Ini Dia Durian Matahari Bogor Yang Lagi Ngetrend


Durian ini disebut sebagai Durian Matahari karena warnanya yang kuning seperti warna matahari dalam imajinasi anak-anak. Sebagai kota botani, Bogor merupakan kota yang tempat pembudidayaan durian varietas ini.  Durian matahari ini merupakan salahsatu durian lokal yang memiliki sertifikat resmi dari BPSB sebagai durian unggulan.

Rasanya yang manis dan warnanya yang menawan membuat para pecinta durian "terkagum - kagum" dengan durian ini.  Durian ini memiliki ciri fisik biji yang kecil  atau hampir "tidak memiliki biji". Tekstur daging buah nya benar-benar lembut dengan sedikit air.  Aroma dari durian ini tidak begitu tajam, tidak seperti duren biasa nya. Dengan keunggulan ini durian matahari cocok untuk menjamu wisatawan eropa yang tidak begitu menyukai aroma tajam.


Durian matahari ini juga mudah untuk di budidayakan. Tanaman durian dapat tumbuh di dataran rendah atau tinggi,  Apabila ditanam pada ketinggian 50-600M diatas permukaan air laut, tanaman ini bisa tumbuh optimal. Tanaman ini menyukai daerah yang beriklim basah atau tempat-tempat yang banyak turun hujan. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhannya yaitu tanah yang lembap, subur, gembur, tak bercadas, dan kedalaman air tanahnya tidak lebih dari 1 m dan PH tanah 6-7.

Pohon dari durian ini demikian tahan dari hama / penyakit yang sering menyerang tumbuhan. Pohon durian ini benar-benar produktif dalam menghasikan buah. Dalam tempo 5 sampai 6 tahun saja pohon ini dapat menghasikan buah banyak. Sampai usia nya 20 tahun pohon ini juga masih demikian produktif. Biasa nya satu pohon durian matahari dapat menghasilkan 50-200 / tahun nya. Dan harga durian ini kenyataannya cukup dicapai yaitu rata-rata 30.000 sampai 50.000 per Kg nya.

Budidaya dan Memasarkan



Penanaman dan Pemupukan


Tanah merupakan faktor penting dalam budidaya pertanian. Selain sebagai media tanam, tanah juga berfungsi untuk menyediakan unsur-unsur hara pendukung pertumbuhan tanaman. Karena itu untuk mendukung keberhasilan usahatani penting kita ketahui kondisi tanah, apakah terlalu asam, netral atau basa. Kondisi tanah yang ideal untuk budidaya adalah pada pH netral (6-7).

Sebelum melakukan pemupukan pada tanaman durian sebaiknya melihat terlebih dahulu keadaan tanah, kebutuhan tanaman akan pupuk, unsure hara yang terkandung didalam tanah tempat durian tersebut tumbuh. Pengetahuan tentang kondisi tanah ini penting agar kita mengetahui dosis dan jenis pupuk yang akan digunakan. Jenis pupuk yang digunakan untuk memupuk durian diantaranya, pupuk kandang, kompos, pupuk hijau serta pupuk buatan.

Tanaman durian yang telah berumur 3 tahun biasanya mulai membentuk batang dan tajuk. Setelah itu, setiap tahun durian membutuhkan tambahan 20–25% pupuk NPK dari dosis sebelumnya. Apabila pada tahun ke-3, durian diberi pupuk 500 gram NPK per pohon maka pada tahun ke-4 dosisnya menjadi 600-625 gram NPK per pohon. Kebutuhan pupuk kandang juga meningkat, berkisar antara 120-200 kg/pohon menjelang berbunga durian membutuhkan NPK 10:30:10. Pupuk ini ditebarkan pada saat tanaman selesai membentuk tunas baru (menjelang tanaman akan berbunga).

Pemangkasan

Kesehatan tanaman secara keseluruhan juga sangat dipengaruhi oleh bentuk tanamannya. Banyak dahan dan ranting yang tumbuh tidak teratur dan bersilangan di bagian tengah tanaman dengan daun-daun yang umumnya tidak terkena sinar matahari secara langsung.

 Daun-daun yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, lebih bersifat parasit bagi tanaman secara keseluruhan karena tidak melakukan proses fotosintesis namun tetap mendapatkan fotosintat (hasil fotosintesis) dari daun-daun di bagian terluar yang terkena sinar matahari langsung. Itu sebabnya, banyak tanaman yang secara keseluruhan tumbuh dengan lebat, daunnya rimbun dengan warna daun yang hijau pekat, namun teramat sangat jarang memunculkan bunga/buah.

Sukses Memasarkan Durian Matahari

Ketika berbicara tentang pertanian dan makanan, Roxi Beck - wakil presiden di Look East, Beck, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pertanian dan makanan mengatakan bahwa mengikuti insting Anda penuh dengan risiko. Membanjiri konsumen dengan outlet informasi tidak akan mengubah pikiran mereka. Hanya fakta yang akan menggerakkan segalanya. Sebuah kenyataan bahwa konsumen akan menganggap durian tersebut layak mereka beli jika mereka telah mencicipinya. Mereka tidak serta merta percaya pada informasi yang diberikan penjual. Mereka tidak mau ditipu dengan warna buah dan keterangan bahwa durian tersebut manis. Mereka betul betul yakin jika mereka telah mencicipinya.

Pemikiran akan otlet durian barang kali masih baru. Namun menurut pandangan saya hal ini perlu untuk mempertahankan konsumen. Jika konsumen telah punya pengalaman manis dengan mencicipi durian Anda, maka mereka bisa menjadi pelanggan setia Anda. Namun apabila mereka merasakan kehambaran rasa durian Anda, maka mereka akan memilih pindah ke lain penjual dan segera meninggalkan Anda.

Durian kupas barangkalai merupakan solusi dari masalah ini. Sebab tampilan durian yang baik belum tentu manis juga daging buahnya. Durian kupas akan lebih menjamin rasa, meskipun rasa penasaran akan hilang. Otlet durian dengan menjual buah sekaligus bisa di kupas dan dicicipi ditempat barangkali bisa menghadirkan kepastian rasa sekaligus tidak menghilangkan penasaran pelanggan.

0 Response to "Ini Dia Durian Matahari Bogor Yang Lagi Ngetrend"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel