8 Langkah Memperbanyak EM4 Sendiri ; Praktis dan Murah-Meriah | Kebunku

Cara Memperbanyak EM4 – Membiakkan atau memperbanyak EM4 sendiri merupakan salah satu cara untuk menghemat biaya dalam membuat pupuk organik. Tapi, untuk memperbanyak EM4 tidak boleh sembarangan karena resiko gagal cukup tinggi. Karena itulah, artikel ini hadir untuk memberikan langkah-langkah yang memudahkan Sobat dalam memperbanyak EM4.

Bagi yg telah mencicipi manfaat EM4 buat menyuburkan dan menaikkan output tumbuhan akan selalu membutuhkan EM4. Bahkan, mungkin selama ini atau sebelum mengerti cara perbanyakan EM4, setiap kali habis stok EM4 di rumah akan pribadi membelinya lagi.

8 Langkah Memperbanyak EM4 Sendiri ; Praktis dan Murah-Meriah
EM4 buat Tanaman

Satu liter EM4 hanya untuk 50 liter POC

Kita tau bahwa pada 1 liter EM4 hanya dapat digunakan untuk menciptakan 1 ton pupuk organik padat (bokashi padat) atau /- 50 liter bokashi cair (POC). Atau mungkin terlalu tak jarang menyiram lahan atau tanaman eksklusif menggunakan larutan EM4, maka dapat dipastikan EM4 akan habis pada ketika yg singkat.

Sayangnya, harga jual EM4 terbilang relatif mahal. Ini tentu butuh pengeluaran yang tinggi jika ingin produksi pupuk organik lebih dari 1 ton. Sebab, kita maklumi kalau lebih dari 1 ton penguraian bahan organik, kebutuhan EM4 juga lebih dari 1 botol (volume 1 liter).

Perbanyak EM4 agar tidak habis stok di tempat tinggal

Jadi, dengan membiakkan atau memperbanyak sendiri EM4 akan relatif hemat biaya . Selain itu, kita ekonomis tenaga dan saat karena kita tidak wajib bolak-pulang sebentar-sebentar ke toko pertanian hanya buat membeli EM4.

Agar lebih ekonomis porto, irit saat, dan irit energi, maka Sobat mampu perbanyak EM4 sesuka hati, mau 1 liter, 1 botol air mineral, 1 jirigen, atau dalam berukuran volume lainnya agar nir habis stok pada rumah.

Dengan banyak stok EM4 hasil pembiakan sendiri di rumah, maka setiap butuh EM4 untuk memupuk lahan atau membuat pupuk, baik pupuk organik cair maupun padat, tinggal ambil saja EM4 hasil perbanyakan itu, jadi gampang dan serba hemat terutama hemat biaya, ‘kan?

Sebelum pembiakan, EM4 itu apa?

Walau sudah jauh kita melangkah, mungkin masih ada teman-teman yang belum tau apa itu EM4? EM4 merupakan singkatan dari effective microorganisms 4. EM4 ini larutan yang mengandung bakteri selektif dan aktif, yaitu hasil seleksi secara alami dari mikroorganisme fermentasi dan sintetik di dalam tanah.

Bakteri EM4

Dalam EM4 mengandung sejumlah bakteri fermentasi dari genus Lactobacillus, jamur fermentasi Actinomycetes, bakteri fotosintetik, bakteri pelarut fosfat dan ragi.

Jadi, bakteri-bakteri pada EM4 bisa bekerja buat menguraikan atau memfermentasi bahan-bahan organik pada dalam tanah menjadi unsur-unsur organik sebagai akibatnya dapat menaikkan kesuburan tanah dan produktivitas flora.

Kandungan unsur hara EM4

Apakah EM4 mengandung jua unsur-unsur hara pada dalamnya sehingga waktu diaplikasikan dapat menyuburkan flora? Tentu saja terdapat, banyak & lengkap.

Agar tidak meragukan, pada setiap botol kemasan EM4 tercantum sejumlah unsur hara yang terkandung di dalamnya seperti C-organik, nitrogen (N), P2O5, K2O, Al, Ca, Cu, Fe, Mg, Mn, Na, Ni, Zn, B, Cl, dan juga pH.

Jadi, jelas sekali, EM4 bukan hanya menjadi dekomposer yg menguraikan bahan organik, namun juga berfungsi menjadi pupuk yang mengandung sejumlah unsur hara.

Karena EM4 punya peran penting terutama pada menyuburkan tanah, maka EM4 acapkali sekali dipakai menjadi galat satu dekomposer pada produksi pupuk organik baik pada skala kecil (hobi) maupun skala besar (komersial).

BACA JUGA : Membuat Pupuk Organik Cair berdasarkan Sampah Basah menggunakan EM4 & Air Cucian Beras

Baik, selesainya gambaran betapa dasyatnya peran EM4 sudah kita lihat beserta, misalnya menyehatkan tanah, merombak bahan organik, menyuburkan tumbuhan, & mempertinggi produktivitas tanaman , tentu impian buat membeli atau memperbanyak EM4 semakin menggelora dan mungkin tidak menundanya lagi ??

Cara Memperbanyak EM4

Memperbanyak EM4 haruslah menekan biaya yg dikeluarkan. Jangan hingga ingin berhemat, justeru yg terjadi kebalikannya, yaitu porto yg dimuntahkan jadi boros.

Oleh karenanya, pemilihan bahan-bahan buat pembiakan bakteri EM4 mestilah yg relatif murah. Kalau mampu, seluruh bahan-bahan yang dipakai gratis..Ya, kalau ada yg gratis kenapa harus beli? ??

Bahan-bahan memperbanyak EM4

  1. EM4 sebanyak 1 botol (Untuk pertama sekali belilah EM4 yang asli di toko pertanian)
  2. Molase sebanyak 250 ml (Bisa diganti dengan gula merah sebanyak 125 gram gula merah saja)
  3. Terasi sebanyak +/- 250 gram
  4. Air mineral sebanyak 5 liter (hindari pemakaian air sumur atau PAM, baiknya beli saja air mineral atau air galon isi ulang)
  5. Bekatul sebanyak 3 Kg

Alat-indera yg dibutuhkan dalam perbanyakan EM4

  • Kompor (pemanas air)
  • Panci
  • Pengaduk kayu
  • Ember
  • Penyaring dari kain yang halus
  • Botol atau jirigen (untuk menyimpan larutan EM4 yang sudah jadi)

Langkah-langkah dalam memperbanyak EM4

Ada 8 langkah yg amat praktis menciptakan EM4 sebagai lebih poly jumlahnya. Bukan hanya 1 liter, namun lebih dari volume itu bisa diperbanyak. Berikut ini langkah-langkahnya.

8 Langkah Memperbanyak EM4 Sendiri ; Praktis dan Murah-Meriah
Kompor & panci buat mendidihkan air

dan melarutkan terasi, bekatul dan gula merah

untuk perbanyakan  EM4.

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

  1. Masukkan terasi, bekatul dan gula merah ke dalam air mendidih dan aduk-aduk hingga larut semua bahan.
  2. Kemudian matikan api kompor dan biarkan sampai dingin atau sampai suhu kamar biasa
  3. Udah ‘nggak panas lagi ‘kan air larutan tadi?  Nah, sekarang baru masukkan cairan EM4. Jangan lupa diaduk-aduk ya.
  4. Udah diaduk? Sekarang tutup larutan itu rapat-rapat. Biarkan selama 2 hari dalam keadaan tertutup.
  5. Anda buka pada hari ketiga (ke-3) dan aduk-aduk sebentar. Setelah itu jangan tutup rapat lagi. Lakukan hal seperti itu sampai hari ke-10.
  6. Pada hari ke-10, Anda siapkan botol atau jirigen. Usahakan botol/jirigen yang gelap/tidak tembus pandang. Kenapa? Karena Bakteri tidak boleh kena cahaya langsung karena dapat mengganggu kehidupannya.
  7. Saring cairan EM4 yang sudah jadi dan masukkan cairan EM4 itu ke dalam botol/jirigen. Oh ya, jangan terlalu rapat ditutup ya. Dan simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari.
  8. EM4 sudah jadi dan tinggal ambil saja untuk keperluan seperti membuat pupuk organik/kompos atau untuk menyiram tanaman langsung dengan EM4. Yang pasti, ‘Nggak perlu beli lagi EM4,‘kan?

8 Langkah Memperbanyak EM4 Sendiri ; Praktis dan Murah-Meriah

BACA JUGA : Terungkap! Cara Membuat Pupuk Kompos Padat Berkualitas Tinggi menggunakan EM4 & Urine Ternak

Demikian cara memperbanyak EM4 yang simpel sekali dan murah-meriah. Jadi, dengan memahami cara pembiakan EM4 ini, maka EM4 akan selalu mendampingi & menjadi ?Teman? Dalam menyuburkan tanaman , menyehatkan tanah, dan mempertinggi hasil panen.

0 Response to "8 Langkah Memperbanyak EM4 Sendiri ; Praktis dan Murah-Meriah | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel