Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya | Kebunku

Cara Menanam Daun Kari – Pernahkah Sobat melihat tanaman daun kari tumbuh sendiri tanpa ada yang merawatnya? Atau pernahkah melihat bibit daun kari yang “ditanam” burung-burung tumbuh subur? Itulah daun kari. Tanaman yang satu ini, pewangi masakan orang Melayu, memang sangat mudah tumbuh.

Tapi, bagi yg masih terasa ?Asing? Menggunakan daun kari, tentu ingin tau bagaimana sebetulnya menanam daun kari, baik yang ingin menanam pada kebun maupun dalam pot atau pasu. Dari mana memulainya buat menanam supaya gampang, apakah menurut biji atau berdasarkan stek batangnya?

Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya
Tanaman Daun Kari. Gambar : Dokpri

Sebelum menanam daun kari, kenal dulu dengan dari & keuntungannya. Kalau telah agak dekat dengan tanaman daun kari ini, sanggup jadi ingin segera menanamnya. Bukan hanya 1 btg, boleh jadi banyak ??

Asal-muasal daun kari

Kalau dilihat asal mulanya, daun kari atau disebut juga daun salam koja, sebetulnya berasal dari India. Lalu, seiring dengan waktu, tumbuhan yang aroma daunnya begitu wangi ini menyebar sampai ke Indonesia.

Salah satu wilayah di Indonesia yang cukup mudah ditemui tanaman daun kari adalah Aceh. Sebab, umumnya masakan di Aceh tak terlepas dengan daun kari sebagai bumbu penyedap. Karena sudah menjadi bagian bumbu masakan atau bumbu dapur, daun kari atau temurui (Aceh) ada yang sengaja ditanam di perkarangan rumah dan ada juga tumbuh sendirinya di mana-mana.

BACA JUGA : Menanam Serai buat Bumbu Dapur ; Caranya Cukup SImpel

Daun kari ; daun 'pembangkit' selera makan

Secara pelan-pelan, daun kari mulai digemari rakyat lantaran wanginya yg mengundang selera makan. Jadi, karena aroma yang sangat khas, sedap, dan lain dari yang lain, maka daun kari merupakan daun 'pembangkit? Kesukaan makan.

Sebagai penambah gambaran rasa karena aroma yg begitu tajam, daun kari seringkali ditambah menjadi bumbu ke pada masakan misalnya kari kambing, kari ayam, tumis ikan, udang tumis, ayam goreng, tumis teri, & aneka kuliner lainnya.

Karena itu pula, poly wilayah di Indonesia sudah mulai membudidaya atau menanam daun kari, minimal buat konsumsi sendiri. Ada yang menanam di kebun & terdapat juga yg menanam di pot bagi yg huma tanam terbatas.

Apakah Sobat juga termasuk salah satu orang yang suka dengan daun kari dan ingin menanamnya? Kalau iya,Yukkita simak info selengkapnya.

Kondisi tumbuh daun kari

Tak usah ragu buat menanam daun kari, khususnya di Indonesia, karena syarat tumbuhnya yg sangat mendukung terutama iklim tropis menggunakan curah hujan yang relatif.

Daun kari sangat cocok ditanam dalam dataran rendah. Temperatur udara relatif panas nir sebagai penghalang buat pertumbuhannya. Bahkan, tumbuhan penyedap masakan ini adaptif terhadap perubahan-perubahan cuaca.

Namun, agar aroma daunnya bertenaga, tekstur daun keras, dan rona daunnya hijau gelap, daun kari membutuhkan sinar mentari yang penuh atau sepanjang hari.

Selain iklim, daun kari gampang sekali tumbuh asalkan tersedia unsur hara yg cukup, gembur, terdapat bahan organik pada tanah, dan pH tanah yg ideal.

Okay, setelah mengenal syarat-syarat tumbuh, tentu saja jangan menunda untuk menanam daun kari. Sebab, syarat tumbuhnya terlihat tidaklah begitu rumit. Tumbuhan aromatik ini akan tumbuh jika Sobat mau menanamnya dan diikuti dengan rajin merawatnya.

Siapkan bibit daun kari sebelum menanamnya

Baik menanam di kebun maupun dalam pot ataupun pasu, tahapan penyiapan bibit daun kari adalah hal utama. Sebab, menggunakan mengerti cara pembibitan atau cara menyiapkan bibit, menanam pun sebagai gampang.

Bibit flora daun kari bisa diperoleh melalui 2 cara, yaitu melalui biji (generatif) & stek/ cangkok (vegetatif). Bagaimana caranya?

1. Menyiapkan bibit daun kari berdasarkan biji (benih)

apabila memilih penyiapan bibit daun kari dari benih, tugasnya merupakan mencari butir daun kari terlebih dahulu. Pilihlah buah yang sudah tua dari btg induk yg fertile, sehat, & bebas berdasarkan penyakit.

Setelah itu, butir daun kari dibuka & ambil bijinya. Bijinya jangan langsung disemai, namun dijemur atau dikeringanginkan terlebih dahulu 2-tiga hari.

Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya
Buah dan Biji Tanaman Daun Kari. Gambar : Dokpri

Biji daun kari yang sudah kemarau jangan lagsung disemai. Perlu ada perlakuan biji terlebih dahulu agar cepat berkecambah ketika disemai.

Berikut ini cara perlakuan biji daun kari buat disemai

  • Rendam biji daun kari dalam air hangat atau dalam larutan atonik (zat perangsang tumbuh) selama 6-8 jam
  • Pisahkan biji yang melayang, terapung, dan tenggelam
  • Ambil biji yang tenggelam saja untuk disemai. Yang terapung dan melayang tidak digunakan

Apakah media semai telah terdapat? Kalau belum terdapat, siapkan dulu media berupa polybag mini atau sanggup menggunakan cup bekas air mineral. Isi polybag dengan media semai berupa campuran tanah, pupuk sangkar, dan pasir (boleh arang sekam) dengan perbandingan 1:1:1.

Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya
Bibit Daun Kari menurut Biji. Gambar : Dokpri

Berikut ini cara semai biji yang sudah diperlakukan tersebut.

  • Siram media semai sampai lembab
  • Tanam biji tepat di tengah-tengah media dengan kedalaman 0,5 – 1 cm. Satu polybag, tanam 1 biji
  • Tutup kembali dengan tanah halus
  • Tempatkan pada tempat yang ternaungi dari hujan dan sinar matahari
  • Siram secara teratur setiap hari sampai bibit daun kari tumbuh (biasanya 7 hari HST sudah tumbuh)
  • Bibit siap dipindahkan jika sudah tumbuh dengan ketinggian 20 cm dan sudah ada minimal 4 tangkai daun

BACA JUGA ; 5 Langkah Menanam Daun Pandan Dalam Pot [Hijau dan Wangi]

2. Menyiapkan bibit daun kari menggunakan cara vegetatif

Selain berdasarkan biji, bibit daun kari dapat diperoleh secara vegetatif, yaitu melalui setek btg dan cangkok. Cara vegetatif ini adalah memanfaatkan bagian batang atau cabang atau ranting berdasarkan induk flora daun kari.

Kalau stek, bagian cabang daun kari dipotong dengan ukuran 20-30 cm, lalu ditanam dalam media semai stek batang sampai tunas dan akarnya tumbuh.

Demikian jua dengan cangkok. Bagian cabang tumbuhan daun kari dilukai kulitnya dan dibalut menggunakan tanah dan dibungkus dengan plastik. Dalam saat 30-45 hari, bibit cangkok telah tumbuh akar dan siap dipindahkan buat ditanam.

Kalau Sobat ingin mempelajari bagaimana cara stek batang dan cangkok, Sobat dapat membacanya di artikel ini tentang setek (Cara Pakai Root Up pada Stek Batang agar Tumbuh Akar dan Tunas) dan artikel ini tentang cangkok (Cara Cangkok Mangga agar Cepat Tumbuh dengan Zat Pengatur Tumbuh ZPT).

Meskipun di sana tidak khusus membahas mengenai setek btg atau cangkok daun kari, tetapi prinsip kerjanya sama. Demikian Sobat, silahkan dipelajari.

Nah, dari 2 cara penyiapan bibit tersebut, keduanya tampak mudah asal ada batang induk dan buah tanaman daun kari. Tapi, karena hasil yang diharapkan dari tumbuhan daun kari adalah daunnya, bukan buah,  maka bibit lebih bagus dari penyemaian biji.

Ketika biji telah mulai berkecambah & bibit mulai tumbuh, daun kari pun sudah niscaya muncul meskipun ukurannya mini dan jumlahnya masih sedikit. Kalau mau dipanen cepat-cepat buat konsumsi, telah bisa.

Bagimana dengan cara pembibitan daun kari tadi pada atas? Kalau kedua cara tersebut juga masih mengalami kesulitan, tidak usah resah & buang kegalauan jauh-jauh. Sebab, terdapat cara ketiga yg lebih mudah, yaitu order bibit pada toko online.

Di toko online, Sobat bisa membeli bibit daun kari yang sudah tumbuh baik hasil perbanyakan generatif maupun vegetatif. Silakan Sobat cari bibit daun kari di Google, akan muncul banyak sekali bak jamur di musim hujan.

Siapkan pula media tanam buat menanam daun kari

Setelah bibit daun kari sudah standby dan siap untuk ditanam, apakah media tanam sudah disiapkan? Media tanam yang dimaksud disini bisa berupa lahan luas seperti kebun dan bisa juga media tanam dalam pot, polybag, atau pasu.

1. Penyiapan lubang tanam (jikalau menanam di kebun)

Kalau menanam daun kari pada tanah langsung, mungkin mau menanam di kebun, maka huma tadi perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum dibuat lubang tanam.

Setelah huma tanam bersih dari semak belukar, nir perlu dibajak atau dicangkul, cukup dibuat lubang tanam sebesar yang dibutuhkan.

Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya
Menyiapkan lubang tanam daun kari pada kebun

Gambar : Dokpri Lubang tanam digali dengan ukuran 40 centimeter x 40 centimeter x 40 cm atau 50 centimeter x 50 centimeter x 50 centimeter menggunakan jarak tanam satu sama lainnya berkisar 7 m x 7 m atau 10 m x 10 m. Biarkan lubang tanam terbuka selama 2-4 minggu sebelum tanam.

Kemudian, campurkan 5 Kg (tergantung kesuburan) pupuk kandang dengan tanah galian lubang tanam. Setelah dicampur, tambahkan balik ke pada lubang tanam, & abaikan 1 minggu agar media tanam lebih kompak.

Dua. Penyiapan media tanam pada pot (jika menanam dalam pot)

Kalau menanam daun kari dalam pot, media tanam perlu disiapkan menggunakan komposisi adonan bahan yg baik supaya tanaman daun kari dapat tumbuh fertile. Media tanam terdiri menurut tanah kebun (ambil lapisan atas saja), pupuk sangkar, dan arang sekam. Perbandingan campurannya 1:1:1.

Tetapi, kalau memakai campuran tanah, pupuk kompos, dan arang sekam, perbandingan adonan merupakan 2:1:1. Silakan dipilih mana bahan-bahan campuran yg mudah diperoleh.

Setelah media tanam dibentuk, isikan ke dalam pot sampai dua/3 pot atau ? Pot. Jangan penuh, karena bagian atas yang tersisa buat menunda air supaya tidak tumpah ketika disiram. Oh, iya..Pastikan bagian dasar pot terdapat beberapa lubang drainase.

Menanam flora daun kari

Lubang tanam yg sudah dipersiapkan di kebun atau media tanam sudah diisi ke dalam pot, berarti telah saatnya menanam bibit daun kari.

Berikut ini cara menanam tanaman daun kari.

  • Buat lubang tanam seukuran polybag bibit atau sedikit lebih besar.
  • Siram media tumbuh bibit sampai lembab
  • Lepaskan polybag dan keluarkan bibit daun kari secara hati-hati agar tanah tidak lepas dari akarnya.
  • Masukkan bibit daun kari ke dalam lubang tanam dan tutup kembali dengan tanah sampai seluruh akarnya tertutup.
  • Padatkan tanah di sekitar pangkal agar batang daun kari tidak mudah goyah/roboh.
  • Siram secukupnya.

Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya
Menanam Daun Kari di Kebun

Gambar : Dokpri

Catatan ; Khusus bibit daun kari yang ditanam dalam pot, sebaiknya tempatkan dulu pada tempat yang teduh selama 2-3 hari agar tidak stres. Sedangkan yang ditanam di kebun atau pada tanah langsung, sebaiknya juga diberi pelindung untuk sementara waktu, ya 2-3 hari.

Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya
Tanaman Daun Kari Dalam Pot. Foto : Dokpri

BACA JUGA : Cara Praktis Menanam Belimbing Wuluh Dalam Pot Supaya Cepat Berbuah

Perawatan tanaman daun kari

Supaya tumbuh subur, tumbuhan daun kari mesti rajin dirawatnya, Perawatan meliputi penyiraman, penyiangan, pemangkasan, pemupukan, & pengendalian hama & penyakit.

Penyiraman ; Tanaman daun kari akan tumbuh dengan baik kalau kelembaban media tumbuhnya tetap terjaga. Oleh karena itu, lakukan penyiraman secara rutin terutama daun kari yang ditanam dalam pot.

Sementara daun kari yang ditanam pada kebun dalam tanah eksklusif, nir perlu dilakukan penyiraman setiap hari terkecuali tidak ada hujan dalam kurun saat yg cukup usang, maka perlu sekali waktu disiram.

Penyiangan ; bersihkan gulma agar tidak berebut nutrisi antara daun kari dengan gulma. Lakukan penyiangan jika gulma atau rumput liar sudah mulai tumbuh.

Pemangkasan ; Tanaman daun kari mesti dilakukan pemangkasan. Selain menjaga bentuk tanaman, pemangkasan cabang atau ranting akan mer4-ngs4ng pertumbuhan ranting-ranting baru. Dengan pemangkasan, daun-daun tanaman akan tumbuh bertambah banyak.

Pemupukan ; Media tumbuh tanaman daun kari, lama-kelamaan nutrisinya akan berkurang. Oleh karena itu, pupuklah tanaman secara teratur 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali.

Lantaran daun kari dipakai buat masakan, usahakan tidak usah dipupuk menggunakan pupuk kimia. Pupuk saja dengan anugerah pupuk organik berupa pupuk kandang atau pupuk kompos.

Spesial sekali untuk tumbuhan daun kari dalam pot, 2-4 minggu sekali indah bila disiram dengan pupuk air cucian beras atau pupuk organik cair lainnya. Sementara yg dikebun nir perlu karena ketersediaan nutrisi pada tanah relatif cukup.

Pengendalian hama dan penyakit ; Tanaman daun kari tidak terlepas dari hama dan penyakit. Banyak sekali hama yang menyukai daun penyedap ini. Hama yang sering ditemukan, yaitu ulat daun yang suka menggerogoti daun hingga tinggal tangkai daunnya saja.

Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya
Ulat Menggerogoti Daun Kari. Gambar : Dokpri

Jika terdapat hama dan penyakit, kendalikan dengan cara-cara ramah lingkungan seperti cara mekanis (perangkap), biologis (agen hayati), atau penggunaan pestisida organik. Kalau hanya satu dua ulat, ‘kan bisa diambil pakai tangan dan tak usah pakai semprot-semprot segala.

Panen daun kari

Sebetulnya, sejak tumbuhan tumbuh daun-daunnya telah dapat dipetik atau dipanen untuk kebutuhan bumbu masak. Tapi, usahakan abaikan dulu tanaman daun kari tumbuh agak akbar dan daun-daunnya telah mulai poly, baru dipanen.

Itulah cara menanam daun kari baik pada kebun juga pada pot. Selamat menanam dan salam sukses.

0 Response to "Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel