5 Peluang Bisnis Cabai ; Untungnya Besar, Modalnya Kecil | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com --Bisnis Cabai –Tidak semua orang meiliki naluri bisnis yang tajam untuk menangkap peluang yang datang. Padahal, cukup banyak peluang bisnis di depan mata kita. Salah satunya, bisnis cabai.

Bagi pebisnis, cabai dilihat menggunakan kacamata berbeda & mungkin terbalik. Kalau umumnya orang bicara budidaya saja (on farm), tetapi pebisnis tidak membahas itu. Mereka melihat cabe keliru satu komoditas usaha yang cukup menguntungkan dan menggiurkan.

5 Peluang Bisnis Cabai ; Untungnya Besar, Modalnya Kecil
Photo byBench Accounting onUnsplash
Cabai menjadi salah satu bumbu masak yang amat dibutuhkan oleh konsumen. Sedikit saja harganya melambung tinggi, ‘menjeritlah’ semua orang terutama para ibu rumah tangga.

Itu adalah apa?, nir akan rugi berbisnis cabe lantaran memang cabe, baik cabe merah maupun cabe rawit, telah menjadi kebutuhan buat bumbu kuliner/makanan.

Bagaimana dengan Sobat, tertarikkah untuk bisnis cabai? Kalau cerdas dalam pengelolaan dan pemasarannya, keuntungan yang didapatkan dari bisnis bumbu dapur yang pedas ini bisa berlipat ganda, lho! Boleh dibilang modal kecil, tapi untung besar.

Berikut ini ada 5 cara menghasilkan uang dari cabai. Yuk kita simak apa saja saja bisnis cabai yang bisa dilakukan.

1. Menjual bibit cabai siap tanam

Bisnis bibit cabai siap tanam galat satu peluang usaha yg bisa Sobat lakukan. Bisnis yang satu ini terbilang cepat membuat uang. Dalam waktu 25-30 hari selesainya semai, bibit cabe sudah bisa dijual ke konsumen.

Tidak usah ragu dengan pembeli. Sebab, jika bibit yang Sobat semai tumbuh subur dan sesuai varietas cabai petani butuhkan, mereka tentu akan membelinya. Apalagi benih cabai disemai dalam polybag atau tray semai, tentu ini sebuah nilai lebih dan daya tarik konsumen.

BACA JUGA : Cara Semai Benih Cabai yg Baik & Benar agar Cepat Tumbuh

Usaha penjualan bibit cabai ini nir hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di pedesaan, namun bagi teman-sahabat yang hidup di kota pun sanggup diterapkan. Sebab, di kota cukup poly yg hobi budidaya cabe meskipun sekadar buat melengkapi kebun di perkarangan tempat tinggal .

Bayangkan, apabila harga per bibit cabe minimal Rp.200,-, berarti dalam 1.000 bibit cabai yang terjual akan membentuk uang sebesar Rp. 200.000,-.

Belum lagi kebutuhan untuk petani cabai yang menanam dalam luasan 1 Ha, mereka akan butuh +/- 20.000 bibit cabai. Berapa omset dari bisnis bibit cabai ini? 20.000 bibit x Rp. 200,-/bibit  =  Rp.4 juta dalam tempo +/- 1 bulan pemeliharaan bibit cabai di persemaian.

Untuk pemasarannya cukup mudah. Selain menjual secara offline atau langsung ke petani di sekitar lokasi usaha pembibitan, Sobat pun bisa memasarkan bibit cabai secara online. yaitu online shop

dua. Bisnis cabe hias pada pot

5 Peluang Bisnis Cabai ; Untungnya Besar, Modalnya Kecil
Gambar : pixabay/Hans Braxmeier
Tanaman cabai yang ditanam dalam pot cukup bernilai ekonomis. Selain buahnya untuk dikonsumsi, cabai dalam pot bisa dijadikan sebagai tanaman hias.

Nah, cabe hias ini adalah peluang usaha yang bisa menaikkan pendapatan. Apalagi di kota-kota akbar, peluang menjual tumbuhan cabai hias dalam pot lebih tinggi. Mereka umumnya menyukai tanaman hias.

BACA JUGA : Tips Bisnis Tanaman Hias buat Pemula agar Meraup Untung Selangit

Caranya? Cukup mudah dilakukan. Sobat perlu menanam cabe pada pot yg indah dan estetis. Rawat menggunakan baik hingga tanaman cabe mulai keluar tiga-5 buahnya.

Harga jual cabe hias sudah tentu tinggi dan laba . Hanya saja harga jual cabai ini disesuaikan dengan contoh pot yang dipakai. Sobat mampu menjual cabe hias mulai harga Rp. 10.000,- sampai dengan Rp.20.000,- per pot.

Ketika cabe mulai berbuah, cabai hias ini langsung mampu dipasarkan. Cara pemasarannya mampu ditempuh menggunakan menitip ke toko-toko, tempat penjualan tumbuhan hias, atau menjual pribadi pada pembeli yg tiba ke loka bisnis Sobat.

Yang krusial setelah menanam cabe hias dalam pot, promosikan ke sahabat-sahabat. Beritahukan kepada banyak orang tentang usaha Sobat supaya mereka datang membelinya.

3. Menanam cabe pada polybag pada perkarangan rumah

5 Peluang Bisnis Cabai ; Untungnya Besar, Modalnya Kecil
Menanam Cabe di Polybag
Menanam cabe dalam polybag merupakan usaha yang menghasilkan uang. ‘Gak usah mikirin mesti lahan luas seperti sawah atau kebun, perkarangan rumah yang sempit pun dapat disulap untuk usaha budidaya cabai.

BACA JUGA : Biar Berbuah Lebat, Begini Menanam Cabe di Polybag

Usaha menanam cabai pada polybag atau pot pada huma terbatas butuh penataan yg sempurna supaya dapat memuat tumbuhan cabai lebih banyak.

Apabila terdapat 100 tanaman cabai yg ditanam pada polybag, dan tiap tumbuhan membentuk 8 ons cabe, berarti produksi butir cabai sebesar 80 Kg dalam 100 polybag.

Kalau homogen-rata harga jual Rp.50.000,- per kilogram, maka total uang yg mampu didapatkan pada ketika 3 bulan pemeliharaan flora cabai sebesar Rp. Lima juta.

Itu adalah apa, dari perkarangan rumah yang sempit sanggup menghasilkan uang hanya dengan menanam cabe dalam polybag. Ini merupakan kesempatan bisnis yg mampu dipertimbangkan.

4. Bisnis Cabe kering

5 Peluang Bisnis Cabai ; Untungnya Besar, Modalnya Kecil
Photo byReiseuhu onUnsplash
Bisnis lainnya yang dapat dijalankan untuk mendapatkan banyak untung adalah bisnis cabe kering. Cabe kering laris manis di pasar baik ketika harga cabe segar melambung tinggi maupun rendah. Cabai yang satu ini ada segmen pasarnya tersendiri.

Memulai bisnis cabe kemarau ini cukup mudah. Hanya saja diharapkan kepekaan melihat perubahan harga cabe pada pasar.

Harga cabai dipasar sewaktu-saat cukup tinggi dan sanggup pada atas Rp. 100 ribu per kilogram. Sebaliknya, dalam saat lain, harga cabe anjlok sampai ke titik harga terendah, Rp. 4.000,- per kilogram.

Memang wajib diakui ketika harga cabai turun, bagi petani syarat merugikan. Sebaliknya, harga cabai jatuh adalah kesempatan emas bagi pebisnis buat menerima uang yang poly.

Nah, dalam waktu harga cabai rendah, Sobat siapkan modal buat membeli cabai segar sebanyak-banyaknya. Kemudian dijemur sampai kemarau menggunakan kadar air di bawah 10%.

5 Peluang Bisnis Cabai ; Untungnya Besar, Modalnya Kecil
Gambar : Pixabay/Tania Delongchamp
Lazimnya, dalam 6 kg cabai segar akan diperoleh 1 kg cabai kering. Jika harga cabai segar dibeli Rp. 4 ribu per kg, maka modal yang dikeluarkan untuk menghasilkan 1 kg cabai kering adalah Rp.24 ribu.

Berapa laba yang dihasilkan berdasarkan usaha cabe kemarau ini? Harga jual cabe kering Rp. 70 ribu per kg. Maka laba yang diperoleh dari penjualan cabai kering ini adalah 46 ribu per kg. Sungguh keuntungan yg fantastis.

Untuk memasarkan cabai kering cukup mudah, bisa dijual ke pasar tradisional dan bisa juga dipasarkan secara online. Sobat tinggal buka aplikasi toko online melalui smartphone, daftarkan, dan siap untuk menerima orderan cabai kering.

5. Bisnis cabe serbuk

5 Peluang Bisnis Cabai ; Untungnya Besar, Modalnya Kecil
Gambar : pixabay/Bishnu Sarangi
Seiring berkembangnya industri-industri makanan, kebutuhan cabe terutama cabe bubuk semakin meningkat. Bahkan, ibu-ibu rumah tangga pun butuh cabai bubuk untuk bumbu masakan.

Itu berarti peluang usaha serbuk cabe relatif terbuka buat menambah pundi-pundi penghasilan. Kalau dijalankan menggunakan tekun, bisnis serbuk cabe ini bisa membuat hayati lebih baik karena laba yg didapat tidak mengecewakan tinggi.

Hanya saja buat menjalankan usaha ini butuh peralatan mesin penggiling cabai buat membuat bubuk cabai yang lebih halus. Namun, jangan khwatir menggunakan mesin. Sebab, Sobat sanggup awali usaha menggunakan mesin sederhana dulu seperti blender buat menggiling cabe.

Agar untungnya tinggi, belilah cabai segar dalam waktu harganya rendah. Setelah itu, cabe dikeringkan di bawah sinar surya atau sanggup jua pada-panggang. Kalau telah kering, cabai siap digiling sampai sebagai bubuk.

Selanjutnya, kemas serbuk cabai menggunakan kemasan plastik atau botol supaya tampil lebih menarik. Apabila perlu, masukkan label buat meyakinkan konsumen.

Untuk memasarkan produk cabe bubuk cukup gampang di zaman bisnis online ini. Sobat bisa jual melalui situs jual beli online milik sendiri. Jika belum punya web, Sobat bisa bergabung dengan market place seperti bukalapak, tokopedia, blibli, lazada, dan lain sebagainya.

Itulah bisnis cabai yg menguntungkan. Meskipun kapital mini , bisnis ini bisa meraup keuntungan yang banyak. Hanya saja diperlukan mental usaha yg kuat, sabar, & jalankan usaha cabe ini secara kontinyu agar kesuksesan menghampiri Sobat.

0 Response to "5 Peluang Bisnis Cabai ; Untungnya Besar, Modalnya Kecil | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel