Sesudah bibit siap jadi anda langsung bisa menyiapkan tempat tanam seperti langkah budidaya madu klanceng . Baiknya tempat tanam sudah di proses satu s/d dua minggu sebelum benih di tanam. Tingkatan dalam mempersiapkan tempat tanam diantaranya seperti berikut :


  • Gemburkan tempat tempat yang akan ditanaman bibit belimbing madu.
  • Cangkul semua bagiam tempat tempat.
  • Lalu buat lubang tanam sedalam 50 cm dengan panjang serta lebar 50×50 cm.
  • Imbuhkan pupuk kandang organik 5 kg untuk tiap-tiap lubang tanam.
  • Jarak antar tanaman atau lubang tanam pada 50 cm s/d 1 mtr..
  • Bergantung dengan luas tempat yang anda punya, bila tempat sempit jadi jarak tanaman dirapatkan di tempat luas jadi tempat tanam lebih luas.
  • Sesudah itu, biarlah sampai lubang saat satu minggu, baru lalu siap dii tanami.

5. Penanaman Bibit Ke Tempat Tanam


Sesudah bibit serta tempat tanam siap jadi langkah setelah itu adalah lakukan penanaman bibit ke tempat seperti langkah budidaya rambutan . Semestinya pilih waktu tanam yaitu saat pagi jari di mana waktu cuaca tidak demikian terik atau panas. Penanaman dilakukam lewat cara tersebut :


  • Sebelum ditanam bibit semestinya disiram.terlebih dulu.
  • Lalu bawa binit kelahan tanam serta pilih binit yang betul-betul siap ditanam
  • Pertama pisahkan plastik polibag dari sisi basic atau akan tanaman.
  • Biarlah akar serta tanah turut di tanam.
  • Buang plastik dengan berhati-hati supaya tidak mengakibatkan kerusakan tanaman.
  • Sesudah itu, berikan bibit dalam lubang tanam.
  • Posisikan tanaman tegak.lurus pada lubang tanam.
  • Sesudah itu, tutup kembali lubang tanam dengan memakai tanah sampai padat serta rata.
  • Beri ajir serta ikatkan di bagian batang bibit supaya tanaman kuat serta tidak gampang rebah.
  • Step setelah itu diteruskan dengan perawatan serta pemeliharaan sampai belimbing madu bisa membuahkan buah untuk dipanen.

6. Pemeliharaan serta Perawatan Tanaman


Dalam tingkatan ini adalah tingkatan yang penting karena akan memastikan kesuksesan dalam budidaya sebagiaman dalam langkah menanam mangga apel dalam pot. Pemeliharaan serta perawatan pada tanaman belimbing madu mencakup beberapa segi yaitu :

Pengairan

Pengairan atau penyiraman dikerjakan sehari-hari. Terpenting saat waktu awal tanam. Penyiraman dikerjakan menggunala air bersih serta dikasihkan minimum sekitar 1x dalam satu hari. Saat tanaman mulai dewasa jadi anda tak perlu lakukan penyiraman terkecuali waktu keadaan cuaca betul-betul kering. Anda cukuplah lakukan penyiraman optimal tiap-tiap 1 minggu sekali.

Pemupukan

Pemupukan awal dikerjakan waktu tanaman berusia tiga bulan sesudah tanam. Pupuk yang dikasihkan ialah pupuk dengan unsur N P serta K ( Nitrogen, Posfir serta Kalsium) . Untuk dosisnya sendiri ialah 100 gr urea, 100 gr SP-36 serta 100 gr KCL untuk tanaman yanh berusia setahun. Waktu tanaman masuk umur dua tahun jadi dosis pupuk ditingkatkan jadi 150 gr urea, 100 gr SP-36 serta 150 gr KCL. Pada tahun ke-3 serta ke empat dosis pupuk pun bertambah 50 gr untuk tiap-tiap tahunnya. Sesudah melalui tahun ke empat serta di atas tahun ke lima jadi dosis pemberian dikit betkurang jadi 75 gr urea serta 150 gr SP-36. Dosis berlakuk untuk satu tanaman serta pemberian dikerjakan lewat cara disebar pada jarak 10-100 cm jarak dari batang.

Penyiangan

Penyiangan dikerjakan lewat cara bersihkan rumput di sekitar tanaman. Triknya yaitu dengan mencabut rumput atau membersihkannya dengan memakai alat. Penyiangan dikerjakan minimum tiap-tiap 1-2 minggu sekali. Janganlah membuarkan tempat dipenuhi gulma atau rumput. Tidak hanya menganggu perkembangan tanaman jadi hal itu akan menyebabkan serangan hama serta penyakit.

Penanggulangan Hama serta Penyakit (HPT)

Untuk penanggulangan HPT anda bisa mengerjakannya dengan mencegah yaitu menuemprotkan larutan pestosida atau fungisida dengan dosia yang sesuai.penemprotan semestinya dikerjakan tiap-tiap 3 bulan sekali. Atau bila anda temukan tanaman yang sudah terinfeksi hama atau penyakit jadi semestinya langsung didepak saja.



Penjarangan Buah

Penjarangan buah dikerjakan saat tanam sudah mulai membuahkan buah. Perihal ini dikerjakan supaya buah yang dibuat lebih berkualitas. Yaitu buah mempunyai ukuran yang besar serta tentunya merupakam standard ukuran dipasaran. Penjarangan buah pun berperan buang buah yang memiliki ukuran tidak prima serta tidak sehat. Sisakam minimum 3-4 buah pada sebuah tandan.

7. Panen Belimbing Madu


Panen pertaman akan diawali saat tanaman memasukin usia 4-5 tahun. Perihal.ini tergantung pada varietas dan pun keadaan daerah serta tanah sama dengan langkah menanam jambu bol dari biji . Panen pun diyakinkan bisa dikerjakan di hari ke 65-90 hari sesudah tanaman berbunga serta mekar. Atau 35-60 hari sesudah pembungkusan buah.

Ciri buah yang siap dipanen ialah buah yang sudah mempunyai ukuran optimal serta mempunyai warna kekuningan. Petik buah yang sudah mempunyai kriterua itu, janganlah lepasakn pembungkusnya serta taruh di tempat yang sejuk utuk mengawasi kesegarannya.

0 Response to "Langkah Berkebun Belimbing Madu Yang Sangat Gampang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel