Cara Menanam Pakcoy di Tanah Biar Hasilnya Melimpah, Lengkap dengan Pupuk dan Pemupukannya | Kebunku

Pakcoy, diklaim jua menggunakan nama bok choy atau pak choi, adalah tanaman sayuran yang mudah tumbuh & bernilai irit. Selain itu, Anda nir perlu menunggu lama buat menikmati hasilnya. Kurang dari dua bulan sehabis tanam, pakcoy sudah bisa dipanen dan siap buat dipasarkan. Akan namun, buat bisa memetik output yang memuaskan, tentu saja Anda mesti tau cara menanam pakcoy terlebih dulu.

Cara Menanam Pakcoy di Tanah Biar Hasilnya Melimpah, Lengkap dengan Pupuk dan Pemupukannya
Ilustrasi Sayuran Pak Choy. Gambar sang MetsikGarden menurut Pixabay

Banyak petani cukup tertarik buat budidaya tanaman pakcoy. Ada yang menanam pakcoy pada tanah sawah atau kebun, pada pot, pada perkarangan rumah, & bahkan nir sedikit yang menanam pakcoy secara hidroponik. Dimana pun lokasi menanamnya dan apapun bentuk media tanamnya, berasal telah mengerti teknik menanam pakcoy, ia akan tumbuh subur & produktif.

Mengapa pakcoy begitu populer pada mata rakyat?

Oh iya, sebelum kita mengintip cara menanam pakcoy, admin pupuklahan.Blogspot.Com ingin ungkapkan alasan mengapa sayuran pakcoy begitu dikenal sang rakyat dan laris cantik di pasar.

Sawi sendok, demikian nama lain berdasarkan pakcoy, merupakan jenis sayuran yg cita rasanya lezat dan lezat . Makanya, nir mengherankan kalau sayuran berdaun hijau & berserat ini acapkali kali dihidangkan menjadi kuliner spesial misalnya sayur pakcoy, tumis pakcoy, sup pakcoy, & aneka olahan lainnya.

Bukan saja enak, tetapi sayuran dari spesies Brassica sinensis L. ini memiliki nilai gizi yang tinggi seperti vitamin dan sejumlah mineral. Karena itulah, pantas saja kalau pak choy menjadi salah satu sayuran yang begitu populer dan diminati masyarakat secara umum.

Nah, apakah Anda sudah menjadi salah satu produsen sayuran pakcoy? Atau, apakah Anda penikmat sayuran pakcoy? Yuk menanamnya sekarang. Tak usah khawatir, cara menanam pakcoy cukup gampang bin mudah. Gak yakin, lihatlah syarat tumbuh pakcoy yang sangat toleran dan tidak memberatkan kita untuk mulai menanamnya.

Kenal dulu syarat tumbuh, sebelum menanam pak choi

Apa saja kondisi tumbuh pakcoy? Berikut ini syarat tumbuh yang disukai oleh flora sayuran pakcoy.

  • Tanah relatif subur, gembur, dan aeratif, serta tidak tergenang
  • Tanah dengan pH 5,5 – 6 cukup bagus untuk menanam pakcoy
  • Meskipun dapat tumbuh di dataran rendah, ketinggian tempat yang ideal berkisar 1000-1200 dpl
  • Cukup mendapatkan sinar matahari dari pagi sampai sore agar produksinya tinggi

Begini cara menanam pakcoy

Sekarang, ayo kita cari tau cara menanam pakcoy baik di tanah sawah atau kebun. Tidak rumit langkah-langkahnya, seperti menanam sayuran caisim atau lainnya, dimulai berdasarkan penyiapan benih pakcoy, penyemaian, pengolahan tanah sampai dengan panen sayuran pakcoy.

1. Pilih benih pakcoy yang berkualitas

Salah satu cara menanam pakcoy biar sukses dengan output yang tinggi, tentu mesti diawali menurut benih atau biji yg sehat dan unggul. Benih yg demikian akan menciptakan tanaman pakcoy tahan terhadap serangan orgaisme pengganggu flora (OPT), umur panen pendek, & produksi tinggi.

Untuk benih pakcoy, Anda dapat membelinya pada toko sarana pertanian terdekat atau tersedia juga di toko-toko online. Pilihlah benih menurut varietas unggul yang poly diminati pasar.

Memang harus diakui jika benih pakcoy unggul banyak yg asal menurut luar negeri lantaran memang aslinya sayuran ini berdasarkan luar negeri yang kemudian masuk ke Indonesia. Meskipun demikian, terdapat jua beberapa varietas pakcoy bibit unggul yg sudah diproduksi di pada negeri.

Sebagai citra, kebutuhan benih pakcoy untuk setiap luas lahan 1000 meter persegi sebesar 40-100 gram. Kebutuhan benih diubahsuaikan juga menggunakan jarak tanam & jumlah bibit per lubang tanam yang akan ditanam nantinya.

2. Semai benih pakcoy sebelum menanamnya

Cara Menanam Pakcoy di Kebun Biar Hasilnya Melimpah, Lengkap dengan Pupuk dan Pemupukannya
Ilustrasi bibit pakcoy. Gambar sang Maya A. P dari Pixabay

Menanam pakcoy kurang sempurna bila menempatkan benih langsung dalam lubang tanam. Cara yg sahih menanam pakcoy dengan menyemai benih terlebih dulu pada bedengan atau wadah lain misalnya kotak kayu atau tray/baki semai.

Media semai benih pakcoy wajib subur. Oleh karena itu, buat media semai menggunakan mencampurkan pupuk kandang atau kompos menggunakan tanah. Perbandingan tanah menggunakan pupuk kandang 1:1 atau tanah dengan kompos dengan perbandingan 2:1.

Taburkan benih pakcoy secara merata, kemudian tutup dengan daun kelapa kemarau atau plastik selama 2 hari agar benih cepat berkecambah.

Ketika bibit pakcoy telah tumbuh daun tiga-4 helai, pindahkan ke dalam polybag atau pot mini supaya perawatan mudah, cepat tumbuh, lebih adaptif, dan gampang dipindahkan ke lubang tanam nantinya. Rawat bibit pakcoy pada polybag atau pot tadi lebih kurang selama dua minggu. Setelah itu, bibit pakcoy sudah mampu ditanam.

3. Olah tanah, buat bedengan, dan lubang tanam buat menanam pakcoy

Agar tanah gembur, Anda perlu melakukan pengolahan tanah. Anda sanggup mencangkul atau membajaknya. Setelah olah tanah, buat guludan atau bedengan menggunakan lebar 1 meter dan jeda antar bedengan 50 cm.

Selain bedengan, Anda buat lubang tanam. Jarak antar lubang tanam 50 centimeter dan jeda lubang tanam dalam barisan 40-50 centimeter.

4. Berikan pupuk dasar buat tumbuhan pakcoy

Aplikasi pupuk dasar jua bagian menurut cara menanam pakcoy yang benar. Sebab, menggunakan adanya pupuk tadi akan membantu menyuburkan tanah sebagai akibatnya dapat menunjang pertumbuhan sayuran pakcoy saat ditanam.

Ada dua cara pelaksanaan pupuk dasar tanaman pakcoy, yaitu dengan menempatkan pada lubang tanam pribadi dan menggunakan cara menebar dalam bedengan secara merata.

Berikut ini cara-cara pelaksanaan pupuk dasar tumbuhan pakcoy. Anda sanggup pilih keliru satu berdasarkan cara ini.

1. Aplikasi pupuk dasar dengan cara memasukkan pupuk ke pada lubang tanam

  • Masukkan pupuk kandang sebanyak ½ kg ke dalam lubang tanam
  • Masukkan juga 10 gram pupuk kimia yang terdiri dari 4 gram urea, 4 gram SP-36, dan 2 gram KCL
  • Campur pupuk tersebut dengan tanah secara merata
  • Tutup kembali lubang tanam

dua. Aplikasi pupuk dasar pakcoy dengan cara menebar pada bedengan

  • Sebarkan 10-15 ton pupuk kandang per hektar lahan tanam pakcoy atau 1-1,5 kg/m2. Campur dengan tanah sampai merata
  • Seminggu kemudian, tebarkan pupuk kimia yang terdiri dari 125 kg urea, 100 kg SP-36, dan 50 kg KCl untuk luasan 1 hetar lahan tanam. Atau, 12,5 gram urea, 10 gram SP-36, dan 5 gram KCL untuk setiap meter persegi luas lahan tanam.
  • Campurkan dengan tanah sampai merata

4. Tanam sayuran pakcoy dalam lahan yang telah Anda siapkan

Setelah penyiapan lahan selesai, bedengan dan lubang sudah dibuat serta pupuk dasar pakcoy sudah diaplikasikan, Anda telah bisa menanam pakcoy atau memindahkan bibit pakcoy menurut polybag atau pot ke lubang tanam.

Cara menanam pakcoy pada huma sama seperti menanam tanaman sayuran lainnya. Korek sedikit lubang tanam seukuran polybag atau pot bibit pakcoy, buka polybag secara perlahan, & masukkan ke pada lubang tanam. Tutup dengan tanah & ingat disiram.

Lakukan pemindahan bibit pakcoy ke lahan tanam dalam waktu sore atau dalam ketika nir terik mentari agar bibit pakcoy tidak stres atau layu.

5. Rawat bibit pakcoy agar tumbuh subur

Setelah Anda menanam bibit pakcoy, jangan lupa buat merawatnya supaya cepat pertumbuhannya. Yang paling penting lakukan penyiraman secara teratur setiap hari & sesuaikan dengan syarat cuaca.

Bersihkan gulma yg tumbuh lebih kurang pakcoy dan singkirkan hama dan penyakit yg mengganggu tumbuhan pakcoy. Biar tumbuh subur, lakukan pula pembumbunan.

6. Aplikasi pupuk susulan buat tanaman pakcoy

Cara Menanam Pakcoy di Tanah Biar Hasilnya Melimpah, Lengkap dengan Pupuk dan Pemupukannya
Ilustrasi Pupuk dan Pemupukan Pakcoy
pupuklahan.blogspot.com ingin bilang begini, ternyata menanam pakcoy tidak cukup satu kali pemupukannya. Apalagi pakcoy sayuran daun yang membutuhkan nitrogen yang tinggi, tentu saja pemupukan perlu dilakukan beberapa kali. Ini hampir sama dengan pemupukan caisim atau sawi.

BACA Juga :Bolehkah Caisim Dikocor? Ini Pupuk & Cara Pemupukan Caisim atau Sawi (Brassica Juncea L.)

Pupuk susulan pakcoy telah bisa diaplikasi dalam umur 2 minggu sehabis tanam (15 HST). Apa pupuk susulan pakcoy? Pupuk susulan pakcoy sama dengan pemupukan dasar, yaitu urea, SP-336, dan KCL.

Ada dua cara pelaksanaan pupuk susulan pakcoy, yaitu dibenamkan di sekeliling flora & pengocoran. Anda mampu pakai keliru satu cara berikut ini.

1. Aplikasi pupuk susulan menggunakan membenamkan

Jika memilih aplikasi pupuk menggunakan cara membenamkan, Anda relatif satu kali memupuk pakcoy pada umur 15-20 hari selesainya tanam. Caranya, benamkan sebanyak 4 gr urea, dua gram SP-36, & 1 gram KCl untuk setiap flora pakcoy. Setelah memupuk, tutup balik pupuk dengan tanah dan siram izin cepat larut dan cepat diserap tanaman .

Dua. Aplikasi pupuk susulan menggunakan cara penyiraman/pengocoran.

Jika Anda nir suka memupuk dengan pembenaman di sekeliling flora, Anda bisa lakukan pemupukan susulan pakcoy dengan penyiraman atau pengocoran.

Tetapi, Anda harus melakukan pengocoran pupuk susulan sebanyak dua kali, yaitu pada umur 15 HST dan 22 HST (hari setelah tanam).

Setiap kali pemupukan menggunakan cara kocor, larutkan sebanyak 80 gram urea, 40 gr SP-36, & 20 gram KCL, ke pada 10 liter air. Siram/kocor menggunakan dosis 250 mililiter larutan pupuk setiap tumbuhan pakcoy. Siram dalam pangkal atau dekat perakaran tumbuhan pakcoy.

Lantaran pakcoy sayuran daun, maka sehabis pengocoran pupuk, Anda wajib menyemprot daun pakcoy menggunakan air biasa buat membersihkan larutan pupuk yang terkena daun pakcoy. Lakukan pemupukan susulan pakcoy dalam waktu sore hari.

7. Panen segera tumbuhan pakcoy apabila telah datang waktunya

Seperti ulasan pertama sekali di atas, sayuran pakchoi yang ditanam menurut benih hibrida varietas unggul, masa panennya relatif cepat, kurang lebih 60 hari setelah tanam. Jika sudah waktunya, segera lakukan pemanenan sayuran pakcoy dan langsung dipasarkan atau dikonsumsi lantaran memang sawi sendok ini tidak bisa disimpan usang.

Sekarang, kita telah tamat membahas tanaman pakcoy mulai menurut benih hingga dengan panen. Bahkan, kita sudah mengulas mengenai pupuk pakcoy pada tema cara menanam pakcoy. Semoga ulasan ini sanggup bermanfaat buat teman-sahabat. Salam menurut Admin pupulahan.Blogspot.Com.

0 Response to "Cara Menanam Pakcoy di Tanah Biar Hasilnya Melimpah, Lengkap dengan Pupuk dan Pemupukannya | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel