Pupuk dan Cara Pemupukan Pohon Sirsak Agar Cepat Berbuah | Kebunku

Pupuk untuk Pohon Sirsak – Menanam sudah tentu mengharapkan hasilnya. Hampir tidak ada yang menanam tanaman buah mengharapkan daunnya 😅. Demikian dengan budidaya pohonsirsak, tentu saja ingin sirsak berbuah cepat dan lebat, bukan? Karena ingin berbuah, maka salah satunya harus paham dan cerdas memberikan pupuk untuk pohon sirsak.

Jadi, terkait dengan pupuk dalam menanam pohon sirsak, terdapat beberapa pertanyaan yang sering muncul. Sedikitnya terdapat 4 pertanyaan, yaitu (1) Apa pupuk untuk dasar pohon sirsak? (2) Bagaimana cara pelaksanaan pupuk buat pohon sirsak? (3) Berapa takaran pupuk buat setiap kali pemupukan flora sirsak? (4) Dan kapan pupuk buat pohon sirsak diaplikasikan?

Pupuk dan Cara Pemupukan Pohon Sirsak Agar Cepat Berbuah

Penulis, pada artikel ini, ingin mengupas tuntas persoalan pupuk untuk pohon sirsak agar harapan petani atau hobis tanaman sirsak menemukan solusi untuk hal itu. Selain alasan ingin fokus ke pupuk, penulis yakin bahwa Sobat sudah mengenal betul dengan pohon sirsak (Annona Muricata L.) atau sering disebut juga dengan durian belanda. Semoga Sobat juga sudah mengenal varietasnya, misalnya sirsak lokal, sirsak ratu, dan lainnya.

Okay, we go back to pupuk. Memang pupuk menjadi sesuatu yang penting karena menyangkut nutrisi mulai pertumbuhan, perkembangan, dan juga produksi buah sirsak.

Mengabaikan pupuk, berarti membiarkan pohon sirsak menderita sebagai akibatnya mengakibatkan dalam pertumbuhan yang kurang subur seperti kurus, kerdil, dan akhirnya buahnya jauh dari harapan.

Pupuk buat pohon sirsak

Secara umum, pupuk yang diaplikasikan buat pohon sirsak haruslah yang mengandung nutrisi lengkap baik unsur hara makro juga unsur hara mikro. Untuk mencukupi nutrisi tersebut, maka selain unsur hara yang memang telah tersedia dalam lahan tanam sirsak itu sendiri, nutrisi juga sanggup dari berdasarkan pelaksanaan pupuk organik dan pupuk anorganik.

Yang paling mengkhawatirkan merupakan waktu huma buat menanam pohon sirsak adalah lahan yg marginal atau mungkin lahan kritis. Artinya, lahan tersebut nir relatif subur buat menunjang pertumbuhan tumbuhan khususnya pohon sirsak.

Andai saja mengharapkan unsur hara dari pada tanah, maka pohon sirsak akan tumbuh sinkron ketersedian nutrisi yang ?Diberikan? Sang tanah. Mungkin awalnya mau berbuah walau sedikit.

Namun, seiring menggunakan saat, produksi buah sirsak makin usang makin berkurang karena minimnya unsur-unsur hara yang dibutuhkannya. Bunga banyak yg rontok & gagal menjadi butir. Kalaupun mau berbuah, produksinya fluktuatif alias naik turun, namun tetap nir akan pernah memberikan hasilnya yg optimal.

BACA JUGA : Agar Bunga & Buah Tanaman Mangga Tidak Rontok, Rahasianya Apa?

Itulah mengapa pemupukan lahan untuk menanam sirsak menjadi suatu keharusan agar pohon sirsak tumbuh subur, cepat berbuah dan juga lebat buahnya.  Tidak hanya sekali saja pemupukan, tetapi berkali-kali dengan jenis, waktu dan dosis yang tepat.

Pupuk dasar buat pohon sirsak

Lahan buat menanam sirsak harus dapat dipastikan fertile sebelum mulai penanaman bibit sirsak. Oleh karena itu, untuk menyuburkan atau tersedianya unsur hara buat memacu pertumbuhan awal pohon sirsak, maka pada ketika penyiapan huma perlu diberikan pupuk dasar.

Apa pupuk dasar pohon sirsak? Pupuk dasar buat menanam pohon sirsak merupakan pupuk organik saja, misalnya pupuk kandang. Dosis pupuk dasar untuk pohon sirsak merupakan 5-10 Kg pupuk kandang per lubang tanam. Pupuk dasar ini diaplikasikan jauh-jauh hari sebelum menanam bibit sirsak.

Jadi, dengan dosis pupuk tersebut, maka dalam satu hektar lahan akan membutuhkan pupuk kandang sebanyak 1,5 ton – 3 ton per hektar. Sebab, jarak tanam pohon sirsak yang ideal dibuat  6 m x 5 m (antar barisan x dalam barisan).

Tapi, kalau hanya menanam dalam luas lahan 1000 m2, maka pupuk dasar hanya butuh sebanyak 150 Kg – 300 Kg pupuk kandang per 1000 meter persegi dengan jumlah lubang tanam +/- 30 lubang.

Berikut ini cara pelaksanaan pupuk dasar buat pohon sirsak

  1. Buat lubang tanam dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm
  2. Pisahkan tanah lapisan atas dan lapisan bawah.
  3. Biarkan tanah galian tersebut berada dekat lubang tanam selama 2 minggu.
  4. Setelah dua minggu tanah galian diangin-anginkan, campurkan pupuk kandang dengan tanah galian.
  5. Masukkan campuran tanah dan pupuk kandang ke dalam lubang tanam.
  6. Biarkan lagi lubang tanam yang telah berisi campuran pupuk selama 2 minggu sebelum menanam bibit pohon sirsak.

BACA JUGA : Aplikasi Pupuk Rambutan yg Tepat, Buah Pun Jadi Lebat

P upuk susulan untuk pohon sirsak

Okay, pupuk dasar untuk menanam pohon sirsak sudah diaplikasikan. Lalu apa lagi? Setelah bibit sirsak ditanam dan kira-kira sudah berumur 3 bulan setelah tanam, maka sudah saatnya untuk aplikasi pupuk susulan.

Pupuk susulan diberikan berkali-kali selama pertumbuhan dan juga ketika pohon sirsak sudah mulai berbuah. Paling kurang, setiap tahun yang dimulai tahun pertama setelah tanam sampai usia 4 tahun pertama, pupuk susulan tidak boleh diabaikan.

Dosis aplikasi pupuk menyesuaikan dengan umur dan pertumbuhan tanaman sirsak. Jenis pupuk, dosis, dan waktu pemupukan pupuk susulan untuk pohon sirsak seperti berikut ini.

Pupuk susulan I  ( 3 bulan setelah tanam) ; Aplikasikan Pupuk NPK dengan Dosis 250 gram/lubang tanam.

Pupuk susulan II  ( 9 bulan setelah tanam) ; Aplikasikan Pupuk NPK dengan Dosis 250 gram/lubang tanam.

BACA JUGA :Pupuk NPK Phonska Plus Memembuat Panen Meningkat Lantaran Ini

Pupuk susulan III  ( 15 bulan setelah tanam) ; Aplikasikan Pupuk NPK dengan Dosis 350 gram/lubang tanam.

Pupuk susulan IV  ( 21 bulan setelah tanam) ; Aplikasikan Pupuk NPK dengan Dosis 350 gram/lubang tanam.

Pupuk susulan V  ( 27 bulan setelah tanam) ; Aplikasikan Pupuk NPK dengan Dosis 400 gram/lubang tanam.

Pupuk susulan VI  ( 33 bulan setelah tanam) ; Aplikasikan Pupuk NPK dengan Dosis 400 gram/lubang tanam.

Pupuk susulan VII  ( 39 bulan setelah tanam) ; Aplikasikan Pupuk NPK dengan Dosis 500 gram/lubang tanam.

Pupuk susulan VIII  ( 45 bulan setelah tanam) ; Aplikasikan Pupuk NPK dengan Dosis 500 gram/lubang tanam.

Ketika pohon sirsak sudah berumur 4 tahun ke atas, pemupukan tetap dilanjutkan. Tetapi, dosis pupuk NPK diadaptasi menggunakan besar tanaman . Akan lebih indah lagi, setiap 1 tahun sekali diberikan pula sedikit pupuk kandang bersamaan menggunakan aplikasi pupuk NPK.

Cara pelaksanaan pupuk susulan buat pohon sirsak

Cara pemupukan juga termasuk hal yang perlu menerima perhatian. Cara aplikasi pupuk yang tidak sempurna akan menyebabkan pupuk nir bisa dimanfatkan secara baik atau bisa saja mengganggu pohon sirsak.

Pupuk dan Cara Pemupukan Pohon Sirsak Agar Cepat Berbuah
Ilustrasi Cara Memupuk Pohon Sirsak

Berikut ini cara aplikasi pupuk susulan buat pohon sirsak.

  1. Gali lubang untuk pupuk secara melingkar di sekeliling pohon sirsak. Jarak lubang yang digali adalah sejauh tajuk terluar dari pohon sirsak. Kedalaman lubang pupuk +/- 20 cm. (Intinya, jangan sampai pupuk diberikan terlalu dekat dengan pangkal tanaman).
  2. Taburkan pupuk NPK ke dalam lubang pupuk
  3. Tutup kembali dengan tanah sampai seluruh pupuk tertutup
  4. Siram secukupnya jika aplikasi pupuk jatuh pada musim kemarau.

Itulah pupuk untuk pohon sirsak agar genjah & jua lebat buahnya. Dengan pelaksanaan pupuk yg sempurna, maka pohon sirsak akan telah mulai berbuah sejak tahun kedua atau memasuki tahun ketiga selesainya tanam. Walau buah pertama belum banyak, tapi relatif menggembirakan hati dan ini telah menunjukkan indikasi-tanda budidaya pohon sirsak berhasil. Demikian & salam. [Updated by pupuklahan.Blogspot.Com, 03/02/2020]

0 Response to "Pupuk dan Cara Pemupukan Pohon Sirsak Agar Cepat Berbuah | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel