Menanam Kacang Merah Tak Sesulit yang Dibayangkan, Ini Caranya | Kebunku

Cara Menanam Kacang Merah – Ketika petani lain sibuk menanam dan merawat komoditas cabai atau bawang merah, kenapa Sobat tidak mengambil peluang menanam kacang merah? Sebab, kacang merah pun merupakan salah satu komoditas yang banyak dilirik oleh pasar karena multimanfaatnya.

Selain itu, cara menanam kacang merah tak begitu ribet. Bahkan, tak sesulit yang dibayangkan. Mau tanam di kebun atau di sawah tumbuh subur, mau tanam dalam polybag pun ok.

Menanam Kacang Merah Tak Sesulit yang Dibayangkan, Ini Caranya

Sekilas saja, kacang merah ini sebetulnya banyak nama lain yang melekat padanya. Misalnya, ada yang menyebut kacang merah dengan kacang galing dan ada juga yang menyebut dengan kacang jogo. Belum lagi di pasar-pasar internasional, kacang merah dikenal dengan nama kidney bean.

Jadi, tidak usah bingung  penyebutan itu. Apapun namanya, yang perlu dicatat dan ditandai, yang namanya  kacang merah itu bijinya berwarna merah atau merah berbintik-bintik putih ketika telah tua dan bentuk bijinya bulat agak panjang seperti biji kacang panjang. Kalau dari sisi pertumbuhan, kacang yang tinggi kadar protein ini, tumbuhnya tegak alias tidak merambat.

Baik, mari kita cari tau bagaimana sebenarnya budidaya kacang merah supaya tumbuh subur dan produktivitasnya tinggi.

Waktu tanam kacang merah

Ada yang bertanya, kapan saat yg baik menanam kacang merah? Sebenarnya, kapan saja boleh ditanam asalkan relatif ketersediaan air untuk pertumbuhannya. Selain air, drainase jua harus sudah dibuat agar ketika hujan turun tidak menggenangi huma kacang merah.

BACA JUGA : Kalau Begini Menanam Kacang Panjang, Buahnya Lebat & Panen Pun Berlipat

Tetapi, agar nir capek buat menyiram pasca penanaman dan meningkatkan kecepatan pertumbuhan benih, maka usahakan kacang merah ditanam akhir ekspresi dominan kemarau atau menjelang isu terkini kering.

Syarat tumbuh Kacang merah

Sebelum ke penyiapan lahan, sedikit perlu diketahui tentang syarat tumbuh yang baik supaya produksi kacang merah tinggi. Syarat yang harus terpenuhi agar optimal tumbuh & panennya, maka sebaiknya ditanam dalam dataran tinggi.

Ketinggian 1000-1500 m dpl merupakan ketinggian loka yang ideal buat menanam kacang merah, namun permanen tumbuh pada ketinggian pada bawahnya.

Syarat lainnya, kacang merah menghendaki tanah yg fertile menggunakan pH ideal 5,5 ? 6. Dan yang jua memilih dalam pertumbuhan & produktivitasnya merupakan sinar matahari. Kacang merah butuh sinar surya sepanjang hari.

Meskipun syarat-kondisi kelihatan ketat, jangan hingga mengurungkan niat Sobat menanamnya. Kenapa? Kacang merah mau tumbuh pada tempat/rumah Sobat asalkan media tanam dibuat fertile dan memenuhi kondisi mendekati persyaratan tumbuh yang semestinya.

Menyiapkan lahan sebelum menanam kacang merah.

Tidak mungkin langsung menanam jikalau tanpa huma. Setelah ada lahan pun masih wajib dipersiapkan dengan baik. Meskipun kacang merah ditanam pada pot, penyiapan media tanam tetap wajib disiapkan dengan baik.

Jadi, hal yang pertama perlu dilakukan untuk menanam kacang merah adalah penyiapan lahan sebagai media tumbuh nantinya.  Tanah diolah dengan cara dibajak atau dicangkul sehingga lahannya menjadi gembur.

Selanjutnya pembuatan bedengan dan drainase. Bedengan buat menanam kacang merah dibentuk selebar 1 meter dengan ketinggian 20-30 cm. Untuk jeda antar bedengan dibentuk 50-60 centimeter supaya memudahkan dalam perawatan nantinya. Sedangkan panjang bedengan, ya disesuaikan dengan syarat huma.

BACA JUGA : Mengolah Buah Nanas Menjadi Pupuk Organik Cair (POC) yang Mengandung ZPT

Agar tanah untuk menanam kacang merah lebih subur, pupuk tanah menggunakan pupuk dasar. Apa pupuk dasarnya? Aplikasikan pupuk sangkar sebanyak 15-20 ton per hektar. Dosisnya disesuaikan menggunakan kesuburan huma.

Kalau Sobat memiliki finansial atau modal yang cukup, sebaiknya bedengan untuk menanam kacang merah dipasang mulsa plastik. Namun, kalau tidak ada mulsa pun tidak menjadi problem atau kendala.  Tapi, jangan lupa dibuat lubang tanam dengan jarak tanam 20 cm x 40 cm (dalam barisan x antar barisan).

Benih kacang merah

Dalam hal penyiapan benih, siapkan benih kacang merah yang unggul dan berkualitas. Untuk varietasnya, punya banyak pilihan jenis kacang merah kalau Sobat tertarik menanamnya. Ada kacang merah ukuran kecil, sedang, dan sampai ukuran besar.

Ingat, benih kacang merah tidak perlu disemai karena bisa ditanam secara langsung. Akan tetapi, agar benih kacang merah cepat berkecambah, maka perlakuan benih mesti dilakukan. Perlakuan benih seperti perendaman dalam air hangat selama beberapa jam atau direndam dalam larutan atonik.

Menanam benih kacang merah

Menanam kacang merah sangat mudah kalau lahan sudah benar-benar siap. Sebab, penanaman kacang merah cukup dilakukan dengan menggunakan alat tugal. Tapi, kalau ada alatplanter menjadi semakin bagus karena bisa menghemat waktu, biaya dan tenaga kerja.

Cara menanamnya begini. Lubangi tanah menggunakan tugal sedalam dua-tiga centimeter, tambahkan benih kacang merah sebesar dua biji per lubang, lalu tutup dengan tanah tipis saja.

Penyulaman kacang merah

Dalam budidaya kacang merah atau tanaman lainnya, penyulaman adalah keliru satu kegiatan yg nir boleh diabaikan. Sebab, dengan penyulaman, maka lahan dapat dipastikan nir terdapat yang kosong & kacang merah akan tumbuh seragam.

Penyiangan, Pembumbunan dan pemupukan susulan kacang merah

Rawatlah kacang merah dengan baik agar memberikan output yg memuaskan. Karenanya, galat satu yang mesti dilakukan merupakan bersihkan huma menurut tanaman pengganggu atau gulma.

Untuk penyiangan, waktunya relatif tergantung cepat tidaknya tumbuh gulma. Secara generik, penyiangan tanaman kacang merah dilakukan sebesar 1 atau 2 kali selama pertumbuhannya.

BACA JUGA : Jangan Keliru Memupuk Tanaman Buncis, Ini Pupuk dan Cara Pemupukannya

Selain penyiangan, masih ada yg mesti dikerjakan, yaitu pembumbunan. Namun, kegiatan ini mampu menggunakan gampang dilakukan apabila bedengan nir memakai mulsa. Kalau menggunakan mulsa, maka tidak perlu dibumbun lantaran tanah bisa dipastikan tidak terkikis sang hujan.

Untuk mencukup ketersediaan unsur hara pada media tumbuh kacang merah, maka pemupukan susulan mesti diaplikasikan. Cara pelaksanaan bisa dengan tugal atau disebar dalam alur diantara barisan flora.

Pupuk apa buat memupuk susulan kacang merah? Agar lebih simpel, Sobat relatif berikan pupuk beragam NPK. Tapi, boleh jua diaplikasikan pupuk tunggal berupa ZA/Urea, SP-36, & KCL. Yang penting, kacang merah tercukupi unsur-unsur hara misalnya N, P & K.

Pupuklah kacang merah setelah mulai tumbuh. Pupuk susulan I diberikan dalam usia tanaman kacang merah 2 minggu selesainya tanam & pupuk susulan II pada usia 4-6 minggu selesainya tanam.

BACA JUGA : Mau Tau Jarak Tanam Jenis-Jenis Sayuran? Ini Daftarnya

Pupuk susulan I ; Untuk setiap tanaman kacang merah, aplikasikan pupuk ini dengan dosis yaitu 3 gram ZA, 1,5 gram SP-36, dan 1,25 KCl.

Pupuk Susulan II ; Jenis pupuk dan dosisnya sama dengan pupuk susulan I

Begitu cara menanam kacang merah, nir sulit, bukan? Jangan dibayangkan, eksklusif tanam saja. ??Dengan perawatan yang baik & mengendalikan hama-hama yg menggerogoti daun dan polong kacang merah, maka produksi kacang merah akan tinggi dan siap dijual ke pasar. Demikian Sobat & salam.

0 Response to "Menanam Kacang Merah Tak Sesulit yang Dibayangkan, Ini Caranya | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel