8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com -- Cara Merawat Tanaman Kaktus – Siapa yang tak suka melihat tanaman kaktus tumbuh subur dan tampil indah. Saya dan mungkin juga Sobat tentu sangat menyenangkan manakala menatap tanaman kaktus yang tumbuh segar, hijau, bersih, dan tentu saja berkembang dengan baik.

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Photo bytopcools tee onUnsplash

Kaktus butuh sentuhan & perhatian

Namun, kesuburan, keelokan, dan keindahan tanaman kaktus tidak terbentuk begitu saja. Tanaman  berduri yang suka tumbuh di gurun ini, butuh sentuhan dan perhatian dari sang pemiliknya.

Kalau nir diperhatikan, kehadiran kaktus pada rumah Sobat, justeru nir akan berarti apapun kecuali menjadi pelengkap koleksi kebun bunga saja. Atau, kaktus yang nir terurus atau tidak terhirau akan menambah beban lantaran tampilannya bak semak belukar atau tanaman liar yang kurang sedap dipandangnya.

Apapun makhluk hidup termasuk tumbuhan butuh perhatian bila mengharapkan sesuatu misalnya kesuburan & kecantikannya. Apalagi tumbuhan kaktus yang ingin ?Dititipkan sejuta harapan? Keindahan darinya, tentu saja tak terlepas menurut perawatan yg benar-benar-sunguh berdasarkan ?Nyonya atau tuan? Yg suka menanamnya.

Kaktus, tanaman gampang dirawat

Cactus plant - demikian orang luar negeri mengucapnya untuk tanaman kaktus - sebetulnya tanaman hias yang amat gampang memeliharanya. Yang sulit apa? Malas dan tidak mau mengurus setelah menanamnya. Atau, sulit merawatnya karena belum tau rahasia perawatan tanaman kaktus, boleh jadi.. 😅

Apalagi, flora kaktus termasuk pada tanaman sekulen, telah tentu nir terikat menggunakan penyiraman. Seperti halnya lidah mertua dan lidah buaya, tumbuhan kaktus pula memiliki kemampuan adaptasi yg bertenaga misalnya menyimpan air pada jaringan tubuhnya. Sehingga tidak heran bila kaktus sanggup hidup pada syarat kekeringan yg minim air.

BACA JUGA : 4 Hal Penting Merawat Tanaman Lidah Mertua yang Tidak Boleh Diabaikan

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Photo byGeorge Pagan III onUnsplash

Okay, mari kita cari tau cara merawat tanaman kaktus agar tumbuh dan berkembang sehingga dapat menghadirkan nuansa keindahan dan keteduhan di rumah. Bahkan, siapapun nanti yang akan melihat kaktus – tanaman dari keluarga cactaceae -- yang Sobat rawat, mereka akan terpesona memandangnya.

Cara Merawat Tanaman Kaktus

1. Pilih pot buat kaktus yang bertenaga dan estetis

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Photo byRaychan onUnsplash
Hal yang paling utama diperhatikan untuk tanaman kaktus adalah wadahnya, yaitu pot. Pastikan pot tempat tumbuh kaktus kuat dan tidak mudah retak atau pecah karena pengaruh suhu atau kelembaban.

Jangan lupa mengecek pot sesudah membelinya apakah terdapat atau tidak lubang drainase dalam bagian dasarnya. Kalau belum terdapat, silakan dilubangi. Ini penting jika ingin merawat kaktus menggunakan serius. Sebab, kaktus tidak senang dengan genangan air. Makanya, pot sine qua non pori-pori supaya air dapat mudah mengalir keluar pot.

Nah, lantaran yg ditanam flora hias, maka pot untuk kaktus mesti dipilih yang relatif estetis atau indah. Jadi, waktu kaktus yang dirawat sudah memberitahuakn kemolekannya, tentu sangat padu menggunakan keindahan pot. Masa keindahan kaktus hilang hanya gara-gara tampilan pot yg tidak baik, ya nir tepatlah.

Dua. Racik media tanam yg fertile dan poros

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Photo byNeslihan Gunaydin onUnsplash
Hampir sama dengan tanaman sekulen lainnya, kaktus juga menginginkan media tumbuh yang subur, poros, dan aeratif. Oleh karena itu, media tanam perlu diracik dari bahan-bahan yang tepat untuk pertumbuhannya.

Tentu saja media tanam kaktus sangat berkorelasi menggunakan perawatan nantinya. Bagaimana mau merawat ini & itu, bila media tanam saja telah tidak mendukung buat pertumbuhannya.

Jadi, racikllah media tanam kaktus berdasarkan bahan yang mengadung unsur hara, terdapat bahan organiknya, & bersifat poros. Lazimnya, media tanam terdiri berdasarkan pupuk kompos, tanah, arang sekam, pasir atau kerikil.

Tiga. Tempatkan kaktus pada lokasi terkena sinar mentari

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Photo byThomas Griggs onUnsplash
Tanaman kaktus memang terkenal dengan tanaman yang suka tumbuh di daerah panas. Kaktus juga tanaman yang paling suka dengan adanya sinar matahari sebagai ‘teman’ untuk menunjang hidupnya.

Oleh karena itu, jika Sobat menanam kaktus, tempatkan dia pada lokasi yang menerima cukup sinar surya. Apabila dijadikan sebagai tumbuhan hias indoor, letakkan dekat menggunakan area yang sanggup masuk sinar surya.

Tetapi jangan lupa! Meskipun hidupnya tidak terlepas menurut cahaya mentari , ini bukan berarti kaktus wajib diterpa sinar berdasarkan pagi hingga sore hari. Berikan kesempatan untuk kaktus buat menerima sinar matahari minimal saja, 3-4 jam sehari telah terasa relatif.

4. Berikan air buat kaktus secara berkala

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Gambar : Pixabay.com
Perhatikan tanaman kaktus agar pertumbuhannya tidak terkendala terutama ketersediaan air dalam media tumbuhnya. Walaupun tahan kekeringan, tapi suplai air tetap diperlukan jangan sampai media tumbuh ‘kering-kerontang’ yang berdampak buruk untuk pertumbuhan kaktus.

Tetapi, penyiraman air tidak perlu dilakukan setiap hari. Kaktus disiram secara terpola saja, contohnya 1-dua minggu sekali. Atau, periksa media tumbuh menggunakan memakai tangan buat mengetahui apakah media tumbuh masih lembab atau mungkin sudah kering sama sekali.

Hati-hati juga pada mengairi kaktus, jangan terlalu banyak sampai menciptakan media tumbuh tergenang. Jika sempat terendam, batang kaktus pelan-pelan akan membusuk.

5. Berikan nutrisi buat pertumbuhan kaktus

Perawatan yg satu ini sangat menentukan pertumbuhan kaktus, yaitu nutrisi. Supaya kaktus tumbuh indah dan bahkan berbunga, aplikasikan pupuk yg mengandung nutisi hara makro seperti nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K) dan mengandung pula beberapa unsur hara mikro.

Pemupukan tanaman kaktus nir perlu terlalu seringkali dan jangan jua terlalu banyak. Cukup berikan pupuk anorganik seperti NPK dalam tempo 3 bulan sekali. Dosis pupuk per pot sedikit saja, 1-dua gram per pot. Lebih baik butiran NPK dihaluskan terlebih dulu sebelum diaplikasikan ke tanaman kaktus.

Apabila pada toko pertanian terdekat tersedia pupuk NPK khusus tanaman hias, aplikasi pupuk ini buat flora kaktus. Sebab, pupuk ini telah dibuat secara khusus sebagai akibatnya cukup membantu pertumbuhan & perkembangan tanaman hias.

BACA JUGA : Terungkap! Ini Rupanya Pupuk buat Tanaman Hias supaya Selalu Berbunga

6. Bersihkan gulma pada lebih kurang kaktus

Tidak terdapat makhluk hidup yang senang hayati beserta menggunakan kompetitornya atau pengganggunya. Demikian dengan flora kaktus, tumbuhan yg poly duri di tubuhnya ini, relatif terganggu menggunakan tumbuh gulma di sekitarnya.

Kita paham bahwa gulma atau rumput-rumput liar yg tumbuh dalam media tumbuh kaktus akan merebut nutrisi yg tersedia buat flora kaktus. Selain itu, gulma jua akan sebagai sarang tempat berkembangnya hama dan penyakit.

Oleh karena itu, rawat & jagalah kaktus dengan membersihkan atau mencabut gulma yang tumbuh pada sekeliling tumbuhan kaktus. Monitor secara teratur dan jangan biarkan flora pengganggu tumbuh dalam pot flora kaktus.

7. Ganti pot apabila kaktus sudah membesar

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Photo byAnnie Spratt onUnsplash
Perhatikan juga wadah tumbuh tanaman kaktus terutama pot. Jika ukuran pot tidak sesuai lagi dengan ukuran tanaman kaktus, segera ganti dengan pot baru dengan ukuran yang lebih besar.

Jika pot kecil, sedangkan kaktus sudah cukup akbar tumbuhnya, tentu sangat sempit untuk media perakaran dan tempat menampung nutrisi dan air. Selain itu, pot yang mini sangat beresiko mudah terjatuh dampak diterpa angin atau tersenggol.

8. Ganti media tanam kaktus jika telah jenuh

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Photo bySiora Photography onUnsplash
Pemeliharaan tanaman kaktus lainnya adalah mengganti media tumbuh kalau sudah lama dan jenuh. Jika media tumbuh sudah jenuh, pertumbuhan kaktus sedikit terganggu.

Sebab, media tumbuh yang sudah usang tentu telah habis ketersediaan nutrisi alaminya, kemampuan mengikat hara telah rendah, porositas sudah nir rupawan, dan aerasi sudah tidak baik.

Oleh karenanya, ganti menggunakan media tumbuh kaktus yang baru. Bahan-bahannya sama menggunakan bahan dalam waktu menciptakan media tanam sebelumnya.

Pergantiaan media tumbuh ini nir terlalu bikin capek karena tidak dilakukan setiap ketika. Biasanya buat menyegarkan media tumbuh kaktus, pergantian media tumbuh dilakukan 1-2 tahun sekali.

Itulah 8 cara merawat tanaman kaktus agar cepat tumbuh & berkembang menggunakan baik. Bagaimana menggunakan Sobat, apakah sudah menaruh perhatian penuh untuk flora kaktus? Kalau belum, rawatlah dia kini supaya tumbuh subur dan siap memancarkan kecantikan dan keindahannya untuk setiap orang yang memandangnya.

0 Response to "8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel