1 Sendok Pupuk Berapa Gram? Begini Cara Mengetahuinya | Kebunku

1 Sendok Pupuk Berapa Gram? -- Untuk memudahkan dalam aplikasi pupuk, terutama pupuk berbentuk kristal atau granular, maka petani sering sekali menggunakan alat takar berupa sendok teh (sdt) atau sendok makan (sdm). Misalnya dalam aplikasi pupuk NPK untuk tanaman cabe, mereka sudah terbiasa memprediksi dan tau ukuran berat 1 sendok makan pupuk NPK berapa gram.

1 Sendok Pupuk Berapa Gram? Begini Cara Mengetahuinya
1 sendok makan pupuk NPK

Tetapi, bagi yg belum pernah menggunakannya, niscaya bertanya kira-kira berukuran berat 1 sendok pupuk berapa gr? Atau berapa gr 1 sdm atau sendok teh pupuk?

Mudahnya menakar berat pupuk menggunakan sendok

Untuk merogoh & mengukur pupuk dengan mudah & cepat, maka pilihannya memakai takaran 1 sdm atau 1 sendok teh. Sebab, ketika dikonversikan volume 1 sdm pupuk setara menggunakan berat pupuk yang ingin diaplikasikan buat flora.

Tetapi, sebelum menggunakan sendok sebagai indera takar buat mengambil pupuk, Anda perlu tau 1 sendok pupuk berapa gr. Misalnya, berapa gr 1 sdm pupuk NPK, Gandasil D dan B, urea, & jenis pupuk lainnya. Apakah 2 gr, 4 gram, 5 gr atau berapa gr yang sebenarnya berdasarkan masing-masing pupuk tersebut apabila diukur menggunakan 1 sdm atau sdt.

BACA jua : Cara Aplikasi Pupuk Daun Gandasil D & B yg Tepat agar Cepat Diserap Tanaman

Untuk menjawab ukuran berat pupuk apabila diukur menggunakan sendok takar berupa sendok teh atau sdm, perlu kita tau terlebih dulu volume menurut masing-masing sendok takar tadi.

1 Sendok Pupuk Berapa Gram? Begini Cara Mengetahuinya
Ilustrasi sendok takar. Gambar : pixabay.Com

Jika diukur dengan bahan cairan atau padatan, maka volume 1 sendok teh (teaspoon) adalah 5 ml (cm3). Sedangkan volume 1 sendok makan (tablespoon) adalah 15 ml (cm3).

Sebagai catatan konversi volume :

1 liter = 1000 cm3 (centimeter kubik)

1 cm3 = 1 ml (milli liter)

Ibu-mak tempat tinggal tangga sering sekali memakai sendok teh atau sdm buat mengukur berat menurut bahan-bahan buat membuat kudapan manis seperti gula, tepung, garam, minyak makan, dan lain sebagainya.

Bukan hanya bunda-ibu rumah tangga, kita sebagai petani, penggunaan alat takar pupuk berupa sdt cukup membantu & memudahkan dalam aplikasi pupuk buat tanaman . Dengan alat ukur berupa sendok takar, kita nir perlu repot-repot menimbang berat pupuk dalam satuan gram misalnya 1 gram, dua gr, lima gr, dan seterusnya.

Bulk density pupuk berbeda dengan zat lainnya

Akan tetapi, perlu dipahami bahwa ukuran berat tiap bahan sangat berbeda jika diukur dengan sendok teh termasuk pupuk. Sebab, masing-masing bahan berbeda kerapatan massanya atau lebih dikenal dengan bulk density. Bulk density ini merupakan ukuran berat dari suatu zat/bahan per vulume bahan termasuk pori-porinya.

Kalau dalam formula matematis ditulis seperti ini :

  • ρ = m/v
  • ρ = bulk density (gram/cm3)
  • m = berat bahan atau zat (gram)
  • v = volume bahan termasuk pori-porinya (cm3)

Bulk density tepung, gula, garam, dan lainnya berbeda dengan bulk density dari pupuk. Dan setiap jenis pupuk pun berbeda-beda densitasnya.

Dengan demikian, ini menunjukkan bahwa meskipun vulume 1 sendok makan setiap bahan sama, namun akan sangat berbeda ketika dikonversikan ke dalam ukuran berat dari masing-masing bahan. Dengan kata lain, kita sebetulnya tidak boleh menyamakan berat pupuk dengan berat bahan lain jika diukur dengan sendok teh atau sendok makan. Sebab, bulk density pupuk berbeda dengan bulk density bahan lainnya.

Cara mengetahui berat 1 sendok makan pupuk

Ada 2 cara cari tau berat 1 sendok pupuk berapa gram, baik memakai sendok makan atau sendok teh. Yuk kita lanjut membaca penjelasan berikut adalah.

1. Menggunakan formula matematis buat menghitung berat 1 sendok pupuk

Cara mengetahui berat 1 sendok makan pupuk adalah dengan menghitung menggunakan rumus matematis seperti yg tadi pada atas. Cara ini termasuk seksama hasilnya. Hanya saja kita harus mengetahui densitas dari setiap jenis pupuk

Sebagai contoh, kita ingin mengukur berat 1 sdt pupuk urea granular berapa gram?

Asumsi saja nih, misalnya diketahui bulk density dari pupuk urea butiran (granular) sebesar 0,82 gram/ml dan volume sendok teh adalah 5 ml.

Maka menggunakan memakai rumus matematis di atas bisa dengan gampang kita mengetahui berat 1 sendok teh pupuk urea granular tersebut. Caranya begini.

Diketahui : ? = 0,82 gram/mililiter ; V sdt = lima ml

  • Maka, ρ = m/V atau m = ρ x V
  • m = 0,82 gram/ml x 5 ml
  • m = 4,1 gram

Jadi, ukuran berat 1 sendok teh pupuk urea granular merupakan 4,1 gram.

Kalau menggunakan sendok makan, lain lagi beratnya. Berapa berat 1 sendok makan pupuk urea granular dengan asumsi bulk density sama seperti tersebut di atas?

Jawabannya begini.

Diketahui : ? = 0,82 gram/ml ; V sdt = 15 mililiter

  • Maka, m = ρ x V
  • m = 0,82 gram/ml x 15 ml
  • m = 12,3 gram

Jadi, berukuran berat 1 sendok makan pupuk urea granular merupakan 12,3 gram.

Contoh lainnya, 1 sdm pupuk TSP berapa gram?

Asumsi, misalnya bulk density dari pupuk TSP kira-kira 0,95 gram/ml

  • Maka, m = ρ x V
  • m = 0,95 gram/ml x 15 ml
  • m = 14,25 gram

Jadi, berukuran berat 1 sendok makan pupuk TSP merupakan 14,25 gr.

Demikian cara menghitung berat 1 sendok teh atau sendok makan setiap jenis pupuk. Dengan catatan, kita perlu mengetahui terlebih dulu bulk density dari masing-masing pupuk yang akan kita ukur.

Sayangnya, masih cukup sulit kita menemukan bulk density tertera pada kemasannya. Karena tidak tersedianya informasi densitas dari pupuk, maka penghitungan berat pupuk secara matematis sulit dilakukan. Namun, kalau Anda tau bulk density dari pupuk, silakan gunakan rumus tersebut.

Dua. Memakai timbangan digital untuk mengukur berat 1 sendok pupuk

1 Sendok Pupuk Berapa Gram? Begini Cara Mengetahuinya
Berat 1 sendok pupuk gandasil B 4,2 gram

Solusi lainnya buat mengetahui berat 1 sendok pupuk berapa gr merupakan menggunakan cara menimbang. Timbangan yg digunakan mesti timbangan digital agar bisa jelas terbaca hasilnya pada satuan gram. Kalau memakai timbangan lainnya, hasilnya kurang akurat.

Caranya, pakai sendok takar berupa sdt atau sdm yang kentara ukuran volumenya. Ambil 1 sendok makan atau 1 sendok teh pupuk NPK atau jenis pupuk lainnya, kemudian timbang. Dan catat beratnya.

Unfortunatelly, tidak semua petani memiliki timbangan digital untuk mengukur berat 1 sendok pupuk. Oleh karena itu, perlu ada cara lain yang dapat membantu petani agar dapat menggunakan sendok makan atau sendok teh untuk menakar berat pupuk yang akan diaplikasikan untuk tanaman.

Gunakan output pengukuran petani yg telah pernah menimbang berat 1 sendok pupuk

Jika ke 2 cara mengukur berat 1 sendok pupuk yg tadi diatas belum dapat dilakukan buat saat ini, maka buat mengetahui berat 1 sendok pupuk berapa gr adalah menggunakan memakai output pengukuran atau pengalaman petani yg sudah pernah menimbang berat 1 sdm atau sendok teh pupuk.

Meskipun hasilnya relatif berbeda-beda antara satu petani menggunakan petani lainnya, namun setidaknya telah sebagai acuan dalam memakai sendok buat dosis berat pupuk.

Berikut ini berat beberapa jenis pupuk yg penulis ukur menurut volume sdt dan sdm.

Pupuk NPK ;

  • 1 sendok makan NPK berapa gr? = /- 10 gr

Gandasil D

  • 1 sendok teh Gandasil D berapa gr? = /- 4,2 gr

Gandasil B

  • 1 sendok teh Gandasil B berapa gr? = /- 4,dua gr
PK MKP Meroke

  • 1 sendok makan pupuk PK MKP Meroke berapa gram? = +/- 14 gram
  • 1 sendok teh pupuk PK MKP Meroke berapa gram? = +/- 4,6 gram

Itulah cara mengetahui berat 1 sendok pupuk berapa gram. Dengan cara menghitung, menimbang, atau menggunakan hasil pengukuran petani lain, maka Anda dengan gampang menakar pupuk secara gampang & cepat memakai sendok, baik sdm atau sendok teh.

0 Response to "1 Sendok Pupuk Berapa Gram? Begini Cara Mengetahuinya | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel