Jangan Buang, Ini Manfaat Kulit Durian untuk Tanaman | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com --Manfaat Kulit Durian untuk Tanaman – Meskipun kulit durian sering dianggap sebagai limbah karena dibuang begitu saja, tapi siapa sangka kalau kulit buah berduri ini punya manfaat menakjubkan untuk tanaman.

Kulit butir durian rupanya bisa menyehatkan tanah & menyuburkan flora. Ini nir lain lantaran kulit durian mengandung nutrisi krusial yg diharapkan sang flora buat menunjang pertumbuhan & produktivitasnya.

Jangan Buang, Ini Manfaat Kulit Durian untuk Tanaman
Ilustrasi Kulit Durian. Photo byJim Teo onUnsplash

Kulit durian berguna untuk tanaman jika wujudnya begini.

Tetapi, kulit durian tidak serta merta menyediakan zat kuliner buat menyuburkan tumbuhan. Kulit yg berduri ini akan bermanfaat buat tumbuhan jika sudah diubah bentuknya, menurut wujudnya berduri dan organis, menjadi butiran-butiran halus yang dikenal dengan pupuk kompos.

Bisakah kulit durian diolah sebagai sebagai pupuk kompos? Orang-orang tempo dulu, sebelum majunya global pertanian, ?Menyerahkan? Kulit durian pada alam buat menjadi tanah yang bernutrisi. Lalu, selesainya berbulan-bulan diproses oleh mikroorganisme, baru diambil buat memupuk flora.

Kulit durian bahan standar pupuk kompos

Kita relatif paham bahwa pupuk kompos asal dari proses penguraian bahan organik berupa sisa-sisa flora atau hewan. Misalnya, sampah daun-daunan diolah sebagai pupuk kompos. Atau, residu misalnya kotoran kambing diubah menjadi kompos, dan lainnya.

Itu merupakan apa? Kulit durian pula sebagai bahan organik, atau galat satu sisa tanaman , yg bisa dimanfaatkan menjadi bahan standar buat menciptakan pupuk flora, yaitu pupuk kompos.

Akan namun, agar proses fermentasi kulit durian berlangsung sedikit lebih cepat, perlu terdapat perlakuan khusus seperti menggunakan bioaktivator dan adonan bahan lainnya.

Kulit durian relatif usang terdekomposisi, mengapa?

Tapi, mengapa banyak orang lebih cenderung tidak memilih kulit durian untuk membuat pupuk organik? Jawabnya macam-macam, ada yang bilang ribet banyak durinya, busuknya lama, ‘gak tau punya manfaat untuk tanaman, dan lain sebagainya.

Memang betul proses pembusukan kulit butir durian cukup lama . Sebab, kandungan senyawa karbon dalam kulit durian cukup tinggi.

Seperti sudah diamati sang para ahli menggunakan kacamata sains, dalam kulit durian masih ada kandungan selulosa lebih menurut 50%. Selain itu, ada jua lignin dan pati dalam kulit durian, tetapi kadarnya rendah berada dalam kisaran lima%.

Mencermati kandungan zat-zat tadi di atas, maka jikalau pada istilah pengomposan, kulit durian mempunyai kandungan C/N yang relatif tinggi. Tingginya kandungan C/N, maka bisa dibilang lumrah-masuk akal saja kalau proses perombakan/dekomposisi bahan organik kulit durian sang mikroba, butuh saat yg nisbi usang.

Kompos kulit durian banyak unsur hara esensial buat tumbuhan

Ketika kulit durian telah diolah sebagai pupuk kompos, tentu saja unsur-unsur hara sudah tersedia dan siap buat dikonsumsi oleh tanaman . Dan nilai C/N-nya pula telah rendah atau berada pada bawah nilai 20.

Nilai C/N tersebut menerangkan standar pupuk organik atau sebuah ukuran pupuk organik yang sudah memenuhi kondisi sebagai akibatnya bisa diaplikasikan buat pupuk tanaman .

Dalam pupuk kompos kulit durian bukan saja terdapat nitrogen (N), tetapi mengandung sejumlah unsur-unsur hara esensial lainnya yang tentu saja bermanfaat untuk tumbuhan. Bahkan, kandungan C-organik pada kompos tersebut, bisa mempertinggi kegiatan mikroorganisme & kesuburan tanah

Nah, kalau Anda suka makan durian, kumpulin mulai sekarang kulitnya untuk bahan pembuatan pupuk kompos. Kalau masih kurang, Anda dapat kumpulkan kulit durian dari pedagang durian. Biasanya, kalau musim durian tiba, jumlahnya amat banyak.

Cara memasak kulit durian menjadi pupuk kompos agar berguna buat tumbuhan

1. Anda siapkankan dulu bahan-bahan buat membuat kompos

Jangan Buang, Ini Manfaat Kulit Durian untuk Tanaman
Kulit Durian untuk Pupuk. Gambar : Dokpri
Beberapa bahan yang perlu Anda siapkan sebelum memulai meracik kompos kulit durian seperti berikut ini.
  • Kumpulkan kulit durian sebanyak-banyaknya (sesuai kebutuhan untuk pupuk tanaman sendiri atau untuk komersial). Kulit durian dihancurkan terlebih dulu dengan mesin pencacah kompos agar ukuran bahan menjadi lebih kecil. Kalau tidak punya mesin, gunakan alat pemotong lain yang mudah Anda gunakan.
  • Untuk bahan pendukung, Anda siapkan juga pupuk kandang yang sudah matang kira-kira 10% dari jumlah total bahan yang akan dikomposkan.
  • Sebagai aktivator perombak kulit durian, Anda siapkan EM4. Sebagai acuan, 1 liter EM4 untuk 1 ton pembuatan pupuk kompos. Selain EM4, gula merah sebanyak ½ kg perlu juga Anda siapkan.
  • Setelah itu, Anda larutkan gula merah dengan air panas, kemudian biarkan sampai suhunya turun. Setelah dingin, campurkan EM4 dengan larutan gula merah dan tambahkan air secukupnya untuk menyiram bahan kompos nantinya.

2. Siapkan pula alat-alat buat pengomposan kulit durian

Jangan Buang, Ini Manfaat Kulit Durian untuk Tanaman
Gambar : Pixabay/Karolina Grabowska
Berikut ini beberapa peralatan untuk mendukung proses produksi kompos kulit durian.
  • Anda buat kotak kayu dengan ukuran disesuaikan dengan jumlah bahan. Atau, Anda bisa buat galian lubang pada tanah. Namun, pastikan tempat tersebut harus terlindungi dari hujan dan sinar matahari langsung.
  • Terpal plastik untuk menutup bahan-bahan yang sudah diracik untuk proses pengomposan.
  • Pengaduk, bisa berupa cangkul/skrup/alat pengaduk lainnya.
  • Gembor untuk menyiram tumpukan bahan kompos. Atau, alat siram lain seperti gayung atau sprayer kalau tidak ada gembor.

Langkah-langkah menciptakan kompos kulit durian

Jangan Buang, Ini Manfaat Kulit Durian untuk Tanaman

  1. Gelarkan terpal plastik
  2. Tumpukkan kulit durian yang sudah dicacah di atas terpal plastik
  3. Tambahkan pupuk kandang ke tumpukan bahan kulit durian
  4. Campurkan pupuk kandang dan kulit durian secara merata
  5. Siramkan bahan tersebut dengan larutan EM4 yang telah dilarutkan dengan gula sebelumnya. Siram secukupnya saja, jangan sampai becek. Tandanya, Anda genggam bahan, jika digenggam tidak menetes air, dan jika dilepaskan tidak mengumpal.
  6. Masukkan ke dalam wadah kotak kayu atau lubang tanah. Lalu, tutup dengan terpal plastik di atasnya.
  7. Kontrol temperatur jangan sampai terlalu panas. Untuk itu, Anda mesti membuka penutup dan membalik-balikkan bahan kompos setiap 3-5 hari sekali. Jika sangat kering, Anda perlu menyiram kembali dengan larutan EM4. Siram secukupnya saja.
  8. Anda sudah dapat mengambil pupuk kompos ketika sudah terdekomposisi secara sempurna, kira-kira dalam waktu 1,5 – 2 bulan.

Angin-anginkan pupuk kompos durian agar suhu menurun. Setelah itu, Anda sudah dapat memakai pupuk kompos tersebut buat memupuk tanaman .

Apabila butiran kompos masih kasar, Anda bisa menghaluskan balik menggunakan memakai mesin penggiling/penghalus kompos. Ayak dengan alat pengayak atau mesin pengayak kompos supaya diperoleh butiran kompos yg seragam.

Usai sudah uraian manfaat kulit durian buat tanaman . Kulit durian ternyata mampu diolah menjadi kompos sebagai akibatnya dapat dimanfaatkan buat memupuk flora. Jadi, bila telah diolah, kulit durian bukan lagi limbah , tetapi sebagai ?Mutiara? Yg cukup tinggi nilai tambah.

0 Response to "Jangan Buang, Ini Manfaat Kulit Durian untuk Tanaman | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel