Berikut Ini Teknologi Pertanian Terkini dan Terbaru

teknologi pertanian


Dalam kamus Wikipedia, Teknologi pertanian merupakan penerapan prinsip-prinsip matematika dan ilmu pengetahuan alam dalam rangka pendayagunaan secara ekonomis sumber daya pertanian. Penerapan teknologi pertanian secara benar sudah barang tentu akan berdampak ekonomis pada pembangunan dan masyarakat.  

Berbicara tentang pertanian,  maka persepsi yang terbangun pada pamikiran kita adalah penyediaan pangan bagi umat manusia. Maka dari itu, kebijakan pembangunan pangan diarahkan pada pemantapan ketahanan pangan untuk menjamin penyediaan pangan yang adil dan merata di tingkat masyarakat, rumah tangga dan individu.

Kebutuhan manusia akan makanan adalah hal yang sangat wajar untuk didiskusikan. Populasi manusia membawa kosekuensi bahwa produksi pangan harus semakin ditingkatkan. Pertanyaan selanjutnya adalah adakah inovasi teknologi pertanian yang dapat menjawab tantangan itu?

Perkembangan pengetahuan dan inovasi teknologi berangsur mengatasi masalah diatas dengan hadirnya berbagai macam teknologi terkini. Banyak teknologi sudah dikembangkan dengan tujuan utama adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pangan dengan menekan dampak negatif terhadap kesehatan dan lingkungan sekitar.

Adapun beberapa pengembangan teknologi bisa dilihat dari inovasi seperti berikut ini: 

Teknologi otomasi pertanian

Teknologi Otomatis Peertanian ini dimulai dari otomasi traktor yang sudah dikembangkan sejak 1997. Dalam menerapkan teknologi otomatis ini, biasanya akan melibatkan beberapa program komputer dan alat-alat pertanian seperti traktor. Penerapan otomasi seperti ini masih terbilang sederhana, namun kini sistem otomasi yang lebih rumit sudah dikembangkan di Belanda.

Teknologi deteksi dan alat panen otomatis untuk pir, persik, dan pisang telah dikembangkan oleh Eldert Van Henten di Wageningen University, Belanda. Alat ini bisa mendeteksi level pigmen klorofil dan athocyanin melalui alat yang disematkan terhadap buah yang diamati dan dilengkapi juga dengan kamera pendeteksi kombinasi warna (RGB) yang berfungsi untuk mendeteksi kedalaman warna sehingga ukuran buah dapat diketahui.

Data menunjukkan bahwa buah sudah matang, alat akan memanen buah hanya dalam waktu dua detik. Dan satu lagi yang menarik adalah seluruh data kesehatan buah dan tanaman, tingkat kematangan, dan status lainnya akan terintegrasi padasmartphone, maka dengan menggunakan teknologi ini, efisiensi mulai dari waktu, tenaga kerja akan sangat meningkat dan juga ketepatan waktu pada saat panen pun akan lebih terjaga.

 

Teknologi sensor

Teknologi sensor kini sudah sangat luas mencakupi sektor pertanian. Mulai dari pertanian hortikultura sampai ke peternakan. Teknologi ini dapat memberikan data yang konkret danreal time kepada para petani. Teknologi sensor adalah teknologi yang sedang dikembangkan saat ini bagi tanaman yang memanfaatkandrone untuk mendapatkan beragam data. Misalnya, pertumbuhan hama, penyakit, dan permasalahan lainnya. Dengan adanya teknologi ini, penggunaan pestisida dan bahan kimia lainnya dapat lebih terarah dan efisien sehingga mengurangi dampak negatif bagi lingkungan.

Teknologi Benih Unggul

Benih unggul merupakan hasil inovasi Lembaga tingtang pertanian, Lembaga pendidikan tinggi, dan perusahaan benih. Benih unggul ini dihasilkan dengan aneka peralatan teknologi penghasil benih modern. Misalnya seperti jagung hibrida sebagai benih yang terproduk dengan bantuan perkembangan teknologi pertanian. Karakter jagung hibrida ini nantinya memiliki kualitas yang baik, kualitas tonggol yang unggul, dan biji jagung yang semakin banyak.

Teknologi Pupuk Kimia Terbaik

Perusahaan pupuk kimia dan obat pertanian kini menggunakan teknologi modern untuk menghasilkan kualitas pupuk kimia dan obat pertanian terbaik. Dengan menggunakan pupuk tersebut, tentu kualitas hasil panen pun akan semakin meningkat. Omset petani akan bertambah, konsep pemerintah tentang memanusiakan petani akan segera terwujud, derajat petani akan naik, dan petani akan naik kelas sosial di masyarakat.

Contoh Alat Untuk Mendukung Teknologi Pertanian Terbaru

• Alat penanam padi jarwo transplanter

Alat ini direkomendasikan oleh LitBang (Penelitian dan pengembangan) Kementrian Pertanian, konsep dari jarwo alias jajar legowo dari jawa timur adalah untuk memberikan jarak yang pas antara padi yang satu dengan padi lainnya. Menurut penelitian, alat jarwo ini mampu meningkatkan produksi padi sebanyak 30%.

• Mesin pemanen padi indo combine harvester

Kelebihan dari alat canggih ini diantaranya mampu beroperasi di lahan yang basah, memiliki diameter yang lebih rendah, tusuk panen yang dihasilkan tidak lebih dari 1%, dan kapasitas kerja yang terbilang cepat karena dalam waktu 4 sampai 6 jam per hektar.

 

Manfaat Bagi Petani

• Meningkatkan pendapatan petani

Dengan adanya teknologi yang berperan penuh dalam pertanian, tentu akan berpengaruh juga pada pendapatan petani. Seperti halnya penggunaan benih unggul yang akan menghasilkan padi yang berkualitas serta jumlah yang dihasilkan dari setiap tungkai nya pu akan lebih banyak dari biasanya. Dengan demikian hasil panen yang didapatkan dari penggunaan benih unggul akan meningkatkan nilai jual dari biasanya.

• Meningkatkan kemampuan petani

Melalui teknologi pertanian yang paling baru, tentu akan menghasilkan alat yang canggih dan modern untuk kegiatan bercocok tanam. Secara otomatis kemampuan petani akan mengalami perubahan, adanya alat modern memberikan tuntutan baru bagi petani untuk bisa menggunakannya. Dengan demikian petani harus bisa menyesuaikan perkembangan teknologi pertanian yang ada pada saat ini.

0 Response to "Berikut Ini Teknologi Pertanian Terkini dan Terbaru "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel