4 Cara Mudah Memindahkan Bibit Cabe dari Persemaian ke Lahan Tanam | Kebunku

Cara Memindahkan Bibit Cabai dari Persemaian ke Lahan -- Banyak faktor yang menentukan keberhasilan dalam budidaya cabe (cabai), salah satunya adalah pemindahan bibit dari persemaian ke lahan. Jika salah teknik dalam memindahkan bibit cabai, maka bibit cabai akan mengalami stres sampai gangguan pertumbuhan pada saat ditanam.

Beberapa kasus/gangguan pada bibit cabe yang mungkin timbul bila terjadi kesalahan dalam pemindahan bibit menurut media persemaian ke huma tanam, yaitu :

  • Stres
  • Layu
  • Tidak tumbuh
  • Banyak yang mati
  • Lambat berkembang
  • Tumbuh, tapi kerdil
  • Lambat penyerapan unsur hara
  • Terhambatnya proses fotosintesis
  • Rentan terserang penyakit

4 Cara Mudah Memindahkan Bibit Cabe dari Persemaian ke Lahan Tanam

Oleh karena itu, penanganan pada pemindahan bibit cabai mesti dilakukan menggunakan tepat baik sisi teknisnya maupun waktunya. Dengan kata lain, pemindahan bibit cabe buat ditanam nir boleh sembarangan.

Bukankah cost yang dikeluarkan untuk budidaya cabai sangat mahal?  Makanya, bukan hanya sisi pemeliharaan saja, namun cara pindah bibit dari persemaian pun mesti mahir seperti bagaimana memindahkan bibit cabai dari tray semai, bagaimana cara cabut dari bedeng persemaian, bagaimana cara pegangnya, bagaimana sebelum memindahkan, bagaimana membawa bibit ke tempat yang jauh dan bagaimana menanamnya.

Umur bibit cabai yg siap dipindah menurut media semai ke huma

Sebelum kita teruskan bagaimana cara memindahkan bibit cabe ke lahan, sekilas buat mengingatkan pulang tentang tanda-pertanda bibit cabai siap dipindahkan ke huma tanam.

Bibit cabai mesti dipindahkan dalam umur yang sempurna, nir boleh terlalu cepat & tidak baik jikalau hingga terlambat. Bibit cabe yang tumbuh subur dan sehat pada persemaian, lazimnya siap dipindahkan ke huma tanam waktu usia 25-30 hari selesainya semai atau telah tumbuh daun sebanyak 4-lima helai.

Waktu memindahkan bibit cabai berdasarkan persemaian

Ketika pemindahan bibit cabai dari persemaian, maka satu hal yg patut dicatat merupakan waktu, apakah pagi hari, siang hari atau sore hari. Waktu ini akan menghipnotis pertumbuhan bibit yang dipindahkan menurut persemaian ke lahan tanam.

BACA JUGA : Cara Semai Benih Cabai yg Baik & Benar supaya Cepat Tumbuh

Umumnya, pemindahan bibit cabe dilakukan dalam pagi atau sore hari. Hampir tidak terdapat yg memindahkan bibit pada siang hari karena cuaca sangat panas bisa menyebabkan bibit cabe "layu sebelum berkembang."

Tetapi, dari ekonomis penulis, saat yg sangat indah memindahkan bibit cabai menurut persemaian merupakan sore hari. Sebab, ketika sore hari, suhu udara sudah rendah sehingga bibit tidak mudah stres. Demikian pula dengan media tanam tidak mudah kehilangan air lantaran penguapan sehingga bibit tetap kelihatan segar.

Cara Memindahkan Bibit Cabai berdasarkan Persemaian untuk Ditanam pada Lahan

Apakah telah siap lahan tanam menggunakan bedengan, pemupukan dasar, & mungkin pemasangan mulsa? Kalau sudah, ayo memindahkan bibit cabe buat ditanam. Caranya?

Sebetulnya, jikalau kita merujuk ke zaman dulu dan kekinian, ada 4 cara memindahkan bibit cabai menurut media semai buat ditanam ke huma baik kebun maupun sawah. Berikut ini cara-cara yg dilakukan dalam pemindahan bibit.

  1. Cara mencabut tanpa medianya
  2. Cara mencungkil medianya
  3. Cara memencet lubang medianya
  4. Cara Menyobek medianya

Baiklah, mari kita lihat satu persatu cara memindahkan bibit cabai menurut persemaian ke huma tanam.

1. Cara Pemindahan Bibit Cabai menurut Persemaian menggunakan Mencabut Tanpa ikut Media semainya

Menindahkan bibit cabe bisa dilakukan menggunakan cara mencabutnya pribadi berdasarkan media semai. Perlu dicatat, dalam teknik ini, bibit cabai tidak mengikutsertakan tanah pada akarnya.

Berikut cara mencabut bibit cabai menurut media semai untuk dipindahkan ke lahan.

  1. Siram bibit di persemaian secukupnya
  2. Cabut secara perlahan-lahan sehingga akarnya tidak rusak/putus. Caranya, pegang bibit cabai secara lembut agak ke bagian tengah batang. Jangan sampai tertekan karena bisa menyebabkan batang bibit cabai memar atau luka sehingga mudah mati/terganggu pertumbuhannya ketika ditanam
  3. Taruh dan bungkus dengan daun pisang serta letakkan pada tempat yang ternaungi dari terpaan sinar matahari

Kelebihan cara memindahkan bibit cabai dengan cara pencabutan ini bisa berhemat waktu. Namun, sayangnya, apabila jarak persemaian dengan lahan tanam relatif jauh, maka bibit gampang stres. Oleh karena itu, segera tanam bibit cabai yang sudah dicabut menurut persemaian.

Kalau agak jauh lokasi lahan penanaman, sebaiknya semai saja bibit cabai dalam kotak kayu. Mengapa? Ini akan memudahkan dalam pemindahan bibit, ya tinggal angkut kotak semai ke lokasi tanam. Sesampai di lokasi, bibit dicabut dan segera ditanam. Cara begini juga dapat menghindari bibit mengalami stres yang terlalu lama.

Dua. Cara pindah bibit cabai berdasarkan persemaian dengan cara mencungkil media semainya

Selain cara cabutan, bibit cabai yg tumbuh pada persemaian dapat dipindahkan menggunakan cara mencungkil media semai. Ada juga kata lain cara ini menggunakan puteran. Cara ini nisbi rupawan karena menyertakan tanah pada akarnya.

Berikut langkah-langkan memindahkan bibit cabai menggunakan cara mencungkil media semainya.

  1. Siram persemaian dengan air sampai lembab
  2. Tusukkan alat cungkil berupa kayu kecil ke dalam tanah dekat bibit cabai
  3. Angkat bibit cabai beserta tanah yang melekat pada akarnya
  4. Bibit yang sudah dipindahkan dari persemaian, langsung ditanam

Cara ini sebenarnya cukup baik lantaran tanah masih melekat dalam akarnya sehingga saat ditanam pertumbuhannya cepat. Tapi, jangan lupa bahwa cara ini bisa dilakukan kalau persemaiannya dekat dengan huma tanam sebagai akibatnya bibit mampu segera ditanam.

Sayangnya, buat mengangkat bibit bersama tanah dan akarnya, tentu saja butuh energi kerja, waktu usang, dan biaya tinggi.

3. Cara pindah bibit cabai dari tray dengan cara memencet lubang medianya

Dalam penyemaian benih cabai, kita tau ada yang menyemai langsung di media semai tanah dan ada juga yang menyemai dalam tray atau baki semai.

Media semai benih cabai berupa tray memang terbilang besar, ada yang jumlah lubang semai per tray 20,50,100,250, 1000, dan bahkan ada yang lebih dari itu.

Tapi, lebar dan jumlah lubang semai itu bukan masalah. Yang jadi persoalan atau pertanyaan adalah bagaimana memindahkan bibit-bibit cabai dari dalam lubang tray ke lahan tanam?

Penyemaian benih dalam tray sebetulnya pilihan yang tepat karena sangat mudah dipindahkan dan bisa terjamin pertumbuhannya. Akan lebih bagus kalau bibit cabai yang disemai dalam tray dekat dengan lahan tanam dan jumlah banyak.

Berikut ini cara memindahkan bibit cabai dari media semai tray.

  1. Angkat tray semai secara perlahan-lahan ke dekat bedengan yang akan ditanam cabai
  2. Siram media semai tray dengan air sampai basah atau secukupnya dan tunggu beberapa saat sampai air terserap oleh media semai dalam tray
  3. Pencet/tekan sedikit bagian bawah lubang tray sehingga media semai terdesak ke atas.
  4. Keluarkan/tarik bibit cabai beserta media semai secara perlahan-lahan sedemikian rupa sehingga tanah tidak lepas dari akarnya.
  5. Segera tanam bibit cabai yang sudah dipindahkan dari tray

4. Cara pindah bibit cabai dari polybag dengan cara menyobek medianya

4 Cara Mudah Memindahkan Bibit Cabe dari Persemaian ke Lahan Tanam
Bibit Cabe di Polybag
Banyak sekali pilihan media semai cabai dan bahkan bisa dalam botol/gelas air mineral bekas. Benih cabai yang disemai dalam polybag, tray, gelas air mineral bekas, dan sejenisnya akan terjamin pertumbuhannya ketika dipindahkan ke lahan tanam.

Media semai polybag sebenarnya hampir sama dengan media semaitray. Bedanya, media semai polybag tunggal dan lepas. Tiap polybag berisi satu bibit cabai. Sedangkantray, lubang semai banyak dan menyatu dalam satutray.

Yang membedakan lagi media semai cabe pada polybag adalah cara pindah bibitnya. Bagaimana caranya?

Berikut ini cara memindahkan bibit cabe berdasarkan polybag untuk ditanam pada huma yang sudah disiapkan

  1. Siram media semai polybag dengan air secukupnya
  2. Letakkan polybag yang masih berisi benih cabai dekat dengan lubang tanam pada bedengan
  3. Sobek sedikit saja polybag dengan menggunakan Gunting atau pis4u pada satu sisi atau boleh juga menggunting pada kedua sisi sampai ke bawah.
  4. Lepaskan plastik polybag dan keluarkan bibit cabai beserta medianya secara perlahan-lahan agar tanah pada akar tidak rusak.
  5. Segera tanam bibit cabai yang sudah dipindahkan dari polybag

BACA JUGA : Rahasia Aplikasi Pupuk Dasar Tanaman Cabe supaya Berbuah Lebat & Sehat

Cara Menanam Bibit Cabai yang Sudah Dipindahkan dari Media Semai Ke Lahan Tanam

Cara menanam ini hanya sekadar tambahan supaya bibit yang telah dipindahkan tidak gagal tumbuh waktu ditanam.

Berikut ini cara menanam bibit cabe yg baru saja dipindahkan menurut persemaian ke huma tanam.

  1. Pastikan bedengan sudah dibuat lubang tanam
  2. Jika tidak ada hujan sebelumnya, siram lubang tanam
  3. Lakukan penanaman pada sore hari
  4. Masukkan bibit cabai ke lubang tanam
  5. Tutup kembali dengan tanah sampai menutup semua akarnya
  6. Siram secukupnya

Itulah cara yang sempurna memindahkan bibit cabe berdasarkan persemaian ke lahan tanam. Dengan penanganan bibit secara tepat dan hati-hati, maka bibit cabai yang ditanam akan tumbuh subur, sehat & berkembang menggunakan baik.

0 Response to "4 Cara Mudah Memindahkan Bibit Cabe dari Persemaian ke Lahan Tanam | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel