Cara Budidaya Buah Unggul : Jambu Biji Tanpa Biji

Jambu biji ini butir unggulan mampu juga buah impian atau buah idaman atau termasuk buah premium. Bagian buah lebih banyak waktu dimakan, ketika gigi menggigit langsung terkunyah pada daging buahnya. Jambu Biji Sukun Merah, nama buah yg dikenal di pasar.

Jambu biji sukun warna merah ini sebenarnya berbiji tetapi bijinya seperti noktah warna hitam pada bagian tengah berbeda dengan jambu biji Getas Merah bila dibelah akan dominan dengan biji dibanding buahnya.

Sukun merah ini ditanam di polybag pada pertengahan tahun 2013 asal bibit okulasi, pada 25 Oktober 2015 mulai panen buah perdana di ketinggian 0 - 1 m dpl. Sejak memposting artikel dan foto tersebut, saat ini foto-foto tersebut banyak beredar di media sosial, lapak-lapak Toko online, maupun website nursery jualan bibit tanaman ini di dalam negeri maupun negara tetangga, hal ini patut disayangkan karena tanpa ijin maupun menulis sumber asal fotonya. Mereka belum tentu mampu membuahkan hingga bisa dipanen. Yang penting jual saja. Miris melihat mind set mereka. Ya sudahlah. Saat ini masih ditanam di planterbag 75 ltr sebagai indukan dan sudah menghasilkan bibit cangkokan melayani pesanan para pecinta tanaman buah impian di wilayah seluruh Indonesia.

Jambu biji sukun merah ini sebenarnya genjah, mudah berbuah sepanjang tahun di tanam pekarangan atau di tabulampot. Akan tetapi sekali lagi 'akan tetapi' jambu biji ini tanpa biji alias seedless, maka perlakuannya bukan sekedar pemberian pupuk organik, pupuk npk berimbang atau npk dengan pk yang tinggi saja, masih perlu ditambah unsur lainnya secara terukur dan teratur. Jika buah seukuran bola bekel masih utuh, tanda aman sudah tidak rontok dan mulai pembungkusan pelindung buah agar bisa dipanen pada saat matang. Jambu biji sukun merah termasuk jenis tanaman 'seni berkebun' dan sebagai olah kesabaran.

Artikel ini bukannya pecinta tanaman buah menjadi batal keinginan menanam jambu biji tanpa biji ini. Setelah melihat foto buah yang menggiurkan ini. Benar, banyak kalangan pecinta tanaman buah menanam ini tetapi keluhannya 'bunganya lebat tetapi rontok tidak ada yang jadi buah satupun'. Mungkin sahabat ada yang bisa membagikan pengalaman disini menanam tanaman buah jambu biji sukun merah berbunga lebat dan berbuah lebat pula. Cara memunculkan bunga seperti yang saya lakukan adalah pemangkasan bagian cabang yang jelek dan sebagai tanaman tabulampot, maka ketinggiannya selalu dijaga setinggi tubuh saya agar nutrisi yang dikocor ke media tanaman tidak terlalu jauh dengan akar, tetapi bukannya saya pangkas melainkan dicangkok menghasilkan bibit yang secepatnya muncul bunga, salah satu kelebihan cara cangkok akan sesuai indukanya dan cepat berbuah -Tujuan menanam tanaman buah segera memetik buah dan mencicipi buahnya, kan begitu- dan bisa bermanfaat bagi pecinta tanaman buah.

Semoga berbagi info ini bisa bermanfaat bagi pecinta tanaman buah. Enjoy and happy gardening, peace.

0 Response to "Cara Budidaya Buah Unggul : Jambu Biji Tanpa Biji"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel