Biar Berbuah Lebat, Begini Cara Menanam Cabe di Polybag | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com -- Cara Menanam Cabe di Polybag – Saking sering ‘meroketnya’ harga cabai, banyak orang menyulap lahan sempit untuk menanam cabe di polybag. Ada yang menanam cabai rawit dan banyak juga yang menanam cabe merah keriting dalam polybag di rumah.

Menanam cabe di polybag tidaklah sulit, apalagi tumbuhan cabai termasuk galat satu tumbuhan sayuran yg gampang dibudidayakan. Untuk kebutuhan sinar, air, pupuk, dan lainnya, cukup gampang diatur bila cabe tumbuh dalam pot atau polybag.

Biar Berbuah Lebat, Begini Cara Menanam Cabe di Polybag
Ilustrasi Cabai pada Polybag

Gambar : pixabay.Com/JillWellington

Ada poly keuntungan/kelebihan menanam cabe dalam media terbatas misalnya kresek, pot, polybag, & lainnya. Selain membuat butir cabe buat konsumsi sendiri atau pun untuk dijual, tanaman cabe yang ditanam dalam media-media tersebut bisa menambah estetika perkarangan tempat tinggal .

Tetapi, buat tumbuh fertile & berbuah lebat, flora cabai pada polybag jua butuh cara menanamnya yg baik & sahih. Selain itu, perawatan yg rutin mulai sejak tanam sampai panen, merupakan kunci sukses pada budidaya cabe dalam polybag.

Berikut ini langkah-langkah menanam cabe dalam polybag supaya berbuah lebat.

Siapkan dulu benih cabai

Biar Berbuah Lebat, Begini Cara Menanam Cabe di Polybag
Benih Cabai Merah Keriting Produksi Sendiri

Bibit cabe sebenarnya bisa diperbanyak menggunakan cara stek btg dan sanggup jua dari bijinya (benih). Tetapi, dalam artikel ini kita akan mengupas bibit cabe yang diperbanyak melalui benih.

Jika Sobat tertarik perbanyakan cabai melalui stek bisa membaca artikel Cara Praktis Stek Cabe buat Pembibitan Supaya Cepat Panen.

Okay, kalau menanam cabai hanya dalam beberapa polybag saja, benih tidak harus beli ke toko pertanian. Ambil saja beberapa buah cabai sisa belanjaan untuk bumbu dapur. Pastikan buah cabai yang mau dijadikan benih adalah buah yang bagus dan sehat.

Potong bagian pangkal dan ujung butir cabai, masing-masing sepanjang /- 1 centimeter. Bagian tengah yang tersisa akan diambil bijinya. Sebab, biji yg terdapat di bagian tengah-tengah buah cabai lebih bernas dan mempunyai daya tumbuh yang tinggi.

Belah buah cabe tersebut & ambil bijinya. Selanjutnya, biji cabai tadi dijemur hingga kemarau. Kalau nir mau menjemur di bawah sinar surya, biji cabe boleh juga diangin-anginkan.

Perlakuan benih supaya cepat tumbuh

Sebelum menyemai, benih diberi perlakuan dulu agar cepat tumbuh. Rendam biji cabe dalam air hangat selama 3-6 jam. Lalu pisahkan benih yg terapung & tenggelam. Yang dipakai buat disemai adalah benih yg tenggelam saja.

Racik media semai benih cabe

Biar Berbuah Lebat, Begini Cara Menanam Cabe di Polybag
Tanah Diayak buat Media Semai Benih Cabai

Siapkan media semai benih cabai. Media semai terdiri berdasarkan campuran tanah halus (diayak dulu), sedikit pasir, & pupuk sangkar. Campur bahan tadi sampai merata. Kalau mau lebih subur, masukkan sedikit NPK yang telah dihaluskan ke dalam adonan bahan tadi.

Media semai tersebut dimasukkan ke pada wadah semai. Wadahnya bisa berupa tray, polybag, kotak kayu, atau gelas bekas air mineral. Isikan media semai hingga dua/tiga wadah semai.

Meyemai benih cabe

Benih cabe yg sudah diberi perlakuan disemai dalam media semai yg sudah disiapkan. Caranya, basahi media semai, letakkan satu persatu benih cabai dalam media semai, & tutup menggunakan tanah halus secara tipis saja sekadar menutup benih.

BACA JUGA : Cara Semai Benih Cabai yang Baik & Benar supaya Cepat Tumbuh

Agar benih cabe cepat berkecambah, tutup media semai dengan kertas koran atau kain. Letakkan pada tempat yang teduh. Jaga kelembaban media semai dengan cara menyiram atau menyemprot medianya.

Biar Berbuah Lebat, Begini Cara Menanam Cabe di Polybag
Photo byMarkus Spiske onUnsplash

Biasanya 3-4 hari, benih cabai sudah mulai tumbuh. Rawat menggunakan baik supaya bibit cabai fertile dan cepat akbar. Apabila telah tumbuh tiga-4 helai daun, bibit cabe siap dipindahkan ke dalam polybag.

Menyiapkan polybag buat menanam cabai

Sebetulnya tidak mesti dalam polybag, dalam wadah lain pun bisa menanam cabe seperti pasu, pot, planter bag, dan lainnya. Dan, wadahnya pun tidak mesti yang baru, Sobat bisa memanfaatkan barang bekas seperti ember plastik, kaleng cat, dan sebagainya.

Namun, bila memang mau memakai polybag buat menanam cabe, siapkan polybag rupawan & tidak gampang sobek. Polybag yg berwarna hitam lebih bagus lantaran nir cepat tumbuh lumut dalam media tanam.

Ukuran polybag yang lazim digunakan untuk menanam cabai adalah 50 cm x 60 cm atau minimal memiliki diameter 30 cm.  Intinya, polybag yang agak besar lebih bagus karena dapat menampung media tanam lebih banyak sehingga perkembangan akar tanaman cabe lebih baik.

Media tanam buat menanam cabai di polybag

Biar Berbuah Lebat, Begini Cara Menanam Cabe di Polybag
Photo by Neslihan Gunaydin on Unsplash

Salah satu faktor yang mensugesti pertumbuhan cabai di polybag adalah media tanam. Nah, buatlah media tanam yg subur, poros, dan aeratif. Bahannya terdiri menurut campuran tanah, sekam padi, dan pupuk kandang dengan perbandingan bahan 1:1:1. Bahan-bahan tadi dicampur merata.

Untuk menyuburkan media tanam, tambahkan pupuk anorganik misalnya NPK atau campuran pupuk tunggal seperti urea, SP-36, & KCL.

Setelah membuat media tanam, isikan media tanam tersebut ke dalam polybag sampai dua/tiga dari tinggi polybag.

Menanam atau memindahkan cabai ke polybag

Biar Berbuah Lebat, Begini Cara Menanam Cabe di Polybag
Menanam Cabai Merah ke Dalam Polybag

Gambar : Dokpri

Bibit cabai yang tumbuh sehat & kira-kira sudah berdaun tiga-4 helai, sudah dapat dipindahkan ke pada polybag. Meskipun menanam cabai pada polybag, namun waktunya wajib sempurna pula, yaitu pada pagi atau sore hari.

Biar Berbuah Lebat, Begini Cara Menanam Cabe di Polybag

Usahakan dalam waktu memindahkan bibit cabai menurut media semai tidak terlepas tanah berdasarkan akarnya agar bibit cabe tidak stres saat ditanam.

Biar Berbuah Lebat, Begini Cara Menanam Cabe di Polybag
Menanam Cabai Rawit di Polybag. Gambar :Dokpri

Tanam segera bibit cabai tadi tepat pada tengah polybag dan padatkan tanah di sekitarnya agar nir goyah. Kemudian jangan lupa disiram sampai media tanam lembab.

BACA JUGA :4 Cara Mudah Memindahkan Bibit Cabe dari Persemaian ke Lahan Tanam

Merawat flora cabai di polybag

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terhadap flora cabai, baik cabai merah besar juga cabe mini , yg ditanam di polybag supaya tumbuh fertile dan berbuah lebat. Berikut ini bisa Sobat simak cara merawat tanaman cabe dipolybag.

BACA JUGA :Tips Merawat Cabai Rawit & Peremajaannya supaya Panen Berulang Kali

Penyiraman ; Tanaman cabai yang ditanam dalam media polybag perlu mendapat air yang cukup, tetapi tidak berlebihan. Oleh karena itu, siram tanaman cabai secara rutin 1-2 kali sehari. Kalau hujan atau kondisi mendung, penyiraman bisa dikurangi atau memang tidak perlu disiram sama sekali.

Penempatan polybag ; Tanaman cabai di polybag perlu ditempatkan pada lokasi yang terkena sinar matahari penuh terutama pada pagi hari. Jika kurang mendapat cahaya, tanaman cabai tidak subur apalagi produktif.

Pemupukan ; hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan tanaman cabai di polybag adalah pupuk. Berikan tanaman cabai dengan nutrisi yang mengandung unsur hara N, P, dan K serta ada juga unsur-unsur mikro untuk mendukung pertumbuhannya.

Lakukan pemupukan sempurna waktu menggunakan jenis & dosis pupuk yang sempurna. Selengkapnya tentang pupuk cabai di polybag bisa dibaca pada artikel Pupuk buat Tanaman Cabai pada Polybag yang Tepat, Tumbuh Subur & Berbuah Lebat.

Perempelan ; Lakukan perempelan tunas-tunas cabai yang tumbuh di ketiak daun sampai tanaman cabai membentuk cabang utama/sampai keluar bunga pertama.

Selain buat mempercepat tinggi flora, pembuangan tunas samping akan membentuk tumbuhan cabe lebih rupawan & menaikkan produktivitasnya.

Penyiangan ; Walaupun budidaya cabai di dalam wadah polybag, penyiangan tetap diperlukan. Bersihkan media tanam dari gulma yang tumbuh secara rutin agar nutrisi dapat diserap optimal oleh tanaman cabai.

Pemasangan ajir ; Ketika tanaman cabai di polybag sudah mulai tumbuh besar, pemasangan ajir sudah harus dilakukan. Sebaiknya, ajir sudah ditancapkan di dekat tanaman sejak 1 bulan setelah tanam.

Tujuan pemasangan ajir ini buat menopang flora cabe supaya tidak mudah roboh atau jatuh lantaran angin atau hujan. Ajir ini juga akan menunda beban tajuk tumbuhan cabe yang semakin besar semakin berat lantaran rimbunannya.

Pengendalian OPT ; Organisme pengganggu tanaman (OPT) juga bisa hadir mengganggu tanaman cabai di polybag. Oleh karena itu, monitor secara rutin tanaman cabai. Jika ada hama dan penyakit, segera kendalikan.

Pengendalian OPT usahakan dilakukan menggunakan tindakan preventif seperti membersihkan lingkungan di sekitar tumbuhan cabai. Namun, jika memang OPT kerap mengganggu, kendalikan menggunakan cara-cara mekanis (gunakan tangan/perangkap), biologis (agen biologi), dan pestisida organik.

BACA JUGA :Setelah 24 Jam Didiamkan, Pestisida Organik Ini Ampuh Mengendalikan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

Usahakan sedapat mungkin nir menggunakan pestisida kimia buat mengendalikan hama & penyakit tumbuhan cabai di polybag. Namun, jikalau memang menggunakan pestisida, gunakan sesuai takaran anjuran yang masih ada pada bungkus.

Panen cabe di polybag

Biar Berbuah Lebat, Begini Cara Menanam Cabe di Polybag
Gambar : pixabay/JillWellington
Kalau perawatannya bagus, tanaman cabai di polybag sudah bisa dipanen dalam waktu +/- 60 hari (tergantung varietas). Buah cabai yang sudah berubah warna dari hijau ke ungu hingga merah, sudah dapat dipetik.

Demikian cara menanam cabai pada polybag. Dengan menyiapkan benih yg baik dan sehat, penanaman yg benar, & perawatan yg sempurna, maka tumbuhan cabai pada polybag akan tumbuh subur dan berbuat lebat.

Apabila suka , ini video menanam bawang merah pada pot

0 Response to "Biar Berbuah Lebat, Begini Cara Menanam Cabe di Polybag | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel