3 Jenis Alat Pemupukan Jagung Ini, Ringankan Beban Petani | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com -- Alat Pemupukan Jagung – Salah satu tahapan dalam budidaya jagung adalah pemupukan. Dengan jenis, dosis, waktu, cara, dan alat aplikasi pupuk yang tepat dapat meningkatkan produktivitas jagung. Sayangnya, masih banyak teman-teman petani yang menemui kendala dalam pemupukan terutama penggunaan alat pemupukan jagung.

3 Jenis Alat Pemupukan Jagung Ini, Ringankan Beban Petani

Masihkah memupuk jagung ala tradisional?

Pemupukan jagung yang dilakukan secara tradisional seperti memakai indera tugal yg terbuat berdasarkan kayu, tampaknya bukan zamannya lagi kini ini. Selain menguras tenaga & boros energi kerja, memupuk jagung menggunakan alat tugal tradisional membutuhkan ketika yg tidak mengecewakan lama .

Bahkan, masih tak jarang dijumpai petani yg menyebar pupuk jagung dengan tangan ke pada larikan, ataupun menabur di atas bedengan. Mereka nir menggunakan indera & mesin (Alsin) buat penyebar pupuk jagung kecuali cangkul & tangan.

Cara memupuk jagung yg klasik itu tidak memberikan produksi yg optimal. Sebab, banyak pupuk yg terbuang hilang karena penguapan dan sebagiannya lagi nir terjangkau oleh akar tanaman jagung alias nir tepat target.

Saatnya Pakai Alat Pemupuk Jagung ?Zaman Now?

Kita paham bahwa dalam budidaya jagung, ada tiga tahap pemupukan, yaitu pada saat tanam, susulan I dan susulan II. Ketiga tahapan tersebut harus diberikan pupuk, terutama pupuk butiran seperti urea, SP-36, dan KCL.  Pemupukan pun mesti selesai tepat waktu agar tidak terganggu pertumbuhan jagung.

BACA JUGA : Kapan Menggunakan BWD buat Pemupukan Tanaman Jagung

Bayangkan jikalau masih bersahabat dengan alat-indera antik tempo dulu buat memupuk jagung, kapan terselesaikan memupuknya. Ini belum lagi menanam jagung pada skala luas (lebih dari ? Hektar), tentu sangat terbebani dan tidak ekonomis.

Jika ingin menjadi petani jagung sukses yang mampu menanam jagung dalam huma yg luas dengan produksinya tinggi, maka memakai alat pemupukan jagung ?Zaman now? Alias penggunaan teknologi masa sekarang adalah pilihan yang sempurna.

Banyak Pilihan Aplikator Pupuk Jagung

Alat-indera pelaksanaan pupuk jagung cukup poly diproduksi sekarang, baik hasil produksi anak-anak bangsa kita yg cerdas maupun produk luar negeri.

Semua produk aplikator pupuk jagung, baik yang energi penggeraknya manual, semi mekanis, dan mekanis , sanggup berhemat saat pemupukan dan menekan biaya buat upah pekerja. Dengan kata lain, indera buat memupuk jagung hasil rekayasa teknologi lebih efisien, mudah & ekonomis.

Di era mekanisasi pertanian ini, poly indera pemupukan jagung sudah dibuat buat memudahkan para petani pada memupuk tanaman jagung. Ada yang memakai energi insan untuk menjalankannya & terdapat yang digerakkan menggunakan tenaga mesin sepenuhnya.

Kalau ingin punya alat pemupukan jagung sendiri, Sobat bisa membelinya sebab cukup banyak tersedia di pasaran. Harganya pun bervariasi, ada yang murah dan tersedia juga yang mahal untuk yang berkantong tebal. Tentu saja, harga peralatan tersebut sesuai dengan model dan kemampuan operasionalnya.

Sekilas Prinsip Kerja Alat Pemupukan Jagung

Apapun bentuk indera & mesin pemupuk jagung, pada prinsipnya nir tidak sinkron menggunakan teknik pemupukan yg dilakukan petani buat memupuk jagung. Hanya saja, menggunakan Alsin, pemupukan lebih cepat & dosis pupuk yg dijatuhi ke lubang tanam terukur

Alat pemupuk jagung didesain sedemikian rupa sehingga mampu membuka alur atau lubang pupuk, kemudian memasukkan pupuk ke pada lubang, & terakhir menutupnya kembali.

Jenis Alat Pemupukan Jagung

Yuk, kita lihat beberapa indera pemupukan jagung pada bawah ini.

1. Alat Pemupukan Jagung Manual Bebentuk Alat Tugal

Alat pemupukan jagung yg satu ini bentuknya sangat sederhana & mirip menggunakan alat tugal. Namun, alat ini sudah dibuat buat memudahkan pemupukan, dapat menghemat saat, dan tenaga kerja.

Sebab, alat penabur pupuk jagung ini berbentuk panjang dan memiliki tabung buat menampung pupuk di dalamnya. Selain itu, indera ini mempunyai katup pengatur keluaran pupuk sebagai akibatnya dapat diadaptasi dengan dosis yang diinginkan.

Tak usah ragu menggunakan alat penugal pupuk ini karena dapat dioperasikan dengan gampang lantaran tinggal tekan saja (push on).

Dalam perkembangannya, alat bantu pemupukan jagung manual contoh tugal ini ada 2 tipe, yaitu yang fungsinya tunggal & terdapat yg ganda.

Maksudnya, alat tugal pupuk ini terdapat yg didesain spesifik hanya untuk memupuk saja. Alat tugal ini bisa dipakai buat pemupukan mulai awal penanaman sampai menggunakan pemupukan susulan tumbuhan jagung.

Sedangkan yang lainnya dibuat supaya alat tugal bisa berfungsi ganda, yaitu sebagai alat tanam (planter) sekaligus indera untuk memupuk. Dua tabung, benih & pupuk, menyatu dalam indera tugal ini sehingga lebih praktis digunakan.

Jadi, alat tugal yg terakhir ini dapat dipakai pribadi buat pemupukan dasar bersamaan dengan penanaman benih jagung.

2. Alat Pemupukan Jagung Manualintegrated dengan planter

Ketika mendengar nama planter, niscaya terbayang indera atau mesin buat menanam jagung atau tumbuhan lainnya. Tidak salah memang lantaran arti istilah planter merupakan indera penanam, ya sekitar misalnya itu. Ada pula yang bilang seeder (penanam benih)

Dengan perkembangan teknologi, planter jagung nir hanya buat menanam benih, namun lebih dari itu. Planter benih jagung ini berfungsi ganda, yaitu mampu menanam dan sekaligus mampu berfungsi buat alat pemupukan jagung.

Akan tetapi, planter benih jagung ini hanya bisa dipakai buat pemupukan dasar saja, yaitu dalam ketika penanaman benih jagung.

Alat penanam sekaligus indera pemupuk jagung ini memang sudah dilengkapi menggunakan tabung biji & tabung pupuk. Oleh karena itu, planter ini relatif membantu menghemat waktu pemupukan jagung.

Yang namanya alat pemupukan jagung semi mekanis, alat ini perlu dibantu menggunakan tenaga insan untuk menjalankannya atau mendorongnya. Jadi, lantaran dilengkapi menggunakan roda, tugas petani cukup ringan, ya tinggal dorong saja. Sedangkan benih & pupuk jatuh ke lubang masing-masing secara otomatis.

Walau dibantu tenaga manusia buat menggerakkannya, akan tetapi kerjanya cukup cepat lantaran takaran pupuk yg jatuh ke lubang pupuk sudah terukur.

Tiga. Alat Pemupukan Jagung Mekanis

Aplikator pupuk jagung mekanis merupakan mesin pemupuk jagung yang cukup handal. Bukan hanya pintar memupuk, namun pula bisa menanam. Kerjanya cepat dan energi penggeraknya mesin seperti traktor.

Mesin penanam & pemupukan jagung ini sudah terintegrasi. Pada mesin ini dilengkapi dengan baris buat menjatuhkan benih jagung & baris untuk menajatuhkan pupuk dekat lubang tanam. Jarak tanam dapat distel dan jumlah pupuk pun bisa diatur sesuai dengan rekomendasi.

BACA JUGA : Ini Langkah Pemupukan Jagung Hibrida & Nonhibrida supaya Produksi Tinggi

Asalkan operator traktor cukup terdidik & terampi, indera pemupuk yang ditarik traktor ini bisa menyelesaikan pemupukan jagung seluas 1 hektar tidak lebih menurut tiga jam.

Itulah alat pemupuk jagung yg mampu mengurangi beban petani terutama efisiensi waktu pemupukan & energi kerja. Ini berarti sudah waktunya meniggalkan alat tradsional menuju penggunaan indera-indera simpel & mekanis.

0 Response to "3 Jenis Alat Pemupukan Jagung Ini, Ringankan Beban Petani | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel