Bayam di Pot Dinding Tumbuh Subur ; Begini Cara Menanamnya | Kebunku

Cara Menanam Bayam di Pot – Ada tiga pilihan kalau mau melakukan usaha budidaya bayam. Ada yang memanfaatkan lahan luas, hidroponik, dan ada juga yang menggunakan pot, seperti polybag atau pot dinding berbahan beton, untuk mengembangkan bayam.

BACA JUGA :Menanam Hidroponik Bayam Merah

Secara umum, memang hampir tidak ada perbedaan khusus antara menanam bayam di tanah langsung, seperti di tanah kebun atau sawah, dengan penanaman bayam di media tumbuh terbatas alias pot atau containers.

BACA JUGA : Mau Budidaya Bayam? Catat 3 Cara Menanam & Memupuk Bayam yg Benar

Bayam di Pot Dinding Tumbuh Subur ; Begini Cara Menanamnya
Bayam di Pot Dinding. Gambar : Dokpri

Asalkan syarat tumbuh yang dikendaki tanaman Amaranthus spp (bayam) ini sesuai, tidak ada kendala meskipun disemai dan dibesarkan dalam pot. Kondisi tumbuh bayam seperti pH tanah mendekati netral (6-7) dan sinar matahari yang cukup, bayam di pot akan berkembang dengan baik.

Ada perlakuan spesifik jika menanam bayam di pot

Namun, bila ingin flora sayuran berdaun hijau ini tumbuh fertile & bisa cepat datang masa panennya, butuh sedikit perlakuan khusus seperti bagaimana membuat media tanam yg mendukung untuk pertumbuhannya, bagaimana teknik memupuk, teknik menyiram, dan beberapa hal lainnya yang akan dibahas dalam artikel ini.

Kelebihan menanam sayuran bayam dalam wadah pot

Ada kelebihan sebetulnya menanam sayuran bayam pada pot. Apa saja kelebihannya?

  • Mudah dalam penataannya
  • Bisa ditanam kapan saja, baik musim hujan atau kemarau
  • Mudah dalam penyiraman
  • Mudah dalam perawatannya
  • Tidak memerlukan lahan yang luas
  • Bisa sebagai kegiatan penyaluran hobi menanam di rumah
  • Secara umum jauh dari hama dan penyakit

Penataan pot bayam

Dari sisi penataan wadah atau media tanam bayam, cukup fleksibel. Pot gampang diatur sesuai menggunakan keinginan, gaya, & keterbatasan huma yg dimiliki.

Kontainer bayam nir mesti diletakkan secara horizontal pada perkarangan. Jika huma rumah terlalu sempit, bertanam sayuran bayam pun sanggup secara vertikultur/tegak misalnya pot dinding atau digantung pada tiang bambu/kayu & lainnya.

Jenis bayam yg mampu tumbuh pada pot

Jenis bayam apa saja yang bisa ditumbuhkan dalam pot? Tidak ada batasnya, seluruh jenis bayam bisa tumbuh di media tumbuh sempit dan terbatas itu.

Mau nanam bayam cabut atau bayam petik silakan. Untuk jenis warna bayam, kalau Sobat suka konsumsi bayam hijau, jangan pula menanam bayam merah dan sebaliknya.

Namun, apapun jenis bayam yg hendak ditanam pada pot, mestilah kembali pada tujuan menanamnya. Kalau hendak dijadikan bisnis tani yang panennya sanggup dijual, ikutilah jenis bayam selera pasar.

Siapkan benih bayam

Benih bayam bisa diperoleh berdasarkan tumbuhan induk tanaman bayam sebelumnya. Petik bunganya yang sudah tua dan dijemur sampai kemarau. Kemudian ambil bijinya.

Apabila sulit mendapatkan biji bayam atau nir dapat dilakukan pembenihan sendiri, maka Sobat dapat membelinya pada toko pertanian atau pada toko-toko online. Pastikan benih tersebut legal yang ditandai ada izin produksi pada bungkus benih.

Agar pertumbuhan biji bayam bagus, perlakukan dulu sebelum ditanam. Begini caranya

  • Siapkan baskom
  • Isi air hangat ke dalam wadah tersebut di atas
  • Rendam biji bayam selama 2-3 jam
  • Pisahkan biji yang mengapung, mengambang, dan tenggelam
  • Ambil biji bayam yang tenggelam saja karna bernas (bagus) untuk disemai/tanam.

Pot buat menumbuhkan bayam

Untuk ukuran pot tidak masalah, mau yang besarok dan yang kecil pun boleh. Semua itu tergantung banyak tidaknya benih bayam yang akan ditanam. Yang perlu diperhatikan adalah pot mesti relatif kuat atau tidak mudah pecah. Satu hal lagi, pot mesti ada lubang-lubang kecil pada bagian dasarnya untuk drainase.

Jenis atau model wadah yang dapat digunakan untuk bercocok tanam bayam cukup banyak. Sobat bisa gunakan pot plastik seperti pot bunga, polybag, planter bag, pasu, styrofoam, kotak kayu, botol air mineral bekas atau galon air bekas, dan lain sebagainya. Bahkan, pot dinding berbahan semen pun cukup bagus untuk menanam sayuran hijau berdaun bulat telur ini.

Nah, kalau di rumah Sobat memiliki dinding pagar atau rumah yang sampai cahaya matahari, mengapa tidak dibuat beberapa pot dari bahan semen? Dengan penataan yang rapi, akan terlihat semacam taman vertikultur ketika bayam tumbuh.

Bayam di Pot Dinding Tumbuh Subur ; Begini Cara Menanamnya
Menanam Bayam di Pot Dinding. Gambar : Dokpri

Meracik media tanam buat tumbuhan bayam

Karena tidak menanam bayam di huma eksklusif, maka perlu meracik media tanam buat dimasukkan ke dalam pot. Media tempat berjangkar akar bayam mesti gembur, subur, & poros.

Oleh sebab itu, buat media tumbuh buat flora bayam yg terdiri dari campuran tanah kebun, pupuk kandang yang telah matang, & sedikit pasir atau arang sekam. Perbandingannya merupakan 1:1:seperempat.

Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata, masukkan sedikit pupuk NPK yg sudah dihaluskan (kira-kira 0,lima gram NPK/ 1 liter campuran media tanam), mixer sampai merata.

Kemudian, isikan media tanam tadi ke pada pot hingga 2/3 ketinggian pot. Biarkan media tanam tersebut pada pot selama tiga-4 hari sebelum menyemai/menanam benih bayam.

Untuk menghindari biji bayam dimakan semut, diberikan sedikit insektisida atau obat antiserangga dalam media tanam. Sebaiknya, pakai pengusir serangga berdasarkan bahan-bahan organik atau yang alami.

Menaman biji bayam ke dalam pot

Budidaya bayam dalam pot atau wadah kecil lainnya, tidak perlu semai dulu baru dipindahkan. Jadi, benih bayam disebar langsung  dan dibesarkan sampai panen tetap berada dalam masing-masing pot.

Okay, ini dia langkah-langkah pada menyebar benih bayam ke dalam pot.

  • Siram media tanam sampai lembab
  • Campurkan benih bayam dengan pasir halus agar merata ketika disebar dalam pot
  • Sebarkan benih bayam
  • Tutup tipis saja dengan tanah halus yang sudah dicampurkan sedikit pupuk kandang
  • Siram kembali dengan menggunakan sprayer (bukan gembor)
  • Tutup di atasnya dengan daun pisang atau daun kelapa untuk menjaga kelembaban, mempercepat berkecambah, dan terhindar dari guyuran hujan.

Bayam di Pot Dinding Tumbuh Subur ; Begini Cara Menanamnya
Biji bayam mulai tumbuh di pot dinding. Gambar : dokpri

Perawatan bayam pada pot

Apa saja yang perlu mendapat perhatian supaya bayam yg telah ditanam, tumbuh subur dan cepat akbar serta sanggup dipanen dalam ketika yang cepat & sempurna?

Penyinaran ; Tanaman bayam membutuhkan sinar matahari yang cukup sepanjang hari dengan intensitas 70-90%. Jika cukup sinar, bayam tumbuh subur yang ditandai dengan warna daunnya hijau, daun lebar dan agak tebal serta tampak segar dan kuat.

Oleh karena itu, pot yang sudah berisi bayam ditempatkan pada lokasi terbuka supaya sanggup menerima cahaya terutama sekali ketika pagi hari.

Penyiraman ; Jaga media tumbuh bayam tetap tersedia kadar air. Karenanya, lakukan penyiraman 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Usahakan pemberian air tidak merobohkan atau membuat tanaman bayam terkulai. Gunakan gembor yang cukup kecil lubang-lubang keluaran airnya atau bisa menggunakan sprayer.

Cara lain buat mengairi bayam merupakan menggunakan menuangkan air pada galat satu sisi pot secara perlahan sampai menggenangi media tumbuh. Dengan teknik ini, flora bayam tetap berdiri tegak & kelihatan segar.

Penyiangan ; Jika ada gulma atau rumput tumbuh di media pot, segera dicabut agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman bayam.

Pemupukan ; Karena pada awal penyiapan media tanam bayam dalam pot sudah diberikan pupuk berupa pupuk kandang dan NPK, sebetulnya tidak perlu dipupuk lagi.

BACA JUGA :Kenali Pupuk Slow Release Sebelum "Terlanjurdanquot; memupuk Tanaman

Tetapi, jika pertumbuhan & perkembangan bayam relatif terhambat dan terlambat, siram sedikit urea pada usia dua minggu sehabis tanam. Caranya, larutkan 1 sendok teh urea ke pada 1 liter air, siram secukupnya saja (jangan terlalu banyak) ke tanaman bayam.

Atau supaya lebih gampang dan kondusif buat pemupukan susulan bayam dalam pot, pakai saja pupuk daun misalnya Gandasil D atau sejenisnya. Larutkan pupuk tadi sesuai petunjuk dikemasan & semprot secara merata.

BACA JUGA : Cara Aplikasi Pupuk Daun Gandasil D & B yang Tepat agar Cepat Diserap Tanaman

Pengendalian Hama dan Penyakit ; Seperti sudah diulas di atas, umumnya tidak banyak organisme yang mengganggu tanaman bayam yang tumbuh dalam pot. Namun, jika hadir hama seperti belalang, dan lainnya, kendalikan secara organis (pestisida organik) atau mekanis (tangkap dan buang hama tersebut).

Memetik bayam di pot

Setelah usia 21-30 hari (tergantung jenis), bayam pada pot telah dapat dipanen. Memetik sayuran bayam dilakukan dalam waktu pagi atau sore hari agar tidak cepat layu alias permanen segar.

Bayam di Pot Dinding Tumbuh Subur ; Begini Cara Menanamnya
Bayam yg dipetik dari Pot dinding. Gambar : Dokpri

Lantaran pertumbuhan bayam mungkin nir seragam, maka petiklah bayam secara selektif, yaitu dipilih yg telah besar -besar dulu. Biarkan yg masih mini tumbuh sebagai akibatnya bisa dipanen lagi dalam beberapa hari berikutnya.

Memetik bayam menggunakan cara dicabut akar-akarnya. Setelah dicabut, bersihkan kotoran tanah yang melekat pada akarnya menggunakan air. Siram juga daun-daun supaya bersih menurut debu-debu yg lengket.

Itulah teknik menanam bayam pada pot supaya tumbuh fertile & mampu cepat dipanen. Agar bayam pada pot bisa dipetik hasilnya terus menerus, tanam secara bertahap atau atur ketika tanam antara satu pot dengan pot lainnya.

0 Response to "Bayam di Pot Dinding Tumbuh Subur ; Begini Cara Menanamnya | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel