Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan | Kebunku

Cara Menanam Bunga Krokot – Kecil, tapi indah dan menakjubkan. Itulah bunga krokot (Moss Rose), tanaman yang penuh estetika. Karena keindahan yang terpancar dari bunga krokot, pantas saja banyak yang menyukainya. Bukan hanya suka menatapnya, namun tidak sedikit yang menanam bunga krokot untuk menghiasi taman, jalan, dan perkarangan rumah.

Tapi, bagi yang belum pernah menanam bunga ini, masih menyisakan ‘segudang’ pertanyaan. Misalnya,  bagaimana sebenarnya cara menanam bunga krokot? Benarkah berbunga pukul sembilan? Perlukah dipupuk agar rajin berbunga? Seberapa lama bertahan hidupnya dan sejumlah tanda tanya lainnya yang terkait dengan cara menanam dan perawatan bunga krokot.

Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan

Ketika bunga krokot ?Hidup? Di kampung

Orang-orang yang tinggal pada pedesaan, bunga krokot sudah begitu familiar pada mata mereka. Sebab, bunga krokot relatif banyak tumbuh & 'hayati' pada area kampung atau pedesaan baik di tempat tinggal -tempat tinggal , kebun, atau di persawahan.

Itulah sebabnya, bagi sebagian mereka, bunga krokot mungkin nir begitu menarik atau mungkin memandangnya ?Sebelah mata.? Cukup beralasan memang, karena bunga krokot seringkali sekali dipercaya menjadi tanaman liar yang mengotori & mengganggu pertumbuhan tumbuhan lain.

Ketika bunga krokot ?Hijrah? Ke kota

Tetapi, ceritanya sebagai tidak selaras manakala bunga krokot ?Hijrah? Ke perkotaan. Bunga yang poly jenis warnanya & penuh pesona itu, relatif menarik di mata warga kota yang hobi tumbuhan hias. Ia menjadi sesuatu yg amat berharga ketika datang pada kota. Makanya, tidak mengherankan ketika para hobis bunga pada kota, ?Memburu? Bunga krokot buat ditanam di rumahnya.

Bunga krokot bukan hanya ditanam & dipajang pada sudut-sudut tempat tinggal , namun lebih menurut itu. Kita mungkin pernah melihat terdapat area-area trotoar, pagar-pagar sekolah, tanam kota taman perkantoran, & lainnya yang sengaja dihiasi dengan menanam bunga krokot buat membangkitkan nuansa keindahan, kesejukan dan kesejukan.

BACA JUGA : tiga Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana

Aneka sebutan buat bunga krokot

Bukan hanya keindahan, namun keunikan namanya. Karena memang poly yang tertarik dan peduli, membuat bunga krokot mempunyai aneka sebutan ?Kesayangan? Untuknya.

Jangan heran, jika bunga krokot lazim dianggap menggunakan bunga pukul 9 karena memang mengembang waktu mentari mulai beranjak naik atau lebih kurang jam 9 pagi kurang-lebih. Ada pula yg menyebut bunga pukul 10, bunga manis cantik, kembang lipan, sutra bombay, dan mungkin masih poly sebutan lainnya tergantung wilayah masing-masing.

Namun, kalau bingung dengan sebutan-sebutan itu, kembali saja ke nama latin (nama ilmiah) agar semua orang di belahan bumi ini tau, yaitu Portulaca Grandiflora.

Jenis bunga krokot yang sanggup ditanam

Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan
Bunga Krokot Mahkota Tipis
Ada banyak pilihan bunga krokot kalau suka menanamnya. Sebab, bunga krokot itu sendiri banyak jenisnya. Bahkan, dari sisi warna bunga, bunga yang mekar jam 9 atau jam 10 ini, sungguh banyak warnanya.

Apa saja jenih bunga krokot? Ada jenis krokot bermahkota tipis dan ada juga jenis krokot bermahkota tebal. Yang bermahkota tebal dikenal menggunakan krokot tumpuk karena memang bentuk bunganya yg bertumpuk & tebal.

Yang cukup menarik kenapa sangat dicari pecinta flora hias adalah warna-warnanya yg indah bagaikan pelangi. Warnanya bagai magnet hingga membuat mata tidak tanggal atau tidak jemu memandangnya. Tengok saja, terdapat krokot yang bunganya berwarna merah, kuning, putih sampai putih susu, pink, ungu, & warna indah lainnya.

Akan menambah nilai estetika dari bunga krokot ini, apabila pada satu media tanam, bunga krokot ditanam dengan poly jenis. Warna-warni bunganya saat mekar sungguh menakjubkan. Bukan hanya kumbang yang menikmatinya, tapi setiap mata yang memandangnya akan terpikat.

CARA MENANAM BUNGA KROKOT

Sulitkah menanam bunga krokot? Sangat mudah alias mudah menanamnya. Namun, kalau 'digampang-gampangkan,' akan menjadi sulit menanam bunga ini, hingga-hingga malas berbunga. Artinya apa? Meskipun kelihatan amat gampang menanam bunga krokot, tetapi mesti benar tata cara penanamannya & mesti rajin pula merawatnya.

Berikut ini step-step menanam bunga krokot agar cepat tumbuh, cepat berbunga dan bunganya banyak.

Pembibitan bunga krokot

Kata teman-teman, bunga krokot mudah sekali tumbuh, benarkah? Betul sekali. Sebab, menggunakan hanya menanam bagian btg atau cabangnya, pada satu minggu sudah tumbuh akarnya. Ini adalah, pembibitan buat perbanyakan bunga krokot gampang sekali.

Tetapi, supaya lebih jelas, buat menanam bunga krokot, bibitnya sanggup diperoleh secara generatif & mampu pula secara vegetatif. Secara generatif, perbanyakan bibit bunga krokot dimulai dengan menyemai benihnya (biji). Sedangkan vegetatif, bibit bunga krokot diperoleh dengan cara stek bagian tanamannya.

Kalau mau menanam bunga krokot dengan semai bijinya, silahkan. Tapi, jangan lupa! Menanam bunga krokot berdasarkan biji butuh saat relatif usang, mulai dari proses menyemai, berkecambah, pertumbuhan, pemindahan bibit, penanaman, & baru akhirnya berbunga.

Yang lebih mudah pada menanam bunga krokot, bibitnya diperoleh dengan cara stek batang flora induk. Ada tapinya, yaitu mudah kalau telah terdapat induk tanaman bunga krokot di tempat tinggal .

Kalau belum punya, gimana? Pilihannya adalah minta stek krokot sama teman atau tetangga yang sudah punya. Kalau juga tidak ada sama tetangga, kembali ke “pasal 1” 😅, yaitu beli benihnya baik secara online atau offline dan semai untuk memperoleh bibitnya.

Berikut ini langkah-langkah perbanyakan bibit bunga krokot dengan cara stek buat ditanam pada rumah

  1. Siapkan pot kecil beserta media tanamnya
  2. Potong bagian cabang induk bunga krokot sepanjang 5-7 cm
  3. Tanam stek bunga krokot
  4. Siram sampai lembab
  5. Tempatkan ditempat yang teduh
  6. Tunggu 7-10 hari, akar-akar mulai tumbuh
  7. Jika stek sudah mulai tumbuh tunas, stek sudah bisa dipindahkan ke media tanam yang lebih besar
Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan
Bagian batang bunga krokot buat stek.

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan
Menyemai stek btg bunga krokot.

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Bibit bunga krokot hasil setek setelah 15 hari semai,

Siap dipindahkan ke pot yang lebih akbar

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan
Bibit bunga krokot yang telah tumbuh & berbunga

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Menyiapkan pot untuk menanam bunga krokot

Sebetulnya, tanaman bunga krot bisa langsung ditanam di tanah. Akan namun, karena banyak yang menanam dalam pot menjadi tumbuhan hias di rumah, maka penyiapan pot menjadi langkah awal dalam menanam bunga krokot.

BACA JUGA : Melati Air buat Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga pada Air

Pilihlah pot yang bagus dan tahan dari terpaan sinar surya atau hujan. Pot nir wajib terbuat berdasarkan semen/beton, pot boleh plastik seperti polybag, botol bekas air mineral, dan pot berbahan lainnya.

Sedangkan bentuk pot mampu bundar atau petak, kecil atau besar , pendek atau panjang, ya tergantung menurut ketersediaan pot, kemudahan dalam penataannya, & jumlah bunga krokot yang ingin ditanam.

Tetapi, pot harap dipastikan masih ada lubang drainase pada bagian dasarnya agar air nir menggenangi dalam media tanam ketika disiram atau hujan turun.

Membuat media tanam buat bunga krokot

Media tanam sudah tentu mempengaruhi subur tidaknya pertumbuhan bunga krokot. Oleh karena itu, media tanam atau media tumbuh haruslah yang gembur & subur. Jika untuk diisi dalam pot, media tanam dibentuk dari tanah humus atau campuran pupuk kompos dan tanah atau campuran pupuk kandang dan tanah.

Namun, kalau ingin menanam bunga krokot langsung di tanah, cukup dengan menebar pupuk kandang/kompos, lalu diaduk dengan tanah secara merata. Dosis pupuk kandang/kompos kira-kira 1-2 kg/m2.

Menanam bunga krokot

Seperti yang telah dibahas di atas bahwa sebenarnya stek batang bunga krokot bisa ditanam pribadi ke dalam pot atau huma tanam yg telah disiapkan. Akan tetapi, supaya terjamin pertumbuhan ketika dipindahkan ke pada pot, usahakan menanam bibit stek yg telah tumbuh akar dan tunasnya.

Berikut ini cara menanam bibit krokot hasil stek berdasarkan persemaiannya.

  1. Siram media tanam sampai lembab
  2. Lubangi media tanam
  3. Keluarkan bibit dari dalam pot (media semai) beserta tanah yang melekat pada akarnya. Atau jika dicungkil, usahakan tanah tetap menyatu dengan akarnya.
  4. Tanam bibit bunga krokot
  5. Tutup kembali dengan tanah sampai seluruh akarnya tertutup
  6. Siram secukupnya saja agar media tanam kembali rapat dan menjadi kompak

Merawat bunga krokot

Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan
Krokot Berbunga Jika Dirawat dengan Baik
Setelah menanam bunga krokot, ternyata tugas belum selesai. Ia tidak mau dengan cara “sen salaben abra kadabra,” 😅 lalu tumbuh bunga-bunganya. Tanaman hias ini mesti dilanjutkan dengan perawatan yang teratur.

Sinar matahari ; Salah satu hal yang mendorong pertumbuhan dan pembungaan dari bunga krokot adalah sinar matahari. Oleh karenanya, pastikan bunga krokot mendapat sinar matahari yang cukup terutama sinar matahari pagi. Andai menempatkan pot bunga krokot diteras, ada jaminan sinar matahari sampai ke sana.

Air ; Bunga krokot butuh air untuk kelangsungan hidupnya. Tapi, bukan berarti tanaman ini harus disiram banyak-banyak atau setiap hari. Bunga krokot cukup disiram 2-3 hari sekali. Jika media tumbuh masih lembab, tidak perlu diairi.

Penyiangan ; Jangan biarkan rumput-rumput atau gulma tumbuh di sekitarnya. Cabut dan buang jauh gulma jika sudah mulai tampak tumbuh. Sebab, kehadiran gulma akan “merebut paksa” zat makanan jatah si bunga krokot.

Pupuk ; Untuk kebutuhan nutrisi berupa unsur hara makro dan mikro, bunga krokot sudah tentu perlu pemupukan. Tapi, lagi-lagi tanaman ini tidak manja sekali dengan jenis pupuk. Hanya dengan memberikan pupuk dasar berupa pupuk kandang atau kompos, bunga krokot meresponnya dengan baik, mau tumbuh dan berbunga.

Akan tetapi, kalau mau bunga pukul sembilan ini rajin berbunga, penambahan pupuk susulan --berupa segenggam pupuk kompos -- pada usia 1 bulan setelah tanam lebih baik. Bahkan, kalau ada pupuk organik cair, silahkan dipupuk dengan cara menyemprot 1-2 minggu sekali agar selalu subur dan produktif.

Pemangkasan, ; Tanaman hias bunga krokot mesti dir4-ngsang agar banyak bunganya. Caranya dengan melakukan pemangkasan pada cabang atau pucuk yang tidak produktif lagi. Dengan cara ini, tumbuh tunas-tunas baru dan pastinya bunganya menjadi lebih banyak.

BACA JUGA : Anggrek Vanda ; Praktis Merawatnya dan Indah Bunganya

Replant ; Yang dimaksud dengan replant ini adalah penanaman kembali dengan bibit tanaman baru.  Mengapa harus replant? Harus disadari bahwa usia pertumbuhannya yang amat singkat, 3-4 bulan saja. Melewati masa ini, tanaman moss rose ini sudah mulai “malas” berbunga, daun-daun menguning dan gugur, batangnya menciut dan mengering, dan semakin kerdil, akhirnya bisa mati.

Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan
Perbedaan daun bunga krokot pada sore dan pagi hari

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Oleh karena itu, setiap kurun ketika tadi, bongkar tanaman yg sudah tua itu, & tanam menggunakan bibit krokot yang baru. Manfaatkan/ambil batang/cabang tanaman krokot tua itu buat distek balik agar bibit bunga krokot sebagai lebih poly.

Seperti itulah cara menanam & merawat tumbuhan bunga krokot agar selalu tampil latif & menawan. Menanam bunga krokot ini memang tidak poly menyita waktu karena perawatannya cukup praktis & gampang sekali. Jika sahih teknik menanamnya, dia akan berbunga rutin waktu mentari mulai terbit atau berbunga pukul sembilan pagi. [updated by pupuklahan.Blogspot.Com, 28/01/2020]

Video pilihan, Cara Penyemprotan Pupuk Daun

yg Benar Pada Tanaman Hias

0 Response to "Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel