Cepat Tumbuh ; Stek Jambu Dengan Hormon Alami Air Kelapa Muda | Kebunku

Cara Stek Jambu Air -- Stek apa setek? Sebut saja stek yang sudah umum ditulis orang. Tetapi, kalau orang Inggris menyebutnyacuttings.Ok,stek jambu air rupanya tidak terlalu sulit seperti yang dibayangkan.

Stek tanaman buah seperti jambu air, tidak mengharuskan pakai hormon sintesis/buatan untuk menghasilkan bibit jambu berkualitas. Hanya dengan perlakuan sederhana dan natural, akar dan tunas baru dari bagian tanaman jambu pun segera tumbuh.

Cepat Tumbuh ; Stek Jambu Dengan Hormon Alami Air Kelapa Muda
Kelapa Muda untuk Stek Jambu. Gambar : Dokpri

Stek jambu ayer mawar, sebutan di Malaysia untuk jambu air, dilakukan dengan cara mengambil bagian tanaman seperti akar, batang, cabang, ranting, tunas atau daunnya. Cara ini juga dikenal sebagai salah satu teknik perbanyakan vegetatif.

Biasanya, untuk perbanyakan jambu air secara stek digunakan hormon per_4_ngsang akar sepertirootone F, nature stek, root up, root most, rapid root, growtone dan lain-lain agar cepat tumbuh akar.

BACA JUGA : Cara Pakai Root Up dalam Stek Batang agar Tumbuh Akar & Tunas Dalam 7 Hari

Namun, siapa sangka, alam sungguh banyak menyediakan zat per_4_ngsang akar untuk dimanfaatkan oleh kaum yang berfikir. Salah satu zat itu ada dalam air kelapa.Air kelapa muda bisa menjadi alternatif hormon per_4_ngsang akar pada stek jambu air.

Hormon Air Kelapa Muda

Air kelapa bukan hanya menjadi minuman penyegar yg mengandung ion-ion berenergi, ternyata lebih dari itu. Dari aneka macam penelitian yg pernah dilakukan, air kelapa mengandung banyak sekali zat-zat bermanfaat, misalnya vitamin, mineral, karbohidrat, protein, hingga dengan kandungan hormon.

Bahkan, yang mengejutkan, di dalam air kelapa terdapat hormon pengatur tumbuh atau dikenal dengan zat pengatur tumbuh (ZPT). Hormonper_4_ngsang akar alami yang dikandungnya, yaitu berupahormon auksin, sitokinin dan giberelin dalam persentase yang berbeda-beda.

Nah, "melirik" ke dalam tempurung kelapa dan tampak kandungan hormon-hormon itu, kenapa tidak dimanfaatkan untuk stek tanaman, sepertistek jambu air (rose apple),jambu biji (guava) dan lainnya. Di samping mudah didapatkanZPT alami itu, untungnya lagi tidak harus merogoh uang dari kocek untuk membeli hormon yang sudah jadi di pasar.

Kalau memang hobi pada hal stek menyetek tanaman , seyogianya sisakan sedikit saja air kelapa muda yg diminum buat menyalurkan hobi itu. Air kelapa itu digunakan dalam stek jambu air atau tanaman lainnya menggunakan caranya yg relatif gampang dan sederhana sekali alias tanpa ribet.

Baca juga ini :

  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa
  • Pupuk NPK Phonska Plus Memembuat Panen Meningkat Karena Ini
  • Awas!! Jangan Salah Memupuk Tanaman dengan Ampas Kopi, Ini Cara yang Benar
  • Cara Mudah Stek Cabai Untuk Pembibitan

Cara Stek Jambu Air Dengan Hormon Air Kelapa Muda

Cara stek jambu air denganair kelapamuda tidak jauh berbeda dengan cara-cara stek memakai hormon pabrikan atau cara stek jambu air dengan bawang merah. Persiapannya sama saja, yaitu mulai dari penyiapan bagian tanaman jambu air, seperti cabang atau batang, yang akan distek sampai dengan menyungkup hasil stek jambu.

Yang membedakan hanyalah perlakuan penggunaan air kelapa saja. Agar lebih jelas, berikut ini diberikan steps atau cara stek jambu air dengan air kelapa muda.

Cepat Tumbuh ; Stek Jambu Dengan Hormon Alami Air Kelapa Muda
Cara Stek Jambu air. Gambar : Dokpri

Alat-alat :

  • Pis_4_u yang tajam
  • Plastik sungkup yang transparan
  • Tali rafia
  • Pot yang sudah diisi media tanam (baca artikel ini kalau belum tau cara membuat media tanam dalam pot, yaitu Membuat Media Tanam dalam Pot? Caranya Sangat Mudah, Tapi Hai-Hati Penggunaan Pupuk Organik yang Begini)
  • Gelas atau wadah lainnya untuk tampungan air kelapa

Bahan-bahan :

  • Bagian tanaman yang akan distek (akar, batang, cabang, atau ranting // jambu air atau jambu biji terserah he,,he,,). Dalam artikel ini, kita lakukan setek jambu air
  • Air kelapa muda secukupnya (Kelapa mudah yang sudah berisi dagingnya, namun tidak keras). Dan banyaknya air yang diperlukan tergantung banyaknya bagian tanaman yang akan diperbanyak)

Cara stek jambu air :

  1. Potong bagian tanaman jambu air sepanjang +/- 20 cm
  2. Potong bagian pangkal stek sedikit miring atau mau datar juga boleh, tapi rapi dan halus.
  3. Rapikan bagian ujung dengan pis_4_u yang tajam, jangan sampai memar
  4. Rendam 3-6 jam pangkal stek ke dalam air kelapa muda
  5. Angkat dari rendaman, lalu tanam ke dalam pot yang sudah berisi media tanam
  6. Pasang tutup atau sungkup bagian stek itu dengan plastik transparan dan ikat dengan rapat bagian bawahnya
  7. Tempatkan dibawah naungan agar tidak terkena sinar matahari langsung
  8. Akar dan tunas akan muncul pada hari ke-12 atau ke-15

Cepat Tumbuh ; Stek Jambu Dengan Hormon Alami Air Kelapa Muda
Sungkup Stek Jambu Air. Gambar : Dokpri

Cepat Tumbuh ; Stek Jambu Dengan Hormon Alami Air Kelapa Muda
Stek Jambu madu Mulai Bertunas. Gambar : Dokpri

Pada ketika tunas timbul, sungkup atau epilog stek jangan dibuka dulu. Sungkup baru dapat dibuka ketika sudah tumbuh daun 3 sampai lima helai daunya. Pembukaan sungkup pun jangan pribadi, sungkup atau tudung harus dibuka secara bertahap sampai bibit jambu air output stek itu sudah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru (adaptif).

Cepat Tumbuh ; Stek Jambu Dengan Hormon Alami Air Kelapa Muda
Stek Jambu Air Dengan Air Kelapa Sukses

Gambar : Dokpri

Demikian cara stek jambu air dengan ZPT alami, yaitu penggunaan air kelapa muda sebagai zat  atau hormon per_4_ngsang tumbuhnya akar. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Tips

  • Lakukan stek pada pagi atau sore hari pada tempat yang teduh atau tidak terkena panasnya sinar matahari.
  • Sterilkan media tanam dalam pot agar tidak berjamur dan bercacing.

0 Response to "Cepat Tumbuh ; Stek Jambu Dengan Hormon Alami Air Kelapa Muda | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel